Jadi, Saya Tidak Lagi Membaca Buku ...

on
Friday, October 16, 2015


IYA DUH SEDIH. :(

Eh sedih tapi nggak sedih gitu deh. *apa coba*

Yang jelas, yes saya sudah lama sekali nggak baca buku "beneran". Kayanya ada setahun gitu nggak baca buku. Padahal sejak bayi, kalau ditanya hobi saya apa, saya selalu jawab: membaca.

"Hobi membaca" itu terus melekat dari saya bisa baca sampai saya SMA kayanya. Buku dan majalah Bobo lah yang jadi penyumbang minus mata saya yang udah minus 2,5 di kelas 6 SD. Sebelum tidur harus baca buku dulu, kalau nggak, nggak bisa tidur. *geek abis*

Fix banget saya baca buku sampai saya belum kenal socmed dan drama Korea. Karena setelah era Twitter, saya berhenti baca buku sama sekali. Dan setelah kenal Korea, ya mendinglah saya nonton Lee Min Ho daripada baca buku ya kan. *fail*

Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, kenapa harus sedih ya? Harus banget ya saya baca buku lagi? Saya mengenang kembali apa yang saya cari dari buku dan oh yaaa, mungkin memang saatnya saya berhenti baca buku. Hehehe.

Karena apa, karena saya membaca buku untuk hiburan. Saya nggak baca komik (karena rugi, cepet habis -_____-). Saya baca banyak sekali teenlit/chiclit, saya punya lengkap Harry Potter dan buku-bukunya Dan Brown, saya punya semua series-nya Princess Diaries sampai buku perintilannya. Lima Sekawan punya semuaaaaa. Novel-novelnya GagasMedia juga banyak. Sampai bertekad kalau suatu hari nulis buku, penerbitnya harus GagasMedia hehehe Dan terkabul sih alhamdulillah. :'))))

Jadi yaaa, saya sekarang nggak baca buku lagi karena saya menemukan hiburan saya yang lain. Bentuknya bukan dalam buku lagi. Bentuknya RSS Feed. Siapa sangka sih dari RSS Feed itu banyak sekali informasi dan banyak sekali hiburannya. Selain itu ada juga list subscribe YouTube. Ada juga timeline Twitter yang nomor satu tercepatlah kalau urusan berita. Jadi yaaa, untuk apa lagi terpaksa baca buku?


Saking saya suka "membaca online" saya punya 3 feed loh. RSS Feed blogspot (Google Friend Connect) untuk teman-teman blogger, feed Bloglovin' untuk blogger yang bukan teman saya dan kebanyakan blogger luar Indonesia, plus satu lagi feed Feedly khusus untuk portal-portal macam BuzzFeed, WhoWhatWear, dkk. Agak gila karena updatenya per detik banget kalau yang Feedly ini. Hahahaha. Tapi cukup banget untuk menghabiskan waktu luang.

Kemarin-kemarin sempet memaksakan diri beli dan baca buku sih tapi yaaa ujung-ujungnya nggak dibaca. Yang dibeli dan dibaca sampai tamat itu cuma 88 Love Life nya Diana Rikasari, itu pun karena bukan tulisan panjang kaann. 

Beda urusan kalau bukunya untuk "belajar" ya bukan untuk hiburan. Buku untuk mempelajari sesuatu sih masih saya baca. Tapi kalau bisa bentuknya e-book, jadi nggak ada alasan ketinggalan buku. JG juga punya beberapa buku teknik fotografi yang yaahhh, lebih enak dibaca dalam satu bukulah, dibanding beberapa tutorial di website berbeda.

Tapi meski saya sedemikian menyerahnya pada buku, saya berniat sekali memperkenalkan buku sama Bebe. HAHAHAHAHA. Jadi beli buku banyak buat Bebe dan bacain buat dia kapanpun dia minta. Karena saya yakin tidak ada salahnya kok menanamkan kebiasaan membaca sejak kecil. Meskipun mungkin nanti yang dibacanya bentuknya berbeda.

Jadi sekarang, kalau ditanya hobi saya apa? Saya jawab menulis dan desain. Masih pengen jawab membaca sih biar tampak pintar *plak* tapi ih baca feed Bloglovin' mah kayanya nggak bisa dikategorikan membaca ya. :))))

Kalau kamu gimana, masih baca buku?

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
29 comments on "Jadi, Saya Tidak Lagi Membaca Buku ..."
  1. hiks..sama kita mak. dulu seminggu tu bisa 3-4 buku khatam lho sekarang sebulan bisa 2 atau bahkan 1 aja udah mendingan banget tuh. tapi aku tetep aja hoby beli buku.. di tumpuk aja dulu seneng aja liatnya..bacanya ya mbuh kapan hahahaah....

    ReplyDelete
  2. aku juga sejak kenal kekorean jadi jaraang banget baca buku. padahal dulu kalo ada isi biodata, kolom hobi selalu diisi dengan membaca LOL.
    tapi sekarang, sejak akhirnya gak LDR lagi sama suami, kami akhirnya kembali baca buku. bacanya ya pas drakor+tontonan lain lagi gak menarik. Jadinya baca buku sekarang jadi hobi sampingan setelah menonton LOL.

    ReplyDelete
  3. Masih banget lah gue baca buku, bisa beli setiap bulan di toko buku online yang kasih diskon 20%. Karena gue lebih nyaman membaca buku ketimbang menatap screen gadget lama-lama. Sekaligus pengen melestarikan industri penerbit buku, hahahaha.

    ReplyDelete
  4. masih doyan baca buku, cuma ya frekuensinya agak berkurang sih. Dulu seminggu bisa tamat 2-3 novel, sekarang ya... palingan sebualan 1 buku hahaha. Buku fisik tetep yang paling enak dibaca daripada e-book.

    ReplyDelete
  5. kalo saya baca online itu harus pake pc/laptop yg layarnya gedhe mbak. kalo lewat tablet atau hp ga betah. jadi tetep lebih krasan buku sih. eh, novel maksudnya :D

    ReplyDelete
  6. bayi itu usia berapa ya bisa dikasih buku?
    #nanyaserius

    ReplyDelete
  7. aku gak suka baca buku...buku yg tamat dibaca cuma twilight saga doang gegara edward cullen haha...XD
    buku pelajaran aja jarang dibaca kalau gak pas ujian...tapi semenjak keranjingan ngeblog, jadi suka bacain blog orang...eh ini bisa disebut dengan membaca kan teh? XD

    ReplyDelete
  8. Kalau saya malah sengaja meluangkan waktu buat baca mak hehe. Soalnya satu2nya hal yg masih bisa saya pertahanin cuma baca dan baca. Sama nganu, banyak banget buku2 atau ebook yg mau saya baca tapi waktunya sedikit. Yaitu tadi, karena sengaja meluangkan waktu buat baca ya kemana2 senantiasa meluangkan waktu buat baca. Entah dari buku atau ebook. Gitu hehe

    ReplyDelete
  9. Masihhhh, terutama yamg khusus2 kaya Mira W, gitu2 lahh :P

    ReplyDelete
  10. Masih kak, malah semenjak kerja hampir tiap bulan beli buku, kebanyakan buku traveling kaya trinity gitu yang gak banyak ngomongin budget liburan (pusing kalo baca buku yang ngomongin duit). Kebalikan dari kak icha, aku ga suka novel tapi suka komik. Aku mulai seriusin hobi membaca pas udah punya duit sendiri HAHAHAHA kalo pas masih sekolah sama kuliah dulu bacanya buku pelajaran sama catetan kuliah -_____-

    ReplyDelete
  11. aku masih suka baca,,tapi novel novel gitu,, kalau baca via hape suka pusing sendiri
    baca buku pelajaran udah gak,,pusing soalnya,,,

    ReplyDelete
  12. masih baca alhamdulillah tapi seminggu sekali :) semangat kembali membaca mba Annisa :)

    ReplyDelete
  13. Masih mbak Annisa. Pluas ditambah baca blog teman2 yang kece ;)

    ReplyDelete
  14. kalo utk membaca novel, saya lagi suka baca2 di wattpad :)

    ReplyDelete
  15. aku malah beneran gila baca pas memasuki masa kuliah dan sampai sekarang, sampai bikin blog khusus buku :)

    ReplyDelete
  16. Iya bener juga ya... Tiap mau baca buku, eh terdistraksi medsos... Blogwalking aja kayaknya ga kelar2 kalo diturutin hihihihii...

    ReplyDelete
  17. aku masih, tapi jaraaaaaaannnggg banget, hahahaha... bisa kali setahun cuma baca 1 buku. sama alasannya, baca di internet semua atau e-book :D

    ReplyDelete
  18. kalo aku masih mba ica,, cuma emang se'garang' dulu lagi, kalo dulu bisa habis 2-3 novel sehari, sekarang 1 aja udah syukur, habis mo gimana lagi, waktunya udah direbut sama kerjaan;anak;suami;rumah tangga;blog;sosmed.
    Tuh .. lihat .. aku cukup sibuk kan yaa ;)

    ReplyDelete
  19. saya punya blog buku biar kepacu baca buku mba...tapi ya tetep kalo baca nonfiksi suka muter2 gitu kepala..kadang pusing hehe

    ReplyDelete
  20. aku stop baca buku ketika harga komik da novel tambah mahal *kantong pelajar sih*
    Jadi sekarang baca buku kalo lagi minjem ke temen aja hehe. tapi membaca gak harus selalu buku toh! Blogwalking dan browsing pun manfaatnya sama kayak baca buku :DDD

    ReplyDelete
  21. aku masih baca buku.... buku cerita buat anak :v

    ReplyDelete
  22. Kalo baca komik MAk Irits ga rugi kok Mak kan bisa dibaca gratis jugak di fanpage dan instagram *malah promosi* XD

    ReplyDelete
  23. Masiiih dooong.. karena saya penulis novel, jd kudu baca novel :D

    ReplyDelete
  24. Masih baca buku, suka aja semacam ''me time'' krn klo pas lg baca tu kdg kek masuk ke dunianya si cerita di buku tsb apalagi klo true story :)

    ReplyDelete
  25. Masih kak Annisast. Masih single juga, ga ngapa-ngapain, ya mending baca buku xD xD Kalo liatin gadget mulu, matanya siwer. Tapi baca juga sih. Lihat postingan blog yg cakep. Postingan ini contohnya :))

    ReplyDelete
  26. iya sih, semenjak ada gadget, medsos dsb, buku yang dibaca jadi sedikit, huhuhu
    Tapi gimanapun tetap enak baca buku, rasanya itu beda :)

    ReplyDelete
  27. Saya ingin masih membaca buku. menatap screen lama2 membuat mata saya menyerah...
    :)

    ReplyDelete
  28. Beli buku karena butuh sebagai reminder atau self help motivation.. Macam punya Mbak Ollie dan Yoris Sebastian. :D
    Beberapa buku parenting juga siih

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)