Beriklan dengan Facebook Ads untuk Blogger

on
Monday, July 18, 2016
beriklan lewat Facebook Ads untuk blogger

Perlukah blogger beriklan lewat Facebook Ads untuk menambah page views?


Saya juga bertanya-tanya banget dan akhirnya dicoba sendiri. Hasilnya? Saya tidak menyarankan blogger yang ingin menambah page views, beriklan dengan Facebook Ads.

Note: saya bukan expert, saya pernah belajar soal Facebook Ads dari Aldy Terren tahun lalu dan itu sampai kepala pusing kaya habis kuliah 3 SKS hahaha. Kebetulan di kantor saya juga pegang akun Facebook Ads dan saya terapkan sedikit untuk blog dan page saya sendiri.

Saya rangkum dalam beberapa pertanyaan ya dan hanya akan fokus ke hasilnya. Soalnya akan jadi panjang banget kalau dijelaskan satu-satu apalagi harus sama detail tipsnya. Nggak akan cukup satu postingan.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah metode beriklan di Facebook. Jadi kita mengatur budget dan jadwal beriklan untuk postingan fanpage kita, kemudian Facebook akan mengatur di timeline siapa iklan tersebut akan muncul, sesuai target audience yang kita set. Gampangnya, postingan di timeline yang dilabeli "sponsored".

Apa fungsi Facebook Ads?

Sebenernya untuk para pelaku bisnis mengiklankan barang/jasa jualannya. Tapi kan postingan di fanpage kita jadi dibaca oleh lebih banyak orang, makanya banyak blogger/publisher berpendapat, Facebook Ads juga bisa meningkatkan page views.

Jadi ada yang menyarankan, ketika dapat job di blog, boost lah di Facebook Ads sehingga page views bisa bertambah dan laporan performance blog post bisa lebih bagus.

Ya dan tidak sih. Baca terus ya, nanti saya jelaskan alasannya di bawah.

Benarkah Facebook Ads bisa meningkatkan page views?

Ya, tapi kecil sekali dan tidak signifikan. Saya tetap lebih banyak dapat page views organik/tidak berbayar daripada dari Facebook Ads. Kecuali mau investasinya gede (baca jutaan rupiah) ya bisalah dapet page views tinggi. Tapi memangnya dibayar berapa sama klien sampai bisa investasi di Facebook Ads jutaan rupiah? ;)

Dan ini harus di-bold:

Ketika kita "Boost Post" atau pakai campaign "Website Clicks", laporan Facebook Ads tentang website clicks/link clicks dengan kenyataan di Google Analytic itu BEDA. Facebook mendefinisikan sendiri "website clicks" mereka dan itu BUKAN views sebenarnya.

Misal dengan budget Rp 100ribu, di laporan Facebook Ads kita dapat 500 website clicks. Cek di Google Analytic, hasilnya PASTI nggak segitu. Paling dapet 50 views. Dan laporan mana yang kita kasih ke klien? Laporan Google Analytic dong ya kan.

Jadi perhitungannya bukan 100ribu=500 clicks lagi (seperti yang Facebook laporkan pada kita). Tapi 100ribu=50 views (seperti laporan Google Analytic). Kalau menurut saya sih nggak worth it membayar 2ribu rupiah untuk satu views di blog. Kalau ada yang merasa worth it sih silakan dicoba. :)

Mengingat perbedaan hasil di laporan Facebook dan Google Analytic, ada 2 hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan Facebook Ads:

1. Para expert pasti menyarankan untuk pakai utm tags setiap bikin campaign di Facebook. Gunanya untuk memeriksa efektivitas campaignnya, seberapa banyak orang yang klik? Tapi buat blog saya terlalu malas hahahaha jadi kalau buat blog saya pakai cara nomor 2.

*UTM tags itu tag pada URL yang biasanya digunakan untuk campaign. URL yang diberi utm tags, akan muncul medium campaign yang digunakan, source, dan nama campaignnya. Misal URL saya untuk Sociolla:

http://www.sociolla.com/?utm_source=community&utm_medium=cpc&utm_campaign=annisasteviani

Dengan URL itu, Sociolla bisa cek, seberapa banyak yang klik link saya. :)

2. Saat share ke fanpage, shorten dulu URL dengan bit.ly atau goo.gl. Shorten dulu lalu share jadi thumbnailnya benar-benar dari hasil shorten URL. Pastikan kita login ke akun bit.ly dan goo.gl nya supaya bisa balik lagi dan cek performance-nya.

URL yang sudah di-shorten ini jangan di-share ke mana pun! Khusus untuk menghitung clicks dari Facebook Ads aja. Kalau mau share ke medium lain, pake link utuh aja atau shorten pake akun bit.ly lain.

Sekarang lihat contoh di bawah ini. Ini salah satu campaign di fanpage saya yang pakai campaign Website Click. Ada juga yang pakai Boost Post tapi males screencapture hahahaha *failed*.

Ini report dari Facebook Ads, reachnya sampai 21ribu, likes 33 orang. Dan menurut laporan ini, ada 523 orang yang klik linknya. Kenyataannya?



Kenyataannya saya pengen duduk bareng sama Mark Zuckerberg dan nanya pengertian LINK ITU MAKSUDNYA APA DAN YANG MANA?

Karena ketika dicek di akun bit.ly kita. Hasilnya cuma 67 orang yang klik link bit.ly kita. Link ini nggak saya share di mana pun kecuali fanpage jadi saya yakin ini hasil real dari ads yang kita pasang.

*nangis*


Kalau pakai Boost Post, dengan budget yang sama biasanya memang lebih banyak yang like dan share. Tapi link clicks-nya yang begitu-begitu aja, nggak mencerminkan kenyataan di lapangan. Begitu kayanya emang kebiasaan orang di socmed, klik like, klik share, tapi postingannya nggak dibaca. *sigh*

*

Jadi yah, intinya Facebook Ads bukannya nggak penting. Penting banget tapi BUKAN untuk nyari page views secara langsung. Kalau punya budget untuk marketing, saya sih sarankan dipakai untuk menambah jumlah likes di fanpage atau menambah subscribers/followers blog. Jadi campaignnya bukan Website Clicks tapi Page Likes atau Conversion.

Kalau Page Likes mah wohhh cepet banget dan hasilnya real banget. Budget sekian, harga per satu likes sekian, dapetnya sekian. Kalau dimodalin, cepet banget itu fanpage nambah like-nya. Saya mah ogah. Hahahaha. Sayang uangnya, mending buat beli skin care LOL.

Boleh juga pasang ads untuk job review tapi bukan untuk nyari page views. Ya nyari reach ajalah, nanti postingan Facebook juga biasanya kita laporkan ke klien kan. Nah bagus kan kalau reachnya gede dan yang likes banyak. Peernya tetep di page views, cari cara lain untuk nyari page views. Hehehe.

Facebook Ads bisa juga digunakan untuk brand awareness dan menambah pembaca baru. Karena bisa diset kan audiencenya orang yang belum like page kita atau orang yang sudah sekian bulan nggak mengunjungi website kita.

Dan balik lagi, konten shareable juga penting. Kalau udah shareable dan potentially viral sih nggak usah dipasangin ads juga sharenya bisa puluhan ribu kok. Page views ya mengikuti. :)

Ini semua dari sudut pandang blogger/publisher ya plus tergantung niche blognya juga. Kalau blognya full tentang tips (apalagi tips bisnis/SEO/SEM/digital marketing) atau ngasih free course, sepertinya akan lebih efektif beriklan di Facebook Ads. Saya nggak tahu karena nggak punya blog dengan niche itu tapi baca-baca pengalaman orang lain sih sepertinya begitu.

*

Karena hasil dari Facebook Ads segitunya, saya jadi mikir apa sayanya ada yang salah hahahaha. Tapi saya udah A/B testing dengan berbagai image, berbagai audience, berbagai kalimat, dan ya views mah tetep nggak banyak. Sebelnya itu nggak sesuai antara laporan Facebook dan views yang sebenernya. Dan yes, saya pakai Audience Insight untuk targeting, yang di-cross check dengan demographic dan interest di Google Analytic. Jadi tidak asal-asalan juga menentukan audience-nya.

Ada yang punya pengalaman dengan Facebook Ads untuk blogger/publisher? Share yuk! Mau banget diskusi soal ini! :D

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

15 comments on "Beriklan dengan Facebook Ads untuk Blogger"
  1. Wahahaa seriuosly? Berarti ngga bener bener nguasain fb ads dong kalo ngga tau caranya nyamain data PV di FB Ads sama Analytics :)
    Ada kok caranya, ngga semua channel dipake dan utm juga ngga ngaruh banget :) Gue selalu pake cuma dua hari selalu tembus tuh 1000 pv plus harganya murah banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeett. emang nggak nguasain banget kok, kan aku bilang aku nggak nguasain banget. di kantor soalnya cuma pake buat page likes jadi memang nggak tahu. share dong mbak gimana caranya. :)

      Delete
  2. Sepertinya saya masih harus banyak belajar nih. Jadi admin sosmed di kantor, tapi kok like-nya segitu-segitu aja

    ReplyDelete
  3. Geleng2 kepala bacanya :D. Pusyiiing ya mbak. Aku sendiri si blm prnh pake fb ads ini, selain ga mudeng, juga mikirnya msh cukuplah dishare di sosmed aja :D Toh isinya ttg pengalaman pribadi traveling dan kulinerku aja :). Mungkin nanti kalo memang niat utk terima job di blog, baru kali ya aku pikirin soal ini :D

    ReplyDelete
  4. Aku pernah pakai Facebook Ads untuk juaan online, Mbak. Karena waktu itu belum menguasai betul caranya jadi ya yang ngeklik sama yang lihat sedikit. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pernah pake untuk jualan online.. Itu lumayan banget banget hasilnya... :D

      Delete
  5. Fb ads ... hmmmm .. belum nyoba :(

    ReplyDelete
  6. Dapet banyak insight dari sini Mbak Icha. Asik lagi ngebahasnya... Seru ilmunya Mbak Icha. Hihihi. Lagi ngumpulin alamat blog dimasupin ke feedly setelah direset kapan hari itu. Definitely disave alamatnya. :D

    ReplyDelete
  7. Entah kenapa belum tertarik pakai Facebook Ads.. lagian ya.. tulisan oke kayak punya dirimu aja total clicknya aja segitu.. lah gimana tulisan yang isinya keseharian saja seperti blog saya.. hihi..

    ReplyDelete
  8. facebook ads cocoknya buat yang jualan mba, hehe. biar bisa closing. kalo buat naikin viewers aja kayaknya menurutku kurang worth it ya. soalnya liat view sama engagementnya jauh banget seperti yang mba bilang. jadi mending fokus di seo aja kalo emang mau banyakin viewer.

    ReplyDelete
  9. Aku pakai FB Ads untuk iklanin komik Mak Irits, emang komik yang kuiklanin, hasilnya mayan nambah jumlah like page, like post dan share. Klao postingan blog belum sih.

    ReplyDelete
  10. Halo mba Nissa, salam kenal.
    Pengalaman mu ini, persisi sama yang kurasakan *nangis bareng*

    Facebook ads katanya lagi booming bgt sekarang, tapi untuk nyari page view bukan jalan yang tepat. Yap, aku juga heran kok hasil analitik fb beda gugel? Hmm.. (mereasa tersesat)

    Setelah berkali - kali aku coba, dan ku mengerti ternyata kalau untuk page view web kurang banget, tapi bagus untuk naikin like dan komen hanya untuk fb. Itu pun dengan bantuan beberapa pict menarik, bukan 100% karna orang mau baca tulisan kita.

    Ya, kesimpulan ku sih, page view hanya bagus untuk branding kita si bloggernya aja di fb dengan like fan page yang banyak, bukan tujuan lainnya hihihi. Dan facebook ads ini lebih cocok untuk para olshop yang konsepnya selalu dengan pict - pict menarik. :)

    ReplyDelete
  11. Aku tertarik untuk nambah page likes aja sih iniii. Kalo untuk postingan emang belom tertarik, kan postingan aku belom berbayar kaya punya kak Cha, hihi. Makasi sharingnya ya Kaaaaaaak

    ReplyDelete
  12. Aku pernah pake FB Ads buat blog yg aku pake jualan. Hasilnya rugi mulu. Habis banyak dg hasil gak sepadan. Akhirnya lari ke SEO. Mungkin seperti dibilang Mba Shintaries, aku belum paham aja caranya. Ha..ha... maulah kalo ada yg kasi tau caranya :D

    ReplyDelete
  13. Mungkin judulnya kurang 'clickbait", harusnya kayak postingan Su*r*dotcom, "Terungkap, Kenapa Bayi ini akhirnya Tertidur Pulas!!"..hehehe..

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)