-->

Ibu, Indonesia itu Apa?

on
Wednesday, August 15, 2018
[SPONSORED POST]

Let’s talk about this country.



Kemarin di Instagram saya sempet singgung sedikit kan ya, si Bebe lagi nanya-nanya terus soal negara. Pertanyaannya bener-bener:

“Ibu, Indonesia itu apa?”

Berulang-ulang karena jawaban saya belum bikin dia puas.

Saya akhirnya nanya ke guru daycare-nya dan dijelasin panjang lebar dari semesta, dunia, benua, negara, pulau, daratan, lautan. Detaaaailll sekali sampai ada 4 material khusus untuk menjelaskan anak soal dunia. Sampai saya ter-wow ternyata serumit ini ya mendefinisikan dunia pada anak.

Saking tadi lama banget saya dijelasin soal bumi, saya jadi disadarkan lagi bahwa bumi ini luaaasss sekali. Indonesia itu bagian dari semesta, bagian dari bumi, bagian dari daratan dan lautan, bagian dari benua.

Indonesia sendiri pun masih juga sangat luas. Daratan seluas itu, dengan orang sebanyak itu, gimana bisa damai semua coba?

Karena orang-orang seharusnya menghargai setiap perbedaan.

Saya jadi teringat lagi satu PR sebagai orangtua yang terus saya ingatkan pada diri sendiri sampai hari ini. Seperti yang pernah saya jelaskan lebih detail di postingan ini: Mengajarkan Perbedaan pada Anak

“Orang kan berbeda-beda, beda itu tidak apa-apa"

"Semua orang bebas memilih ingin jadi orang seperti apa”

Sekarang, lima bulan setelah postingan itu kuliah saya soal perbedaan jadi naik kelas karena Bebe udah hafal banget soal perbedaan visual seperti warna rambut, pilihan pakaian, atau bentuk badan.



Kini perbedaan mulai dikenalkan pada apa yang orang suka atau tidak suka. Contohnya saya buat seluas mungkin. Seperti tadi pagi dia cerita soal kucing kemudian nyeletuk.

Bebe: “Ibu kan takut kucing, appa takut tikus. Aku tidak takut apa-apa”

Ibu: “Kalau nini takut apa ya?”

*dilanjut mengabsen nama tante-tante dan mengingat ketakutan mereka pada binatang, Bebe jawab semua*

Untuk apa nanya segala nini dan tante-tante takut apa? Untuk ngasih tahu kalau orang itu banyak dan ketakutannya juga banyak. Tentu diakhiri dengan kalimat andalan.

“Semua orang punya ketakutan yang berbeda karena takut itu tidak apa-apa, beda juga tidak apa-apa.”

Juga tentang kebutuhan. Umurnya Bebe itu lagi umur di mana kalau temennya punya maka dia juga HARUS punya. Ada satu temen daycare yang setiap hari bawa snack sendiri terus Bebe jadi mau juga. Lha padahal makan di daycare selalu habis malah suka nambah. Untuk apa bekal segala?

“Kebutuhan orang berbeda karena bentuk badannya berbeda. Dia bekal bukan berarti kamu harus bekal karena kamu dan dia beda badannya, beda kebutuhannya.”

DIA NGERTI LHO. Kemudian nggak maksa minta bawa bekal lagi.

Jadi jangan remehkan anak-anak! Apa yang kita tanam sebagai nilai sejak kecil ini seharusnya (dan diharapkan) bisa terbawa sampai dewasa. Bahwa apapun, apapun tidak perlu dibuat sama.

Jangankan satu negara ya adik kakak kandung aja satu ibu bisa 180 derajat bedanya kan. Apalagi satu negara. Kalau nggak mau menghargai perbedaan, silakan pindah negara banget nggak sih. *lelah*

Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda tapi tetap satu. Pertanyaan soal Indonesia itu rasanya jadi tidak lagi sederhana.

“Indonesia itu apa?”

Indonesia itu 17ribu lebih pulau, 36 provinsi, lebih dari 300 kelompok etnik dan 1,300 lebih suku. Mau nggak mau sejak kecil harus diajari kalau perbedaan adalah sesuatu yang normal. Sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Nah, kalau kalian gimana cara ngajarin perbedaan pada anak? Share yuk gimana kalian mengajarkan Bhinneka Tunggal Ika kepada anak sejak dini.

Caranya:
1. Peserta wajib follow @kemenkominfo, @djikp, @bintangcomid.
2. Kompetisi diikuti oleh Ayah atau Ibu bersama si kecil.
3. Foto bertemakan bagaimana mengajarkan kebhinnekaan kepada anak sejak dini.
4. Upload di Instagram, sertakan caption menarik sesuai tema, tag dan mention @kemenkominfo, @djikp, @bintangcomid.
5. Jangan lupa sertakan hashtag #KominfoSatu2018.
6. Periode kontes 6 Agustus - 4 September 2018.

Hadiahnya keren-keren lho! Ada Samsung S9, Fujifilm X-A3, Samsung A6+, dan voucher MAP.

Ikutan yuk!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
6 comments on "Ibu, Indonesia itu Apa?"
  1. wow, mau ikuuut hhahaha. Tara juga nanya soal ini soale.

    ReplyDelete
  2. mba provinsi ada 36? aku tahunya 34. tapi aku browsing ada yang nulis 34,35,36. kalo 36 yang 2 baru itu mana ya mbak? kok gak nemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. provinsi ke 35 teluk cendrawasih, provinsi ke 36 kalimantan utara. aku juga browsingnya pusing hahahaha

      Delete
  3. Sampai tahun ini kayanya indonesia ada 34 provinsi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada 36 kok. browsing nya kurang kenceng nih hahaha

      Delete
  4. Xylo gendong pus... >.< moodbooster banget liat foto itu...

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)