-->

Campaign Efektif Soeharto di Lagu "Aku Anak Sehat"

on
Tuesday, November 26, 2013

Jadi udah beberapa hari ini saya sama JG tetiba nyanyi lagu "Aku Anak Sehat" terus. Nggak mungkinlah ada yang nggak tahu lagu ini. Secara kayanya nempel banget di kepala dari waktu bayi.

Nah, setelah dinyanyikan berulang-ulang saya sama JG baru sadar kalau lagu ini mem-brainwash dan merupakan kempen (iya, campaign) yang luar biasa sekali dari pemerintah saat itu! Entah emang campaign-nya Soeharto apa Ibu Tien apa menterinya ya pokonya lagu itu luar biasa!

Ini liriknya:

Aku anak sehat, tubuhku kuat
Karena ibuku rajin dan cermat
Selama aku bayi, selalu diberi ASI
Makanan bergizi dan imunisasi


Berat badanku ditimbang selalu
Posyandu menunggu setiap waktu
Bila aku diare, ibu telah waspada
Pertolongan oralit, selalu siap sedia


Analisis saya sama JG yang pertama (IYA EMANG KAMI ADALAH MAKHLUK PENGANALISIS SEGALA *sewot sendiri*) adalah waktu itu orang Indonesia masih katro-katro banget. Ibu-ibu mungkin belum sadar akan pentingnya mengurus bayi dengan benar, bersih, dan sehat. Jadi banyak banget kali ya bayi meninggal karena diare. Jadi emak-emaknya harus di-brainwash dengan lagu yang katanya selalu diputar di TVRI setiap malem. Saya sama JG nggak inget, masih terlalu kecil kayanya waktu itu.

Selain itu, dari diskusi singkat saya dan JG jadi sadar hal keren dalam satu lagu yang cuma dua bait itu, yaitu ada beberapa campaign sekaligus! Brilian sekali! XD Mari kita simak.

Aku anak sehat, tubuhku kuat -- Ibu-ibu kalau punya anak harus dijaga kesehatannya yaaa.
Karena ibuku rajin dan cermat -- Ibu-ibu kalau punya anak harus rajin dan cermat yaaa
Selama aku bayi, selalu diberi ASI -- CAMPAIGN PERTAMA: ASI
Makanan bergizi dan imunisasi -- CAMPAIGN KEDUA DAN KETIGA: Makanan 4 sehat 5 sempurna dan harus imunisasi

Berat badanku ditimbang selalu -- Biar sadar anaknya berkembang apa nggak
Posyandu menunggu setiap waktu -- CAMPAIGN KEEMPAT: Posyandu
Bila aku diare, ibu telah waspada -- Ini sebagai peringatan kalau diare itu mematikan jadi emaknya harus waspada
Pertolongan oralit, selalu siap sedia -- CAMPAIGN KELIMA: Minum oralit

Gila ih keren banget ya dalam satu lagu ada banyak hal yang bisa mendukung program pemerintah. Inget nggak sih waktu SD tuh sampai di sekolah aja diajarin kan tentang 4 sehat 5 sempurna, terus tentang oralit juga. Saya inget banget pernah salah waktu ulangan umum SD gara-gara pertanyaan yang ada hubungannya dengan oralit.

Pertanyaan: Jika tidak ada oralit, apa minuman pengganti untuk menggantikan cairan tubuh? Sebutkan bahan-bahan untuk membuatnya?

Jawaban saya: LGG (larutan gula garam) --> benar. Bahan-bahan membuatnya: Gula dan garam --> SALAH.

Begitu hasil ulangan dibagiin saya mewek nilanya nggak jadi 10 gara-gara salah itu doang satu. Bahannya harusnya ada AIR-nya dong, gimana minumnya kalau nggak pake air. -______- Waktu SD kan saya ambisius banget harus nilai 10 dan ranking 1 terus jadi sedih banget kalau salah satu. -______-

Dan soal posyandu juga sampai sekarang masih berjalan kan yah. Ini keren banget! Bayangkan ibu-ibu di kampung yang nggak ngerti apa-apa terus hamil. Mana tau kalau harus sebulan sekali periksa ke dokter apalagi kepikiran makan sehat ya kan. Posyandu ini pasti ngebantu banget. Dulu saya inget ada kartunya buat ibu hamil sama buat balita. Kartu dilipet empat isinya grafik berat badan, di baliknya ada keterangan tentang 4 sehat 5 sempurna. Semoga yang dulu punya ide posyandu masuk surga. :')))

Demikian.

PS: Itu video klipnya yah, keren banget di akhirnya ada Rafika Duri ngomong: "Anak saya tumbuh sehat berkat makanan bergizi dan imunisasi" XDDDD




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
2 comments on "Campaign Efektif Soeharto di Lagu "Aku Anak Sehat""
  1. saya hapal banget lg ini, dan sering nyanyiin di depan anak....

    ReplyDelete
  2. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)