#FAMILYTALK: Masuk SD Umur Berapa?

on
Saturday, July 30, 2016

Ibu-ibu zaman sekarang memang luar biasa ya. Ibu-ibu zaman dulu masukin anaknya SD kayanya pake feeling aja. “Oh 5 tahun udah mau SD anaknya, masukin deh” atau “ah tahun depan aja deh pas 7 tahun, anaknya belum mau SD soalnya”.

Zaman sekarang benar-benar diperhitungkan sisi psikologisnya, kemandiriannya, dan lain sebagainya maka 7 tahun dianggap waktu yang pas untuk masuk SD. Plus ada sekolah yang harus bisa calistung dulu pas masuk SD. Whoa whoa, panik abis.

Baca punya Isti di sini:

Saya sendiri masuk SD di umur 4 tahun 10 bulan. Belum 5 tahun pun. Nggak ada SD yang mau terima karena rata-rata minimal umurnya 6 tahun. Akhirnya ada satu SD yang mau terima karena saya dites baca tulis bisa, dites hitung bisa. Ya udah deh diterima.

Alasan ibu saya memasukkan saya ke SD di usia semuda itu karena beliau menganggap saya mampu. Saya juga bosan di TK. Plus range umur saya dan adik saya beda 3 tahun, kalau saya masuk SD tahun depannya, maka kami akan masuk sekolah bersama-sama terus. Saya ke SMA dia ke SMP, saya kuliah, dia ke SMA. Pusing bayarnya hahaha.

Dan dari kelas 1 sampai kelas 6 saya ranking satu terus. Saya sering jadi perwakilan sekolah untuk ikut lomba cerdas cermat. Setelah saya pikir-pikir sekarang, itu bukan sayanya yang pinter-pinter amat sih, tapi sekolahnya emang di sekolah kampung lol. Jadi kayanya kalau saya sekolah agak di kota dikit, nggak bakal ranking 1 hahahaha.

Tapi intinya saya bisa mengikuti pelajaran dengan baik. Masuk SMP dan SMA negeri dan lulus SPMB. Semuanya smooth.

(Baca: Melarang Anak dengan Kata 'Jangan')

Satu hal, saya tidak bisa mengingat masa SD saya. Karena pas SD itu saya masih kecil. Saya hanya ingat nama beberapa teman. Saya tidak ingat kejadian apa-apa. Saya ingat kami pernah PERSAMI (perkemahan Sabtu-Minggu) di sekolah tapi saya tidak ingat saat PERSAMI itu kami melakukan apa. LUPA SEMUANYA.

Tapi saya ingat nama guru saya dari kelas 1 sampai kelas 6, saya ingat guru saya di kelas 5 punya anak laki-laki yang suka dibawa ke sekolah. Saya ingat guru saya itu kakak beradik dengan guru saya di kelas 6. Saya ingat guru agama dan guru olahraga saya. Saya ingat semua yang berhubungan dengan masa belajar saya. Saya baru sadar bahwa saya hanya mampu mengingat hal-hal yang saya anggap penting.

Apa karena saya masih kecil saat masuk SD jadi saya tidak bisa mengingat semuanya? Teori ibu saya sih gitu hahaha. Saya sendiri nggak tahu.

Nah tapi kalau dibilang gitu, para pakar ini bilang kita tidak bisa menyamakan anak-anak kita sekarang dengan kita zaman dulu. Saya dulu mampu masuk SD umur 4,5 tahun tapi anak saya belum tentu. Karena kurikulumnya beda, bebannya beda.Iya sih saya setuju. Saya sanggup menjalani SD usia segitu nggak berarti saya ketok palu bilang “ah Bebe pasti bisa juga kok”. Nggak lah, tiap anak kan beda-beda.

(Baca: Memilih Sekolah Anak)

Ada juga ibu-ibu yang nggak mau masukin anaknya ke SD umur 7 tahun karena ketuaan katanya. Hahahaha. Saya sih nggak apa-apa. Kasian sih emang kalau paling tua di kelas tapi kan gimana kalau anaknya belum sanggup masuk SD kenapa dipaksa sih ya kan.

Jadi saya nggak masalah Bebe masuk SD umur 6 atau 7 tahun. Tergantung kemampuan dianya aja nanti dan tergantung sekolah yang diincer, nerima nggak anak 6 tahun?

Anyway kalau lagi ngomongin ginian saya jadi takut banget masukin Bebe sekolah, pas UN pasti saya yang panik deh. :|

Kalian gimana? Nunggu anak 7 tahun atau semampunya anak aja?

Share yuukkk!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
6 comments on "#FAMILYTALK: Masuk SD Umur Berapa?"
  1. Aku malah masuk SD umur 7 tahun. Entahlah karena apa akupun tak tahu. Walhasil selama sekolah sampai SMA selalu menjadi...yang paling tua. Ngiahahaha >.<
    Aku inget banget lho Cha memori dari jaman TK. Dari hal kecil semisal ada temen yang pup di celana atau sering mewakili lomba ke kecamatan.

    Nanti aku pengen masukin anak ke SD umur 7th juga. Meski kematangan emosional anak beda-beda, tapi aku ngambil rata2nya aja yaitu di umur 7. Karena umur itu ngaruh bnaget *pengalaman jadi guru TK*. Udah gitu Wafa anaknya mungil, kalau masuk kemudaan takut paling mungil, wkwkkw. Apalagi dia lahirnya Juli. Pas.

    ReplyDelete
  2. Inshallah anakku tahun depan masuk SD umurnya malahan pas 6 tahun awal masuk sekolah tahun depan, semoga bisa masuk SD, soalnya yang terdengar sekarang masuk SD harus 6th lebih umurnya dan lagi pula kelamaan di TK jadi bosan dia ;)

    ReplyDelete
  3. MArwah sih masuk SD 7 tahun, karena memang saya memasukkan dia di TK A umur 5 tahun dan tk B umur 6 tahun. Kematangan dan kedewasaan anak sih emang beda - beda, mau 6 tahun apa 7 tahun bebas aja gimana kemampuan anaknya yah

    ReplyDelete
  4. semoga bermanfaat juga untuk kita sebagai orang tuan dan yang lainnya

    ReplyDelete
  5. dlu aku masuk SD umur 6 tahun tapi lahiran januari. sebalnya smp SMA pun merasa jadi paling tua karena berasa anak kelahiran 87. kalau lihat peraturan pemerintah skrg yg merekomendasikan (mewajibkan) masuk SD usia 7 tahun kok aq agak keberatan ya... gak mau anakku nanti kayak aq yg suka sebal merasa paling tua, uwuwuwu

    ReplyDelete
  6. saya masuk SD usia 5 tahun, dulu juga gak boleh sih masuk SD kalo kurang dari 6 tahun. orang tua masukin ke SD, karena (waktu itu) saya udah bosan di TK (ibu jd guru TK,dari usia 2 tahun sudah ikut di TK), dan ibu kasihan kalau saya di rumah saja.

    Kata psikolog2 sh... karena usia 5-8 tahun itu masih usia main, impactnya adalah ketika anak udah remaja-dewasa jadi kurang mandiri dan masih seneng main (katanya... saya sih setuju nggak setuju, karena masuk SD terlalu muda dianggap jadi nggak mandiri. Mandiri itu tergantung lingkungan dan keluarganya diasuh dengan cara apa :)) ) Toh sekarang ini juga ada kelas akselerasi. sama saja kan? memangkas 'usia sekolah' :P jadi, semampunya anak saja.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)