-->

#SassyThursday: YouTube Stars

on
Thursday, September 8, 2016
 
Jadi baru aja ada lagi selebgram yang putus. Dia nggak nangis drama sih tapi gue kasian deh jadinya. Mana udah lamaran dan ada videonya di YouTube, kupikir mereka akan nikah. :( Dan karena ya anaknya bukan yang caper banget gitu. Well, itu menurut gue. Tapi kalau hanya karena dia suka pakai bikini terus kalian menganggap dia caper mah ya ga apa-apa hahaha.

Nah terus kemudian saya teringat ucapan seseorang beberapa waktu lalu. Kurang lebih gini "kenapa sih pada suka sama selebgram? Artis aja bukan!".

Definisikan dulu "artis". Kalau menurut lo artis adalah orang yang muncul di TV, itu kan karena lo nonton TV. "Artis" atau "seleb" buat gue ya orang-orang yang ngetop di social media karena gue nggak nonton TV. Hiburan gue ya socmed, jadi fair dong menurut gue kalau mereka dibilang seleb juga.

Baca punya Nahla:

Kalau YouTube, gue cinta YouTube banget! Dari dulu! Dari zaman David Choi dan Michelle Phan masih culun! Gue download entah berapa banyak video-videonya David Choi karena keren banget (di zaman itu).

Sampai sekarang gue punya 2 akun YouTube. Satu buat subscribe YouTubers lokal, satu lagi buat subscribe YouTubers luar. Karena kalau luar gue nontonnya semacam make up, beauty, cover song, reaction video. Sementara kalau lokal topiknya random aja, gue suka nonton apa ajalah yang penting lucu. Dan karena mix gitu interestnya, gue nggak suka timeline gue jadi campur aduk. Makanya niat abis punya dua timeline YouTube lol.

Salah satu YouTube stars alias seleb YouTube yang lagi gue liatin banget itu Young Lex. Bukan, bukan karena dia lagi sama Karin terus. Gue udah liat Young Lex dari sebelum dia akrab sama Karin. Belum lama sih, 2-3 bulan terakhir lah. Itu juga dikasih tahu Nahla. Hahahaha. Kata Nahla "kasar banget, kak!" Tapi sejak kapan rap nggak kasar? :)))))

young lex instagram samuel alexander
source: instagram.com/young_lex18

Dan pas nonton beberapa videonya, ternyata ini anak inspiratif amat! Dia udah tahu passion dia dari kecil banget dan dia usaha banget untuk itu. Nonton video Draw My Life-nya deh. Kerasa banget perjuangan untuk bisa hidup dengan passionnya. Dia juga bukan dari keluarga yang mampu, dia sempet jadi OB untuk bisa biayain kuliah dan sampai sekarang udah ngetop banget tetep tinggal di gang. :)

Cara dia ngerangkul fansnya juga oke menurut gue. Dia bisa ngerti posisi fans yang masih muda, yang maunya tindik kuping, bolos sekolah, dan encourage mereka untuk nggak melakukan itu (dulu) minimal sampai lulus sekolah.

Lagu dan videonya juga bagus untuk ukuran DIY semua ya. FYI, gue zaman dulu emang suka lagu rap-rap lokal gitu. Anak Ardan Radio Bandung pasti akrab lah sama Ebith Beat A atau Alit (Alit da Baong), atau 7 Kurcaci, Fade 2 Black, Saykoji, dan SoulID. Waktu Ebith bikin lagu soal lirik dia dicuri sama Kremlin itu gilaaa, pecah banget. *MAAP YA MASA LALU BANGET CERITANYA LOL* *sementara itu Nahla dengerinnya klasik dan main biola lolol*

Young Lex ini jadi nostalgic buat gue, karena meski sekarang gue dengernya Justin Bieber yang lebih adem, gue tau banget rasanya jadi anak muda yang meledak-ledak dan diwakili sama lagu rap dari grup-grup indie lokal.

Tapi satu hal, seperti yang Nahla bilang, ngomongnya kasar. Dan dia nulis "official" dengan "officialy". :))))))

Ini contohnya. Yang baper dan mau shock bilang "anak zaman sekarang kok gini amat" plis jangan nonton. Karena di judul videonya aja udah jelas tuh explicit.

Betapa zaman sekarang setiap orang bisa mengejar cita-citanya sendiri lewat social media. Gue ngebayangin rapper lokal zaman dulu struggling untuk cari uang dan bertahan hidup dengan passion karena ya gimana. Kalau mau cari uang banyak harus mainstream lewat TV, tapi kalau nongol di TV sebagian idealisme pasti terjual karena mau nggak mau harus ngikutin pasar. Nggak bisa seenak udel.

Kalau di YouTube? Mau anjing-anjingin orang juga kalau emang videonya bagus mah tetep ada yang apresiasi, makin banyak yang nonton udah pasti dapet penghasilan. Yang penting berkarya sebaik mungkin! Kolaborasi dengan berbagai orang! Liat aja Young Lex views videonya jutaan dan dia percaya banget sama konsep kolaborasi, dia kolaborasi sama banyak orang dan itu keren menurut gue.

Makanya gue ketawa waktu ada yang bilang "Anak-anak kaya gitu nanti dicek HRD di masa depan, siapa yang mau memperkerjakan mereka?"

Woh, modal ratusan ribu followers di YouTube dan Instagram mah bisa hidup banget. Siapa yang bilang mereka mau kerja di perusahaan orang di masa depan kalau bisa hidup dengan passion tanpa harus bergantung orang lain? Nih ya, asal karyanya bagus, fans banyak, buka bisnis yang sesuai sama pasar followers mereka. Pasti laku. Kuncinya cuma work haardddd!

YouTube itu second largest search engine in the world loh. Kedua setelah Google (makanya dibeli Google juga). Hampir pasti nggak akan tutup atau bangkrut. Gila, they rule the world! Duh gue mesti bikin satu tulisan khusus nih soal bagaimana Google menguasai dunia hahaha.

Sementara itu di luar sana juga banyak ibu-ibu yang panik "kenapa harus ngomongnya kasar banget sih! Kalau ditiru anak kecil gimana?" Dijawab langsung sama Young Lex di salah satu video dia. Kata Young Lex dari zaman dulu juga udah banyak lagu kasar kenapa sekarang dia doang yang disalahin, di akhir video Jamrud - Surti aja ujungnya "surti f*ck you". Dan Jamrud kurang mainstream apa, muncul di TV loh mereka, video klip Surti itu. Nggak kaya YouTube yang user pilih tontonan sendiri. :)))))))

Dua sisi banget ya kan jadinya. Di satu sisi gue appreciate banget sama kerja keras orang-orang kaya Young Lex untuk berkarya sesuai apa yang dia suka. Sisi lainnya, sekarang gue juga punya anak.

...

Orang-orang semacam ini yang gue kagumi dulu, ternyata agak bikin khawatir juga setelah punya anak hahaha. Kuncinya tetep cuma satu sih, ya dijaga dong anaknya jangan sampai nonton kalau belum cukup umur. Bukan tontonan anak-anak kok itu, jelas ada tulisannya explicit content.

*ngomong gampang bener, punya anak remaja aja belum pernah*

Karena ya, kalau dia udah cukup dewasa dan dia memutuskan untuk jadi jadi rapper mah ya udah nggak apa-apa. Asal yakin sama passionnya sih kenapa nggak? Selama nggak nyakitin orang lain dan bisa jadi inspirasi untuk banyak orang.

Kemudian banyak juga yang bilang "anak YouTube  itu kenapa sih suka ngerasa lebih oke dari artis TV?".

(anak YouTube tok ya secara sekarang artis TV juga punya series di YouTube yang viewsnya tetep gedean anak YouTube asli lol)

Kalau dari sisi kualitas ya sama-sama ajalah. Kan cuma tergantung selera mau suka sama yang mana. Mau yang tayangannya punya peraturan penyiaran atau nggak?

Dan anak YouTube juga nggak semuanya ngomong kasar gitu kan. Meskipun YouTubers luar juga yang kasar ngomongnya emang yang subscribers nya puluhan juta.

Banyak juga kok YouTubers lokal yang manis-manis. Bikin video beauty, parody, atau vlog konyol kaya Jovi Hunter yang bahkan considerate banget. Nggak ngerokok, nggak ngomong kasar di depan kamera meskipun dia mengakui dia sebenernya perokok dan suka ngomong kasar. Aduh aku superlaff deh sama Jovi. <3

Lagian akui sajalah, di mana-mana anak indie lebih ngerasa keren kok dibanding yang mainstream. Bukan cuma anak YouTube, banyak juga band-band yang stay indie, nggak mau masuk label besar karena nggak mau masuk TV dan disetir kapitalisme, disetir permintaan pasar untuk diiringi joget cuci - jemur baju. :)))

Dan mungkin juga karena perjuangannya beda. Ya gimana, semua serba DIY, bikin lagu sendiri, rekaman sendiri, syuting video sendiri, modelnya dia sendiri, ngedit pun sendiri, udah gitu mati-matian cari penonton sendiri. Meski banyak yang udah punya tim, tetep aja timnya jauh jauh jauh lebih kecil dari korporasi TV. Timnya pun temen-temen sendiri. Semangatnya beda. 

Kalau band yang muncul di TV kan berkarya nih, udah gitu jelas diatur sama manajemen akan on air di mana, off air di mana. Ketaker lah sebulan kira-kira akan dapet uang berapa. Lah YouTube? Udah mati-matian bikin semuanya sendiri, masih harus deg-degan "ada yang nonton ya?".

Huft panjang juga ya. Kalian gimana? Punya YouTube stars favorit? Atau masih nonton TV?

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
16 comments on "#SassyThursday: YouTube Stars"
  1. Gue masih nonton TV demi CSI, NCIS, om Castle & om Patrick Jane, hehehe

    ReplyDelete
  2. Masih nonton NET pas sarapan mau berangkat kerja, hehehe. Kalo malem TV-nya dikuasai ibu untuk nonton..........sinetron India -_____- YouTube stars favoritku danisnotonfire HAHAHAHAHAHA

    ReplyDelete
  3. btw ditunggu loh kak tulisan khusus soal bagaimana Google menguasai dunia XD

    ReplyDelete
  4. TV lokal yang ditonton NET doang, karena itu doang yg kontennya bagus. Aku juga suka Jovi hunter, lainnya arief muhammad sekarang dia ngevlognya pake drone sekarang kontennya juga kece

    ReplyDelete
  5. punya dongssss sampe aku compile terus aku buat postingan juga di blog lol Beautifymeeh, Bubzbeauty, Clothesencounter, Divas can cook, Easyneon, Gossmakeupartist, Essiebutton, Communitychannel, Laura in the kitchen, Themakeupchair, kimdao, Taylor R, mimeiland aduh banyaaaaaaaaaak hehehehhehe

    ReplyDelete
  6. Saya nonton dua2nya, kalo ada wifi nonton yutub kalo enggak ya tv. Secara nggak perlu kuota.
    Apapun tontonannya yang penting bertanggungjawab. Ya nggak kak? ��

    ReplyDelete
  7. YouTuber fav aku si Arief-Tipang, Abel Cantika, Jovi, Rachel Goddard, sama Fluxcup wahahahaha. Udah hampir ga pernah nonton tivi lagi sekarang, selain karena di kost ga ada tivi, lebih enak mainan socmed.

    BTW, iya lho, aku dulu kenal kata F dari Jamrud. Kenal Jamrud dari temen sekelas pas kelas 5 SD. Nanya ke nyokap, langsung diomelin :)))

    ReplyDelete
  8. Aku emang demen banget nonton anaknya. Jadi emang sering nonton TV, film, maupun yutup hahaha. Youtuber favorit aku yang lokal cinta banget ama Chandra Liow. Video-videonya menghibur dan inspiratif. Pokoknya video yang paling pewe aku tonton deh hahahah. Youtuber luar aku suka banget ama Claire Marshall, video-videonya keren. Ngeditnya, teknik pengambilan gambarnya, sampe musiknya juga asik banget bikin enak ditonton. Mirip jugalah ama Chandra wkwk. Kalo TV aku masih demennya nonton series luar ajah kayak Criminal Minds, The Mentalist, Crazy Ex-Boyfriend, 2 Broke Girls, dan masih banyak lagi xD (jadi panjang banget in komennya wkwk)

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete
  9. "Anak-anak kaya gitu nanti dicek HRD di masa depan, siapa yang mau memperkerjakan mereka?" Nah, ini juga yang kepikiran di gw Cha.. kalo mereka2 gak mau kerja kan gak bakal dipikirin kata2 ini, emang semua orang mau jadi karyawan, hehehe

    ReplyDelete
  10. Siapa sih selebgram yang putusnya hhihi

    ReplyDelete
  11. Aku anak instagram sih...kalau youtube sekedar pas nyari hiburan atau tutorial. Sepakat sama pengertian artis. Iya...saat ini aku sendiri ngga lagi dipengaruhi para artees tivi. Iklan...dll lihatnya ya kalau lagi browsing

    ReplyDelete
  12. Aku bukan anak youtube sih. Nonton youtube paling buat cari tutorial hijab, masakan korea, gosip yang pas kapan hangat, dan baru ngeh sekarang alias ketinggalan, nonton video klip lagu-lagu.

    Seringnya buka instagram dan tetep jarang nonton TV.

    ReplyDelete
  13. Iyayah dulu vidclip jamrud jg agak gmn...peluk anak2 yg kenceng klo buka YouTube yg gini2,hrs monitor ..tapi nonton tv masih suka, net palingan ato Disney jr :))

    ReplyDelete
  14. akhir-akhir ini lebih betah nonton video-video YouTube-nya Buzzfeed karena ada aja yang seru. Kalo Youtuber lokal aku juga suka nonton vlognya Jovi. Jujur, tulus (keliatan kalo lagi bacain mailtime), tapi pas ada yang nyinyir ngadepinnya alusss banget *brb pamerin kaki jenjang diiringi sound effect orang ketawa*. Dan oh! VNGNC!

    ReplyDelete
  15. Masih suka nonton tipi, internet masih ratapan anak tiri statusnya di rumah.. haha

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG