-->

Review Kulina, Katering Tanpa Ribet

on
Monday, February 6, 2017
Review katering Kulina atau @kulinaid, website katering tanpa harus ribet pesen via telepon atau chat!

review kulina id

Hola!

Senin ini saya mau review tempat katering. Yes, karena JG udah nggak sanggup masak buat makan malem, kami sudah lama sekali katering. Kateringnya makan siang, diantar ke kantor tapi dibawa pulang untuk makan malem.

Soalnya gini, kami sampai rumah paling cepat itu jam 7. Kalau harus masak dulu baru makan jam berapa kan lapar. Saya dan JG kalau lapar cranky nanti marah-marah nanti keharmonisan rumah tangga terganggu jadi ya udalah katering aja. 😂

Nah saya udah langganan Kulina ini sejak Oktober 2016 jadi bulan ini bulan ke-4. Cuma galau ini mau lanjut apa nggak, kenapa? Baca sampai selesai hahaha.

Apa itu Kulina?

Kulina.id adalah website katering. Bukan katering sehat karena dia nggak masak. Bukan juga macam Black Garlic gitu yang cuma jual bahan.

Kulina ini website doang, mengumpulkan resto-resto (dan warung/katering rumahan, maybe nggak tau juga sih level kateringnya gimana) terus dikategorikan berdasarkan lokasi pengantaran. CEO nya yang dulu albumnya viral di Facebook itu loh yang bikin bekal makan siang buat anaknya terus jadi di-share ibu-ibu buat ide bekal sekolah.

(Baca: Tips Survive di Jakarta Tanpa ART dan Nanny untuk Ibu Bekerja)

Kembali ke website Kulina, misal saya lokasi Palmerah, saya selalu dapet katering yang sama Oey Catering dan Rose Catering. Nah Kulina kerja sama dengan kurir, pakenya Ninja ... aduh ninja apa sih namanya ninja kurir itu? Ninja Xpress ya kalau nggak salah.

Jadi konsepnya gini:

1. Saya sign up di website Kulina, pilih paket, dan pilih lokasi pengantaran. Menu untuk 2 minggu ke depan akan langsung terlihat (untuk box tidak bisa pilih menu).
2. Saya bayar melalui bank transfer atau kartu kredit.
3. Di hari H, ninja kurir mengambil pesanan saya di tempat katering.
4. Ninja mengantarkan katering saya ke kantor sebelum jam makan siang. Semua sudah pakai box Kulina dan dikasih sendok. Bisa banget buat makan di mobil pas macet.
5. Ada notif via sms saat ninja sudah ambil pesanan dan otw menuju kantor.

Setiap hari Kulina mengirim notifikasi via email untuk pengingat menu hari ini dan besok, tidak sreg dengan menu besok? Klik 'lewati' di email itu sebelum jam 3 sore dan besok kateringnya nggak akan antar. Diganti ke hari berikutnya dengan menu hari berikutnya tentu saja.

Lewati sekaligus banyak juga bisa. Waktu libur Natal dan Tahun Baru saya cuti seminggu tapi masih punya sisa langganan, tinggal masuk ke profile kita di website dan klik lewati di tanggal-tanggal yang ingin kita lewati.

Beres. Simpel ya?

Saya pilihnya katering box basic, well yang paling murah lah. Lagi dulu cuma adanya ini doang, sekarang sih ada yang box deluxe. Untuk berdua itu Rp 25ribu per box. Kalau berlima cuma Rp 20ribu per box. Makin banyak makin murah.


Dia bisa juga untuk pesen prasmanan atau acara besar lain seperti gathering di kantor atau acara keluarga. Tinggal pilih paketnya aja.

Saya langganan nggak pernah sebulan full. Mingguan atau dua mingguan, biar ada alasan makan di luar pulang kantor lol. Ya jadi nggak terus-terusan katering biar nggak bosan. Jeda satu dua hari makan di luar baru lanjut lagi Kulina.

Makanannya gimana?

Nah ini dia yang bikin galau. Waktu awal itu enak banget! Enak banget level terharu bisa katering segampang itu, seenak itu, dengan harga semurah itu. Menunya pun SELALU lengkap nasi, sayur, daging ayam/sapi/seafood, dan satu pelengkap (tahu/tempe/gorengan lain).

review kulina id
menu lama, banyak, nasi dan 3 menu
review kulina id
menu lama: udang dan telor puyuh gaes! kolesterol yang enak!

Dan disimpan sampai waktu makan malem nggak basi lho! Kata mamah mertua, makanan tidak cepat basi artinya makanan diolahnya bersih. Tipsnya pas nyampe kantor, bolong-bolong di kotak Kulinanya dibukain semua dan box dikeluarin dari kereseknya. Soalnya dibungkus pas masih panas jadi kalau bolongnya nggak dibuka mah basi sih, panas dan ketutup kan.

Masalahnya sebulan belakangan menunya berubah 😩 Pelengkap itu sekarang lebih sering hilangnya daripada adanya. Di bawah ini beberapa foto menu baru. Banyak yang lebih sedikit dari ini tapi nggak sempet foto. Lha tiap hari saya makan ini, jadi suka nggak kepikiran lagi untuk foto.

review kulina id
ayamnya keras dan telor pake sayur apalah
review kulina id
daging sedikit sama (ceritanya) salad :(

Komplain nggak? Komplain dong karena di website jelas tertulis apa aja yang didapat (nasi+sayur+daging+pelengkap). Nah CS nya di Twitter ini emang sigap banget, selalu jawab walau cuma sekadar terima kasih.





Apa yang terjadi? Apakah menu kembali seperti semula? Nggak dong. Pelengkap tetap hilang di box makan dan juga JADI HILANG di penjelasan menu di websitenya. Iya jadi sekarang di websitenya udah nggak ada lagi tulisan dapet apa aja. Sedih. 😭

Menu Jumat kemarin malah mau nangis banget deh, nasi goreng nggak ada rasanya dan telor dadar. Saya makan duluan di mobil terus sebel karena nggak ada rasanya dan nasi gorengnya nggak ada apa-apanya polos doang. Ada satu potongan cumi kecil banget. Shock dong ya, saya cek seharusnya nasi goreng seafood dan telor dadar.

Sampai di rumah, buka box punya JG saya sampai videoin untuk barang bukti 😩 dan YES cuma nasi polos dan udang kecil dua biji. Speechless parah. Nggak foto, keburu males.

Kalau saya menulis ini di bulan November, saya pasti akan tulis recommended. 😭 Dulu hampir nulis dan rekomen banget serius. Salah satunya karena mereka tetep nganter pas demo! Pas demo 411 itu kan ribet banget ya jalan macet di mana-mana sampai kantor diliburin, tetep dianter dong malah dianter lebih pagi. Nggak pernah failed sama sekali baik dari segi pengantaran maupun makanan. Demo 212 juga mereka nganter.

Sekarang ya, saya sendiri masih tetap berlangganan, masih punya jatah sampai minggu depan tapi nggak rekomen amat. Kalau kalian masih punya katering langganan lain dan lancar sih nggak usah pindah.

Masalahnya katering langganan saya dulu mbaknya suka sewenang-wenang. Murah sih murah tiga menu kaya Kulina cuma Rp 18ribu non MSG pula. Tapi tiba-tiba sakit lah (ya namanya manusia), mau liburan lah, kan saya bingung jadinya nggak ada katering mendadak. Kalau Kulina ini kan tetep dianter apapun yang terjadi.

Belum lagi kalau katering biasa itu komunikasinya via chat WhatsApp ya ampun ribet. Saya males basa-basi, apalagi kalau dia sakit, ya kasian tapi kan kasian saya juga makan malem gimana duh. Kalau Kulina kan meminimalisir chat sama manusia, lebih sedikit interaksi sama manusia lebih baik lah karena nggak perlu jaga emosi lol.

Mungkin Kulina butuh beberapa kompetitor sepadan biar tetep jaga kualitas. Karena sekarang setau saya di Jakarta cuma Kulina doang nih yang business modelnya begini dengan harga yang murah. Rata-rata kan website katering itu katering sehat ya, mahal dan nggak menu rumahan.

Atau bisa juga mungkin Rose Cateringnya sih sebenernya yang error, tetep aja, aku sedih dan kecewa. Soalnya menu kan udah ada fotonya di website duluan jadi ya memang standarnya nggak sama kaya dulu kayanya sih ya.

😭

Yang justru malah penasaran mau coba boleh pake kode promo Kulina aku diskon Rp 50ribu kodenya ANNIS11 ya. Aku dapet diskon juga kalau kalian pake kode promo aku. Kalau diskonan aku maulaahhh. lol

Ya begitulah. Pengen berhenti kok ya nggak punya pilihan lain, pengen lanjut kok ya sebel. Mau sebel kok ya udah murah juga. Masa nggak bisa makan murah dan nggak sebel. Problematika ibukota.

😪

Ada yang punya rekomendasi katering Jakarta Barat? Atau ada yang persis Kulina dengan harga sama? Atau ada yang langganan Kulina juga tapi lancar?

Komen yaaa!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
17 comments on "Review Kulina, Katering Tanpa Ribet"
  1. Seorang annisast bisa sampai terharu saking enaknya, then it's recommended. Beda sama aku yang semuanya enak. Ok. I'll tell Adit abt this then.

    ReplyDelete
  2. Di Medan ada ga yg beginian, asik banget kalo ada. Murah bgt itu 25 ribu lauknya udah begituan.

    Btw Ini gimana. Sebel atau gimana. Kok ngasih kode voucher. Pasti lg PMS ini.

    ReplyDelete
  3. Gue gak minat coba Kulina karena gak bisa pilih-pilih lauknya. Gue kan picky dan banyak gak sukanya, hehehe. Makanya lebih suka Berrykitchen karena bisa bebas pilih menu hari itu. Bayarnya dengan sistem poin. Beli sejumlah poin, nanti pesanan katering dikurangi dari poin. Lumayan enak kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nihhh gue beli poin di Berrykitchen buat 2 minggu ke depan nyobain. sp far so good meskipun ribetnya harus pesen manual tiap hari. huhu

      Delete
    2. Hi Mba, aku baru baca review mba Annissa nih..

      Kalau menurut Mba Annissa dan Mba Edwina, lebih enak pesen catering yang pembayarannya langsung via transfer ke bank (seperti kulina) atau beli point dulu (seperti berrykitchen)? ini hal pembayarannya saja yaa yg aku tanya hehe

      Delete
    3. ga ngaruh sih bebas, aku udah lama pake berrykitchen dan ga ngerasa ribet sama urusan poin hehehe

      Delete
  4. Dilema ya Kak Icha. Hehe. Tapi itu murah loh, di sini aja (kota kecil di pojokan) nasi padang udah 20 ribuan aja. Kalo pake ikan laut yg gede atau ayam kampung udah 25 ribuan paling murah. Ckk! Akhirnya aku sih maksain masak sendiri. Walo ya cuma yg sesimple sambal sama tumisan sayur doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. katering di jakarta sebenernya murah, tapi dramanya sama kaya drama ART huhu

      Delete
  5. Tp gk enak ya gk bs pilih lauk. Mendingan beli makan di luar aja kali ya? Dr pd sakit hati, lama2 sgt jd mhl juga kalau lauk alakadarnya gitu

    ReplyDelete
  6. Dilema ibukota ya chaaa.. Puk puk, sabar ya ichaa.. *ngga nolong* hahaha..

    ReplyDelete
  7. Aku dulu sempet pake Aquariuz Catering cha, http://aquariuzcatering.blogspot.co.id/
    tapi ya komunikasinya via WA sih, ownernya fast response kok. Murah dan dari segi rasa lumayan lah, porsi pun sungguh generous sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke nanti coba aahhh, sekarang lagi coba berrykitchen nih

      Delete
  8. Sayang banget ih udah bagus banget di awal kok tiba-tiba kualitasnya menurun :3 Di Surabaya setauku belum ada beginian, wah bisa jadi peluang usaha 😀

    ReplyDelete
  9. Kebetulan bangt ada yg review kulina padahal q br mau nyoba krn trgiur iklan IG tentng kulina dan mau nyobain,.,tp kok jd urung ya setelh baca ini,.,���� thanks icha reviewnya.

    ReplyDelete
  10. Pengin nyobain kayak ginian sekali2 �� Tapi sama deh klo udah laper itu bikin emosi, yang ada ngomel aja...

    ReplyDelete
  11. Waah, ini dia sih yang ditakutin. Sempet pengen nyobaaa dulu, pas baru2nya.
    Kayaknya oke juga nih kalo buat makan siang dan sajian meeting client. Tapi kalo kualitasnya turun, apalagi sampe segitunya, duh.

    Pernah juga pengen apply juga jadi salah satu cateringnya, tapi kalo bermasalah, hmmm..... Nggak mau su'udzon sih, tp udah lumayan pengalaman soal catering ke kantor gini. :'))) hahaha

    ReplyDelete
  12. Halo Mba Anisa,

    Mba aku mau rekomendasiin L's Kitchen mba, masih terbilang baru tapi untuk rasa dan harga bersaing mba. Bukalapak dan Ruangguru juga ambil di L's Kitchen. Kalau mba tertarik aku bisa kirimkan pricelistnya ke email atau bisa hubungi aku di tdivar@gmail.com

    Terima kasih mba :D

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG