-->

Asuransi, Melindungi Diri, Melindungi Keluarga

on
Thursday, October 23, 2014

Siapa sih yang nggak mau hidup tenang?

Karena rasa tenang adalah salah satu sumber kebahagiaan. Tapi ya namanya manusia kan lahir dengan berbagai kekhawatiran. Apalagi buat saya pribadi, semakin tua, semakin banyak kekhawatiran yang sering mampir di pikiran.

Amit-amit tapi kalau anak atau suami atau bahkan saya sendiri masuk rumah sakit, biayanya dari mana ya? Mana saya princess dari lahir gini, nggak mau dong dirawat di kelas 2 atau 3 yang mesti tinggal satu kamar bareng-bareng sama pasien lain.

Selain khawatir soal sakit, duh itu mobil masih nyicil takut ilang. Mana nyetir masih grasak-grusuk susah konsen. Parkir pun saya masih butuh dibantu doa supaya lancar. Kalau mobil kenapa-napa, duit benerin atau beli laginya dari mana? *rapal doa turun hujan badai duit*

Satu lagi yang paling bikin mellow adalah kalau tiba-tiba suami dipanggil duluan oleh Yang Maha Kuasa. Haaaa, nulis ini aja udah pengen nangis duluan deh. Nanti siapa yang bayar cicilan rumah sama mobil? *tetep khawatirnya sama cicilan* Siapa yang bayar sekolah si Bebe di Cikal? (aminin dong, guys). Iya sih saya kerja, tapi gimana kalau kurang? Duh.



Nah, sebagai ibu-ibu smart masa kini, jangan mau cuma khawatir doang! Belajar bagaimana cara mengatasi atau minimal mengurangi kekhawatiran itu. Bagaimana cara agar hidup lebih tenang dan terlindungi.

Salah satunya dengan asuransi! Asuransi apa aja?

Sebelum panjang lebar soal produknya, ngerti dulu yuk soal asuransi. Asuransi itu tujuannya proteksi alias melindungi. Jadi sebisa mungkin, pilih asuransi yang memang bisa melindungi dari berbagai mara bahaya di luar sana.

Mara bahaya ini beda-beda bagi setiap orang. Ya karena kondisi orang juga beda-beda. Misalnya saya, menikah, punya suami, punya satu bayi, punya satu mobil masih nyicil, nggak punya waktu (dan nyali bawa bayi) untuk traveling. Asuransi yang saya butuhkan tentu beda sama kalian yang misalnya single, traveling sebulan sekali, dan sehari-hari pakai mobil punya orangtua alias nggak beli sendiri.

Jadi sebelum membeli produk asuransi, pastikan tahu apa yang memang dibutuhkan. Buat saya pribadi, saya butuh tiga jenis asuransi di bawah ini.

1. Asuransi kesehatan


Ini asuransi terpenting di dunia! Karena namanya manusia zaman modern gini kan adaaaa aja alesan untuk ke rumah sakit. Beda sama manusia zaman dulu yang kayanya kok sehat-sehat banget.

Keuntungan punya asuransi kesehatan ini banyak sekali. Di antaranya ditanggung biaya kalau mesti dirawat di rumah sakit. Jadi kalau pun terjadi musibah sakit, nggak perlu ngorek tabungan. Apalagi kalau melahirkan. Percaya deh, abis capek-capek ngeden, hal yang pertama yang saya syukuri adalah kamar yang senyaman hotel dengan ruang tamu, sofa gede dan nyaman buat suami tidur, kasur canggih pake remote, dan tv kabel. Kalau nggak pake asuransi mana mampu!

Asuransinya apa dong?

Untuk yang satu ini, Allianz punya beberapa produk seperti Allisya Care, SmartMed Premier, dan SmartHealth Maxi Violet. Ketiganya menanggung biaya maternity alias melahirkan loh! Poin penting kalau mau pilih asuransi nih, ibu-ibu!

2. Asuransi jiwa


Secara teori, asuransi jiwa dibutuhkan ketika ada orang yang jadi telantar kalau kamu meninggal. Misal kamu suami dengan satu istri tidak bekerja dengan satu anak. Kalau kamu meninggal, anak dan istri bisa telantar karena nggak punya penghasilan. Asuransi jiwa memberi ahli waris kita sejumlah uang ketika kita meninggal dunia.

Kalau kondisi seperti saya, yang butuh asuransi jiwa adalah suami saya. Kalau dia meninggal duluan, timbul bahaya anak saya gagal sekolah di sekolah mahal karena uang gaji saya hanya cukup untuk makan.

Dalam hal ini, Allianz tentu punya dong produk yang tepat seperti TaproKu. Uang pertanggungannya dibayarkan bukan hanya jika meninggal dunia, tetapi juga jika cacat total atau terkena penyakit kritis. Uangnya bisa buat biaya sekolah anak saya kan!

3. Asuransi kendaraan


Nah sama seperti asuransi jiwa, ini juga opsional yah. Punya dulu nggak kendaraannya? Kalau nggak punya ya apa dong yang harus diasuransikan? *flat face*

Sebagai ibu-ibu yang maunya praktis, sekalian aja mobil juga diasuransikannya di Allianz. Allianz punya produk untuk melindungi mobil dari supir-supir amatir seperti saya. Nama produknya MobilKu. Bukan hanya menanggung biaya kalau mobil rusak/mogok, asuransi ini juga menanggung medical expense jika terjadi kecelakaan dan malah mengganti barang yang ikut hilang kalau mobilnya hilang. Wah!

Nah, itu tadi produk buat ibu-ibu seperti saya. Masih banyak lagi sebenernya jenis produk asuransi. Misal kamu yang suka traveling, Allianz juga punya travel insurance loh! Coverage-nya bukan hanya untuk kecelakaan aja, tapi juga kalau sampai sakit dan dirawat di rumah sakit pas lagi traveling. Canggih yah!

Lebih canggihnya lagi, Allianz punya aplikasi gratis untuk iOs dan Android namanya eAZy Claim. Dengan aplikasi ini, klaim asuransi kesehatan bisa dilakukan kapan pun di mana pun secara online. Buat saya yang segala rupa cari di internet sih aplikasi ini ngebantu banget!

Proses klaimnya cuma dengan mengirimkan gambar tagihan, plus ada riwayat klaim juga untuk mempermudah cek status klaim. Ada pula peta interaktif untuk mencari rumah sakit rekanan Allianz terdekat. Kalau masih bingung juga, ada bantuan informasi online yang stand by 24 jam.

Jadi tenang kan ya rasanya kalau semuanya terlindung. Yuk, mulai dari sekarang. Lindungi diri sendiri, lindungi keluarga dengan asuransi!

***

Tulisan ini diikutkan dalam lomba Allianz Writing Competition 2014 dengan tema "Asuransi pada Setiap Aspek Kehidupan".




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
Be the First to Post Comment!
Post a Comment

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)