-->

#SassyThursday: Perempuan Kuat dan Felix Siauw

on
Thursday, February 11, 2016
 

Karena tak ada yang lebih random dari topik #SassyThursday. Dan minggu ini adalah ... jeng jeng ... Felix Siauw. OMG nggak pernah terbayangkan nama itu akan kutulis di halaman blog ini. :'))))

Entahlah kenapa Nahla random banget ingin bahas koko satu ini. Tentang ucapan dia beberapa tahun lalu tentang wanita kuat itu seram. WOW. Mungkin iya mungkin juga tidak.

Baca tulisan Nahla di sini:

Yang ini loh.



Pertama saya nggak kenal sama si Koko. *MASA SIHHHH?* Iya, saya nggak pernah follow dia di mana pun, nggak baca bukunya, nggak punya hijabnya. Malah tahu dia dan istri punya bisnis hijab dari JG kemarin pagi. LOL Pertama kali saya tahu dia karena banyak retweet dari ybs yang bikin kening mengkerut nyangkut di timeline saya. Orang-orang itu yang suka me-retweet itu sudah saya unfollow demi kedamaian hidup.

Eh loh ternyata banyak ya yang screencapture kemudian menyebarkannya di Facebook. Lebih dahsyat di Facebook karena yang di screencapture hanya 1 dari rangkaian kultwit. Orang Facebook nggak kenal chirpstory apa gimana kali. Yang nyangkut pasti cuma satu Tweet, kan membingungkan bin menyebalkan. Maka saya unfollow juga orang-orang yang pernah men-share screencapture Tweet yang sepotong-sepotong. Termasuk Tweet dari Koko Ustaz yang terhormat.

Jadi ketika saya membaca Tweet ini, saya tidak tahu konteks dia apa. Sedang membicarakan apa sih? Kok tiba-tiba bilang perempuan kuat itu seram. Karena bagaimana pun wahai perempuan di dunia: KALIAN HARUS KUAT. Biarlah orang bilang kalian serem tapi kalian harus kuat.

Kalian harus mandiri, kalian harus bisa mengambil keputusan, kalian harus bisa punya penghasilan atau tabungan sendiri, kalian harus kuat!

Karena buat saya, menjadi perempuan kuat itu bukan pilihan. Kalau mau menjadi sosok perempuan ideal di Indonesia, beban perempuan bukan beban yang bisa ditanggung pribadi yang lemah. Kalau lemah, keluarga bisa berantakan. Kecuali lo anak orang kaya, yang sejak lahir sudah ditentukan jalan hidupnya lewat nama belakang, yang diberikan sebagai jaminan warisan dan biaya seumur hidup.

Gimana enggak, sebagian besar perempuan Indonesia harus dituntut untuk bisa mengurus keluarga dan rumah sekaligus. Diharapkan bisa masak, bisa bersih-bersih, pleus harus selalu tampil cantik di depan suami. Nggak peduli seharian udah berjibaku sama kerjaan rumah yang unlimited alias nggak akan selesai mau dikerjain terus-terusan selama seminggu penuh juga.

Kalau bekerja? Problem lo. Lo harus bisa menanggung tanggung jawab pekerjaan dan rumah tangga SEKALIGUS. Luar biasa. Belum lagi urusan judgment kalau punya nanny dan ART dibilang pemalas. Keterlaluan kalau ada yang bilang seorang perempuan tidak perlu kuat dan mandiri.

Perempuan juga harus mandiri dan tidak bergantung sama orang lain karena suami pun bersifat sementara. Kalau suami meninggal lebih dulu, harus bagaimana kalau kita tidak mandiri? Kalau sampai terjadi sesuatu sehingga harus bercerai, harus bagaimana kalau kita tidak punya pegangan financial lain selain suami?

Nanti juga pasti ada rezekinya. Iyaaa, tentu saja ada rezekinya. Tapi rezeki perlu dijemput dan diusahakan kan? Jadi ayo jadi perempuan yang berdaya. Jadi perempuan yang mandiri, jadi perempuan yang kuat.

Dan sungguhlah, tolonglah koreksi kalau saya salah menafsirkan kalimat di Tweet itu, dangkal sekali kalau bilang wanita tidak perlu kuat, tidak perlu mandiri, tidak perlu bergantung orang lain ... untuk dapat laki-laki?

ARE YOU SURE? *melotot +close up +zoom in +zoom out*

Nggak ada hubungannya kali aahhhh!

Iya banyak kok cerita perempuan yang usianya sudah 30-40 something, pendidikan tinggi, kemudian tidak menikah. Orang usil akan bilang: "terlalu pinter sih, laki-laki juga minder duluan ngeliatnya." Laahhh? Gimana kalau dia memang nggak mau nikah? Karena menikah kan pilihan, kenapa jadi merendahkan laki-laki karena laki-laki PASTI minder kalau ketemu perempuan pinter?

Coba kalau ada cewek cantik banget, bego, nggak sekolah tinggi, kerjaannya artis atau model. Umurnya sama, 30-40 something. Apa ada yang bilang: "terlalu cantik sih, laki-laki juga minder duluan ngeliatnya." NGGAK ADA KAN? Huh. Double standard.

Karena faktanya BANYAK juga kok cewek pinter, berpendidikan tinggi, mapan, DAN TETEP PUNYA SUAMI. Malah ada yang suaminya cuek aja freelance, desainer yang cuma lulusan SMA, atau malah nggak pernah kuliah sama sekali. Yang penting kan satu visi menjalani hidup.

Nah kembali sama pak ustaz. Postingan ini bisa jadi tidak nyambung sama Tweet dia, siapapun yang bilang perempuan tidak perlu kuat saya pasti tidak setuju. Perempuan harus kuat, sesimpel kuat menjalani LDR, sesimpel kuat menjaga anak seharian, mandiri dengan tak perlu diantar ke mana-mana, dan banyak lagi.

*

Anyway, demi menulis ini saya kepo socmednya, blognya, fanpagenya. Jualannya jago banget yah. Pas saya buka, 3 Tweet pertama isinya jualan. Setelahnya dia tweetpic quote, di mana banner quote aja bawahnya dikasih logo-logo bisnisnya dia. Luar biasa, istimewa.

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
23 comments on "#SassyThursday: Perempuan Kuat dan Felix Siauw "
  1. Koko yang terkenal gegara 'gerakan' udah putusin aja (--,)

    ReplyDelete
  2. Hahaha ini orang asellii bikin gerah..dan ga mungkin dia sebegitunya tanpa modus apapun, strategy marketing yang berbeda hahahah

    ReplyDelete
  3. Aku enggak pernah tau sepak terjangnya di online gimana. Cuma tau namanya, tapi enggak membuat hati tergerak untuk mencari tau juga sih.

    Soal perempuan harus mandiri, aku cuma mau bilang "jangan nunggu kehidupan berbalik ke titik terendah untuk menjadi perempuan kuat, dan mandiri."
    Trust me, selalu siapkan dalam keadaan terburuk. Modalnya? Ya pupuk kekuatan dan kemandirian lah :)

    ReplyDelete
  4. Ah entahlah, aku follow tweet ustad sebelah sih..

    ReplyDelete
  5. Kalau mau tau lebih lanjut, beli bukunya.. :p

    Bahas risty & stu donk atau sharena delon.. mereka cuanet buat dibahas, :D

    ReplyDelete
  6. ini koko juga kemarin sempat mengeluarkan statement di tweetnya "Jika ibu menghabiskan waktu 8 jam di kiantor, itu ibu atau karyawan?" eaaaaaaaa mendadak gerah dan langsung rame deh.. apakah sering nge tweet viral begitu jadi salah satu strategi marketinganya doi yaak?

    ReplyDelete
  7. Saya juga ga bisa menerima *ga bisa menerima ke dalam hati* tentang dakwah ustads satu ini. Sikapya yang radikal dan asal njeplak membuat dakwahnya kayak semacam dakwah buzzer biar dagangannya laku ajah. Kadang dakwah itu, tujuannya ya untuk mengajak sesama mengetahui mengenal mencintai islam dan mengamalkan yang baik baik. Tapi kalau cara beliau aja menyampaikan dengan tidak baik, yaa gimana bisa baik ya kita menerimanya. hihi.
    Mungkin memang sasarannya om felix ini ya ukhti ikhti yang garis keras pake jilbab gede itu, biar dagangannya laku.

    aduh komennya kepanjangan ya wkkw

    ReplyDelete
  8. Desraaaiiittt kaka!! XD
    Kl saya sih belajar dari pengalaman tetangga yang dihina suaminya sendiri. "Kalo kamu minta cerai, kamu bisa apa? cuma jadi pembantu!!" isshh disitu jadi pemicu saya untuk tetap berdaya. Perempuan harus punya "Financial Independence" kalo kata Mrs Ligwina Hananto :3

    Suami juga sangat setuju dengan perempuan yang mandiri, perempuan yang mandiri terbukti lebih handal mengurus rumah tangga saat dewasa dan menikah koq! :D

    ReplyDelete
  9. Nyahahaaaa..
    Aku pun ikut mletot mletot baca ini kak xD
    Kuat mah wajib, seremnya ya jangan wkwk

    ReplyDelete
  10. Eh, saya juga baru kalo pas ustadz satu ini jualan. Ga pernah ngikutin tweet dia juga si.

    ReplyDelete
  11. Pernah beberapa kali ngga sengaja baca tweetnya dan ngga setuju, jadi ngga pernah niat follow dan cari tau daripada kzl, hahahaha.

    ReplyDelete
  12. Suami sy milih saya salah satu sebabnya karena saya kuat, mandiri, dan gak suka bergantung sm yang lain.
    Alhamdulillah dapat lelaki yg jarang hahahaha.
    Krn hanya mrk yg lbh kuat, lbh mandiri, lbh tdk tergantung yg tdk takut sm perenpuan yg kuat, mandiri, dan tdk bergantung yg lain. Dan pastinya lbh percaya diri berarti. Klo ga brani cowoknya minder itu mah.
    Yang pasti sy mah bergantung sm Allah saja.

    ReplyDelete
  13. Perempuan itu memang harus kuat lah. Dr ABG aja udh drama2 kan ya, trus kerja tekanan terselubung u ttp gaya meski gaji pas-pasan ada banget,baru menikah aja udh ditanya kapan punya anak, hamil 9 bulan bw janin di dlm perut, melahirkan mau sesar atau normal ttp bertaruh nyawa, blm lg drama ibu2 masa kini dalam mendidik anak di jaman edan Kaya skg.Kudu kuat lah.. Kalau soal ustadz Felix, biar gimana juga saya sih ngerasanya ilmu agamanya dia masih jauh lebih tinggi daripada saya. Makanya dipanggil ustadz kan yaa. Hehe..

    ReplyDelete
  14. Rudet cha :)))

    Gak polow dan g tau jg sprti apa, perempuan harus kuat donk akhhh...

    ReplyDelete
  15. Cukuplah baca postinganmu. Aku tak perlu kepo beliau. Haha

    ReplyDelete
  16. Hihi, kadang bikin gatel sih ya emang tweet2nya :D

    ReplyDelete
  17. Jadi perempuan itu kan harus setroooongg...*sambil gendong anak dua*

    ReplyDelete
  18. Makin eneg deh liat nih ust. :@ Emang lu pikir wanita lemah itu enak? Diperkosa, diinjak-injak, belum lagi kalo kekerasan. Kalo wanita gak kuat, kamu gak bakal lahir uy. Mana bisa ngelahirin bayi segedhe itu dari mrs. v yang sempit. Bikin muntah aja baca tiap tweetnya.

    Dan lu tuh, ust paling nyebelin yang pernah gue tau namanya. Elu pikir apa gunanya ada perlindungan wanita? Buat nunjukin wanita lemah?

    #numpang buang sampah

    ReplyDelete
  19. Mgk mksd pak ustadz itu perempuan yg mrs ga butuh lk2...*positive thinking* kl mmg dia ga bener sbtlnya perempuan2 tdk perlu marah. Kl marah artinya yg dia ucapkan benar bhw naturenya lk2 mmg demikian...hehehe....

    ReplyDelete
  20. jadi ngebayangin Icha ngomong: ARE YOU SURE? *melotot +close up +zoom in +zoom out* BHAHAHAHA

    ReplyDelete
  21. Sebelum nulis ini mestinya mba Icha baca dulu keseluruhan twitnya, karena tulisan ini jadi menggiring opini yang lain. Saya juga belum menemukan chripstorynya, makanya Googling. Ini karena twitnya muncul lagi di fb dan cuma sepotong pula. Kebiasaan orang menyebarkan sesuatu cuma sepotong2. Setelah Googling, saya malah nemu tulisan mba Icha & link media klarifikasi dari Felix Siauw. Saya kira mba Icha juga mau nulis isi twitnya yg lengkap kayak gimana kan, tapi cuma opini dari Twit yg sepotong. 😂 Link klarifikasinya ada di FB saya dah, takutnya di sini gak bisa nyebar link.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG