-->

Image Slider

Jajan-jajan di Bandung

on
Thursday, November 30, 2017
Sungguhlah topik yang saya banget karena saya sering dibilang ibu dan tante-tante sebagai si tukang jajan. Padahal julukan itu baru muncul setelah saya kuliah karena sebelum kuliah saya jarang jajan. Hahahaha.


Iya waktu SD saya nggak bisa jajan. Saya bener-bener nggak tau caranya ke warung dan beli sesuatu. Karena ya emang nggak dibiasain jajan dan itu agak sedih sih lol. Namanya anak-anak ya kalau liat orang jajan ya suka pengen ikutan juga. Tapi sampai SD itu saya nggak dikasih uang jajan. Mau beli apa ya dibikinin di rumah, pokoknya ibu dan almarhum nenek saya itu anti jajan banget.

Sampai sekarang menurut ibu saya tukang jajanan itu pasti nggak bersih, pasti airnya jorok, pasti esnya air mentah, pasti cuci piringnya nggak bener. Atau mengutip nenek saya "beli makanan kok dari yang jualan di atas selokan? Jorok ih!"

Jadilah saya baru pertama kali jajan itu pas SMP. Itu pun nggak jajan-jajan amat sih, ya beli makanan di warung sekolah aja. Tapi udah mulai ngerti beli bakso sama temen-temen dan berbagai makanan yang sering dinobatkan sebagai pengundang tipes hahaha *ketok meja*

Begitu SMA, perjuangan jajan sebenarnya dimulai. Karena uang jajan udah mulai banyak, punya pacar, dan ya udah tau aja mana sih jajanan yang enak dan yang nggak enak. Jadi dulu pas SMA udah mulai suka "wisata kuliner" kalau istilah zaman sekarang mah. Makan pempek di Dipati Ukur, ayam cola di kantin ITB, bakso anggrek, apalagi sih kok lupa perasaan dulu jajan terus. *amnesia*

TAPI YA PAS KULIAH NIH BIANG KEROK PALING KEROK.

Kalian percaya nggak sih kalau saya makan cilok untuk pertama kalinya pas kuliah? Orang lain mah dari SD ya kan udah jajan cilok, saya baru makan itu setelah ada cilok laswi. Cilok Laswi idola kita semuaaaaa, nulis gini aja sampai kebayang rasanya. Sampai suka beli banyak terus di rumah dipanasin lagi di panci. Ibu saya tetep nggak ikutan karena nggak suka dalemnya gajih hahahaha.

fotonya punya mas ini. masnya juga lengkap bahas cilok laswi
Terus karena ribet beli cilok doang harus ke Laswi, akhirnya mulai beli cilok lain seperti Cilok Bapri. Mudah ditemukan di mana-mana karena emang yang jual banyak gitu kan. Lama-lama ya cilok apapun juga makan ajalah! Kalau cimol saya nggak terlalu suka karena saya juga lebih suka baso tahu dibanding batagor. Lebih suka yang kukus dibanding yang goreng. Bukan karena lebih sehat, murni karena masalah selera. 😂

Dulu di Jatinangor, saya sama sahabat saya si Mosha itu ya sekali turun dari kampus doang bisa dua kali beli cilok atau baso ikan. Kesambet apaan sih ampun ni anak berdua jajannya kok gelo. Jadi di kampus beli cilok atau baso ikan nih, terus masuk mobil, terus di mobil Mosha nyetir pelaaannnn gitu sambil makan cilok. Eh nyampe gerbang ciloknya udah abis, BELI LAGI SEBUNGKUS DI GERBANG UNPAD ASTAGAAAA. CILOK DAN BASO IKAN FTW!

Pernah juga tuh berdua makan otak-otak di Anyer pas lagi acara kampus gitu. Makan aja sambil ngobrol entah berapa puluh bungkus dan berakhir mencret-mencret. Kapok beli otak-otak. Kembali ke baso ikan Nangor!

Selain cilok, saya juga suka baso tahu yang di Jakarta diberi nama somay. Padahal di Bandung mah namanya baso tahu ih! Baso tahu Imam Bonjol andalannya, belinya ya di Metro (anak Bandung Timur sori). Yang penting mereknya harus Imam Bonjol. Karena tau sendiri kalau udah mampir ke Jalan Imam Bonjol nya, yang dibeli ya segala rupa. Paketnya sih lomie, baso tahu bawa pulang, sama es oyen kelapa alpuket. Surga dunia ya Tuhaaannn. *NGECES* *INGIN KE BANDUNG SEKETIKA*


Nah kalau batagor saya mah Isan sejak bayi (alah). Konon katanya Isan ini adalah batagor pertama di Bandung, dulu makannya bukan dipotong terus disiram bumbu kacang tapi dicocol. Pake kuah juga enaakkk, saya sih lebih suka pake kuah. Browsing sendiri alamatnya ya! Hahaha. Paling gampang bagi turis sih di foodcourt-nya Giant Pasteur ada.

Kenapa harus Isan? Pertama karena murah, kedua karena Riri atau Kingsley mah khusus batagor para turis plat B. Mahal dan ribet amat harus ke Burangrang hahahaha.

Karena kalau ke Burangrang, saya mah ke Bakso Enggal! Wajib coba banget ini buat kalian-kalian yang ke Bandung malah ke kafe-kafe trendi. Ke Bandung sih mending juga beli baso, Enggal atau Cuanki Serayu aman!

Bakso Enggal ada di Burangrang depan BPI sama di Pasteur. Ini bakwan malang kalau kata orang Jakarta, modelnya prasmanan jadi pilih sendiri mau apa aja di mangkoknya. Di ujung ada mas yang siap siram kuah kaldu panas. KYAAAAA.

This photo of Batagor & Baso Cuanki is courtesy of TripAdvisor (gue yang foto mah ga akan pake sambel hahaha)

Kalau pempek? Pempek Faisal di Otista yang udah generasi kedua apa ketiga gitu lol. Tempatnya kecil tapi jadul banget karena ya dari dulu jualnya di situ. Pempeknya enak banget. Tapi susah parkir, mau nangis lah mikirin parkir. Mending pake motor aja ke sini sih.

Jangan lupakan lumpia basah yang tidak ada di Jakarta!

Nih ya buat yang mau ke Bandung terus bingung mau jajan di mana, saya saranin ke Borma Gunung Batu. Borma ini supermarket, Gunung Batu ini daerah di sebelah tol Pasteur. Jadi kalau dari arah Bandung, masuk tol Pasteur kan lurus, nah ini ke kiri ambil jalan kecil. Dari situ nanya aja deh atau cari di Google Maps "Borma Gunung Batu". Kenapa ke sana karena di sana adalah one stop jajan center andalan saya dengan parkiran yang gampang dan luas.

Di depannya (pinggir jalan) ciloknya enak, lumpia basah enak, lumpia kering enak, batagornya mayan, seblaknya enak. Masuk dikit di parkiran ada tukang pempek, yamin, dan ADA MIE KOCOK JUGA! Mie kocoknya enak dan murah. Ini tiap dari Bandung mau pulang ke Jakarta saya suka makan di sini DAN BUNGKUS BUAT DI JALAN HAHAHA.

Daripada kalian bingung jajan di mana, sebenernya ke dua tempat aja cukup kalau di Bandung mah. Jalan Imam Bonjol sama Borma Gunung Batu. Semua jajanan ada di situ. Catet!

Borma Gunung Batu ini mirip-mirip depan Griya Bubat lah bagi kalian yang orang Bandung Timur banget mah. Bedanya tidak ada cimol. Cuma karena saya nggak terlalu into cimol maka ya nggak pernah nyari-nyari amat.

Apalagi ya?

Intinya jajan di Bandung mah jarang gagal. Beli apapun di mana pun hampir pasti enak. Lah di Jakarta? Jajan di Jakarta bener-bener gambling karena nggak semuanya enak. Saya beneran irit hidup di Jakarta mah karena jadi nggak gampang tergoda liat makanan di pinggir jalan. Jarang bener-bener jarang jajan di pinggir jalan. Takut nggak enak dan takut mules karena yaaaa taulah air Jakarta seburuk apa.

Bebe jajan nggak? Nggak. Belum saya kasih jajanan apapun karena nggak ada minimarket deket rumah. Kalau ke supermarket dia paling beli yogurt cimory sama chacha minis. Belum pernah jajan ciki-cikian dan belum kenal Kinderjoy! #win

Biarlah dia seperti aku, baru tau jajan pas udah besar hahahaha. Yang orang Bandung cik kalau jajan pada di mana? Yang bukan orang Bandung, apa jajanan favorit kalian? SHAAREEEEE!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Life is Never Fair

on
Tuesday, November 28, 2017

"Ya hidup di mana pun juga nggak pernah adil sih"

Akrab kan ya sama kalimat semacam itu. Kalimat yang rajin banget dikeluarin kalau lagi mempertanyakan keadilan sosial di dunia ini. Tapi ternyata kalau keluar dari mulut orang yang "lain" artinya bisa jadi beda banget.

Iya soalnya kalimat itu terlontar dari seseorang yang saya tau persis kaya raya dari ujung akar rambut sampai ujung kuku kelingking kaki. Kalau saya sebut nama belakangnya minimal kalian akan "oooo yaaa tau-tau pernah denger" meskipun mungkin nggak tau persis bisnisnya apa. Old money Indonesia lah.

Reaksi saya seketika adalah menyimpan telapak tangan di dada dan menatap masnya (yang seumuran ibu saya btw) dan bilang "OMG MAS, WHY SO DEEP" (dramatis banget ya hahaha).

Masnya kalem aja seolah saya nggak "seterganggu" itu, dia bilang sekali lagi "iyalah, life is NEVER fair" dengan penekanan pada never yang terkesan emang dendam banget gitu. Kesannya emang dia ditidak-adili dalam hidup ini

Saya terganggu. Terganggu banget karena kalau dia aja begitu apalagi gueeee!

Abisan selama ini keluhan saya tentang hidup nggak adil kok ya kesannya karena melulu tentang uang. Dih nggak fair, dia nggak perlu kerja keras terus bisa punya rumah sama mobil bagus. Dih enak banget sih bisa liburan terus tanpa mikirin cicilan rumah dan uang sekolah.

(Baca: Tentang Nama Belakang)

Dih enak ya jadi beliau bisa makan enak terus, beli gadget tiap ada model baru keluar nggak peduli berapa puluh juta, Natalan selalu di luar negeri, endebrei, endebrei. Nyatanya BELIAU juga sama aja bilang hidup nggak adil. HAHAHA.

Karena sebelumnya menurut saya, ketidakadilan hidup ini kan udah langsung kerasa sebenernya dari pas kita lahir. Apalagi sekarang dengan gampang diliat dari username Instagram. Oh pantes kaya, anaknya si A. Kayanya ternyata SEKAYA itu ya, sampai nggak pernah kebayang ada orang yang gaya hidupnya begitu. Betapa Instagram semakin mengukuhkan jenjang di antara kelas-kelas sosial.

Sebaliknya juga. Kita langsung gampang merasa bersyukur kan kalau lihat orang yang kelas sosialnya ada di bawah kita. Wah kita lebih mampu dari dia, dia mungkin ngeluh juga hidup nggak adil pas liat kehidupan kita. Kasian ya, blablabla. Masih untung kita begini, blablabla. Kerasa banget uang yang bisa dengan gampang judge ketidakadilan dunia pada kita.

(Baca ini ajalah: Kepercayaan Diri dan Remah-remah Dunia

Tapi kalau sekarang orang yang sekaya itu aja bilang hidup nggak adil, who are we to complain! Karena ternyata SEMUA manusia apapun kelas sosialnya merasa hidup ini nggak adil. Jadi ya sama aja toh!

Bahwa orang, dikasih rezeki sebanyak apapun, dikasih kehidupan model gimana pun, akan tetap punya celah untuk bilang kalau hidup ini nggak adil. Hidup ini ternyata terlalu rumit untuk semua orang ngerasa bahagia sepenuhnya.

Ya adaaaa orang bahagia sepenuhnya, saya nggak bilang nggak ada. Di sini juga pasti kalian udah langsung siap ngetik komen "iya banyak bersyukur aja kak" HAHAHAHA I DO. Saya bersyukur lah sama hidup ini, tapi kadang perasaan inferior itu bukan karena kurang syukur kok. Karena ya, ada titik di mana kita ngerasa kalah aja gitu segala-galanya. Jadi bukan karena nggak bersyukur, tapi karena udah yakin nggak akan menang. Startnya udah beda.

*ya gitulah pokoknya lol*

Ketambahan abis baca berita beberapa hari lalu soal Jim Carrey yang ternyata juga depresi. Padahal dia kerjaannya bikin orang ketawa, tapi dirinya sendiri depresi. Hidup emang bener-bener nggak akan pernah sempurna ya. Jadi inget 2 tahun lalu pernah nulis cerita ini: Nasib Manusia.

BY THE WAY.

Ngomong-ngomong tentang nggak adil mah MAUDY AYUNDA LOL. Cantik, bisa nyanyi, dan akting, PINTER PULA. Sebel kan kalian semua hahahaha. Baca deh cerita sama wawancaranya di link di bawah. Saya sebel sih karena dia paketan lengkap gitu. Kuliah di Oxford bahkan setelah kepala sekolahnya sendiri bilang kalau dia nggak akan pernah mampu kuliah di Oxford.

BACA YA! Yang punya anak remaja suruh baca juga! Biar ngefansnya sama yang begini dong bukan selebgram followers jutaan tapi nggak jelas pinter apa nggaknya. Ngefans harus sama yang pinter dong! Hahaha!


Selamat hari Selasa!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Liburan Sendirian, JG dan Bebe Gimana?

on
Friday, November 24, 2017

Waktu kemarin pas liburan itu, komentar orang yang tau saya pergi sendiri tanpa JG dan Bebe adalah: ‘wah terus JG sama Bebe gimana?” Bahkan banyak banget yang juga langsung sigap DM JG di Instagram nanya: “gimana berdua sama Bebe 3 hari?”

Sebenernya nggak gimana-gimana sih hahahaha. Cuma ya ngerti lah orang nanya karena kan mungkin tau kami nggak punya ART atau nanny jadi mereka mungkin mempertanyakan apa sanggup JG jagain Bebe plus harus masak dan segala urusan rumah?

SANGGUPLAHHHH. Saya sendiri bahkan nggak khawatir sama sekali karena tau JG pasti sanggup. Dia malah terus-terusan nyuruh extend aja pergi 5 hari karena katanya nanggung liburan kok 3 hari doang. Sayanya yang nggak mau karena mellow ninggalin Bebe kelamaan dan nggak punya uang kalau harus nambah nginep dan makan 2 hari hahahaha

Di hari H juga saya yang nanya “kamu nggak tanya flight number sama hotel aku?” terus saya juga yang inisiatif kirim skrinkepnya karena ya kali takut ada apa-apa kan. Intinya ya sama-sama kalem aja sih, no big deal. Dan mungkin karena Singapur sih ya, dia sendiri udah beberapa kali ke sana dan tau saya sering ke sana jadi nggak mikirin amat istrinya mau pergi 3 hari lol kesel.

Lagian ini sebenernya kali ketiga saya nggak tidur di rumah sama Bebe. Pertama malah pas Bebe masih nenen, 2 tahun yang lalu raker kantor di Anyer. Itu baru saya kepikiran banget, mana masih pumping, ribet lah urusan. Bebe juga jadi susah tidur malemnya. UNTUNG CUMA SEMALEM.

(Baca: Cerita Menyusui Bebe Lengkap di Sini Ya!)

Kedua, masih kemarin-kemarin lah, raker akhir tahun juga. Cuma kali ini deket di Hotel Sultan jadi Sabtu siang dianter, hari Minggu pagi masih CFD bareng, abis CFD Minggu siang saya balik hotel dan raker lagi. Tapi malemnya ya saya nginep di hotel lah takut telat ke CFD karena di sana pas ada kerjaan juga bukan main doang.

Jadi ini kali ketiga dan ya, satu malam lebih lama!

Terbukti ternyata mereka baik-baik aja hahaha. Iyalah Bebe udah jauh lebih mandiri dan saya perginya hari kerja jadi ya sebenernya “tugas” JG nggak berat-berat banget. Apalagi mereka ngemall ternyata tiap malem lol.

Pagi bangun tinggal diangkat ke car seat, nggak perlu siapin sarapan atau mandiin kan terus pergi ke daycare. Sore dijemput langsung cus makan malem di mall, ditemenin adik saya pula, jadi Bebe ada temennya main. Capek deh, nyampe rumah langsung tidur. Besok paginya ya begitu lagi. Besoknya saya udah pulang, malah dari bandara saya sempet jemput ke daycare bawa-bawa koper. Jadi tidak ada drama apapun.

Bahkan katanya Bebe cuma nanyain ibu sekali.

via GIPHY

Bilang ke Bebe ibu ke mana? IBU KERJA DAN ADA ACARA HEHEHEHEHEHE. Bebe di masa depan kalau Bebe baca ini percayalah ibu bukannya mau bohong, tapi kamu belum ngerti konsep liburan. Kerja jadi jawaban paling cepet dan bisa Bebe ngerti.

EH BAHKAN BUKAN SAYA LOH YANG BILANG KERJA TAPI JG. Karena saya nggak bilang Bebe mau ke mana hahahaha. Soalnya kalau bilang panjang banget deh urusan.

Jadi saya packing diem-diem banget. Dia sempet curiga sih karena liat koper di ruang tamu dan nanya “kita mau ke mana?” saya jawab “nggak ke mana-mana kok, itu koper aki”. Karena benar KITA nggak pergi, dan benar itu koper minjem punya aki lol.

Pas hari H, JG nganter ke bandara kan, kami pergi pagi banget karena ngejar dia masuk kerja jam 8. Bebe bobo sepanjang jalan. Sampai bandara dia bangun terus nangis, saya cium-cium terus bye. Nggak lama JG telepon bilang Bebe udah bobo lagi. Dia kalau lagi tidur kebangun emang suka nangis terus tidur lagi.

Jadi intinya Bebe baru sadar ibu nggak ada itu pas malem ke mall ibu nggak ikut. Baru deh dijelasin kalau ibu kerja tapi jauh jadi harus nginep.

Pas saya pulang Bebe nanya nggak ibu ke mana? Nanya banget dan drama. Bebe sama ibu level dramanya emang meningkat 100%, mendadak jadi aktor dengan skill layak Piala Citra. Hari-hari biasa juga kalau sama JG doang mah emang nggak manja sama sekali, di detik ibu muncul langsung deh manja, ngomongnya aja langsung pake baby voice gitu hhh.

Bebe: “Ibu kok ibu acaranya lama? Kok ibu perginya lama?”

Ibu: “Emang kenapa?”

Bebe: “Aku sedih”

via GIPHY

Tapi sebenernya si Bebe mah ditinggal JG main bola 2 jam aja bisa nanya “appa kok lama, appa kok nggak nyampe-nyampe sih, appa kok nggak pulang-pulang” bisa 10 kali zzz. Belum lagi dia mellow sedih minta dipeluk sambil sesenggukan kaya appa perginya seminggu gitu. Kenapa begitu? Karena ada ibu yang menanggapi semua drama Bebe. Kalau ibu yang pergi, nggak drama sama appa. -_______-

Wajar sih karena kami bener-bener ke mana-mana bertiga banget kan. Kalau JG lembur juga sekarang saya sama Bebe ke kantornya dan nunggu. Bebe udah nggak mau nunggu JG lembur di mall. Dia lebih happy main di kantor JG. Padahal ya cuma gitu, main bunga, lari-larian, beli es krim, nggak spesial juga sih menurut orang besar yang pengennya jalan-jalan di mall mah hahaha.

Demikianlah. Dipikir nggak akan panjang tapi jadinya panjang juga. Kalau punya ide nulis kasih tau yaaaa! Kalian pengennya saya nulis tentang apa!

Selamat weekend!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Bebe Mencari SD

on
Wednesday, November 22, 2017

Kemarin saya sempet mikir kalau nyari preschool dan daycare aja saya survey sampai ke 7 tempat, apalagi cari SD ya? Pertimbangannya banyak juga karena pertama, masuknya mahal jadi sebisa mungkin kalau nggak ada kasus ya maunya nggak pindah sekolah dong. Kedua, bakalan 6 tahun dan akan menghabiskan masa kecil di sana. Jadi mau yang bener-bener sreg.

Ternyata yang harus dipikirin banyak juga ya. *YAEYALAH*

(Baca semua tentang daycare di sini ya!)

Saya akhirnya bikin Google Sheet dan di-share ke JG, nama sekolah, alamat, kurikulum, jarak dari rumah, uang pangkal, dan uang bulanan/tahunan. Sheet itu diisi dengan calon nama sekolah, sekolah yang nggak sreg nggak dimasukkan. Tiap kami sempat, kami diskusi dan browsing untuk melengkapi data-datanya, pros cons-nya, link-link blog yang pernah bahas, dan sebagainya.

Udah hampir setahun itu kayanya Google Sheet itu berjalan, masih tetep pusing juga hahahaha. Sharing aja yuk, sekalian mungkin ada kriteria yang saya kelewat. So far saya bikin kriteria kaya gini.

🏫 Lokasi dekat rumah

Iya dong ya, meskipun sekarang ke daycare pun Bebe bisa sekali jalan 1 jam, tapi makin deket makin okelaahhh. Maunya yang deket-deket aja. Jadi kami persempit pencarian ke Bandung Timur ATAU Bandung Barat. Karena rumah orangtua saya di Bandung Timur, rumah kami dan mertua di Bandung Barat lol.

Kalau Jakarta, prefernya Jakarta Barat, Pusat, dan Selatan. Meskipun saya masih galau apa Bebe mau sekolah di Bandung apa di Jakarta? Maunya sih di Bandung karena kayanya lebih kondusif aja gitu, nggak sepanas Jakarta dan yaaa, gimana ya. Lebih "humble" aja kayanya lingkungannya.

Plus Bandung harusnya nggak serusuh Jakarta ya soal urusan keberagaman, if you know what I mean. Jadi emang 80% berat ke Bandung sih. Tapi tetep kami bikin list Jakarta juga kok jadi masukan soal SD di Jakarta tetap siap diterima!

🏫 Sekolah umum

Bukan sekolah negeri dan sebisa mungkin sekolah umum (tidak berbasis agama apapun).

Maunya satu kelas nggak terlalu banyak muridnya sih biar fokus aja. Terus juga pengen ekskul masa kini kaya robotika atau sinematografi. Maklum anaknya mudah terpesona pada ekskul keren lol.

Ini gara-gara diceritain temen ada SD mahal di Jakarta (stralah tak perlu disebut namanya) yang ada ekskul sinematografi terus film pendeknya ditayangin di Blitz hiksss. Dari sutradara, penulis skenario, sampai pemainnya anak SD semua! Keren banget kan aku sungguh iri. -_____-

🏫 Kurikulum/Metode Pengajaran

Kurikulum bebas, nasional, nasional plus. IB/Cambridge bolehhh tapi SPP nya jangan mahal-mahal. Ada nggak ya? Hahahaha. Sedih amat.

Kalau bisa bilingual dan kalau bisaaaa banget full bahasa Inggris. Soalnya sadar diri nggak mampu bayarnya nih. Mentok ya udahlah ya pulang sekolah les atau di rumah jadi full bahasa Inggris. Tapi beneran sih maunya di sekolah juga pake bahasa Inggris gituuu, biar dari kecil akademik Inggrisnya bukan conversational. *APA SIH IBU, IBU KOK BANYAK MAU*

Nggak mensyaratkan anak bisa calistung juga meski melihat Bebe sekarang, kayanya dia akan bisa sih calistung sebelum masuk SD HAHAHAHA SUNGGUH IBU HALU. Soalnya ini Bebe baru 3 tahun udah minta belajar baca terus karena sebel liat ibunya baca timeline Twitter terus lol.

Montessori juga jadi nilai plus! Karena betah banget nih Bebe preschool montessori. Intinya pengen Bebe di sekolah yang nggak maksa anak duduk belajar jadi anaknya hepi di dalam kelas. Nggak mau juga ada sistem ranking dan terbukti lulusan bisa masuk ke SMP bagus. Yosh!

🏫 Bangunan

Jangan jelek-jelek amat lah, kalau bagus banget dan banyak pohon serta taman ya jadi nilai plus. Yang penting kamar mandi nggak jorok, ada wastafel dengan sabun untuk cuci tangan, dan mushola yang proper. Ini kok kaya ngomongin mall ya. LOL

Soalnya saya waktu SD mending nahan pipis daripada harus pipis di sekolah saking toiletnya jorok. Padahal sekolah saya mayan jauh harus naik angkot. Adik-adik saya SD deket rumah kalau mau pipis PULANG DULU KE RUMAH DONG. Makanya toilet itu penting banget huhu.

🏫 Lain-lain

Perpustakaan atau sekolah yang encourage membaca deh pokoknya. Ngerti akan kebutuhan anak yang unik dan beda-beda, jadi pendekatannya personal. Student oriented lah. Makanya paling enak ya montessori sih sebenernya maahh. Tapi cari-cari kok susah ya di Bandung? Di Jakarta kayanya banyak deh.

Karena masih SD saya rada gimana gitu kalau udah ada target akademik banget yang dikejar. SMP SMA baru deh nggak apa-apa. SD maunya masih rada “main”. Ya belajar, tapi nggak ngotot.

*PUSING KAN KALIAN SEMUA!*

Pusing dikit nggak apa-apa kok masih 3-4 tahun lagi tapi pengen netapin pilihan biar segalanya pasti. Pengen mulai dateng-dateng open house juga tapi JUGA pengen dateng pas lagi sekolah biasa biar liat anak-anak dan suasana belajarnya. Harus cuti banget eym?

Yang pengen banget dikunjungi di Bandung itu Semi Palar sama Kuntum Cemerlang kalau ke arah Barat, Gagas Ceria dan Mutiara Bunda kalau di Timur. Mutiara Bunda sekolah Islam sih emang, tapi saya sreg banget deh, jadi tetep akan survey dulu lah.

Buibu ada yang anaknya di sekolah-sekolah yang saya sebut itu? Komen atau DM Instagram dong mau tanya-tanya bangeeettt.

Thank you!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Gemesnya Hello Kitty Orchid Garden Singapura

on
Tuesday, November 21, 2017
piringnya gede banget dan ayamnya gede banget!

Waktu lagi bikin itinerary Singapura, saya sempet liat selintas tentang Hello Kitty Orchid Garden di timeline Twitter. Setelah browsing-browsing eh ternyata cuma di Changi Airport doang, pasti bisa mampir dong! Langsung lah saya histeris ke Gesi karena kami berdua kan suka Hello Kitty.


Setelah dipikir-pikir jadi inget Jennifer Bachdim juga sempet ke sana waktu liburan. Makin lah saya pengen ke sana hahaha. Receh sori ya.

Cek di websitenya, wow harganya mayan juga ya. Ini mah makan bertiga bisa habis Rp 1juta. Namun karena kami teman yang banyak akal, suportif, dan selalu siap mendukung di setiap kesempatan, langsung lah todong mba Windi: TRAKTIR YA!

Baca punya Gesi dan mba Windi di sini juga! Klik!

Alesannya dia kan masuk 21 Best Innovator BRI 2017, padahal di 21 besar ini mah nggak ada hadiahnya. Ya jelas lah doi nggak mau sis, untuk traktir. HAHAHAHA. Ya udah deh bayar sendiri biar yang penting ke sana dan tau tempatnya. Saya sama Gesi menghibur diri, biarlah beli minum atau es krim doang yang penting ke sana. LOL

Eh dasar rezeki perempuan-perempuan solehah, malem sebelum berangkat banget mba Windi dapet pengumuman kalau dia masuk 10 besar! Kalau 10 besar mah jelas ada hadiahnya! Hadiahnya berjuta-juta plus ke Eropa coba. O_____O JADI KAMI DITRAKTIR BOLEH PESEN APA AJA YEAYYY!



Di hari H, flight saya landing terakhir dari Terminal 2, Hello Kitty Orchid Garden ini di Terminal 3 jadi saya geret koper karena dari T2 ke T3 nggak pake skytrain ternyata. Pake acara nyasar dulu karena nggak tau lantai berapa hahaha. Udah muterin lantai bawah yang ada foodcourt taunya dia di lantai 1. Sungguh lah belum apa-apa aku sudah lelah hahaha.

Taunya Geci sama Mba Windi sweet banget nunggu di luar biar masuknya barengan aawww. Emang pas di luarnya itu ada tempat duduk banyak gitu. Thanks malove!

🎀 Jadi gimana Hello Kitty Orchid Garden ini? 🎀 

Tempatnya ternyata kecillll, saya pikir lebih gede sih. Cuma memang gemes banget. Sandaran kursi bentuk Hello Kitty, di dinding semua hiasannya Hello Kitty, plus tanaman-tanaman gitu kan ceritanya garden. Tempatnya juga terang buat foto-foto dan serba putih jadi foto Instagramnya bagus! Hahaha.

Ada dua Hello Kitty raksasa dengan pita unik. Iya pitanya dua, yang satu garis-garis yang satu polos. Katanya model Hello Kitty dengan pita begini cuma ada di sini aja loh!





🎀 Jadinya pesen apa? 🎀 

Saya pesen ini, Land of The Rising Kitty ($17.50) isinya pasta sama ayam gitu enak deh. Pastanya aglio olio, ayamnya dibumbu teriyaki! Dan ini super banyak tapi ya abis aja sih lol. Laper banget sis.



Mba Windi sama Gesi pesen menu yang nggak bisa lagi gue browsing namanya karena kok ya nggak ada sih di menu-menu yang bertebaran di Google Image? Intinya nasi pake ayam gitu dan paha ayamnya sungguh raksasa. Nasinya gemes banget dibentuk kepala Hello Kitty. Kata mereka enak-enak aja sih cuma kegedean jadi bisa buat berdua banget.

Tadinya Mba Windi pengen pesen Cowabunga Wagyu ($24) karena tergoda kata-kata wagyu. Tapi ternyata bumbunya bumbu rendang hahahaha terus males mikirin takut nggak enak. Untuk dimakan sama-sama, kami pesan Hola Nachos ($15.90)



Nachosnya biasa aja, kejunya biasa aja, tapi salsanya enak! Enak apa laper ya? Hahaha.

Untuk minum lupa Gesi pesen minum apa, saya pesen jus apel ($3) dan mba Windi keukeuh pengen teh panas terus pesen British Breakfast Tea ($7.80). Mahal abis tapi ya udalah dia yang bayar hahahaha.

*harga hasil browsing ya btw, sini bukan food blogger, nggak kepikiran foto buku menu lol*

Oiya waitress-nya rada judes tapi mas-mas managernya baik banget. Mau fotoin berkali-kali dan nanya dulu “udah puas apa belum sama fotonya?” lol sungguh pengertian sekali pada kami. Makanan juga datengnya nggak lama jadi okelah.



🎀 Intinya rekomendid nggak? 🎀 

Kalau nggak suka Hello Kitty nggak usah sih ya. Karena makanannya juga biasa aja. Iya porsinya banyak tapi ya harganya juga banyak hahaha. Plus ini enak aja bukan yang enak banget sampai pengen balik lagi.

Tapi kalau suka Hello Kitty sih wajibbbb, bahagia banget deh ke sini. Pengen foto-foto terus sampai diliatin orang-orang hahahaha.

Kami di sini lama banget sampai kelamaan nyampe hotel deh. Batal ke Haji Lane jadinya.

Baca cerita kami di Singapura di sini ya! Liburan Dadakan ke Singapura









LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Urusan Timbangan

on
Thursday, November 16, 2017
harusnya noun, tapi seperti biasa anggap saja majalah ya alias males edit lol

Makhluk dunia yang bernama manusia ini emang concern banget ya sama urusan timbangan. Ya kali, binatang mana punya timbangan jadi mau peduli juga susah ya kan. Masalahnya yang diurusin timbangan orang lain juga! Orang lain yang nggak kenal-kenal amat! Yang cuma ditemui di socmed!

“Gemukan ya?”

“Tambah chubby ya?”

“Nggak bagus deh pake baju itu keliatan gemuk”


Tahukah kalian kalau itu semua nggak sopan dikatakan KECUALI ngomong sama orang yang udah akrab banget, sering ketemu, atau kita tau persis perasaan orang itu soal badannya. Karena celetukan soal berat badan dari pikiran sendiri pun udah jadi beban, lha ini ditambah omongan orang. Kan jadi kepikiran.

Iyalah kepikiran karena ada orang yang emang mau jaga makan dan olahraga segimanapun tetep nggak bisa sekurus Gigi Hadid. Sebaliknya ada juga orang yang makannya udah porsi kuli di warteg tiap kali makan, tetep nggak bisa gemuk. Kan nggak adil kalau semua HARUS kurus.

(Baca pendapat Gesi dan Mba Windi juga ya! Nahla belum nulis nggak sempet katanya -____-)

Iya jadi di kehidupan yang serba mengutamakan penampilan ini, orang bisa dengan mudah sedih karena dibilang gendut sama orang. Bilang orang lain gendut-gendut, sendirinya dibilang jelek langsung mellow ngeluhin suami nggak ngasih duit perawatan. -______-

Gue sih waktu kecil diajarinnya: jangan gitu ke orang kalau kamu nggak mau digituin sama orang. Artinya jangan komen-komen orang gendut lah kalau sendirinya nggak mau dikatain juga.

Kadang ya, gue aja yang sering pake logika daripada emosi, pengen banget sekali-kali bales kasar ke orang yang suka random bilang “Kak icha gemukan ya sekarang! Kok pipinya chubby banget!”

Maunya gue bales:

“IYA MUKA KAMU JUGA KURANG BANGET IH. KURANG SEMUANYA GITU, KAYANYA KALAUPUN MAKE UP JUGA BAKAL TETEP JELEK DEH. BAWAAN LAHIR ITU MAH YA?”

Tapi kan acyu ndak pernah begicyu. :(

Mungkin orang itu nggak tau kalau dia nggak sopan jadi mereka-mereka ini biasanya gue tegur aja dan gue kasih tau kalau komentar kaya gitu nggak sopan. Bukannya jadi gue bales dengan pernyataan yang sama nggak sopannya.

Karena komentar fisik SELAIN PUJIAN yang ditulis hanya untuk basa-basi atau kepo itu lebih baik hanya disimpan dalam hati. Jikalau tak tahan sekali ingin berbagi, maka gunjingkanlah di area non publik seperti WhatsApp group atau ya japri siapa kek yang nggak ember. Begitu aturannya mbaksis, kali-kali aja belum tau.

Kenapa gue bilang kepo, karena kepo is the root of all evil. Apalagi kepo model komentar di foto orang dengan:

“Mbak, hamil ya?”

Pernyataan yang luar biasa. Untuk basa-basi ini kurang kreatif, untuk kepo ini GUNANYA NAON TAU ORANG LAIN HAMIL ATAU NGGAK?

Ya kan buat didoain. Oh plis aku tak butuh doa dari orang nggak sopan yang intinya mau bilang “Kok gendut sih? Hamil ya?”

Kalau orang itu nggak hamil, kalian kemungkinan besar akan bikin dia tersinggung dan mempertanyakan ketidakadilan dunia pada badannya.

Kalau dia hamil, ya terserah dia juga apakah setiap orang hamil harus pengumuman pada di mana-mana? Kan nggak. Karena permisi, ngana siapa sampai harus dikabari berita kehamilan? Keluarga bukan, temen deket bukan. Geez.

Yang terparah kalau orang ini nggak hamil tapi pengen hamil! Kebayang nggak sih dia akan sedihnya kaya apa. Dia mungkin akan bales komentar kamu dengan manis “hehe belum sih, doain aja”. Padahal dari lubuk hatinya dia sedih. :(

Bukan nggak mungkin loh kaya gitu.

Iya, ada orang-orang yang cuek banget atau percaya diri banget sampai nggak peduli sama konsep kecantikan yang umum diterima khalayak ramai. TAPI SEBERAPA BANYAK HAYOOO.

Kebanyakan ibu-ibu mah tetep lah ngeluhin bentuk badan, apalagi pasca melahirkan. Iya atau iya? Jawab! *galak macam kakak senior lagi ngospek*

Dan komentar fisik inilah yang bikin aplikasi edit foto macam Facetune atau BeautyPlus jadi laku banget. Karena bisa liquify bentuk muka jadi tirus, lengan jadi sebesar selang, betis nggak nonjol, dan paha semampai.

Padahal kan males atuhhh kalau tiap foto gue edit pipinya. Selain males, ngedit bagian tubuh jadi lebih “ideal” juga malah bikin kita makin sadar akan kekurangan diri dan jadi makin merutuki. Dih kapan atuh ya bisa kaya Jennifer Bachdim. :((((

Inti dari cerita gue panjang lebar adalah: AYO KITA LAWAN!

*udah kaya pejuang kemerdekaan ya hahaha*

Lawan ketidaksopanan dengan edukasi sopan santun. Orang-orang yang senang kepo “hamil ya?” itu most likely adalah orang-orang yang sama dengan penyuka pertanyaan “udah isi belum?”, “kapan anak kedua?” sambil elus-elus perut kita gitu. Boundaries, please, tanteeee. :((((

Jadi kaya yang udah pernah saya bilang, kalau ada orang yang begitu maka tegur. Saya melakukannya di dunia maya dan dunia nyata. Kalau kalian masih canggung banget, tegur di dunia maya juga cukup. Tegur melalui komen “ibu/bapak, bertanya seperti itu tidak sopan ya maaf saya kurang enak dengernya”.

Variasinya bisa:

“Mbak maaf komentarnya tidak sopan ya. Tidak akan saya jawab”

Atau

“Maaf ya nanya gini ke orang itu nggak sopan, orangnya bisa sakit hati lhoo”

Jangan lupa gunakan emot :) supaya seolah kita bicara ramah tapi tegas. Dijamin orangnya akan minta maaf. Ya kecuali tante-tante ngeyel yang emang duh udalah, nggak peduli perasaan orang.

(Baca: Ide Basa-basi Tanpa Bikin Tersinggung)

Dan jangan lupa ajarkan anak-anak kita!

Bebe diajarin banget kalau tubuh manusia itu beda-beda jadi udah ngerti kalau orang ada yang kurus, gemuk, berbagai warna kulit, mata dan rambut. Tapi kadang dia suka pengen komentar karena dia bangga bisa mengidentifikasi orang gendut.

Akhirnya gue bilang aja "Be, orang gendut atau kurus sama aja. Tapi kalau kamu pengen banget bilang om gendut, bilangnya ke ibu aja ya. Jangan keras-keras nanti dia sedih kalau dibilang gendut"

Sejak saat itu, jika bertemu orang berbadan besar, dia akan komen berbisik "ibu, om itu gendut tapi aku bilang ke ibu aja nanti dia sedih"

YEAYYY.

Dan SETIAP dia bilang gitu gue selalu ngulang "iya orang itu beda-beda, blablabla" alias kuliah lagi soal perbedaan manusia. Karena gue mau dia jadi manusia yang tidak memusuhi perbedaan. Ah jadi mellow deh ah. :(

Sekian dulu dari kami. Semoga yang belum tau jadi tau dan jangan diulang lagi yaaa!

Love you all!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tantrum yang Kembali

on
Tuesday, November 14, 2017
Nggak pernah kebayang sebelumnya kalau saya akan balik lagi menghadapi fase tantrum! Jadi orangtua emang banyak surprise-nya. Nggak perlu lagi lah itu di-surprise-in suami dibeliin iPhone 8 plus setangkai mawar. NGGAK LAH NGGAK PERLU AKU MAH ISTRI SOLEHAH YANG NGGAK BANYAK MAUNYA HAHA. #KEBOHONGAN

sembunyi dari kenyataan sulitnya jadi toddler

Jadi beberapa bulan ke belakang itu Bebe lagi manis-manisnya, nggak pernah ngambek, jarang sekali nangis. Bahkan nggak pernah nangis sama sekali termasuk waktu hari pertama di daycare. Tapi udah dua minggu terakhir kok ya nangis terus?

Bukan ngamuk atau marah, tapi berurai air mata sambil nangis sedih dan sesenggukan. Drama deh. Padahal ya nggak jadi ngambek sambil goleran kaya dulu, cuma nangis aja. Apa yang terjadi pada anakku?

Setelah melalui berbagai proses interview alias ya ditanya-tanya aja, diduga sih karena Bebe sedang bingung. Dia kok ya ngerasa udah besar, di sekolah termasuk golongan anak paling besar karena udah preschool, tapi kadang masih pengen manja. Pas manja dia kesel sendiri, kok aku manja sih! Aku kan udah besar!

Hmmm. Baca sana-sini, ini bukan juga masuk tanda-tanda threenager sih. Jadi ku harus bagaimana?

(Baca: Drama Threenager)

Pertama saya telusuri diri inti masalahnya. Jadi ternyata si Bebe itu hanya mengekspresikan diri. Cuma menurut kita ekspresinya itu lebay zzz. Kaya tadi pagi.

Pagi-pagi saya bangunin terus disuruh pipis sebelum pergi sekolah. Tiba-tiba dia nangis dan bilang “nggak mauuuu” sambil air mata dan ingus keluar semua dan sesenggukan.

Nah kalau tantrum kan biasanya nggak mau dipeluk karena marah, kalau ini mau aja. Dipeluk, digendong, pipis, pake celana, digendong lagi, mau semua nggak berontak TAPI SAMBIL NANGIS.

Abis itu kalem dikit, saya suruh pake sepatu. Tapi dia malah duduk aja sepatunya nggak dipake. Ya udah sebagai ibu sigap, saya gendong lagi tadinya ya udah pake sepatu di mobil aja toh? TETOT! KEJER MAMENNN. Nangis sedih lagi katanya aku mau pake sepatu di rumah.

Lha dari tadi sepatunya didiemin aja nggak dipake kan. Terus akhirnya dia pake sendiri sambil sesenggukan. Saya gendong dan masuk mobil, dia meluk masih sedih banget ya ampun kaya abis kenapa gitu deh.

👩 “Be, kamu kenapa sih nangis segala? Emang sedih?”

👶 “Iya”

👩 “Jadi kalau sedih maunya nangis keras-keras kaya tadi?”

👶 “Iya”

Wow oke. Ibu hargai perasaan Bebe hahahaha. Karena segini mending banget lah ya nggak pake acara ngambek. Murni nangis doang, jadi nggak memperlambat apapun. Kalau pake acara goleran kaya waktu umur 2 tahun kan bye aja deh ya segala telat.

Saya juga nggak bilang “jangan nangis dong” atau apa. Ya udah iya aja deh. Karena kasian masa orang sedih nggak boleh nangis?

Paling dikasih nasihat standar aja “Ya udah kalau sedih boleh nangis, tapi nggak semua yang Bebe mau bisa ibu kasih ya” atau sesuai dengan kejadian tadi pagi “ya boleh nangis tapi tetep sebelum pergi harus pipis dulu daripada ngompol di car seat”. Kurang lebih begitu sambil usap-usap punggung. Pengen ketawa banget deh jadinya. Ni anak begini doang drama apalagi patah hati ya nggak? #EAAA

Yang jelas, saya sih sekalian mengajarkan emosi pada Bebe. Bahwa kalau begini maka Bebe marah, Bebe kecewa. Boleh marah dan kecewa asal tidak memukul atau menendang. Gitu-gitu deh. Udah khatam kan ya hahaha.

(Baca: Kebohongan Saya pada Anak Saya)

Perdramaan ini bikin saya sama JG speechless, karena moodnya jadi harus dijaga banget! Ya dua pilihan sih, jagain moodnya dia atau terlanjur dia meltdown ya udah gimana lagi, biarin aja nangis deh. Kalau dia nangis pas di mall, saya sama JG berhenti jalan dulu dan tunggu dia selesai nangis.

Dan sekarang karena dia ngomongnya udah jago, Bebe jago banget komplain.

👶 “Appa marah-marah terus aku nggak sayang appa”

👩 “Emang ibu nggak marah-marah?”

👶 “Ibu juga marah-marah terus tapi aku sayang”

👩 “Xylo emang nggak pernah marah-marah?”

👶 “Pernah”

👩 “Iya Xylo marah-marah juga boleh, ibu sama appa tetep sayang”

Dia diem aja. Kalau dipikir-pikir mah pembicaraan macam apa coba itu. Auk amat kurang jelas hahaha.

Dan ya, karena saat marah pun dia meluapkannya dengan maksimal, saat sayang pun dia maksimal. Maksudnya ya sayang bilang sayang, sebel bilang sebel, mau peluk ya peluk, nggak mau ya nggak mau.

Udah? Belum. Drama nangis ini dibumbui juga dengan drama “aku capek”. Jadi dia di sekolah semua-mua sendiri. Sampai ambil makan dari tempat nasi sendiri, makan sendiri, tambah nasi sendiri, taro piring di tempat piring kotor sendiri, pokoknya serba mandiri.

Di rumah dia bingung. Secara otomatis dia akan bilang “aku makan sendiri aja” karena kebiasaan di sekolah kan. Eh tapi terus dia inget semacam “ih ada ibu di rumah kenapa aku nggak minta suapin aja”. Kemudian dia drama, tiba-tiba memelas dan bilang gini:

“IBU HUHU TANGAN AKU PEGEL ADUH ADUH TANGAN AKU PEGEL AKU NGGAK BISA MAKAN SENDIRI HUHU”

via GIPHY

Ya udah akhirnya disuapin.

Jadi ya, kapan ini akan berlalu? Saya nggak akan sompral dan berharap semoga selalu dikasih kemampuan untuk ketawa empati ngeliat Bebe bergulat dengan emosinya. Lucu ya punya threenager! Hahaha. Definisi sebenar-benarnya dari “lagi lucu-lucunya”. Udah nggak nenen, nggak ngompol, makan table food, nggak perlu bawa gendongan ke mana-mana. Super luv!

Di sini siapa yang anaknya suka drama juga kaya Bebeee? Ayo ketawa sama-sama. HAHAHAHA.

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Liburan Dadakan ke Singapura

on
Monday, November 13, 2017

Sejak tahun lalu, kami berempat (saya, Gesi, Nahla, dan Mba Windi) udah rencana untuk liburan bareng. Dulu sih pengennya ke Bangkok, tapi kok ya nggak usaha cari tiket atau apa. Ya gitulah wacana doang, namanya juga anak muda. *pret*

Terus awal Oktober kemarin, Gesi tiba-tiba diajak meeting sama Facebook. Katanya akan ada seleksi untuk para community leaders di South East Asia dan kalau terpilih akan dibawa ke Singapura tanggal 6-8 November.

Detik itu juga saya sama Mba Windi yang langsung teriak “IKUTTTT!” Bodo amat Gesi kepilih seleksi apa nggak HAHAHAHA. Kami berdua langsung search tiket pesawat disertai berbagai ancaman ke Gesi “kalau sampai acara Facebook nggak jadi, kamu harus tetep berangkat sama kita ya!”

>.<

Sementara Nahla masih galau karena pertama, paspor dia habis jadi harus perpanjang dan itu harus nyempetin banget 2 hari urus perpanjang paspor. Kedua, H-1 berangkat dia ada konser jadi lagi sibuk nyiapin konser banget. Sampai akhirnya Nahla nggak jadi ikut deh. Sedih. T____T Tapi ya maklum lah, namanya juga dadakan ya. Emang kami aja sih yang impulsif dan gampang kena peer pressure hahahaha.

Waktu berlalu sambil deg-degan karena paspor saya juga habis dan baru kebagian bikin paspor sekitar 10 hari sebelum berangkat. Plus Gesi yang nervous karena harus interview dulu sama Facebook untuk menentukan dia bisa pergi atau nggak.

Akhirnya setelah dua kali wawancara sama Facebook Singapore dan HQ, GESI KEPILIH JADI PERWAKILAN INDONESIA WOOOWW SO PROUD! Jadi dari Indonesia perwakilannya itu Gesi sama Asma Nadia. Keren ya!

(Baca pengalaman saya bikin paspor via WhatsApp di sini!)

Cuma ternyata eventnya geser jadi 7-9 November, jadi ya udah Gesi pergi duluan tanggal 6 biar bisa seharian ikut main dulu sebelum padet sama jadwal event besokannya. Satu hal yang bikin super excited adalah pas Gesi bilang kalau dia dikasih nginep di Marina Bay Sands (MBS) dengan kamar sendiri dan nggak digabung sama peserta lain! WOW!

Wow karena ngarep bisa nebeng!

Karena selama ini saya ke Singapur itu jarak paling deket ke MBS itu mentok cuma ke Merlion dan sekitarnya aja kan. Sebagai rakyat kelas menengah di negara dunia ketiga, MBS itu hanya terbatas sebagai background foto.

Paling jalan-jalan di mallnya dan foto di sungai-sungaian bawah mall itu. Bolak-balik ke Singapur nggak pernah lah sekali pun kepikiran nginep di MBS! Cek rate aja nggak berani!

Baru tau kemarin ternyata rate semalemnya aja beda dikit sama UMR Kota Bandung … dikali dua. Iya bisa ngehidupin dua keluarga dalam sebulan dong tandanya huhu. Jadi selama ini cuma bisa iri dengki sama orang-orang yang foto di Infinity Pool. Aahhh, pokoknya MBS itu impian banget lah!

Eh terus ternyata dibolehin sama Facebooknya asal semua biaya lain selain Gesi ditanggung sendiri. YEAY! Akhirnya kami tambah satu extra bed dan sarapan. Udah yakin di sana pasti kami akan norak banget hahahaha

Saya sebagai anak yang terencana tentu langsung bikin itinerary 3 hari di Google Sheet dan di-share ke mereka. Cari-cari hotel untuk malam pertama karena kan nginep di MBS sesuai jadwal aja tanggal 7-8.

Oke jadi ini summary liburan kami kemarin. Kalau nggak ditulis takut lupa!

Baca cerita Gesi dan Mba Windi:

Day 1: Hello Kitty Orchid Garden, Bugis, Orchard

Flight kami beda kota semua. Saya dari Jakarta, Mba Windi dari Medan, dan Gesi dari Jogja. Gesi dateng duluan, Mba Windi, terus saya terakhir. Di itinerary, dari Changi itu kami makan di Hello Kitty Orchid Garden, taro barang di hotel, jalan ke Haji Lane buat foto-foto, ke Bugis, terus makan malem di Orchard.

EH ALAH DI HELLO KITTY CAFE AJA BETAH BANGET HAHAHAHA. Jadi ini tempatnya di Terminal 3 Changi, kami makan, foto-foto dan ngobrol sampai lamaaaaa banget. Kesorean deh nyampe hotelnya zzz. Keburu gelap jadi mau ke Haji Lane juga udah nggak mungkin karena niatnya cuma foto. Skip lah akhirnya langsung ke hotel terus ke Bugis.




Di Bugis, Gesi langsung histeris dan belanja baju. Mba Windi belanja oleh-oleh. Saya nemenin aja sambil foto-foto karena apa ya. Nanti saya tulis deh apa yang bikin saya jadi nggak belanja sama sekali di Singapur kemarin. Asli saya cuma beli coklat oleh-oleh buat di kantor dan dua mobil-mobilan buat Bebe dan JG.

Saya ngeliatin orang lalu lalang, foto-foto, dan ya nemenin belanja. Abis itu cus ke Orchard dan makan di food courtnya ION mall. Ini andalan banget karena tempatnya nyaman, yaeyalah ya food court mall gitu.



Ke Orchard itu rencananya mau ke ION Sky itu yang di lantai 56. Baca-baca blog orang katanya gratis. Nanya sama security katanya udah tutup karena kemaleman. Ya udah deh nggak jadi.

Akhirnya ya jalan-jalan di sekitar Orchard dan Lucky Plaza aja selayaknya turis Indonesia. Terus balik ke hotel dan ngobrol sampai jam 1 pagi. Serasa sleepover zaman SMA gitu huhu kusenang.

Kami nginepnya di Summerview Hotel Bugis. Enak deh, tempatnya bagus, cuma satu blok dari Bugis Street dan deket banget sama MRT Rochor. Deket banget banget kaya cuma kelewat satu gedung gitu. Jadi dia ada di antara MRT Rochor dan Bugis.

Day 2: Marina Bay Sands!

Hari kedua Gesi dikabari akan dijemput supir jam 9.30. Pagi-pagi mandi, dandan bareng-bareng, sarapan, dan tunggu dijemput. Dipikir-pikir ini kayanya pertama kali ke Singapur dan sampai dijemput supir segala hahahaha biasanya MRT ke mana-mana lah.

Mobilnya Innova putih btw. Dan sebagai teman yang tidak tahu diri tentu kami protes:

“KOK MOBILNYA NGGAK ALPHARD SIH GESSSS?!”

HAHAHAHAHAHA. *dijutekin Gesi*

Karena belum waktunya check in, kami berdua dikasih dua temporary keycard buat akses ke semua area hotel. Sementara Gesi syuting video interview, kami pun main-main ke Sky Observation Deck dan WHOAAA NORAK DEH BODO AMAT. Norak karena Merlion kalau diliat dari lantai 57 itu cuma segede kecoa doang asli.



Sebenernya Sky Observation Deck ini bisa bayar katanya kalau mau masuk SGD 23 atau berapa gitu. Tapi kalau free kan hepi ya nggak? Jadi ya udah kami foto-foto di sini sampai Gesi selesai. Abis itu makan di food court MBS mall, ke toko mainan, dan cus ke Art Science Museum.

Di Art Science saya beneran yang wow banget! Karena itu sebenernya area pameran biasa, dengan partisi hitam, tapi kok ya mesmerizing! Nanti lah ya cerita di blogpost terpisah kalau masih mood nulis hahahaha.



Malemnya Gesi ada dinner dan kami pun berpisah *alah*. Saya dan mba Windi kembali ke hotel, istirahat bentar, terus bingung makan di mana ya?

Makan di foodcourt mall MBS lagi males. Akhirnya kembali lah ke habitat kaum kelas menengah Endonesia yaitu … BUGIS JUNCTION. HAHAHAHA.

Makan, jalan-jalan, mba Windi sempet beli oleh-oleh dulu kemudian ke Sevel jajan-jajan dan balik ke hotel untuk taro barang. Baru nyampe kamar eh Gesi udah nelepon, dia udah selesai acaranya. Ya udah cukstaw ke Gardens By The Bay!

Malem bagus banget yaaaa! Ya siang juga bagus sih, tapi kalau malem rasanya kaya di film-film. Lampunya biru berpendar. Bikin ngelamun banget. Tapi karena udah kemaleman, dome-domenya udah pada tutup dan beberapa emang tutup karena maintenance.



Kami jalan, foto-foto, duduk sambil ngobrol, jalan lagi, foto-foto lagi, duduk lagi, sampai nggak sadar udah jam 11 malem. Sementara besok pagi kami masih punya niat mulia untuk BERENANG DI INFINITY POOL LOL. Jadi ya udah jalan pulang deh berikut nyasar. -_________-

Abisan bloon sih emang, mau jalan pulang malah patokannya menuju SuperTree Groove, lah SuperTree itu ada dua yakan. Yang satu deket hotel yang satu menjauh. Terus kami jalan ke yang jauh. T____T Baru sadar pas saya shock KOK SUPERTREE-NYA BEDA! Ya emang bedaaaa. Beda taman sisss.



Padahal MBS hotel setinggi itu tapi terabaikan. Akhirnya ya udah jalan dengan mata siaga berpatokan menuju hotel, karena harusnya emang gitu lah kan mau pulang ke hotel zzz.

Nyampe kamar saya udah capek banget. Mandi terus langsung bobo selimutan. Lupa bumi alam hahahaha. Geci masih sibuk ngepoin sosialita IG Singapur yang jadi topik bahasan sepanjang jalan, Mba Windi? SIBUK BIKIN CAPTION YANG LEBIH PANJANG DARI JALAN KENANGAN.

Day 3: Infinity Pool dan Sarapan di Hotel

Sarapan di MBS ini salah satu sumber kegalauan saya karena SGD 45 sis! EMPAT RATUS MAPULUH RIBU BELUM PAJAK. Sarapan setengah juta itu kok ya kaya kemahalan. ☹️

Jadi malemnya saya udah ke Sevel, beli oat sama yogurt. Cuma 3,5 dolar lah ya. Tapi terus kepikiran hahaha. Karena ya udah nyampe sini, masa sih nanggung amat sarapan di kamar pake quaker oat. Tapi ya masa juga 500ribu buat sarapan doang kan mending beli sepatu. 😪

(Baca: Problematika Kelas Menengah yang Selalu Harus Memilih Prioritas)

Akhirnya bodo amat lah! Bayar aja! Kalau saya kerja gini-gini aja, seumur hidup jadi kelas menengah, seumur hidup juga saya nggak akan mampu nginep di sini lagi kalau bayar sendiri.

Lagian juga saya mikir hotel di Jakarta juga buffetnya harga segitu kok. Jadi harusnya ini keitung murah karena ini kan di Singapur. Cek menu makan malem, harganya sama juga kaya hotel di Jakarta. Pasti worth it.

Pagi bangun tidur dengan kaki yang berat banget karena udah 2 hari full jalan. Cuci muka, gosok gigi, bangunin Geci dan Mba Windi kemudian ganti baju renang! YEAAYY INFINITY POOL WE’RE COMING!



Saya sempet ragu mau nyebur apa nggak ya. Karena waktu itu saya ngerasa akan sakit. Pas berangkat itu saya baru sembuh flu dan belum fit banget. Tapi ya udalah ganti baju renang dulu.

Sampai atas beneran saya kedinginan banget! Bathrobe nggak ngaruh sama sekali sampai saya minta duluan handuk kering untuk bungkus badan. Cuma karena kolam udah di depan mata, penasaran banget pengen liat ujungnya kaya apa.

Akhirnya saya jebur, gantian foto-foto, terus langsung naik lagi. Minta handuk baru lagi biar anget dan nunggu Gesi sama Mba Windi selesai foto. Kepala saya udah mulai pusing.

Nyampe kamar langsung mandi air panas dan ganti baju. Dandan dikit terus cus sarapan.

DAN SARAPANNYA ENAAKKK. Kepala langsung nggak pusing lagi hahahaha. Ya enak hotel sih. Terakhir saya makan buffet di hotel itu di Raffles Hotel Jakarta, bulan puasa kemarin. Ya mirip-mirip lah rasanya.




Karena ogah rugi jadinya kami lamaaa banget di sini. Padahal tadinya mau mampir ke Gardens By The Bay lagi. Penasaran sama domenya.

Karena kelamaan, akhirnya balik ke kamar langsung ambil koper terus check out deh. Naik MRT ke Changi dan menghabiskan 2 jam berikutnya menguasai kursi pijit hahahahaha.

*

Overall saya happy banget kemarin bisa liburan! Tahun ini gila f*cked up banget, kemalingan dua kali rasanya sial banget sampai saya ngerasa nggak layak lagi dapet sesuatu yang menyenangkan. Saya sampai mikir “alah ini paling paspor nggak jadi jadi nggak bisa berangkat” T_______T

Ternyata jadi berangkat, terharu banget. Special shoutout to our husbands! Untuk mas Teguh dan JG yang bahkan nggak mempertanyakan mau apa ke Singapur, kalau Gesi mah udah jelas kan ya. You guys deserve a gold medal as the best husbands in the world HAHAHAHA

“Eh Gesi diundang Facebook ke Singapur, aku ikut ya”

“Ok”

“Tiga hari doang kok”

“Lah sebentar banget, nggak seminggu aja?”

SEMINGGU AKU MELLOW NINGGALIN BEBE.

Tentang ini layak jadi satu blogpost karena banyak yang kepo bener “eh terus JG gimana di rumah sama Bebe?” ya nggak gimana-gimana sih lol.

See you next holidaayyyyy!

-ast-

PS: ini fotonya miring-miring gini ya males edit amat kalau di laptop hahahaha kalau di instagram kan foto miring lurusinnya gampang lol






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Antri Paspor Via WhatsApp di Jakarta Pusat

on
Friday, November 3, 2017
Kalau dulu bikin paspor online via website, sekarang bisa bikin atau perpanjang paspor lewat WhatsApp loh! Keren ya!


Iya jadi tahun ini adalah tahun kehebohan saya karena SIM dan paspor habis. Dulu bikinnya di taun yang sama sih jadi abisnya juga barengan terus. Perpanjang SIM dan paspor deh jadinya, mayan harus ngeluangin waktu.

Terakhir saya urusan sama kantor Imigrasi itu waktu bikin paspor Bebe tahun 2014 di kantor Imigrasi Bandung. Dulu bikin paspor daftar dan isi formnya online, jadi di hari H udah nggak perlu lagi isi form. Tinggal bawa semua persyaratan terus di kantor Imigrasinya langsung ada dua jenis antrian, online dan offline. Yang online lebih dikit antrinya dong jadi cepet banget, 40 menit selesai lah.

Sempet juga adik saya perpanjang paspor online yang semua data boleh discan jadi tinggal dateng untuk foto. Tapi kayanya terus disesuaikan sistemnya, dicoba sana-sini, makanya ganti-ganti terus caranya. It's ok namanya juga nyari yang terbaik kan ya.

Nah jadi sejak Mei lalu, aplikasi online ini ditutup dan diganti dengan aplikasi antrian paspor dan antrian paspor online via website. Aplikasinya bisa diunduh di Playstore (di iOS nggak ada btw) atau lewat websitenya https://antrian.imigrasi.go.id/.

🛫 Aplikasi Antrian dan Antri via WhatsApp 

Aplikasi antrian ini sederhana banget. Sign up lewat email, terus tinggal pilih kantor Imigrasi serta tanggalnya. Oke saya coba. Btw satu email bisa untuk daftar paspor 5 orang

WAKWAW TERNYATA TANGGAL TERDEKAT PENUH SEMUA! Pada mau ke mana sih orang-orang!

Waktu itu masih tanggal 3 Oktober dan tanggal yang kosong cuma 30 Oktober di kantor Imigrasi Jakarta Barat! Panik karena tanggal 6 November mau pergi. Sempet nggak ya? Ya udah ambil deh antrian itu, daripada nggak kebagian lagi kan.

Perpanjang paspor kan biasanya 4 hari kerja, dipikir-pikir gila mepet banget sih jadinya baru tanggal 4 Nov, dua hari sebelum berangkat banget. Terus saya galau dan jadinya browsing, masih ada nggak ya kantor Imigrasi yang bisa dateng langsung tanpa antri di aplikasi?

Se-Jakarta dan Bandung udah nggak bisa ternyata. T________T

Besok paginya saya coba lagi ubek-ubek itu aplikasi cari kantor Imigrasi yang masih kosong. Sampai jauh banget ke Bogor tetep nggak kebagian tanggal yang lebih cepet dari 30 Oktober. Browsing-browsing ternyata kalau di kantor Imigrasi Jakarta Pusat bisa antri pake WhatsApp! Waw! Kok canggih amat perpanjang paspor via WhatsApp!

Kayanya baru percobaan gitu soalnya baru kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang bisa ambil antrian via WhatsApp. Caranya gampang, tinggal WhatsApp ke nomer 081299004406 dengan format #NAMA#TANGGAL LAHIR (DDMMYY)#TANGGAL ANTREAN YANG DIINGINKAN.

Misal #JAGOGERLONG#010186#27102017 gitu. Nanti dia auto reply dengan tanggal tersedia. Ya udah kita tinggal konfirmasi tanggal itu dan dia akan kasih kode booking plus jam kedatangan.



Saya kebagian jam 11, harus dateng minimal 30 menit sebelum jam 11. Enak ya kalau dulu kan mau antri paspor rasanya udah stres duluan karena harus dateng sesubuh mungkin atau bisa antri seharian. Stres lah mikirin masa-masa itu.

Di hari H saya udah siapin semua persyaratan dan meluncur ke kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang astaga jauhnyaaaa. Sampai rasanya kaya bukan Jakarta. Untung mas ojeknya lancar baca Google Maps jadi nggak pake nyasar segala hhhh. Karena kalau siang panas, ya saya anter Bebe ke daycare terus langsung cus aja, akhirnya nyampe jam 8.20 hahahaha.

Persyaratan perpanjang paspor kalau sesuai teori e-gov Imigrasi online yang terus wara-wiri di Twitter mah sebenernya cuma bawa paspor lama dan e-ktp (atau surat rekam e-ktp). Tapi kenyataannya disuruh bawa segala rupa juga sih jadi sebaiknya ya dibawa fotokopi DAN aslinya. Fotokopi harus ukuran A4 dan nggak boleh digunting ya!

🛫 Syarat bikin paspor dan perpanjang:

1. Kartu keluarga
2. E-KTP atau surat rekam E-KTP dari kelurahan
3. Akte kelahiran ATAU ijazah ATAU buku nikah (salah satu aja boleh)
4. Surat keterangan kerja dari kantor kalau emang kerja

Nyampe sana saya tanya apa boleh antri sekarang meskipun jadwalnya masih 3 jam lagi? Katanya boleh, isi form (JANGAN LUPA BAWA PULPEN ITEM! Saya bawa dong tentunya), taro kode booking terus dapet nomer antrian.

Antrian nomer 52 padahal yang dipanggil baru nomer 2 hahahaha. Jadi kayanya kode booking itu udah termasuk nomer antrian, jadi ya kalau dateng cepet ya bisa, tapi tetep nggak bisa nyelak yang emang dapet antrian pagi gituloh.

Ternyata antriannya jalan cepet banget. Jam 10 udah dipanggil, ditanya-tanya, cek data, foto (nggak boleh pake baju putih), scan sidik jari, belum jam 11 udah selesai.

Masnya ramah banget mau nanggepin semua pertanyaan saya yang rese ngotot pengen liat sendiri dia ngetik semua data udah bener apa belum hahahaha. Ya abis takut typo elah tar gue yang repot.

🛫 Bayarnya gimana?

Kode bayarnya dikasih via WhatsApp juga wih gila canggih banget kan siapa sih presidennya! Cuma nomer WhatsApp-nya beda sama nomer di atas. Disuruh save/foto nomor WhatsApp billing dulu sama petugasnya dan di sinilah drama dimulai *AHELAH*

"Mbak, nanti chat ke sini kira-kira sejam lah dari sekarang ya, nanti tinggal transfer ke kode billing yang dikasih"

Sejam kemudian saya chat, dibales dengan kode belum ada. Dua jam kemudian, tiga jam kemudian. KOK BELUM ADA TERUS KODE BILLINGNYA? Saya ngotot pengen bayar hari itu karena jadinya 4 hari kerja SETELAH BAYAR. Kalau nunggu besok kan jadinya makin lama dong huhu.



Tengah malem sebelum tidur saya iseng chat lagi ternyata udah ada yeaayyy! Dan bentuknya virtual account gitu kaya belanja di e-commerce. Praktis banget lah. Transfer selesai, tinggal berdoa tunggu paspornya jadi huhu.

Oiya. jangan kira di sana ada orang manual bales WhatsApp-nya ya! Ini yang jawab bot jadi kalau kalian mau curhat atau nanya-nanya ya nggak bisa lol. Saya ngomel di atas itu nanya kapan kode billingnya nongol terus dia jawab template *YAIYA* ahahahaha.

Mikir-mikir, saya bayar Kamis malem tandanya udah lewat jam kerja Kamis dan pasti udah masuk ke billing Jumat. Tandanya paspor saya baru akan jadi Kamis minggu depannya.

Selama 4 hari itu tiap hari saya rajin chat resi cek SIAPA TAU udah selesai ya kan. Kesel sih karena via WhatsApp gini jadi makin nambah anxiety “kok belum jadi ya, kok belum jadi ya” YA PADAHAL BELUM 4 HARI. Kalau dulu kan ya nunggu dengan tenang aja di rumah ya, di hari keempat baru ambil, entah udah beres atau belum. Meskipun belum pernah denger orang gagal bikin paspor dalam 4 hari sih kalau nggak bermasalah data.

Kamis (kemarin banget) bangun tidur saya cek belum jadi juga! Duh panik karena Senin mau berangkat plis. Ya udalah nekat yang penting ke sana dulu!

Di jalan udah mau nyampe ada notif WhatsApp dari Imigrasi! Isinya bikin mau nangis!


Lha gimana kan udah di jalan. Ya udah akhirnya ke sana dulu dan nanya sama mbak-mbak informasi bisa nggak kalau ambil sekarang. Mbaknya ngotot nggak bisa karena belum waktunya.

“Nggak bisa bu, ini kan sistem, kalau di WhatsApp belum jadi ya belum jadi.”

“Nggak bisa tolong dicek dulu mbak?”

“Nggak bisa, ibu. Besok ke sini lagi ya!”

T_______T

Saya duduk dulu sambil merenung, mana pelipis kiri nyut-nyutan menambah pressure pengen cepet kelar urusan. Kalau saya nggak ngotot, masa BESOK HARUS KE SINI LAGI? Feeling saya udah jadi sih karena plis deh udah 4 hari kerja kok! Lima hari malah kalau diitung dari Kamis minggu lalu.

Akhirnya saya turun dulu, antri ngeprint bukti bayar (lupa emang belum print), dan saya diem dulu tunggu mbak-mbak itu lengah *alah* terus tanpa dia liat, saya ke loket pengambilan YANG SEBELAHAN SAMA INFORMASI dan bilang ke ibu-ibu di loket itu “ibu saya mau ambil paspor” TANPA BILANG DI WHATSAPP BELUM JADI.

Si ibu (yang judes banget astaga ngalah-ngalahin gue) bilang “mana bukti bayar dan resinya?” saya kasih. Terus dia bilang “DUDUK!” asli kaya lagi ospek, nyuruh duduk gitu amat. Karena saya warga negara yang baik kemudian saya duduk sambil tetep nunduk sembunyi takut keliatan si mbak informasi HAHAHAHA.

Lama, lama, lama, akhirnya menggelegarlah nama saya dipanggil. DAN PASPORNYA UDAH JADIIIII!

Saya maju lagi ke loket masih dengan sembunyi dari mbak-mbak informasi, cek semua data takut ada yang salah, terus tanda tangan pengambilan dan yeaaayyy berhasil! Usaha yang keras tidak akan mengkhianati hasil. -_______-

Jadi ya! Itu kisah panjang pengalaman perpanjang paspor via WhatsApp di kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Overall pelayanannya oke (yang judes buibu di loket ambil doang lah masih aman), kantornya bagus, nyaman, ada ruang menyusui. Boks fotonya bagus banget kupengen punya di rumah hahahahaha kaya photobox tapi nggak ada tutupnya dan sekelilingnya lampu. So cool!

Demikian! Semoga berguna! Karena kemarin nyari pengalaman orang nggak nemu ya udalah tulis sendiri HAHAHAHA.

PS: FINALLY LIBURAN SENDIRI AFTER 6 FREAKIN' YEARS! DAN LIBURAN PERTAMA TANPA BEBE! So excited!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tips Sensory Play untuk Ibu Males Beberes

on
Wednesday, November 1, 2017
Mari anggukkan kepala bersama-sama. Kalau males beberes kenapa harus malu mengakui coba hahahahaha apalagi kalau nggak punya ART kaya kami-kami ini, mainnya 15 menit, beres-beresnya lebih lama. Kan mending bobo masak!


Kalian udah tau lah ya, saya adalah golongan ibu-ibu malas main sensori di rumah. Ya maafkan diri ini tidak bisa jadi ibu sempurna. Sini kan kerja, nyampe rumah capek, nggak punya mbak. TERUS HARUS MAIN SENSORIII? OH NO. Kapan aku bobo-bobo selow sambil main henponnyaaaa? *plak*

Terus akhirnya saya ditampar kenyataan bahwa saya yang banyak mau ini malah masukin si Bebe ke sekolah montessori. Udah mah mahal eh Bebe nggak mau main materialnya karena jijik. Cerita lengkapnya di sini: BEBE YANG JIJIKAN DAN SENSORY PLAY

Oiya buat yang belum tau, ini definisi sensory play. COPAS LAH MALES AMAT NULIS ULANG HAHA.

Sensory play includes any activity that stimulates your young child's senses: touch, smell, taste, movement, balance, sight and hearing. Sensory activities facilitate exploration and naturally encourage children to use scientific processes while they play, create, investigate and explore. The sensory activities allow children to refine their thresholds for different sensory information helping their brain to create stronger connections to process and respond to sensory information. -- source

Nah setelah nulis itu saya bertekad kuat bahwa Bebe harus main di rumah biar di sekolah dia mau main. Sekarang udah hampir sebulan, Bebe udah mau pilih material montessori di sekolah, bahkan kadang sehari pilih dua. Jadi bener, dia nggak mau karena nggak terbiasa aja.

TAPI KAAANNN. Sungguh tak mampu rasanya kalau berniat harus main "serius" malem pulang kerja, bukan begitu??? Memikirkan niatnya pun aku tak sanggup!

Maka ini saya kasih tips sensory play untuk ibu bekerja yang males beberes HAHAHA.

Nggak usah pikirin spot bagus buat foto Instagram

Iya ini ribet elah. Main ya main aja, mana malem pula mainnya kan, jadi nggak perlu pikirin tempat yang terang lah, tempat yang nggak terlalu berantakan lah.

Bulatkan tekadmu bahwa main sensori bukan untuk diupload pake hashtag, ikut-ikutan ibu lain, apalagi buat challenge. Satukan pikiranmu bahwa main sensori demi anak main sensori. *HALAH*

Dengan demikian maafkan saya karena tidak ada foto Bebe main sensori di postingan ini. Foto di atas adalah foto di sekolah. XD

Sensory play tanpa main

Iya jadi nggak perlu niat duduk manis terus main. Misal nih ya, makan jelly. Sebelum dimakan, tanya dulu warnanya apa, jumlahnya berapa. Udah gitu suruh deh dia makan pake tangan. Naturally pasti dimain-mainin dulu kok.

Begitu masuk mulut, tanya rasanya apa, suka apa nggak, lebih suka mana dengan makanan lain, ingatkan kalau jelly manis maka garem rasanya apa, dsb. Jadi kegiatan sehari-hari tapi sebenernya melatih inderanya juga kan.

Jadi nggak perlu lah itu main jelly yang cuma dimain-mainin doang. Nggak perlu beberes juga kan!

Ini gue sotoy aja sih, tapi suka-suka dong ya nggak? Nggak ada aturan baku kan apa yang boleh dan apa yang nggak boleh? HAHAHA.

Main biji-bijian

Ini peer sih. Bisa diakali dengan mainnya JARANG-JARANG AJA HAHAHA. Saya main kacang ijo sama Bebe terus beres-beresnya ampuunnnn. Nyendokinnya sih 10 menit, setengah jam berikutnya ya diacak-acak. Tapi dari situ banyak pelajaran yang bisa kita petik:

- Main di ruangan yang kecil dan nggak banyak barang jadi biji-bijiannya nggak nyangkut sana-sini

- Biji-bijiannya jangan sekilo, 5 sendok makan aja yang penting semangkok dan bisa buat transferring.

- Ajak anak masak nasi. Dari ambil beras, tuang beras ke panci rice cooker, suruh pegang-pegang dulu, suruh cuci, sampai cetrekin magic com. Kurang sensori apa coba itu? Life skill banget wow!

Biji-bijian ini peer buat Bebe karena berkaitan sama tekstur banget. Kalau udah mau pegang dan injek biji-bijian tandanya udah nyaman sama tekstur.

Oiya kali ada yang belum tau, untuk main transfer (mindahin sesuatu) pastikan dari KIRI ke KANAN ya. Jadi nyendokin dari mangkok kiri ke mangkok kanan untuk melatih mata dan tangan membaca dan menulis di kemudian hari.

Main pom pom

Nah kalau tujuannya adalah transferring, memindahkan sesuatu dengan sendok atau jepitan, pake pom pom kecil aja. Ini lebih nggak berantakan dibanding biji-bijian. Yang penting anak mau duduk manis dan transfer kan? Bisa sekalian belajar warna dan ngitung juga.

Cuma ya kalau biji-bijian ngelatih motorik anak banget sih karena dia akan super hati-hati nyendokinnya biar nggak ada yang tumpah. Tapi ya, pom pom bisa jadi alternatif karena beresinnya nggak repot.

Beli Bunchem

Ini bukan iklan tapi ini mainan seru banget deh. Di daycare Bebe yang lama ada Bunchem ini, eh kemarin daycare yang sekarang juga beli sekotak gede.

Ini kaya rambutan gitu, bisa nempel satu sama lain, warna-warni. Lengkap sudah buat main sensori, karena ada teksturnya, bisa buat transfer, ngitung, jejerin terus tracing juga bisa banget!


Main air ya di kamar mandi!

Iyes. Tergampang dari segalanya adalah kalau mau main sesuatu yang melibatkan air maka mainnya di kamar mandi. Mainlah sebelum waktunya mandi jadi begitu selesai gampang beresin terus langsung mandi.

Saya kasih Bebe jojodog (kursi) plastik yang kecil punya dia plus jojodog plastik yang gedean sebagai meja. Atau kalau kalian punya meja kursi plastik anak gitu BAWA AJA KE KAMAR MANDI. Meja Bebe kayu sih jadi nggak bisa dibawa.

Dengan air bisa main pake spons, bisa belajar campur warna primer pake pipet, bisa main bath paint (sabun campur pewarna makanan terus melukis di dinding), atau apapun yang berhubungan sama air lah! Nggak perlu ngepel, nggak perlu ribet baju basah. Hahaha.

Makanan bukan mainan

Iyes banyak ibu-ibu yang nggak mau main sensori dengan alasan makanan bukan mainan. Bisa kookkk main sensori tanpa buang-buang makanan. Kaya kacang ijo kalau udah selesai main ya dimasak. Jelly ya dimakan.

Nggak usalah itu bikin oobleck yang dari tepung kanji itu demi memperkenalkan benda cair atau padat hahaha. Kita tak main oobleck pun mengerti kan mana air mana meja? HAHAHAHAHA Selain mainin makanan, jadinya messy banget!

Nggak usah juga main pasta untuk kenalin warna, main pasta boleh buat meronce atau menghitung, tapi ya jangan diinjek jadi kalau udah bisa dimasak juga pastanya. Nggak mubazir kan jadinya.

Kalau mau main tekstur lembek-lembek gitu pake slime aja. Pastikan anak udah nggak di fase oral tapi ya. Atau ya ditemenin biar nggak dimakan. Pake Mad Mattr kaya punya saya juga oke kok untuk belajar bentuk dan role play masak-masakan.

Jadi sebenernya bisaaaa banget main sensori tanpa pake makanan. Saya sih nggak yang strict banget soal makanan dan mainan ya tapi kali ajaaa ada yang prinsipnya kaya gitu. Semoga mencerahkan!

Btw foto di bawah ini Mad Mattr. Browsing deh! Seru!



*

Apalagi ya, baru segitu sih so far. Dan main ginian kalau sempet ajalah buibu, ribet beneran. Saya juga nggak tiap hari banget kok kalau lagi nggak terlalu capek aja. Cuma karena goals-nya pengen Bebe buru-buru main di sekolah jadi ya udah kemarin rada ngotot mainnya agak sering. Kalau di sekolah udah mau main terus sih kayanya di rumah nggak akan main lagi hahahaha.

Oiya maaf kalau ada salah-salah karena saya sendiri nggak pernah mendalami sensory play atau montessori. Kasih tau kalau ada yang salah yaaa!

Thank you dan selamat main sensori tanpa ribet beres-beres!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!