-->

Image Slider

Selesai di Jakarta

on
Tuesday, March 27, 2018
Barat. Iya, selesai di Jakarta Barat doang sih HAHAHAHA judulnya click bait banget ya nyebelin.


Sesuai caption saya di Instagram beberapa hari lalu, minggu ini akan jadi minggu terakhir kami tinggal di Jakarta Barat. Mulai bulan April, kami akan jadi anak Selatan. Lima tahun di sini rasanya udah cukuupppp banget.

Iya kami pindah karena saya pindah kerja (akan diceritakan khusus di satu postingan terpisah). Kantornya kebetulan di Selatan banget nih dan akan tidak logis kalau rumah tetap di Barat. Jauh banget boy, 30 km gitu gelaseh males abis.

Jadi sejak saya selesai urusan tanda tangan kontrak dengan kantor baru, kami mulai gerilya juga cari rumah kontrakan baru. Sampai akhirnya dapet apartemen punya temennya JG, bisa dibayar per 3 bulan, boleh cicil pindahin barang dari sebulan sebelumnya, liat unitnya kami cocok dan akhirnya sepakat dibayar.

KEMUDIAN KAMI EXCITED BANGET HAHAHAHA.

Excited karena jadi kaya merantau lagi dari awal hahahaa padahal geser dikit doang ya masih sama-sama di Jakarta. JG semangat banget packing-packing sejak awal bulan jadi sekarang rumah yang ini udah kosong. Baju tinggal disisain buat minggu ini, alat dapur secukupnya, dan yang dipake sehari-hari aja. Mainan, buku, dan segala rupa perintilan udah pindah ke sana semua. Udah rapi pula.

Tinggal ngangkut AC, kulkas, dan mesin cuci. Segala rak buku, lemari baju, mau ditinggal aja semua karena toh nggak kondisinya udah nggak bagus juga dan apartemen kami semi furnished jadi furniture ada semua, elektronik aja bawa sendiri.

Throwback ke tahun lalu, tahun lalu kami sempat muak dengan Jakarta.

Trigger pertama tentu Pilkada, kedua bosen banget rasanya, rutinitas yang sama selama bertahun-tahun. Pengen suasana baru gitu. Pengennya sih kerja di luar negeri tapi mau jadi apa hahahaha. Temen-temennya JG banyak yang di luar sih tapi kalau Malaysia ya kutakmau juga ya sama-sama aja kaya di sini.

(Baca: Hal-hal yang Berubah Setelah Pilkada)

Suka kocak kalau baca berita Malaysia karena concern-nya "lokal" abis. Macam larangan anak sekolah merayakan Valentine dan isu LGBT dengan topik sama persis sama Indonesia. Yah intinya banyak mau tapi banyak mikir jadi ribet lol.

Kami pun sempet mikir alah pulang ke Bandung ajalah, pindah semua ke Bandung sekalian kan Bebe SD di Bandung. Tapi setelah survey beberapa SD, kami belum nemu yang sreg banget. Dan di Bandung jatohnya mahal juga tapi fasilitasnya tetep nggak se-wow Jakarta. Yang saya survey ya, (MISAL) nggak ada tuh sekolah yang punya 3 kolam renang karena memisahkan anak TK sampai anak kelas 6. Padahal harga beda tipis sama Jakarta, lah kan kujadi galau.

Setelah itu rumah kemalingan sampai 2 kali kan.

Makin lah nggak betah di rumah ini. Sempet beberapa lama nyari kontrakan di daerah Tebet, Pancoran, dan sekitarnya. Pertimbangannya biar deket daycare Bebe dan kami trauma sama rumah ini. SUSAH BANGET, BOS.

Sampai saya minta tolong tukang ojek yang rumahnya kebetulan deket daycare Bebe. Karena tukang ojek kan sehari-hari keliling tuh, kali-kali dia liat kontrakan 2 kamar dengan garasi. Dia report ke saya hampir tiap hari dan nggak nemu dengan kriteria yang kami mau. Sampai kami menyerah dan sedih. T_____T

Mau pindah kerja kok ya bingung mau pindah ke mana. Mau pindah rumah juga kok ya nggak dimudahkan. T______T

Dari situ nggak berhenti-berhenti menyalahkan entah siapa dengan keluhan "kenapa hidup kita gini-gini aja".

via GIPHY

Beberapa bulan berlalu, dasar ya rezeki mah seneng aja main-main sama kita. Datang dua tawaran kerja. Dua-duanya saya mau banget. Dua-duanya kerjaan yang saya suka. Tapi syukurlah akhirnya diterima di yang kedua. Kalian nggak akan kaget lah tempat kerja baru saya karena kalau sering baca blog ini mah udah pasti langsung "AKKK! ITU LO BANGET" gitu lol.

Kenapa syukurlah keterima di yang kedua, karena yang pertama iya sih gajinya lebih gede tapi jam kerjanya strict. Saya nggak bisa lah di kantor dengan jam kerja yang nggak fleksibel ya. Mamah-mamah begini gimana sih, ini aja baru abis pulang dari rumah sakit karena Bebe dari subuh sampai sarapan itu muntah 5 kali.

Dan ketika memang sudah jalannya, semua tiba-tiba mudah. Kontrakan dapet murah dan tidak perlu bayar tahunan, pindahan juga hepi dan nggak ribet sama sekali karena kami cicil pindahin barang dari sebulan sebelum. Bonus JG turun, invoice cair, jadi pindahan sama sekali nggak ganggu tabungan.

Emang dasarnya nggak betahan di satu tempat kali ya hahaha. Soalnya Nahla sempet nyeletuk "nggak ribet ka? pindahan rumah padahal udah nyaman blablabla" saya yang "LOH JUSTRU AKU SEMANGAT PINDAH RUMAH" LOL'

Semangat banget level nyari Superindo terdekat buat belanja mingguan, mikirin nanti mau ke pasar mana, sampai bagian paling seru, beli furniture baru HAHAHAHA. Soalnya kami minta sofa dan rak sepatu yang punya rumah dikeluarin aja soalnya ... nggak bagus lol. Tar mau beli sendiri aja. Ih seru banget kan.

Ini jadi solusi banget untuk kami yang bosenan dan selalu ingin lingkungan baru. Nggak pindah kota, tapi suasana baru. Nggak pusing pindah kerja, tapi ganti rute pergi kerja. Iya JG maksudnya karena dia settle banget euy sayang kalau resign, biar aja saya yang resign hahahaha. Nggak pusing dulu sama sekolah Bebe karena ya di Jakarta Selatan lebih banyak pilihan SD yang oke dibanding Jakarta Barat.

INTINYA AKU SENANG!

Nanti aku akan posting satu hal tentang keputusan resign yang melibatkan dua hari air mata plus perintilan pindah dari rumah ke apartemen yang ukurannya setengah dari rumah sekarang.

DITUNGGU LOH YA! 💖

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tips Agar Tidak Kecapekan

on
Friday, March 23, 2018

Ini sebenernya mau nyeramahin Gesi dan menjawab postingan dia yang ini tapi dia pasti males diceramahin dan mungkin ceramah ini juga bisa berguna buat orang lain jadi saya tulis lengkap aja tips agar tidak kecapekan di sini hahahaha.

Jadi ceritanya Gesi tipes lagi. Padahal tipes terakhir belum 6 bulan lalu. Terus ya tentulah saya emosi karena GRACE MELIA KAMU MAU MATI APA GIMANA?

Saya beneran nulis itu huh.


Oiya jangan kira saya jarang sakit ya. Saya lebih sering sakit dibanding JG. Sakitnya flu gitu 2-3 bulan sekali pasti flu/radang tenggorokan diduga karena amandel saya yang gede nggak bisa kempes lagi. Jadi menurut dokter, amandel bagi orang dewasa udah bukan untuk daya tahan tubuh tapi jadi sarang bakteri. Mau operasi nunda-nunda karena mahal dan yaaa, belum kerasa ganggu banget sih.

Tapi saya selalu berusaha biar nggak sakit. Karena repot banget kalau saya sakit biasanya nular ke Bebe juga dan malesss duh kalau Bebe sakit karena rewel kan. Jadi saya dan Bebe nggak boleh sakit!

Mari kita bahas satu per satu dari urusan yang membuat sakit ini. Kuncinya ada di empat hal: tidur, makan, olahraga, dan vitamin.

😴 Tidur

Apakah dulu saya suka begadang? OH TENTU. Kuliah Jurnalistik itu tidak mungkin tidak begadang karena kalau kamu tidak begadang artinya kamu tidak mengerjakan tugas dengan benar dan tepat waktu. Mau dicicil dari malem setelah dapet tugas juga pasti tetep begadang karena tugasnya terlalu banyak huhu.

Waktu kuliah saya sering tidur jam 4 pagi dan kuliah pagi dengan cerah ceria seperti semalam tidak ada apa-apa. Sekalinya nggak ada tugas ya saya maraton nonton series kaya Gossip Girl, Heroes, Beverly Hills 90210, dan banyaakkk lagi.

Lanjut ke kerjaan pertama, tentu saya masih begadang karena nonton konser dan nongkrong aja sih main. Pulang tengah malem atau jam 3 pagi dan besoknya ya kerja kaya biasa. NGGAK NGANTUK ATAU SAKIT SAMA SEKALI.

Kenapa coba? YA KARENA MASIH MUDA, BOS.

via GIPHY

Lewat 25 udah lemah banget deh urusan begadang. Begadang di sini adalah tidur lewat jam 1. Biasanya terjadi karena macet pulang ke Bandung. Sekarang jelang 30 ya, begadang sekali maka besok di kantor ngantuk. Begadang dua kali maka besok di kantor migren. Begadang tiga kali maka besoknya flu. Udalah sadar diri aja emang metabolisme tubuh beda sama dulu. Udah nggak bisa sok nggak ngantuk terus nggak istirahat.

Kalau emang nggak ngantuk beneran gimana? SIMPEN HP, terus merem. HP itu biang kerok karena bikin jadi nggak ngantuk, scroll ini itu tau-tau jam 2 pagi dan makin nggak ngantuk karena udah lewat ngantuknya. Kalau pengen ngantuk banget saya biasanya baca buku yang serius HAHAHAHA. Ngantuk deh udah pasti.

Jadi saya tiap hari tidur paling lambat jam 10. Ngantuk nggak ngantuk, posisikan diri untuk istirahat. Kalau udah baca buku, udah nggak pegang HP, udah posisi tidur terus nggak bisa tidur juga … yakin nggak lagi stres?

Itu aja sih.

🍴 Makan dan minum

Makan itu bukan menunggu lapar, Grace Melia tentu tidak mau tahu ini. Saya jarang sarapan, saya hanya mau sarapan buah. Kalau lagi pas nggak ada buah maka saya nggak akan makan apapun sampai jam 10an lah. Biar aja kosong dan minum air putih doang. Kenapa?

Karena saya punya maag, kalau pagi-pagi diisi yang berat suka malah sakit perutnya. Jadi sebisa mungkin emang sarapan buah. Selalu beli buah waktu belanja mingguan. Masalahnya kalau buahnya pas enak suka makan lebih jadi jatah seminggu abis duluan. Jumat jadi nggak sarapan deh hahaha.

Buahnya pun nggak aneh-aneh kok. Apel, jeruk, melon, gitu-gitu aja sih. Bosen nggak? Nggak lah saya mah nggak rewel soal makanan hahahah.

(Baca: Tips Masak Cepat Bekal Makan Siang

Dari sarapan, saya nggak makan apa-apa sampai makan siang. Makan siang selalu pas jam 12. Jangan bilang karena kerja jadi bisa pas makan siang ya, karena ya kantor saya bebas kok. Banyak juga yang makannya nggak teratur karena merasa jam 12 belum lapar. Saya sih lapar nggak lapar ya jam 12 makan. Biar apa? YA BIAR TERATUR LAH.

Sore jam 5 saya makan malem. Udah gitu di rumah nggak makan apa-apa lagi. Nggak laper karena ya tiap hari polanya gitu.

Saya nggak ngopi, nggak ngeteh. Di kantor hanya minum air putih, minimal 1,5 liter. Gampang caranya tinggal pake botol 800 ml. Sehari harus abis dua botol. Dan saya nggak ngemil hahahaha. Saya ngemil kalau pas ada yang ke luar kota terus bawa oleh-oleh, atau ada yang ulang tahun. Nggak pernah beli cemilan sendiri.

💊Vitamin

Kalau badan lagi nggak enak atau Bebe lagi sakit, saya biasanya 2-3 hari minum Imboost tablet. Kalau lagi nggak sakit, saya beberapa hari sekali minum Enervon-C. Minum madu juga hampir tiap hari. Di umur segini, vitamin booster itu penting banget ya karena kayanya nggak bisa aja gitu badan tuh pulih sendiri.

Kerasa banget dulu kalau flu tuh tinggal tidur dan minum Tolak Angin langsung sembuh. Sekarang mana bisaaaa, harus minum obat. Saya malah ke RS deh flu doang bodo amat biar jelas obatnya bukan obat warung.

Tapi ini semua karena apa? Karena tidak …

🏃 Olahraga

Waktu saya sempit banget (IYA, BILANG SAJA INI ALASAN). Kapan coba saya olahraganya? Ya JG sih masih bisa banget malem-malem lari, saya tunggu di rumah sama Bebe. Lha saya kan serem ya lari keliling area rumah sendirian. Selain banyak kuburan (maklum wilayah Betawi yang selang beberapa rumah ada tanah pemakaman keluarga) juga ya serem aja kalau diculik gimana ihhhh.

(Soal waktu ini pernah diceritain jelas di sini: Nonton Bioskop dan Anak Kedua

Jadi kalau saya udah mulai pusing dan nggak enak badan JG pasti ceramah saya kurang olahraga. Di umur segini, kerasa juga stamina buat olahraga udah nggak sebagus dulu jadi emang harus dimaintain banget ya.

Kasarnya dulu nggak olahraga aja badan sehat dan kurus semampai, sekarang kalau mau sehat dan tetap kurus ya harus olahraga tiap hari kali kan kaya Jennifer Bachdim. Sungguhlah kumempertanyakan kenapa nggak nikah sama pemain bola aja HAHAHAHAHA.

*

Jadi ya begitu. Dari 4 itu minimal 3 dilakukan maka insya Allah nggak bakal sering sakit. Kalau udah combo nggak disiplin dua aja ah udalah. Sadar diri aja kalau sakit sebel banget repotttt semua-muanya.

Demikian. Semoga kita semua selalu sehat ya!

Happy weekend luvs!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

#SassyThursday: Cinta Beda Agama

on
Thursday, March 22, 2018

MAAF GENGS TELAT KARENA LUPA HARI INI KAMIS. HUH.

Nahla ngajakin #SassyThursday terus gue yang ayolah ya udah karena lagi nggak punya topik buat blog juga sih. Topiknya Nahla juga yang propose (aura dia mau curhat sih kayanya hahahaha) tapi ya ayo karena why not ok.

Baca punya Nahla di sini:

Gue jadi baca punya Nahla duluan kan dan ya udah pernah diceritain sih itu semua TAPI kebetulan gue nggak punya mantan beda agama hahahaha. Apakah sengaja? Ya nggak juga sih karena emang nggak ketemu aja sama yang klik dan beda agama. Untungnya.

Untungnya loh, karena ya Tuhan gue paling kasian banget sih sama yang pacaran beda agama dan nggak disetujui keluarga. CATET YA: beda agama DAN nggak disetujui keluarga.

Yaiyalah, kalau keluarga setuju kan nggak masalah. Ingat 3 hal yang pernah saya bahas di sini Pacaran Bertahun-tahun, Nikah atau Putus?

Tiga masalah yang jadi penghalang sebuah relationship:

Orangtua, agama, LDR. Kalau kalian cuma ngalamin 1 masalah, maka bisa lah dijalani dan dicari solusinya. Tapi kalau udah kena dua, itu baru berat.

Jadi kalau hanya orangtua nggak setuju 🠞 bisa lah dibujukin sampai setuju asal kalian nggak LDR dan seagama.

Atau kalian LDR 🠞 bisa lah diusahakan asal seagama dan orangtua setuju.

Atau kalian beda agama 🠞 bisa lah diusahakan asal nggak LDR dan orangtua setuju, nggak masalah anaknya nikah beda agama.

via GIPHY

Jadi meski beda agama, harusnya kalian akan baik-baik aja selama tidak LDR dan orangtua setuju. Kenyataannya sebaliknya banget tapi kan. Orangtua kebanyakan nggak setuju. Karena agama dianggap hal paling prinsipil. Yang mana gue setujuuuuu banget ... bagian prinsipnya.

Pernah gue tulis juga di sini: Cerai Karena Beda Prinsip? Karena menurut gue bisa loh menghargai values yang sama meskipun beda agama. Beda agama belum tentu beda prinsip, sama agama bukan berarti juga sama prinsip. Terlalu luas cakupannya yaaa.

Jadi emang biasanya faktor eksternal banget nih yang mempengaruhi pasangan beda agama. Selain orangtua, juga negara.

Karena negara kita ini kan memaksa semua orang punya agama ya, kadang ada temen-temen yang sebenernya mah nggak beragama tapi terpaksa punya agama karena KTP dan keluarga. Lha jadinya malah susah nikah karena nggak disetujui keluarga. Kan kasian.

Padahal dari kedua belah pihak YANG MAU NIKAHNYA nggak peduli agama gitu kan tapi ya gimana lagi kan itu mah risiko dari tinggal negara yang mengharuskan warganya punya agama. Pun risiko dari punya keluarga yang berprinsip nikah harus seagama.

(Baca: Selingkuh)

Kalau nggak beragama ya udah pindah agama basa-basi aja?

Yang penting bisa nikah kan? Ya ini opsi paling ok BUAT NEGARA. Tapi tidak buat orangtua loh. Pindah agama basa-basi tapi nanti ditagih mertua suruh ikut ibadah sesuai agama baru gimana? Lha agama dari lahir juga nggak pernah didalami, ini tiba-tiba disuruh ibadah agama baru hanya karena pernikahan. Ribet juga yaaa.

Jadi ya, jatuh cinta tidak bisa dihindarkan, patah hati juga tidak bisa disiapkan. Jadi intinya gimana takdir, beruntunglah untuk yang nggak pernah jatuh cinta sama beda agama, dan bersabarlah untuk kalian yang lagi pacaran beda agama dan nggak direstui keluarga. :(

Satu hal, jangan suka judge orang pacaran beda agama!

1. Kalian nggak tau apa itu orang punya agama beneran atau demi KTP doang?
2. Kalau mereka nikah juga kalian paling ngasih 100ribu elah ke amplopnya jadi jangan ikut ributlah berisik ok!

PS: Selain agama, suku aja masih banyak yang nikah harus sesuku kan. Jadi yaaa, jika layak diperjuangkan maka perjuangkan. :)

See you on the next #SassyThursday yang entah kapan kalau sempet lagi ya!

-ast-







LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Merayakan Hari-hari

on
Wednesday, March 21, 2018
Jadi tadi panik.

Panik kenapa coba? Karena perasaan pernah nulis ini tapi kok ya nyari-nyari di blog nggak ada! Ternyata saya nulisnya di Instagram hihhhh. Males deh ah nulis-nulis di Instagram, udah berusaha panjang nan bermanfaat eh kok ya nggak bisa dicari lagi. Sebel.



Berawal dari Arsi, timku di kantor yang ulang tahun hari ini kemudian pacarnya ngirimin kue. Kuenya dikasih lilin I <3 YOU gitu so sweet banget yakhaannn. Kemudian kami pun foto-foto, stories-stories, dan saya pun tentulah ngetag @jago_gerlong dengan pesan kurang lebih "eh kalau pacarnya ultah tuh dikasih kue tulisan gini dong". Sambil melingkari si lilin I <3 YOU itu.

TENTULAH GUE BECANDA DOANG YA ASTAGA HAHAHAHA.

Tapi ternyata banyak yang DM katanya emang suami-suami harus digituin LOL. Tertanda istri-istri ngarep banget ya nggak? HAHAHAHA.

ANYWAY. Caption IG ini kucopas di sini aja biar nanti kalau ada gini-ginian lagi saya bisa tinggal search dan share link.

Jadi, saya dan @jago_gerlong itu nggak perna merayakan hari apapun karena ... lupa. Nikah tanggal berapa lupa, ulang tahun boro-boro inget dan nyiapin surprise sebulan sebelum, kadang baru inget pas paginya. 😂

"Eh kamu ultaahhh! Happy birthday! AYO MAKAN SHABURI"

Gitu doang yang mana makan Shaburi tanpa ultah pun ya gitu aja sering dilakukan hahahaha.

Jadi blas setahun itu nggak pernah ngerayain hari apapun kecuali ulang tahun si Bebe. Karena kasian yaaa, temen-temennya rayain ultah masa dia nggak. Plus saya juga sih yang gemesan nyiapin ultah jadi ya semangat aja nyiapin ultah Bebe mah.

Sebenernya saya inget sih tanggal jadian, 9/10/11 karena tanggal cantik, tapi itu pun selalu lewat karena yaaa nggak tau tiba-tiba lewat aja HAHAHA Apa nggak pasang reminder biar inget? Ya lupa pasang remindernya juga lol. *kurang usaha*

Karena selalu lupa berdua, jadinya kami nggak punya ekspektasi hari spesial. Mayan ngurang-ngurangin bahan berantem. Kan repot ya kalau istrinya inget terus ngarep dikasih kado sementara suaminya cuek dan pelupa.

Sebenernya saya tuh suka ngasih surprise! Pas pacaran mah beuh, saya adalah orang terniat ngasih surprise sedunia. Sering banget kasih surprise. Tapi makin lama makin lama. karena apapun selalu bilang, jadinya surprise selalu gagal. Kaya pas ultah kemarin saya punya ide brilian untuk beliin JG hp baru karena dia udah nggak ganti hp 4 tahun.

Saya pun jalan sendiri siang-siang ke Gandaria City. Eh ternyata banknya SMS JG ada transaksi HAHAHAH KETAUAN DEH DEYM. Akibat rekening juga bareng-bareng semua jadi ya uangnya bareng-bareng.

Dan saya juga seneng beliin sesuatu meskipun nggak rutin beliin kaya @grace.melia yang sungguh berdedikasi tiap bulan kasih hadiah kecil. Saya kadang-kadang doang kalau dia ngomong lagi pengen sesuatu, terus ya dibeliin diem-diem gitu.

Aku dikasih apa? NGGAK PERNAAAHHHH. Karena mau apapun juga dibolehin beli sih. Aku pun nggak ngarep dibeliin sesuatu apalagi mahal karena aku control freak, bisa stres kalau dia tiba-tiba beliin aku HP dan nggak bilang aku dulu karena cashflow kan aku yang pegang semua.

Ngasih-ngasih gini tuh penting biar nggak lupa punya suami! Kadang udah heboh kerja, ngurus anak, terus lupa kalau punya suami. Jangan yaaaa, soalnya ngurus anak pasti lebih gampang dengan partner yang menyenangkan kan.

Begitulah. Kalian tipe yang mana? Merayakan hari-hari atau cuek aja tapi suka kasih-kasih hadiah kecil kaya aku?

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tentang Rambut Bebe, Dulu dan Sekarang

on
Monday, March 19, 2018
[SPONSORED POST]



Sebagai mamah-mamah dari anak yang rambutnya tipis hampir botak, saya udah menghindar sendiri kalau ada pembahasan soal rambut. Soalnya si Bebe rambutnya tipis banget super tipis. Ya turunan ibunya sih huhu. Saya juga waktu kecil rambutnya tipis banget sampai kulit kepala selalu keliatan.

Bebe juga samaaaa. Malah waktu bayi, rambut yang tumbuh cuma di beberapa bagian kepala aja. Ada beberapa bagian yang tipis banget sampai keliatan nggak ada rambutnya, dan ada sepetak bagian yang tumbuh panjang jadi kaya sikat gigi gitu. Nongol sebagian. Rambut sikat gigi ini selalu jadi pembahasan orang kalau ketemu Bebe. Karena mencolok banget.

rambut Bebe dari masa ke masa :S

Nah saya sih awalnya biasa aja ya, lama-lama mikir sendiri “kok iya ya dia rambutnya nggak numbuh-numbuh?” Apalagi kalau pas keringetan, rambutnya jadi lepek, nempel semua ke kulit kepala. Kulit kepala pun terekspos jelas, saking tipisnya rambut. Di dunia nyata perasaan biasa aja pas difoto yang wakwaw banget tipisnyaaaa huhuhu.

Tapi ya untunglah dia laki-laki. Jadi ada masanya setiap bulan selalu saya botakin rambutnya. Bela-belain beli pencukur rambut listrik loh! Harapannya biar rambutnya cepet banyak dan kulit kepala nggak keliatan lagi.

Ibu saya juga dari dulu sering bilang, udah itu rambutnya dikasih kemiri aja. Atau udah seledri diblender terus oles ke kepalanya. Tapi … nggak pernah saya lakukan karena malas hahahaha. Bau banget sisss. Ribet dan mikirin air seledri netes-netes di lantai aja saya males.

Sampai kemarin saya liat sampo ini! Zwitsal Baby Shampoo Aloe Vera, Kemiri & Seledri. Klaimnya itu “sampo dengan kandungan bahan alami Aloe Vera, Kemiri, Seledri yang membantu pertumbuhan rambut bayi hingga tampak hitam dan lebat. Dengan formulasi yang tidak pedih dimata, shampoo ini akan membersihkan dan melembutkan rambut Si Kecil.”

Urusan “tampak hitam” sih saya nggak terlalu terobsesi ya tapi “tampak lebat” itu menggoda banget. Minimal kalau keringetan nggak keliatan kulit kepalanya lah gitu. Plus nggak pedih di mata karena Bebe suka cranky marah-marah kalau sabun perih kena mata. Jadi tidak pedih di mata itu plus banget!

Sampo ini juga teruji hypoallergenic dan dapat digunakan pada kulit sensitif. Iya Bebe kulitnya sensitif banget, waktu kecil nggak bisa pake sembarang merek karena kulitnya bisa langsung megar-megar gitu tapi syukurlah aman ternyata pake Zwitsal ini.



Pas banget juga dia mengandung kemiri, seledri, dan aloe vera. Enak banget kan jadinya dapet manfaat kemiri dan seledri tanpa harus bau dan harus meres-meres seledri beneran. Kalau aloe vera sih udah pada tau kan ya fungsinya, untuk melindungi kulit kepala biar nggak kering.

Nah selain sampo, saya juga coba hair lotion. Ini masih satu varian juga Zwitsal Baby Hair Lotion Aloe Vera, Kemiri & Seledri. Wanginya enaakkk, nggak wangi alkohol gitu. Lumayan lah menyamarkan bau keringet ya. Kadang saya suka ikut pake gitu karena wanginya beneran enak deh. Ini yah, anak mandi sore, besok paginya masih kecium dong wanginya. Padahal ya tau sendiri ya anak 3 tahun lompat-lompat dan keringetannya kaya apa. Rambut tetap wangi, leher bau asem hahahaha.

Terus hasilnya gimana di Bebe?

Rambutnya jadi cepet panjang!

Kaya tiba-tiba udah kena kuping aja gitu padahal baru sebulan. Nambah hitam sih sebenernya saya nggak merhatiin banget ya (ibu kurang perhatian lol) tapi yang jelas panjangnya jadi cepet banget dan setelah sebulan mulai tumbuh anak-anak rambut baru. Rambutnya juga jadi halussss banget. Cocok deh buat ibu-ibu yang rambut anaknya panjang, pasti jadi gampang disisir deh.

Speaking of nggak perhatian, kemarin pas pulang ke Bandung adik saya tiba-tiba bilang gini:

“Eh mbak rambutnya Bebe kok jadi item gitu sih? Kulit kepalanya jadi nggak keliatan gitu?”

Saya yang eh masa sih? Terus adik saya bilang lagi:

“Iya ih beda sama dulu, keliatan nutup banget sekarang rambutnya”

WOOOWWW SUNGGUH MEMBANGGAKAN. Saya nggak merhatiin itu karena tiap hari banget ketemu kali ya. Kalau adik saya kan paling sebulan sekali ketemu sama Bebe dan menurut dia emang beda banget kaya bukan rambut Bebe. Sengaruh itu ternyataaaa!

Ngobrol-ngobrol sama temen kantor, ternyata sampo dan hair lotion Zwitsal yang aloe vera, kemiri, dan seledri ini emang banyak yang rekomen untuk bikin rambut nggak rontok dan lebih tebel loh bahkan untuk orang dewasa. Baru tau hahaha. Jadi buat kalian yang rambutnya rontok, pake ini katanya bisa tumbuh anak rambut baru!

Dipikir selama ini Zwitsal buat bayi doang. Mungkin karena kandungannya emang ngaruh buat bikin rambut lebat. Ada temen saya juga yang kulit kepalanya bermasalah, terus coba pake sampo Zwitsal ini dan kemudian kulit kepalanya normal lagi. O____O

LIHATLAH BEBE SEKARANG. Bebe ada rambutnya. Gemes! #shamelessmom lol



Jadi gimana, kalian-kalian ini yang suka diam-diam mikirin rambut anak kenapa nggak tebel-tebel, penasaran buat coba sampo dan hair lotion Zwitsal ini?

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

The Bathroom Jokes

on
Wednesday, March 14, 2018
Ini adalah fase anak yang paling bikin speechless sejak saya punya anak (BARU 4 TAUN KALI SISSS). Fase itu bernama The Bathroom Jokes.


Iya si Bebe lagi becanda pake kata-kata jorok gitu. Awalnya lucu, lama-lama kok ya sebel? Misal, sore lagi mau jemput saya ke kantor, dia nelepon saya pake HP JG, pertanyaan pertama pas saya angkat teleponnya:

Bebe: "IBU, IBU LAGI KENTUT NGGAK?"

Seumur hidupku, sepanjang hayatku: KALAU NELEPON HALO DULUAN PASTI YAGAK?

Kenapa yang ditanyain kentut atuh, Bebe? 

Udah gitu dia nggak peduli sama jawaban saya dan langsung ketawa aja gitu ngakak karena dia menganggap dirinya sendiri lucu. Waw. Luar biasa sekali ya?

Tapi itu masih cenderung "normal". Yang tidak normal dan cukup bikin muka "meh" adalah si Bebe suka menyebut kata "pupup" setelah kalimat apapun. Dan dia merasa itu sekocak Jim Carrey stand up comedy.

Contoh:

"Ibu cantik banget ... pupup" kemudian dia ngakak terbahak-bahak sendiri sementara ibu dan appa memasang muka "Ya, gimana, Be? Sebelah mana lucunya, Be? Gimana gimana? Coba lebih banyak latian dulu ya, Be!"

"Robocar Poli pupup" "Kita ke rumah aki pupup" "Makannya habis pupup" "Sekolah seru pupup"

SETIAP KALIMAT, DIA AKHIRI DENGAN PUPUP. Menyanyi pun ada kata-kata dia ganti dengan pupup. Pupup is everywhere. Pupup is funny. Pupup is life.

Tuhan, beri aku petunjuk.

Petunjuk datang lewat Google karena saya udah mulai terganggu. Makin saya tegur dan bilang itu jorok atau nanya apa maksudnya, dia malah makin ngakak seolah itu makin lucu. Ajaib ya?

Setelah baca-baca, saya rada kaget karena ini fase yang wajar dialami seluruh anak. Wajar kenapa? Saya bikin poin-poin aja ya:

- Becandaan poop atau kelamin ini dimulai saat anak udah ngerti tentang anggota tubuh dia dan fungsinya.

- Dia merasa tubuhnya ajaib bisa mengeluarkan pipis lewat penis dan poop lewat pantat. Menurut dia itu lucu!

- Itu sebabnya, jokes ini akan muncul setelah anak sukses toilet training! O_____O

Toilet training -> mengerti fungsi tubuh -> menganggapnya lucu. Wow nggak sih? Dan emang bener banget Bebe mulai jokes ini setelah dia berhenti ngompol. Sekarang udah jarang banget ngompol.

(Kisah Sukses Toilet Training Bebe)

Terus harus diapain dong kalau anak ngomong jorok terus?

Ternyata tipsnya sangatlah mudah yaitu jangan overreacting kalau dia ngomong gitu. Pura-pura nggak denger aja. Soalnya kalau saya langsung "ih jorok banget" dia makin hepi kan kesel ya. Sekarang setelah saya kurangi banget reaksi saya, dia juga berkurang banget becandanya karena yaaa, nggak ditanggepin lol.

Soalnya kalau sampai dihukum juga kayanya nggak ya. Karena yaaa, dia masih bisa dibilangin kok dan nggak teriak-teriak begitu di depan umum juga.

Anak kalian ada yang lagi fase ini juga? SHARE YUK!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Beres-beres Rumah, Setahun Kemudian

on
Monday, March 12, 2018

Masih inget postingan saya tentang KonMari?

Yang belum baca bisa baca di sini ya: Beres-beres Rumah dengan (Sedikit) Metode KonMari

UDAH SETAHUN LOH ITU TERNYATA. Dan beres-beres rumahnya belum juga selesai. Hahahaha.

Mungkin beres-beres ini memang proses seumur hidup ya. Saya sama JG udah jarang beli mainan dan sesuatu yang nggak penting atas nama lucu belaka. Baju juga udah mayan jarang beli, tapi tetep aja di rumah banyak tumpukan yang lama nggak kesentuh.

Lama nggak kesentuh artinya kan nggak dipake, tapi kok ya nggak buang! Ini pasti ketulah karena saya kalau beres-beres nggak ngajak ngobrol barangnya lol. Jadilah seminggu kemarin kami mulai beres-beres ekstrem lagi.

Beres-beres biasa: rapi-rapi, yang dirapikan lebih banyak daripada yang dibuang.

Beres-beres ekstrem: buang-buang, yang dibuang lebih banyak daripada yang dirapikan.

Karena nggak punya waktu, beres-beres ini dilakukan sesempatnya malem sebelum tidur. Yang dibuang banyaaaakkkk banget. Termasuk barang-barang yang selama ini saya simpan dalam rangka "properti foto". Apa coba maksudnya, foto juga gitu-gitu doang dan barang-barang itu banyakan nggak kepakenya. Akhirnya semua masuk dus besar dan buang.

Pun tas-tas yang sebenernya udah bosen pake tapi kok ya belum rusak juga sih kan jadi ada perasaan "ah tar mau dipake ah" gitu loh. Padahal entaahhh mau kapan dipake, selama ini juga pake tas itu-itu aja. Masuklah semua ke dalam karung, kemarin dibawa ke Bandung dan serahkan pada ibu saya untuk dihibahkan lagi pada yang lebih membutuhkan.

Terus yang paling bikin pusing sedunia: KERTAS. Apalagi sejak Bebe preschool ya, tiap hari ada laporan harian makan apa, belajar apa, dll. Setiap minggu, hasil karya si Bebe seminggu itu dibawa pulang ke rumah. Awalnya terharu huaaaa Bebe jagoan bikin ini itu terus saya simpan baik-baik. Lama-lama pusing sendiri kok ya apa perlu kumembeli satu unit apartemen Meikarta untuk dijadikan gudang demi menyimpan prakarya finger painting Bebe? KAN TIDAK YA.

Akhirnya yang lucu-lucu saya foto aja, terus ya udah nggak seniat itu untuk bikin album sendiri juga. Didiemin di Camera Roll hp aja, nanti sekalian back upnya sama foto Bebe yang lain.

(Baca: Beres-beres Kenangan dengan Google Photos)

Yang lumayan dramatis dari beres-beres kali ini adalah FINALLY ngasih-ngasihin baju Bebe waktu bayi. Saya sih nggak masalah ya dikasihin, tapi dulu ibu saya bilang gini "jangan lah kan nanti bisa dipake sama adik-adiknya". Itu semua karena Bebe cucu pertama jadi semua barang dia nggak ada yang boleh di-preloved sama ibu saya. Semua barang dia car seat, mainan, apapun itu, disimpen semua untuk adik-adik sepupu di masa depan yang entah kapan akan lahir.

Tapi kemarin di Bandung, kami iseng buka koper besar isi baju-baju Bebe waktu kecil dan ibu saya mellow. Katanya "kok kasian ya nanti kalau ada bayi lagi, bayinya baru lahir kok bajunya bekas".

LHA. HAHAHAHAHA.

Akhirnya bubar sudah itu baju pun dikasihin semua. Saya nyimpen satu selimut kesayangan Bebe dan beberapa baju yang masih gemes aja rasanya. Semua piyama, popok, gurita gitu dikasih ke tetangga untuk dibawa ke kampungnya. Ya karena kami nggak punya kampung halaman, Bandung itu kampung halaman hahahaha.

Terus nih ya yang nyita tempat, Tupperware dan berbagai kotak makan yang entah mengapa sering raib sebelah. Antara raib tutupnya atau raib kotaknya. Ya mending hilang tutupnya ya masih bisa dipake, lha hilang tempatnya mau diapain coba? Ya udah akhirnya diberi saja salam perpisahan. BUAANGGGG!

Apalagi ya. Oiya piring-piring hias kado nikahan. Nggak banyak sih cuma ya dari nikah sampai sekarang nggak kami buka pun dusnya. Jadi untuk apa? Akhirnya dikasih ke mama mertua. Dompet-dompet saya zaman dulu, yang juga disimpan dengan alasan yang sama dengan tas "belum rusak, nanti buat ganti-ganti" padahal kalau mau ganti juga saya beli lagi hhhh. CAPEK. BUANG SEMUA.

Apakah rumah sudah kosong? BELUM LOH. Masih lumayan penuh, masih banyak pasti yang masih bisa dibuang.

Pertanyaannya: ngapain buang-buang barang sebanyak itu? Jawabannyaaaa?

KITA TANYA, GALILEO!

*ketaker umur lol*

Ya karena satu dan lain hal yang nanti akan saya ceritakan kalau sudah selesai ya!

via GIPHY


Semoga Seninnya menyenangkan!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Phone Wallpaper by @annisa.steviani

on
Friday, March 9, 2018
SIAPA YANG SUKA SCROLL PINTEREST BUAT NYARI WALLPAPER HP?

AKUUUU. HAHAHA.


Iya aku seneng banget ganti-ganti wallpaper hp dan wallpaper WhatsApp. Dan semua wallpaper itu selalu bernuansa buah-buahan. Kalau yang baca blog ini udah lama, mungkin sadar kalau desain yang ini doang yang nggak berunsur buah. Biasanya selalu ada nanas! Nanas sama semangka itu gemas banget sih kalau digambar watercolor gitu.

Anyway, karena aku lagi belajar gambar, aku mau share wallpaper buah-buahan kesukaan aku hahahaha

Silakan dipakai, dishare, diapain juga boleh asal jangan dikomersialkan yaaa.

Nanti aku mau sering-sering bikin wallpaper gini buat latian! Daripada latian pake kanvas square buat Instagram, mending latian pake kanvas ukuran HP gini biar hasilnya bisa di-share di tempat lain juga ya kaannn.

Untuk save tinggal klik di bawah ini! Let me know kalau ada masukan! Jangan lupa follow Instagram khusus gambar aku di @annisa.steviani ya!

🍉 Semangka 🍉
🍉 Semangka Polos 🍉
🍋 Lemon 🍋
🥑 Alpukat 🥑
🍍 Nanas 🍍
🍓 Strawberry 🍓

(udah kaya menu jus di restoran hahahaha)

Previewnya (ini size kecil ya, yang bisa di download di atas hi res)





Happy weekend semuanya!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Bebe Flu Singapura

on
Thursday, March 8, 2018
Akhirnya setelah berulang kali denger pengalaman anak orang flu Singapur, saya akhirnya ngalamin sendiri Bebe kena meskipun baru gejala dan ga separah cerita orang-orang. T________T



Dan entah kenapa saya sering denger ibu-ibu lain flu singapur tapi yang masuk ke otak hanyalah: flu singapur nggak ada obatnya, istirahat aja sama minum vitamin. Nggak pernah denger ibu-ibu ngeluh anaknya susah makan dan susah tidur. Mungkin aku kurang superpower.

Because it was so … awful.

Ya atau saya yang cemen aja sih huhu.

via GIPHY

T_______T

Jumat malem Bebe anget, dicek cuma 38,1, anaknya masih happy dan lompat-lompat kaya biasa. Sabtu pagi JG survey lokasi outing kantor jadi saya di rumah berdua sama Bebe, mulai mencurigai kenapa dia tampak tidak sehat dan ngomongnya sedikit?

Langsung sigap cek seluruh badan dan iya mulai ada bintik merah di bawah kulit. Karena cuma di tangan dan kaki saya langsung feeling ini flu singapur atau HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease).

Bintiknya sedikit banget, mungkin baru gejala. Nggak sampai 10 titik deh dan cuma merah doang ga kaya foto-foto di google yang jendul berair dan rash gitu. Suruh buka mulut dan disitulah kehororan muncul. Ujung lidah sariawan gede banget sampai kaya berdarah. T______T

Saya nggak berani cek bibir karena takut sakit. Bebe jadi pendiam, ngomongnya irit banget, ditawarin makan ini itu nggak mau. UNTUNGLAH kemarinnya abis gajian, maksi di Sency dan saya iseng beli Lego. Belum saya kasih jadi masih di tas.

Mulailah sogokan pertama dimulai sebagai awal dari sogokan-sogokan berikutnya hhhh bangkrut gue abis ini.

“Be, kamu makan ya? Nanti kalau makannya habis aku punya mainan baru buat kamu”

Excited lah dia, makan oatmeal semangkok habis. Terus main Lego dan masih mau ngomong sedikit-sedikit. Saya browsing-browsing dan langsung bilang JG untuk beli:

1. Aloclair gel (obat sariawan ampuh, manis, dan nggak perih, saran dari group ibu-ibu kampus. Katanya oles dulu sebelum makan biar mau makan)

2. Candistin (obat sariawan tetes, manis, hasil browsing kalau lidah anak putih juga karena jamur)

3. Buah naga (karena banyak vitamin *halah* dan untuk jaga-jaga takut Bebe nggak mau makan. Bebe suka banget buah naga btw)

4. Nutrijell (karena baca cerita orang katanya anaknya cuma mau makan puding dingin karena puding dingin menyejukkan)

5. Kelapa Ijo (untuk menyingkirkan racun di dalam tubuh huh)

DAN SEHARIAN ITU BEBE NGGAK MAU MAKAN LAGI. T_______T

JG magrib pulang, Bebe kondisinya udah super cranky segala salah. Berhasil netes Candistin ke dalam mulut dengan berbagai negosiasi terus ngamuk. JG nggak nemu Aloclair jadi saya putus asa banget. Soalnya saya mikirnya ya oles Aloclair, sariawan kebal sesaat, terus dia mau makan.

Semaleman itu Bebe cuma minum susu. Masih mau minum Imboost dan kelapa ijo dikasih madu. Tapi malemnya mulai nggak bisa tidur, guling-guling doang. Saya mulai ikut cranky dan akhirnya curhat di Instastory. Nanya selain obat sariawan, kalau anak flu singapur diapain lagi?

Banyak banget yang jawab huhu terharu. Saya biasanya jaraaaanggg banget cerita Bebe sakit atau saya sakit di socmed, paling kalau udah sembuh cerita di blog. Karena ya udah biasanya kehandle dan ya fokus urus Bebe jadi nggak main socmed. Kemarin mah hhhhh stres banget sampai butuh bala bantuan netijen yang tercinta. :(

Saran teman-temanku tersayang:

👉 Aloclair
👉 Kenalog (obat sariawan juga)
👉 Enkasari buat kumur biar enakan
👉 Minumnya ganti pake cap kaki tiga
👉 Makan es krim (BEBE NGGAK TERLALU SUKA ES KRIM HUHU)

Saya beli semua kecuali Kenalog karena kata apotekernya Aloclair aja cukup. Beli juga Imboost dua botol lagi karena sehari minum 2 kali jadi cepet abis banget deh.

Sampai rumah ya Tuhan boro-boro itu Aloclair bisa bikin sariawan kebal. Gelnya baru di ujung jari aja tangan saya udah dijauh-jauhin dari mulut dia. Dia nggak mau dipeluk karena insecure saya diam-diam masukin gel ke mulut. Segala negosiasi dilakukan dan dia nggak mau buka mulut sama sekali!

via GIPHY

Marah-marah aja terus. Saya coba kasih Enkasari dan suruh kumur dia mau buka mulut. Tapi ternyata Enkasari itu rasa sirih gitu ya dia ngamuk dan bilang sakit banget. Eh terus tiba-tiba ada yang DM lagi, bilang kalau Aloclair itu ada versi spray dan oral rinse alias kumur. AKKK KENAPA BARU TAU!

Malem-malem nyuruh JG ke apotek LAGI untuk nyari Aloclair kumur atau spray. Saya pesenin juga untuk beli Curcuma Plus biar dia laper. Logikanya kalau laper minta makan kan. Dan itu seharian saya nangis doang. T_______T

Hari-hari berikutnya kulalui dengan penuh drama, sogokan, dan negosiasi. Padahal kami paling anti nyogok anak tapi kalau udah begini mah. T_______T Alhamdulillah ya semua drama, sogokan, dan negosiasi itu berhasil. Setiap hari dia tetep makan habis, mau minum vitamin, mau minum susu, mau ngabisin minum sebotol (500 ml) dalam sehari.

Cuma ya tiap makan dan minum dia nangis berurai air mata. Antara sesenggukan atau marah mukul-mukul saya. It was one hell of a time. Sesuap, minta dipeluk, sesuap, nendang-nendang. SABAR, IBU SABAR. Sesuapnya juga pake sendok kecil dan seujung sendok doang. Biarlah yang penting semangkok abis. Dan itu dia membisu, nggak ngomong sepatah kata pun. Semua pake bahasa tubuh. Terlalu sakit untuk ngomong karena semulut sariawan. :(

*IKUTAN NANGIS* *LITERALLY*

via GIPHY

Saya capek super capek itu karena Bebe kalau sakit clingy banget sama saya dan otomatis musuhin JG tanpa alasan. Saya lagi mandi tiba-tiba Bebe ke kamar mandi nyusulin dan bilang "APPA GANGGUIN AKU". Saya kesel terus pas confront JG, katanya dia nggak ngapa-ngapain. Bahkan eksistensi JG pun dianggap mengganggu HUHUHU.

Hari keempat (hari kelima setelah demam) dia udah mau makan kaya biasa dan udah mau ngomong. Saya juga udah berhenti nangis. Mayan cepet ya progress-nya karena denger cerita ibu-ibu lain banyak yang anaknya nggak mau makan sama sekali jadi sembuhnya sampai 10 hari bahkan 2 minggu. Malah banyak yang jadinya dirawat karena dehidrasi. :(

Makan sambil nangis-nangis itu makan ini:

Pagi: Buah naga dibejek campur madu yang banyak. Buah naga sepotong, madu sekitar 3 sendok makan. Curcuma Plus.

Siang: Bihun kuah pake telor. Bihun direbus pake garem sama bawang putih bubuk doang lol. Enak kok rasanya. Bihunnya diancurin dulu biar nggak susah ngunyah.

Sore/Malem: Oatmeal pake susu. Imboost dan madu.

Cap kaki tiga dimasukin ke botol minum dia dan sehari harus habis 500 ml (ibunya apa-apa ditarget lol). Besoknya pas diliat ternyata buat anak cap kaki tiga maksimal sehari 200 ml omg anakku overdosis. T______T Ya udah apapun yang penting minum dan nggak dehidrasi. Di sela-sela makan itu harus minum susu.

Puding apa kabar? TIDAK MAU DIA. Padahal udah saya bikin hhhh. Aloclair kumur apa kabar? Cuma mau sekali terus nggak mau lagi. Intinya dari semua yang dibeli itu dia tetep cuma mau minum Imboost dan Curcuma Plus.

Oiya dan mandi berendam air anget sehari dua kali karena dia nyaman banget main air jadi lupa sakit. Abis mandi punggung dan dada dipakein Vicks Vaporub dan seluruh tubuh pake Immune Oil dari Botanina.

Kenapa pake Vicks karena dia batuk juga mungkin karena tenggorokannya sakit ya. Jadi malem berulang kali kebangun itu karena batuk dan ngeluarin dahak, minta ganti baju, minum lah. Ngantuk bos.

Cara negosiasi
(ini bisa dicoba untuk anak yang udah ngerti, kalau di bawah 3 tahun mah ya susah huhu):

😷 “Vitamin itu manis, dia melawan virus di dalam tubuh biar kuat. Ciat ciat ciat”

😷 Bebe cuma boleh nonton weekend, khusus sakit boleh nonton dengan syarat. Nonton hanya boleh sambil makan. Kalau makannya diemut, maka YouTube-nya ibu pause sampai makanannya ditelan. Kalau makannya tidak habis maka HP nya ibu ambil dan seharian tidak boleh nonton lagi. Kalau makannya habis maka boleh nonton terus sampai bosan. INI BERHASIL. Jadi makan, sambil nangis, sambil nonton sampai habis. Anaknya jago multitasking ya.

😷 “Makan dan minum bisa dari dua, mulut dan darah. Kalau Xylo tidak mau makan dari mulut, ayo ke rumah sakit biar makan dari darah. Ibu temenin kok” ngomongnya lempeng dan tidak mengancam tapi memperlihatkan foto anak diinfus. Dia pun memilih sendiri. Makan dari mulut aja lol

😷 NANGIS. IBUNYA NANGIS MAKSUDNYA HAHAHAHA. Saya stres banget kemarin sampai tengah malem nangis sendiri mungkin karena saya kasih target sama diri sendiri ya. Maksudnya ngasih target Bebe harus makan minimal 2 kali sehari dan minum abis sebotol makanya kalau Bebe nggak mau minum saya langsung berurai air mata.

“IBU SEDIH HUHUHU IBU SEDIH KARENA XYLO TIDAK MAU MINUM HUHUHU NANTI XYLO SAKITNYA LAMA IBU SEDIH KARENA XYLO SAKIT HUHUHUHU” AS DRAMATIC AS POSSIBLE. Kemudian dia minum karena nggak tega saya nangis hahaha maaf ya Bebe.

Ya gimana 3 hari tidurnya begitu tiap setengah jam bangun dan segala salah. Ya udah saya nggak tidur aja sekalian huhu terus nangis zzz.

😷 Janji kalau Bebe makan pintar dan sembuh cepat nanti kita beli Lego. Berhasil beberapa kali tapi kemudian gagal. Diganti dengan beli RC (remote control), berhasil beberapa kali kemudian gagal. Dan sekarang aku berhutang padanya satu Lego dan satu RC. WHY.

Begitulah. Lima hari penuh negosiasi dan sabar yang dibanyak-banyakin. Abis ini saya langsung minta Shaburi sama tas baru ke JG HAHAHAHAHAHA. Sungguhlah ternyata kasih ibu juga berpamrih pada suami lol.

Demikian pengalaman Bebe kena gejala flu singapura. Baru tau juga kalau bisa kena berkali-kali ya Tuhan tolonglah jangan-jangan lagi karena sungguh traumatis huhu.

PS: SAYA DI RUMAH LAGI HARI INI KARENA BEBE BELUM SEKOLAH JADI GANTIAN KERJA SAMA JG. BOSAN YA TUHAN.

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Ibu Bekerja, Demi Apa?

on
Friday, March 2, 2018

Beberapa hari yang lalu saya jemput Bebe dan tiba-tiba inget sindiran utama bagi ibu bekerja “ibu tuh harusnya di rumah aja karena ibu madrasah utama untuk anak-anaknya”.

Kenapa inget? Karena saya liat miss-miss di daycare dan baru kepikiran kalau mereka JUGA ibu bekerja. Dulu ibu saya pernah nyeletuk sih pas tau ada mbak daycare cuti melahirkan. Ibu saya bilang “ironis ya kerja di daycare, anaknya ditinggal di rumah untuk ngurus anak orang”.

Tapi dulu saya nggak mikirin amat dan kalimat itu lewat gitu aja. Sampai kemarin baca lagi topik ibu bekerja dan saya jadi mikirin tentang konsep ibu bekerja yang sering dinyinyirin itu, mereka menyamaratakan semua ibu bekerja dengan perempuan kantoran doang.

Iya disindirin level “alah sok-sokan kerja buat anak, yang ada juga buat ibunya beli tas mahal”.

Pernah mikirin nggak kalau mbak kalian di rumah (yang udah punya anak) juga ibu bekerja? Ibu-ibu yang jualan di pasar juga ibu bekerja? Ayo coba mereka-mereka itu disindir juga, “ibu, jangan jadi pembantu di rumah saya, kembali rumah aja karena ibu itu madrasah utama bagi anak-anak.”

Mbak di pasar langganan saya kerja, 7x24 jam. Kerjanya malem jadi hidupnya terbalik, siang tidur malem jualan. Nggak pernah makan di restoran apalagi jalan ke mall. Dia harus kerja biar anaknya 2 di kampung bisa sekolah.

Atau mbak pulang balik di rumah saya di Bandung. Suaminya nggak pulang-pulang karena ikut jadi aliran apalah pokoknya dakwah lebih utama dari keluarga. Ya dia harus kerja, kalau nggak ngehidupin anaknya gimana?

Kalau mereka tau ibu bekerja disindirin dan dibilang "rezeki keluarga tetap 100% meski istri nggak kerja" mungkin mereka akan bilang “aduh kalau saya nggak kerja ya kami nggak hidup". T_______T

(Baca: Orangtua "Durhaka" pada Anak?)

Lagian kalau pun ada ibu bekerja yang kerja bukan demi anak tapi demi beli tas mahal EMANG KENAPA HAHAHAHAHAHA. Sungguhlah kan yang penting anaknya tetap terjamin ya hidupnya. Kenapa duit orang aja sampai diurusin lol.

Alesannya “kasian anaknya” OH IYA BAIQUE IBU-IBU SUPER YANG DIJAMIN MENGHASILKAN ANAK SUPER KARENA KALIAN DI RUMAH BERSAMA ANAK 24 JAM.

*MULAI TERPANCING EMOSI*

*TARIK NAPAS*

*HEMPASKAN*

via GIPHY

Lagian konsep ibu bekerja kan udah ada dari zaman dahulu kala ya. Emang kalian nggak punya temen yang baik-baik aja meskipun ibunya kerja gitu? Saya mah banyak. Banyak ibu-ibu temen saya yang dulu kerja dan sekarang temen sayanya baik-baik aja. Kenapa sekarang setelah punya anak begitu yakin kalau anak dari ibu bekerja akan kurang segala-galanya?

Jadi ya kalau udah punya anak, istri bekerja itu kesepakatan masing-masing pasangan aja sih. KALAU MASIH PUNYA PASANGAN.

Ini nih yang paling berpotensi nyakitin. Kalian teriak-teriak “ibu harus di rumah, tega banget ninggalin anak blablabla” pernah kepikiran nggak single mom hidupnya gimana?

Suaminya meninggal atau karena suatu kondisi jadi bercerai sehingga mereka HARUS bekerja? Udah harus mati-matian ngehidupin keluarga eh disindirin nggak jadi madrasah utama buat anak?

WHY OH WHY.

Ibu kerja tidak apa-apa, ibu tidak kerja ya tidak apa-apa, ibu berhenti kerja karena ingin punya lebih banyak waktu sama anak-anak, ya nggak apa-apa juga. Pilihan kalian. Kenapa juga saya harus maksa-maksa kalian kerja? Seperti kenapa juga kalian harus maksa-maksa semua ibu untuk berhenti kerja karena kasian anaknya? Anak yang ditinggal aja nggak kenapa-napa kok lol. Suami aja nggak kenapa-napa.

Karena ya menurut saya yang penting kualitasnya kan, daripada seharian di rumah sama anak terus cuma main HP diselingi uring-uringan atau keluhan berbalut “aduh ikhlas ikhlas, sabar sabar yang penting sama anak 24 jam” ya mending kaya saya aja cuma ketemu pagi dan malem tapi baik Bebe dan saya nggak pegang HP sama sekali dan fokus ngobrol berdua. Tanpa uring-uringan atau keluhan.

Meskipun ya boleh-boleh aja sih kalau mau ngeluh. Cuma jangan sering-sering aja sih soalnya capek.

via GIPHY

Nggak ada yang jamin anak dari ibu bekerja akan kenapa-napa. Nggak ada yang jamin juga anak dari ibu rumah tangga akan lebih super dari anak ibu bekerja. Super dalam arti lebih dekat dengan keluarga, lebih pintar, lebih ini dan itu. Ada yang bisa jamin nggak hayo?

Suami juga nggak ngasih saya untuk nggak kerja karena takut saya jadi tumpul sementara kami connected lewat diskusi segala rupa. Dari urusan finansial, sampai politik dan hukum internasional. Bukan berarti saya bilang semua ibu rumah tangga tumpul loh ya, ini masalahnya di saya dan suami aja. Kami selalu butuh sharing dengan orang lain, butuh diskusi dengan orang dewasa dengan pola pikir yang setara, endebrei endebrei.

Kan banyak juga ya ibu rumah tangga yang emang tetep bisa diajak diskusi soal kondisi dunia atau justru kalian termasuk pasangan yang emang nggak suka aja diskusi topik lain kecuali soal anak-anak dan keluarga.

(Baca: Parenting Tidak Butuh Teori?)

Jadi iya, memang ada ibu bekerja demi uang. Mbak di rumah, ibu penjual sayur di pasar, ibu penjual serabi di pinggir jalan, single mom yang ngehidupin keluarga. Mereka kerja karena benar-benar butuh uang.

Ada juga ibu bekerja demi tabungan. Iya sih penghasilan suami cukup banget, tapi jadinya yang tertabung sedikit. Kalau istri ikut kerja, yang tertabung jadi lebih banyak. Buat apa? Buat masuk SD sis, 70juta aja loh uang pangkalnya kemarin saya survey. *cuci muka biar nggak stres*

Alah, percuma sekolahnya mahal tapi orangtua kurang perhatian. Ah masaaaa. BANYAK kok yang sekolahnya mahal DAN orangtuanya perhatian. Gimana orangtuanya aja. Ada juga yang sekolahnya gratis, anaknya tuker celurit sama temen sekolahnya padahal masih SD. #truestory Pernah saya ceritakan di sini: Mendefinisikan Nakal.

Dan ya, ada juga ibu bekerja yang kerja demi kewarasan sehingga otaknya 100% pas ketemu anak. Apakah saya akan bisa waras dan menanamkan semua nilai yang saya mau kalau saya 24 jam sama anak? Nggak lah.

Diam di rumah itu bukan untuk semua orang, jadi ibu bekerja juga bukan untuk semua orang.

Jadi meski disisipi "nggak maksud nyinyir loh ini tapi ibu itu ya sebaiknya di rumah" ITU TETEP NYINDIR SIS. GITU AJA SIH MAKASIH HAVE A NICE WEEKEND LUV!

PS: Kalau ada yang masih keukeuh ibu harus di rumah, ditanya aja dengan manis: mau ke obgyn laki-laki? :)

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!