-->

Anak Alergi Susu Nggak Bisa Minum Susu? Bisa!

on
Monday, November 5, 2018
Adakah di antara kalian yang masih mengharuskan anak harus minum susu setiap hari?

Waktu Bebe kecil, saya nggak pernah mewajibkan Bebe minum susu setiap hari karena yaelah makannya banyak juga, nenen juga sampai umur 3 tahun, ngapain dia harus minum susu setiap hari.


Tapi ternyata anaknya suka banget susu. Dari umur 2 tahun dia minum susu coklat bisa 7 gelas, plus masih nenen, plus makan yang bahkan porsinya sebanyak porsi saya makan. Nggak pernah ada drama GTM sama sekali. Saat weekdays di daycare makannya ya banyak, minum susunya juga banyak. Kalau weekend sih makannya emang suka-suka.

Tapi karena khawatir dengan gula berlebihan, saya berhentiin susu coklatnya dan saya ganti dengan susu putih. Sampai hari ini sehari minimal 3 kali dia minum susu.

Kenapa jadi ngotot amat minum susu?

Karena tinggi badannya kurang T______T

Nggak kurang banget sih tapi di bawah garis normal. Di antara anak seumurannya dia termasuk yang terpendek. Jadi ya akhirnya rada ngotot ngasih susu dan telor rebus sebanyak mungkin.

Iya tau banget banyak yang bilang susu nggak ngaruh sama tinggi badan blablabla tapi menurut saya nggak ada salahnya juga sih minum susu setiap hari. Karena nih yaaaa, JG dan adiknya bisa tinggi itu diduga karena tiap hari waktu kecil minum susu banyak banget. Soalnya kedua orangtua nggak tinggi, nggak olahraga macam renang atau basket juga tapi dua-duanya beneran tinggi.

Saya sama JG aja bedanya 20 cm lebih. Papanya JG setinggi saya doang dan mamanya lebih pendek dari saya! Saya sampai nanya lho ke dokter tumbuh kembang kok bisa sih dok dia tinggi padahal orangtuanya nggak tinggi sama sekali?

Kata dokternya ya itu pas maksimal aja pertumbuhannya jadi bisa jauh lebih tinggi dari kedua orangtua. Ya kalau gitu kenapa nggak dimaksimalin aja usahanya ya kan. Minum susu! Makan telor sesering mungkin! Minum vitamin D dan kalsium!


Dunia masih visual banget sis. Tinggi badan masih ngaruh sama segala hal. Akuilah cowok tinggi hidupnya akan lebih mudah dibanding cowok yang pendeknya di bawah rata-rata. Suka nggak suka kenyataannya emang kaya gitu huhu.

Tapi ngerti bangeeettt saya bisa kaya gini ke Bebe karena dia nggak alergi susu. Tau dari mana?

Kebetulan ini anak alerginya banyak -______- Dia alergi dingin, bisa batuk-batuk kering seketika kalau cuaca lagi dingin. Dia juga alergi seafood, salah makan dikit langsung muncul bercak-bercak merah atau kulit ngelupas.

Gimana lagi, alergi kan penyakit turunan. Lha saya dan JG sama-sama alergi debu. Saya malah sinus alergi dan dermatitis atopik, otomatis ribet lah hidupnya yaaaa.

Apa sih alergi itu? Alergi adalah reaksi sistem daya tahan tubuh terhadap paparan zat tertentu yang disebut alergen. Alergi akan berdampak pada beragam aspek tumbuh kembang anak.

Buibu yang masih ragu atau belum tahu sebetulnya anaknya alergi atau nggak,bisa tes pake tools ini. Klik!

Saya coba tes ini dan langsung ketauan Bebe alergi dengan pencetus udara dingin dan seafood.




Nah tapi untungnya Bebe nggak alergi susu, kalau sampai alergi susu atau lactose intolerant saya kayanya bisa stres banget deh. Soalnya saya sampai sekarang anaknya masih minum susu banget dan kami sekeluarga selalu punya susu di kulkas.

Susu juga jadi andalan kalau Bebe lagi males makan pas weekend. Minum susu doang boleh atau oatmeal pake susu dan madu juga selesai. Susu is lyfe.

Jadi kebayang banget kalau Bebe alergi susu huhu. Pasti pusing penggantinya apa kalau lagi nggak mau makan? Belum lagi stres karena orangtua, mertua, tetangga kanan kiri pasti suka mengasihani kan ya. “KOK ANAKNYA NGGAK DIKASIH SUSU?”

YA ALERGI GIMANAAAA? Nyebelin ya.

Nah kalau alergi susu gini sebenernya masih bisa minum susu banget lho! Tapi harus perhatiin susunya ya nggak bisa sembarangan. Karena sebetulnya alerginya itu sama protein susu sapi, bukan pada susu sapinya dan ini hal yang sangat umum terjadi pada anak-anak.

Salah satu formula yang disarankan untuk mencegah dan mengobati alergi pada anak adalah formula asam amino (AAF). AAF ini mengandung asam amino bebas yang merupakan bentuk paling sederhana dari protein.

Lengkapnya perhatikan infografis ini ya!


Karena ini bentuk palinngggg sederhana dari protein, AAF ini mudah dicerna dan 100% non-alergen. Jadi ya udah pasti aman untuk anak yang alergi susu sapi.

Kenapa asam amino bisa nggak bikin alergi?

● Formula asam amino mudah dicerna dan telah terbukti klinis 100% non-alergenik
● Gejala alergi tidak sepenuhnya bisa diselesaikan dengan formula hidrolisis (eHF)
● Pertumbuhan terhambat/gagal tumbuh jika alergi tidak segera diatasi
● Dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan karena alergi makanan yang kompleks

Sekarang pertanyaannya, emang ada susu yang mengandung AAF jadi nggak bikin alergi? Ada dong! Dan emang cuma ada satu brand di Indonesia yang product range-nya paling lengkap (dari formula sampai MPASI berbahan dasar asam amino) namanya Neocate. Biasanya anak-anak alergi susu ini minumnya susu soya kan ya, kalau Neocate ini susu sapi kok tapi proteinnya sudah diurai menjadi bentuk paling sederhana (asam amino) sehingga lebih mudah dicerna dan tidak akan menimbulkan reaksi alergi.

Neocate Advance sebagai pelengkap rangkaian allergy care adalah susu berbahan dasar asam amino non alergenik yang bebas protein utuh susu sapi. Selain untuk anak alergi protein susu sapi, bisa juga digunakan untuk anak yang alergi dengan berbagai protein makanan dan kondisi klinis lain yang memerlukan asam amino sebagai asupannya.

Dilengkapi dengan energi 1 kcal/ ml dan Kandungan MCT yang tinggi (35%) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kejar pertumbuhan pada anak yang mengalami alergi, dan sesuai kebutuhan anak usia 1-12 tahun. Satu satunya nutrisi dengan kandungan 100% asam amino non alergenik di Indonesia. Neocate ini juga sudah terbukti klinis dapat mengatasi alergi secara cepat dan efektif dalam 3 hari. Kalau mau tau lebih lanjut bisa nanya ke dokter anak dulu loh sebelum beli.

Jadi ibu-ibu yang anaknya alergi susu dan tetep ngotot pengen minum susu. Coba Neocate Advance yuk!


-ast-


LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

1 comment on "Anak Alergi Susu Nggak Bisa Minum Susu? Bisa!"
  1. Cepet tinggi ya bebe..
    Btw ini sponsored post ya tumben ga ada tulisan nya diawal

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)