-->

Image Slider

Review Tweede Daycare Benhil

on
Wednesday, August 30, 2017
Review Tweede Daycare Bendungan Hilir alias daycare Bebe selama 3 tahun ke belakang!


Jadi ... minggu ini adalah minggu terakhir Bebe di daycare. Senin ini dia akan masuk ke daycare baru yang ada preschool-nya. Mulai sekarang daycare barunya yang nggak akan saya sebut di blog ini ya.

Hari ini saya mau review dan rekomendasiin daycare yang udah jadi rumah Bebe sejak umurnya 3 bulan sampai 3 tahun 3 bulan. Jadi persis 3 tahun Bebe di sana.

Namanya Tweede Daycare.

*nulis namanya mau nangis* *anaknya susah move on*

Tweede ini ditemukan oleh JG yang muter-muter sendirian cari daycare di sekitaran Benhil - Pejompongan. Dulu daycarenya masih nebeng di rumah salah satu owner, makanya meski nggak ada CCTV saya percaya aja karena lah itu ownernya di rumah kan. Anaknya pun kalau pulang sekolah TK suka main bareng sama anak-anak daycare.

Dan perlu diingat kalau itu tahun 2014. Pilihan daycare di sekitar Benhil, Kuningan, Setiabudi, nggak sebanyak sekarang. Yang ada pun nggak nerima bayi dari 2-3 bulan. rata-rata dari 6 bulan. Tapi ternyata kemarin pas nyari preschool, banyak banget daycare baru yang bertebaran dan rata-rata udah terima dari bayi 2-3 bulan.

Oke saya pakai template review daycare ya. Cuma ini pasti lebih detail. Yaiyalah nurut lo aja, 3 tahun bermarkas di sini hehehe

🏡 Lokasi

Jalan Danau Limboto no 4, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Persis di depan SMP Negeri 40. Jadi kalau naik ojek dan nggak nemu Tweede (meskipun ada sih di Google) tinggal search aja SMPN 40. Gerbangnya seberang-seberangan persis.

Ini sebabnya Bebe terinspirasi pengen sekolah pake seragam karena suka ngintipin dari balik pager, kakak-kakak SMP lagi istirahat yang jamnya sama dengan jam anak-anak daycare main outdoor.

🏡 Kondisi bangunan

Rumahnya lumayan bagus, bukan bangunan tua. Sekarang lagi dibenerin sedikit-sedikit. Jadi kalau ada yang survey ke sana terus ngerasa kok rada berantakan, harap sabar. Lagi diberesin hehehe.

🏡 Rasio caregiver anak

Untuk bayi 1:2, untuk toddler 1:3. Daycare lain rata-rata untuk toddler 1:4 😭 Di sini ada satu mbak khusus untuk beberes jadi jangan khawatir mbak yang jaga anak kita nyambi cuci piring. No, karena memang ada satu mbak yang job desc-nya cuci piring dan bersih-bersih.

Karena ADA LHO daycare yang nyuruh mbaknya masak di tempat buat anak-anaknya. Hiks.

Dan di Tweede maksimal hanya 10 anak, jadi ruangannya masih tetep luas untuk anak lari-larian. Daycare lain dengan ukuran rumah yang sama bisa terima 20-30 anak!

🏡 Jadwal harian

Dateng mandi, makan, kelas 2 jam (nyanyi, gambar, menempel, baca buku, main sama guru lah intinya), lanjut main di luar. BY THE WAY HALAMANNYA LUAS DAN NGGAK BOLEH DIPAKE PARKIR.

Jadi halamannya bebas buat lari-larian, sepedaan, main bola, dan biasa dipake berenang. Ada perosotan dan ayunan juga. Bebe udah naik ini perosotan sejak dia bahkan belum bisa jalan. Aku mellow banget deh ini beneran.

T______T

Jadwalnya gini:

1. Dateng belum mandi
2. Mandi
3. Makan
4. Kelas
5. Main outdoor
6. Makan siang
7. Mandi lagi/bersih-bersih
8. Bobo siang
9. Bangun terus makan sore
10. Mandi sore
11. Nunggu dijemput

belajar di kelas. captured by @tazalyphoto

🏡 Mandi

Dua kali sehari pagi dan sore. Khusus anak keringetan kaya Bebe, sebelum bobo siang juga mandi lagi. Sabun, sampo, dan pasta gigi disediakan. Sikat gigi bawa sendiri. Daycare lain mah semua harus bawa sendiri huhu.

🏡 Makan

3 kali makan. Kalau bayi di bawah 1 tahun dapet 2 kali snack buah. Kalau di atas 1 tahun 1 kali snack buah dan 1 kali biskuit bayi.

🏡 Tidur

TIDUR DI KAMAR YANG TIDAK DIGABUNG DENGAN RUANGAN APAPUN, DI KASUR DENGAN RANJANG PERMANEN. YANG TERNYATA ADALAH KEAJAIBAN DAN KEMEWAHAN BAGI DAYCARE SE-JAKARTA PUSAT.

THERE I SAID IT.

Saya survey ke 6 daycare lain dengan range harga 3,5juta sampai 5juta per bulan. Sampai yang 5juta per bulan aja anak-anak tidur di kelas, dengan kasur yang digelar gitu aja di lantai, nggak ada ranjangnya. 😭

Di Tweede, kelas ya kelas, kamar ya kamar. Di kamar, tiap anak punya satu ranjang kecil. Jadi bisa naro selimut sama boneka sendiri. Itu adalah area privat buat anak setelah seharian harus sharing segalanya dengan anak lain. Saya seneng banget sama konsep area privat kaya gini.

Dan jadinya Bebe attach banget sama kasurnya. Meskipun misalnya kebetulan anak laki-laki lain nggak masuk, dia nggak mau gabung nebeng tidur ke kamar anak perempuan meski ada kasur kosong. Dia tetep di kamarnya meski sendirian.

OIYA DONG KAMAR ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN SERTA BAYI TERPISAH. Daycare lain udah mah tidur di kelas, cowok cewek nggak dipisah pula.

Ini privilege banget sih. Dan buat saya yang menerapkan soal privasi, soal gender, serta soal rasa malu dari Bebe kecil banget sih Tweede ini poinnya 100 banget.

(Baca: Mengenalkan Gender pada Balita)

🏡 Program preschool

Nggak ada preschool, cuma kelas biasa sama guru TK. Per Oktober 2017 akan ada les Inggris, calistung, dan baca Iqra untuk anak >3 tahun yang belum mau preschool. Ibu dan appa Bebe mah maunya Bebe preschool hehehe. Time to move on setelah 3 tahun.

MESKIPUN GALAU PARAH. T______T


berenang di daycare. captured by @tazalyphoto

🏡 Mainan


Mainannya emang nggak banyak sih. Banyakan mainan Bebe di rumah hahaha. Tapi jadwal anak-anak tuh emang lumayan packed jadi tetep nggak bosen. Refer ke jadwal di atas ya! Anak-anak main pas nunggu dijemput doang cuma 1-2 jam lah paling lama juga.

🏡 Overtime

Jam buka: 7 pagi (tapi biasanya dari jam 7 kurang udah ada mbak dateng sih dan nggak kena overtime kalau pagi)
Jam tutup: 6 sore
Biaya overtime: Rp 15ribu per 15 menit

🏡 CCTV

Nggak ada, tapi saya sih udah percaya banget karena semua mbak, supervisor, dan gurunya kaya keluarga sendiri. Alhamdulillah sampai sekarang Bebe nggak pernah kenapa-napa. Malah disayang banget dan lebih dimanja daripada di rumah.

Bebe ganti mbak udah 3 kali dan ketiganya baikkkk banget, sayang semua sama Bebe. Sedih banget sekarang harus keluar huhu.

🏡 Toilet training

Bisa, mbak-mbaknya mau kok ngajarin toilet training.

🏡 Report harian

Ada dong, lengkap dengan makan apa, habis nggaknya. Plus berantem sama siapa hari ini, mau minta maaf apa nggak, dll.

Bebe ulang tahun di daycare

🏡 Punishment

Sebenernya anak di-time out tapi jarang banget sih. Soalnya biasanya di-time out itu karena disuruh minta maaf nggak mau. Ini disuruh minta maaf pada mau, terus langsung pelukan, terus main lagi, terus paling berantem lagi hahahaha.

🏡 Anak sakit

Asal nggak parah banget sih boleh masuk, bisa dititipi obat/vitamin.

🏡 Lain-lain

Pijat bayi free untuk anak sampai usia 18 bulan. Di atas 18 bulan nambah Rp 100ribu/bulan. Bebe sih sampai sekarang banget masih pijit karena tiap bulan ada aja salah urat zzz, maklum anaknya kalem kan jadi sering pegel-pegel. :|

Dokter anak sebulan sekali (3 tahun belum pernah bolong sama sekali), dokter gigi 6 bulan sekali, dan psikolog 3 bulan sekali (ini juga nggak pernah bolong). Karena katanya ada daycare yang ngakunya ada dokter ini itu tapi dokternya nggak rutin dateng.

Boleh konsultasi sepuasnya sama psikolog. Saya akan kangen banget sesi ini. HUHUHU. Karena biasanya satu sesi sama psikolog bisa jadi satu blogpost. Untung masih kebagian satu sesi psikolog terakhir akhir minggu ini.

Mulai Oktober ada field trip 3 bulan sekali!

🏡 Biaya

Uang pangkal: Rp (lupa tar ditanya dulu HAHAHA)
Monthly fee: Rp 2,9juta

Percayalah padaku ini adalah harga daycare paling reasonable dibandingkan dengan tempat dan mbak-mbaknya yang baik-baik huhu. Setelah nyari-nyari preschool buat Bebe, rata-rata daycare matok Rp 4jutaan untuk kondisi rumah kaya gini. Yang Rp 3jutaan itu rumahnya emang nggak terlalu bagus sih.

Dan di bulan September ini ada promo uang pangkal loh. Bisa dicicil 3 kali. Jadi yang masih pusing cari daycare, coba dulu ke Tweede ini. Abis dari sini banyak orangtua susah move on karena kerasa mbak-mbaknya emang sayang banget sama anak-anak. Termasuk saya.

Begituuuu.

Demikian review daycare Jakarta Pusat saya, boleh loh baca hasil survey daycare lain di Jakarta:

KIDEE CHILD CARE SENOPATI
LOVELY SUNSHINE DAYCARE BENDUNGAN HILIR
HAPPY TREE HOUSE DAYCARE SETIABUDI

dan cerita plus tips seputar daycare di tag:

TENTANG DAYCARE

See you!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tentang Hobi Nonton

on
Monday, August 28, 2017
[SPONSORED POST]


Sejak SMA, saya senang nonton film di bioskop, senaanggg sekali. Tapi karena masih sekolah, film yang ditonton benar-benar dipilih karena waktunya juga sedikit kan. Harus bagi waktu sama sekolah gitu ahahaha asik abis alesannya ya.

Nah balas dendam waktu kuliah, saya nonton hampir semua film. SEMUA. Hahaha. Karena waktu itu Jatinangor Town Square baru buka dan ada bioskopnya! Meskipun bukan kota Bandung dan rasanya Jatinangor itu kampung banget, tapi bioskopnya update loh asli. Semua film premiere-nya di hari yang sama dengan Bandung. Jadi nggak ketinggalan sama sekali.

Zaman itu ya, film horor atau thriller Indonesia yang nggak jelas judul dan isinya aja saya tonton. Demi memajukan kancah perfilman tanah air! Nggak deng, karena tiketnya murah, cuma Rp 10ribu deh kalau nggak salah. Jadi bisa banget buat nonton di antara jeda kuliah.

Waktu kuliah ini juga saya lagi seneng-senengnya nonton serial Amriki kaya Heroes, Gossip Girl, Bevery Hills 90210, dan banyaaak lagi. Di sana tayang malem, paginya saya udah sigap download. Dengan koneksi zaman itu yang unlimitednya nggak palsu hahaha.

Beranjak dewasa dan kerja di Jakarta, film yang saya tonton makin sedikit huhuhu. Sebabnya saya jadi penakut banget, mendadak nggak berani nonton film horor sama sekali. Dan saat itu, kesukaan nonton udah ganti jadi nonton drama dan variety show Korea.

Pokoknya nggak kehitunglah berapa malam yang dilalui hanya tidur dua jam hanya demi “ah satu episode lagi deh”, “eh nanggung deh satu lagi aja” dengan mata 5 watt. Hayo, saya nggak sendirian lah pasti soal guilty pleasure yang satu ini. Hahaha. Besoknya di kantor ngantuk tapi bodo amat pengen buru-buru pulang untuk nonton episode berikutnya lagi.

Waktu berlalu, sampai akhirnya hamil. Pas hamil saya masih nonton drama Korea, masih nonton di bioskop, masih nonton konser. Sampai punya anak dan akhirnya nggak nonton apapun lagi karena nggak mau bawa anak ke bioskop.

T________T

Nonton sih tiga film doang, AADC2 dan Civil Wars di hari yang sama biar ninggalin Bebenya sekali. Dan nonton Fantastic Beast and Where to Find Them. UDAH. ITU DOANG. Masa mudaku yang sebagian besar dihabiskan untuk nonton kini sirna sudah huhuhuhu.

Abis gimana dong, mau ke bioskop harus ninggalin Bebe, mau bawa Bebe kok ya nggak mau *problem lo*. Ya abis saya sendiri suka keganggu sama anak kecil di bioskop, jadi saya sebisa mungkin nggak bawa anak kecil lah ke bioskop.

Sampai kemarin saya denger aplikasi namanya VIU!

Awalnya sih beneran skeptis aja ya karena yaelah, pasti ini mah another streaming apps aja kan. Pas coba download terus buka WOOWWW BANYAK DRAMA DAN SERIAL KOREA!



Asli first impressionnya itu, terus panik sendiri. Ih kok banyak yang belum ditonton sih, ini belum itu belum. Ternyata emang udah lama banget nggak nonton drama Korea jadi ketinggalan banyak. Huhu sedih amat.

Serunya, di VIU ini bukan cuma drama lama loh, drama baru juga lengkap! Malah ada drama yang lagi tayang di negara aslinya, langsung tayang juga di VIU di hari yang sama dengan subtitle Inggris dan Indonesia. Wow banget sih jadi nggak takut ketinggalan sama orang Koreya asli ya kan. Dan kalau kalian sibuk dan nggak punya kuota, nggak perlu streaming langsung, download aja dulu pake wifi, nontonnya nanti-nanti.

Stok filmnya juga banyak, ada ribuan judul film dan serial. Dari Korea, Jepang, India, Thailand, Indonesia dan Hong Kong. Yang favorit dari mana? Tentu saja dari Korea nyahahahaha. Sebagai K-fans aku merasa sungguh bangga lol.

Yang paling menyenangkan dari semua ini adalah: langganannya murah. MURAH BANGET ASLIIII. Langganan VIU Premium satu bulan cuma Rp 30ribu ajaaa, 3 bulan cuma Rp 60ribu, 6 bulan cuma Rp 120ribu, dan satu tahun cuma Rp 240ribu aja OMG.

Bayangin kalau kalian nonton di bioskop, sekali nonton aja udah Rp 60ribu buat satu orang. Ini 60ribu bisa nonton sepuasnya 3 bulan berdua suami di kasur pula pake baju tidur nyahahaha. Nggak perlu ganti baju dan dandan. #penting

Cocok banget lah buat saya yang nonton satu film aja masih harus diseling sama anak ini dan itu. Banyak pause-nya. Pakabar kalau nonton bioskop ya kan.

Kalau kalian nggak mau langganan juga tetep bisa nonton loh. Aneh ya? Aneh nggak? Hahaha baik amat ini VIU. Iya jadi kalau nggak langganan pun tetep bisa nonton, bedanya kalau berlangganan, kalian bisa nonton di hari yang sama saat serial tersebut tayang di negaranya. Sedangkan kalau gak berlangganan, kalian tetep bisa nonton tapi setelah serial itu selesai masa tayang di negaranya.



Yang terbaru, VIU punya original series berjudul SWITCH yang disutradarai Nia Dinata. WAAA NGEFANS ABIS SAMA TEH NIA *akrab*. Saya nonton semua film Nia Dinata jadi penasaran banget sama serial yang satu ini. Diperankan Morgan Oey, Karina Salim, dan Tatyana Akman, serial ini bercerita tentang sahabat dengan personality yang bertolak belakang dan jiwa mereka ketuker.

Serial ini udah tayang sejak 14 Agustus dan ada episode baru setiap Kamis. Hanya di VIU ya!

Oh iya, kamu mau akses VIU Premium GRATIS 3 bulan? Caranya gampang banget, tinggal mention akun twitter @Viu_Id dengan hashtag #switch_annisast dan #yourwaytoviu yaa. Biar puas nonton dramanya!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Main Balance Bike Yuk! [GIVEAWAY BALANCE BIKE!]

on
Friday, August 25, 2017

Kalian yang follow Instagram saya atau Bebe pasti sering liat kan akhir-akhir ini Bebe kerjanya main sepeda terus. Sepeda Bebe nggak ada pedalnya karena memang kick bike atau balance bike, alias sepeda tanpa pedal. Dikayuhnya dengan cara jalan atau lari.

(Yang belum follow Instagram plis follow hahaha @annisast dan @azxylo!)

Di Indonesia udah mulai banyak banget yang pake sampai ada komunitasnya segala. Nah kalau di luar negeri, anak-anak udah dikasih kick bike ini sejak mereka baru bisa jalan dengan ajeg atau sekitar umur 18 bulanan.

Kalau di sini kan rata-rata anak umur segitu malah dikasih sepeda roda tiga ya. Sepeda roda tiga memang menyenangkan, Bebe suka sekali main sepeda roda tiga di daycare. Tapi sepeda roda tiga kan nggak mengajarkan keseimbangan sama sekali. Jadi ketika anak makin besar, malah dikasih sepeda roda dua ditambah roda kecil jadi roda empat. Baru deh belajar naik sepeda roda dua. Lama hahaha.

Nah kalau pake balance bike, ketika anak udah cukup besar, mereka bisa langsung pake sepeda roda dua!

Well ya tiap anak beda-beda sih ya itu mah udah pasti. Tapi katanya ketika anak sudah terbiasa dan bisa mencari keseimbangan sendiri dengan balance bike, ia akan jauh lebih mudah belajar sepeda dengan pedal karena sudah tahu tentang keseimbangan. Nggak perlu lagi lah ibunya atau bapaknya ngajarin sepeda dengan megangin sadel sepeda dengan anak yang ketakutan lol.

Menarik ya! Menarik lah! Hahaha. Kaya gini nih anak naik balance bike.


Dan balance bike ini natural banget loh! Saya inget waktu pertama kali Bebe naik sepeda roda tiga, dia tuh nggak ngerti kalau kaki harus ditaro di pedal kemudian dikayuh. Dia malah gowes-gowes kaki ke tanah aja, harus dikasih tau kalau kakinya ditaro di pedal dan saya simulasikan gowes pedal yang bener. Baru deh dia ngerti.

Nah kemarin pas dibeliin balance bike, dia langsung bisa loh. Bukan langsung jago sih, tapi dia langsung ngerti bahwa duduk di sini, pegang stang, kemudian kayuh ke tanah biar bisa maju.

Oke mungkin Bebe udah gede (3 tahun) jadi tau cara kerja sepeda. Tapi kemarin anaknya temen, perempuan umur 2 tahun, dipinjemin balance bike Bebe dan main di rumput langsung bisa juga! Jadi kuyakin balance bike ini emang natural aja, nggak perlu diajarin dulu anak langsung ngerti cara mainnya.

Dan persis belajar sepeda, anak jelas nggak langsung bisa juga urusan balance bike ini hahaha. Pertama jalannya pelaaann banget dan nggak bisa sambil duduk. Lama-lama jalannya makin cepet, lama-lama duduk sambil lari, lama-lama duduk lari sambil angkat kaki! Kalau udah bisa angkat kaki artinya udah bisa nemu titik seimbang sendiri. Dijamin bisa lah naik sepeda dengan pedal.

Tapi sebenernya manfaatnya bukan cuma itu. Bukan cuma “demi bisa cepet belajar sepeda”. Yang paling kentara adalah, anak jadi lebih percaya diri karena balance bike ini ringan banget!
Bebe bisa tenteng sendiri, naik tangga yang cuma 2-3 anak tangga itu dia bisa angkat sendiri ban depannya sambil dinaikin. Dan sekali lagi, itu semua natural nggak diajarin sama sekali! Dia jadi merasa punya tanggung jawab atas sepedanya, dan percaya diri karena sepedanya bisa dikendalikan sendiri.

Lengkapnya bisa dilihat di gambar di bawah ini ya!


Nah sekarang, ada yang mau balance bike ini gratisssss? Kalau beli lumayan lho, harganya nggak murah. Iyalahhh, sepeda mana ada yang murah. Sepeda roda tiga yang murah mah, yang dari plastik gitu ya sampai ban-bannya plastik hehehe.

Saya punya satu balance bike kayu dari Begun untuk satu pemenang yang beruntung. Begun ini produk lokal loh, handmade, dan modelnya bagus banget. Kayunya pakai kayu jati Belanda dan ergonomis meski terbuat dari kayu. Jadinya klasik gitu kugemas. Semua foto di atas, anak-anaknya pakai sepeda dari Begun. <3

Caranya gampang:

1. Follow @annisast dan @letthefunbegun di Instagram (ini wajib ya!)
2. Share postingan ini di Facebook dengan hashtag #BegunXannisast dan tag 5 temen kalian, ajak ikut giveawaynya (harus ada link ke postingan ini bit.ly/begunGAATAU
3. Share tentang giveaway ini di Instagram dengan hashtag #BegunXannisast dan tag 5 temen kalian untuk ikutan giveawaynya. Sertakan link bit.ly/begunGA.

Atau singkatnya:

Follow, share di Facebook/Instagram, tag 5 teman, sertakan link dan hashtag #BegunXannisast. Ini image untuk yang mau share di Instagram ya.


Jadi boleh pilih ya, mau share di Facebook atau Instagram. BEBAAASSSS. Kali aja ada yang mentingin feed gitu kan kasian kalau dipaksa harus posting foto yang nggak sesuai feed HAHAHAHA.

Share berkali-kali juga boleh banget untuk memperbesar peluang menang. Asal tetap pakai hashtag, pakai link, dan tag 5 teman. Yang share di Facebook pastikan settingnya public ya! 

GAMPANG KAANNN. Pemenang akan dicari via hashtag yaaa, dipilih langsung oleh owner Begun jadi bukan aku yang pilih! Giveaway ditutup tanggal 21 September dan diumumkan di 27 September ya!

Semua boleh ikutan kok. Kalau kalian belum nikah atau belum punya anak juga boleh, lagian kalau menang hadiahnya bisa dikadoin atau disimpen dulu ya kannn?

Ayo semuanya ikutan! Semoga beruntung!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Mendefinisikan Uang

on
Wednesday, August 23, 2017

Sebagai suami millennials, JG itu tak gentar dan jago banget ke pasar dan warung untuk belanja sayur-sayuran. Dua hari lalu, pulang kerja, doi ke warung untuk beli telor. Saya tungguin kok lama ya.

Ternyata dia sungguh menjiwai perannya dan ngobrol dulu sama ibu-ibu di warung. Obrolannya bikin shock banget. Beberapa hari setelah kami kecurian, rumah deket sini kecurian juga dan pencurinya ketangkap basah!

Digebukin warga sampai babak belur dan akhirnya meninggal.

T________T

No, saya sama sekali nggak lega dengan kemungkinan itu pencuri yang sama dengan yang ambil kamera serta iPad kami. Saya merinding dan sedih banget. I mean, does he deserve it?

T________T

Benar atau salah, dia HANYA mencari uang seperti juga yang kita semua lakukan setiap hari. Bukannya belain pencuri, tapi modusnya kan maling diem-diem, ya yang punya rumah sih harusnya bisa waspada dengan kunci pintu rangkap banyak gitu biar aman. Beda halnya dengan rampok yang emang dengan sengaja nyekap yang punya rumah gitu misalnya.

(Baca cerita kemalingan saya di sini: Kamera Hilang dan keikhlasan saya di sini Kuota Kepemilikan)

Modus diam-diam kan artinya dia cuma berusaha cari duit, kalau ketangkep itu risiko pekerjaan. Meskipun pada akhirnya duitnya dulu nih buat apa. Kaya yang saya bilang, nggak mungkin dong maling iPad diem-diem buat dibeliin iPhone 7 supaya nggak kena peer pressure? Atau dijual untuk beli iWatch? 😪

Kemungkinan besar akan dijual kan karena butuh uangnya. Kecuali malingnya maling pinter model temen kuliah yang memang nyolong buat gaya hidup ya. Semoga butuh uangnya buat makan atau bayar sekolah atau ada keluarga sakit, bukan buat mabok-mabokan atau narkoba. Nggak enak ah suudzon sama pencuri. 😪

*anaknya positive thinking dalam setiap kesempatan banget yah* *sigh*

Nah tapi terus saya jadi kepikiran soal uangnya nih. Gimana setiap manusia di dunia ini berbeda-beda dalam mendefinisikan uang!

Ini terinspirasi banget sama @proud.project ya ampun kalian kenapa sih postingannya bikin mewek terus. Kalau belum follow, coba deh kalian luangkan waktu 2 jam aja untuk baca-bacain ceritanya. Saya sih nangis di tempat ya. :((((

Bahwa tiap orang itu punya susah yang beda-beda. Bahwa manusia berjuang untuk hidup dengan tantangan yang tidak pernah sama.

Saya jadi mikir banget.

Saya follow beberapa klan keluarga Indonesia yang masuk dalam list 100 richest Indonesian. Mereka ini adalah orang-orang tidak punya konsep uang.

Buat mereka hidup ya sesuai keinginan hari itu. Mau sarapan di Inggris makan siang di pelosok hutan mana yang bahkan namanya nggak pernah saya denger juga bisa. Perginya pake jet pribadi juga, punya sendiri pula bukan nyewa. Di umur 19 tahun, uang bagi mereka cuma sarana untuk dapet yang mereka mau, dan mereka BISA dapet semua yang mereka mau.

Kalau di bukunya Kevin Kwan ini kaya Su Yi. Seumur hidup nggak pernah ngerti uang. Nggak tau apa artinya ngitung uang atau habis uang karena uangnya unlimited sampai nggak tahu jumlah persisnya berapa

Kalau kelas menengah kaya kita gini sih asing banget sama uang unlimited kan. Uang kan ada nominal dan satuannya kok bisa tak terhingga? Ya karena mereka nggak gajian. Tiap detik uangnya nambah saking investasinya banyak banget di seluruh dunia.

Mereka nginjek bumi yang sama tapi hidup sama sekali berbeda. They are the 1% of the society, we're the 99%.

Sekarang saya dan JG, bukan anak siapa-siapa. Uang kami tiap bulan adalah dua gaji dari kerja kami berdua sebulan. Nggak dibantu orangtua, rumah cicil sendiri, mobil beli sendiri. Bayar segala-gala sendiri.

Kerja ngasih yang terbaik atau ngasih setengah-setengah tetep gajian. Do the best biar bos seneng terus ngarep nanti promosi dan naik gaji. Atau kaya JG yang selalu jadi top 100 best performers di kantornya (I’m so proud btw). Sekeras apapun ya gajian segitu-gitu aja tiap bulan. Kalau mau gaji dua kali lipat ya pindah kerja, pindah posisi, dengan beban yang pasti lebih berat.

Kalau untuk si maling?

Definisi uang buat mereka itu belum jelas, tergantung bisa maling apa ya hari ini? Semoga barang mahal jadi bisa buat cadangan uang. Kalau yang dimaling barang murah, berarti besok harus maling lagi. Yang penting bisa makan kali ya. Belum lagi punya risiko digebukin sampai meninggal.

Kata JG: kasian ya maling, risiko kerja tinggi dan nggak bakal ada asuransi mau cover.

HUHUHUHU.

Kalau untuk ibu ini?


Uang adalah jumlah yang didapat hari itu untuk bisa makan sama anak-anaknya. Ibu ini nggak perlu mikirin uang muka rumah karena bayar kontrakan aja nggak mampu. Uang bagi dia adalah harapan hidup untuk anak-anaknya. Hanya untuk hidup, tidak lebih.

Ibu yang satu ini beda lagi.


Ibu ini pemulung, dia bilang di foto lain kalau suaminya romantis karena nggak pernah marahin dia meskipun hidup mereka susah banget. Mereka nggak pernah berantem dan bahagia. Uang bagi ibu ini adalah sekolah anak tercukupi dan anak-anak bahagia. Ia bahkan rela dirinya nggak makan.

T______T

Kalau belum cukup merasa bersalah karena banyak ngeluh, coba liat bapak ini.


Pak Beson semangatnya luar biasa banget. Buat bapak, uang adalah harapan untuk keluarga di kampung. Keluarga mungkin tidak pernah tahu sesulit apa hidup bapak ini di Jakarta, apalagi udah setua ini. Saya yang muda aja capek banget ya ampun. I WANNA CRY.

T______T

Juga ibu Husnul ini. Hidup sendirian jual minuman dan ngehidupin tiga anak. Suaminya selingkuh pula. Duh. 


Belajar banyak hal banget ya.

Uang itu kebutuhan, tapi bukan segalanya. Uang bisa beli kebahagiaan, tapi nggak semua kebahagiaan bisa dibeli dengan uang. Selama kalian bisa beli hal-hal bahagia pake uang, pertahankan kebahagiaan itu!

Orang-orang kaya kita ini emang suka taking things for granted. Hari ini bahagia karena punya kamera baru, besok sedih banget ngerasa gaji kurang. Hari ini bahagia bisa beli hp baru, besok sedih banget karena pengen makan enak tapi nggak punya uang. Hhhh

Ternyata faktor utamanya adalah mempertahankan kebahagiaan ya. Atau lebih dikenal dengan satu kata: syukur. :)

Semoga selalu bahagia ya semuanya. Jangan suka mikir kurang uang kalau masih bisa makan enak okeee!

Akhirul kata, ingatlah selalu pesan ibu Husnul. Hidup itu seperti jalan tol, meski keliatan lancar tapi banyak rintangannya, mau pipis lah, ngantuk terus pengen beli kopi dulu lah, laper terus pengen KFC dulu lah. OH SO TRUE! Terima kasih ibu, semoga bahagia selalu! :')))



And thank you for the inspiration @proud.project!

-ast-

Baca postingan tentang hidup lainnya ya!






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Kehilangan dan Kuota Kepemilikan

on
Friday, August 18, 2017

Bicara kehilangan, dua kali barang yang cukup "penting" harus terrampas dari kehidupan saya.

Tahun 2008-an saya pernah dihipnotis di Toko Petra, Bandung. Waktu itu hilang Blackberry pertama yang dibeli dengan uang tabungan sendiri. Kedua kemarin itu, saat barang-barang yang raib malah bukan barang yang saya beli sendiri.

Keduanya cukup bikin bengong seharian. Dan ya ... sedih sekali. T_______T

Saya cerita di grup dan semuanya kalem, Nahla bilang: "namaste, kita harus kasih positive vibes, udah anggap buang sial" --> anaknya emang positif banget sama harta benda.

Gesi bilang: "Kalo kata Kousuke papa Miiko: barang yang hilang membawa segala kesakitan dan ketidakberuntungan kita alias kaya kata nahla, buang sial" --> bahkan di saat kesialan pun nge-quote-nya Miiko.

Mba Windi bilang: "tp udah dilihat blm ke seluruh rumah siapa tau ketelingsut" --> orangnya paling logis hahahaha heartless wtf.

Terus kata anak kantor saya Devina (cie Devina disebut namanya lol) "sejak aku ilang HP itu mbak, aku percaya semua orang pernah kehilangan, kaya ada kuotanya gitu".

Oh ya, kuota kehilangan, kuota kepemilikan. Kehilangan kali ini ternyata mengajarkan saya banyak hal.

*

Pagi itu berita kehilangan belum saya ceritakan di group keluarga. Saya menunggu agak tenang dan memikirkan kalimat yang pas karena saya sendiri masih shock memikirkan ada orang masuk rumah. Saya merangkai kata agar kejadiannya tidak terlalu terasa horor.

Ketika akhirnya saya bercerita, semua orang berduka, adik-adik saya pada kasih emot nangis. Sayanya jadi makin sedih huhuhu.

T_________T

Emosinya campur aduk. Sedih, khawatir, terutama takut. Iya saya takut banget karena malem sebelumnya di rumah cuma berdua Bebe. Saya jadi kepikiran, gimana kalau orangnya masuk pas JG nggak ada. Saya dan Bebe bisa apa?

Gimana kalau pas orang itu masuk ruang tamu dia tidak menemukan apa-apa? Apa dia akan lanjut masuk rumah dan bertemu kami bertiga? Seketika keanehan saya menyimpan kamera dan iPad di ruang tamu jadi terasa sebagai keberuntungan.

Jika hari itu normal dan kamera serta iPad ada di kamar seperti hari-hari biasanya, ruang tamu saya tidak akan terisi barang berharga. Apa yang akan si pencuri lakukan?

Segala emosi itu bercampur plus terpikir adik saya yang akan menikah akhir minggu ini. Rasa kecewa, hasrat kebendaan, dipadukan dengan obsesi pada Instagram ini memang menjerumuskan sekali ya.

*ujung-ujungnya Instagram* 😪

Nggak lama group buibu temen kuliah rame. Temen saya cerita ada anak temennya umur 6 bulan yang baru aja meninggal karena SIDS (sudden infant death syndrome). Yang kacau dari SIDS itu nggak pernah diketahui penyebabnya kan, anak lagi tidur tau-tau meninggal aja nggak ada suara atau apa.

"Abis main terus tidur terus dia ga bangun lagi, kata dokter kematian alami"

T_________T

Belum sekian menit bahas SIDS, guru daycare-nya Bebe chat ngirim beberapa foto Bebe yang dekil keringetan abis guling-guling main bola di halaman. Mukanya bahagia, tengil seperti biasa. Bebe nggak tahu, sepagian ibu dan appanya lagi sedih. Nyes banget rasanya liat Bebe yang happy setelah denger berita anak meninggal.

T_________T

Kehilangan saya ternyata nggak ada apa-apanya. Orang lain kehilangan sesuatu yang jauh lebih besar, sementara saya masih punya segalanya. Hidup saya nggak pernah kurang meski nggak berlebihan sampai bisa beli Hermes. Bebe sehat dan happy, suami support selalu, saya nggak kurang apa-apa.

Abis dikirim foto Bebe itu saya ngerasa Tuhan itu lagi ngegeplak nyamuk depan muka saya yang lagi ngelamun. Saya digeplak di depan mata biar kaget dan berhenti merenung terlalu lama.

Beberapa bulan ke belakang saya memang terlalu banyak mengeluh, terlalu sering ngerasa kurang, terlalu mikir kok hidup gini-gini aja sih. Kok kurang terus ini dan itunya.

Butuh hilang kamera dan iPad dulu baru saya ngerasa bahwa tanpa kedua benda itu aja ternyata hidup saya nggak kurang. Nggak sama sekali. Hidup saya cukup, sangat sangat cukup.

Saya juga jadi sadar satu hal: nothing is unlimited. Every single thing has a limit!
Hidup dan mati sih udah tentu ya. Tapi juga hak kepemilikan kita pada barang. Nggak ada satu pun yang bisa kita miliki selamanya. Semua benda punya "kuota".

Jatah saya untuk punya kamera dan iPad mungkin hanya 5 tahun. Itu pun harusnya saya sudah merasa beruntung lah, selama 5 tahun bisa memanfaatkan kamera dan iPad tanpa modal apa-apa sama sekali karena keduanya adalah pemberian.

Kalau pun nggak hilang, ketika kuota kepemilikannya habis ya barang itu PASTI akan nggak bisa dipake lagi. Entah rusak atau saya beli baru atau barangnya dikasih ke orang atau dijual.

Kalau pun kita simpan barang itu selalu, akan ada masanya dia berhenti kita pakai. Hanya akan terduduk di lemari atau di gudang dan kemudian ditasbihkan sebagai "barang kenangan".

Semua pasti ada batasnya. SEMUA PUNYA WAKTUNYA, SEMUA PUNYA GILIRANNYA. Semua punya kuota kepemilikannya.

Tiba-tiba saya ikhlas. Saya langsung chat JG dan bilang mulai sekarang saya akan lebih menghargai waktu-waktu bersama Bebe dan JG karena ternyata mereka berdua lah sebenar-benarnya definisi bahagia. :')

Saya langsung merasa beruntung menikah dengan JG yang bahkan tidak bertengkar atau saling menyalahkan saat terjadi musibah seperti ini. Padahal menyalahkan adalah hal termudah untuk menenangkan diri.

Dan ya, banyak sekali saya tahu pasangan yang malah bertengkar saat terjadi musibah. Hal sesederhana anak menangis saja bisa jadi sumber pertengkaran. Padahal untuk apa mencari kesalahan yang tidak perlu? Kami tidak, thank God.

JG bisa menyalahkan saya yang entah kenapa menyimpan kamera dan iPad di ruang tamu. Saya juga bisa menyalahkan JG yang tidak mengunci pintu. Tapi kami tidak melakukan itu. Tidak peduli siapa yang salah, yang jelas saat ini kami butuh satu sama lain untuk saling berbagi kesedihan.

Sorenya saya jemput Bebe dan bilang "cil, kamera sama iPad ibu ilang diambil orang, ibu sedih deh".

Manisnya, Bebe langsung peluk saya dan bilang "nanti kalau sudah besar aku beli kamera dan aiped buat ibu".

CRYYYYY.

Sepanjang jalan ke rumah, Bebe yang duduk di car seat terus cium-cium tangan saya sambil bilang "Aku beli kamera, ibu seneng kan? Appa seneng kan? Tapi nanti kalau sudah besal"

😢

Nyampe rumah dia langsung nyalain senter di HP nya dan sibuk nyenterin semua kolong. Kolong meja, kolong rak, sisi samping lemari. Saya tanya, lagi apa? Jawabannya?

"Aku lagi cari kamera dan aiped ibu" seolah kamera dan iPad saya hilang itu sama dengan mobil-mobilan dia yang "hilang" masuk ke kolong.

WHAT HAVE I DONE TO DESERVE THIS SWEET BOY 😭😭😭

*

Nahla selalu bilang "harta itu serem kak, serem banget". Iya saya baru sadar itu sekarang, semakin banyak kita punya sesuatu, semakin besar kemungkinan kita "sakit" karena kehilangan, semakin tinggi rasa khawatir dan curiga.

Tapi yaaa, realistis aja sih. Nggak bakal juga tiba-tiba hidup minimalis hanya dengan satu koper gitu kaya yang lagi trendi hahaha Nggak sanggup, secukupnya aja yaaaa. Hasrat kebendaan ini kan paling susah dibendung karena bikin bahagia dengan instan. Sigh.

Dan ternyata kemalingan gini wajar terjadi di kota-kota besar ya! Iya sih saya sering denger cerita, tapi banyak orang yang saya ceritain soal ini pernah kehilangan dengan cara sama juga, kehilangan di ruang tamu juga karena nggak kunci pintu. Oh well.

Kuota kehilangan itu benar adanya.

Malem itu juga kami ke kantor polisi, mengantri 1 jam lebih dan belum juga kebagian jatah dibuatkan laporan pencuriannya. Kami mengobrol dan menyadari bahwa semua orang di sini melaporkan sesuatu yang hilang karena dicuri!

Saya baru tahu lho, di kantor polisi ruangannya itu beda dengan bikin surat kehilangan atm hilang. Ini ruangannya tegang, ada satu ibu yang ternyata pencuri ketangkep basah, sedang diinterogasi. Beberapa calon pelapor lain menunggu dengan wajah capek. Ditambah pak polisi yang menjawab ketus karena harus jaga image-lah! Ada maling di ruangan gitu loh!

Wow, banyak orang kehilangan artinya banyak yang mencuri, artinya banyak yang butuh uang. Mungkin memang BUTUH uang untuk makan, untuk beli susu, untuk anaknya sekolah.

Iya saya yakin, maling nekat seperti ini tidak akan mengambil kamera dan iPad saya untuk dibelikan iWatch dong? Priority bro. Nggak mungkin kan malingnya komplotan Danny Ocean karena masa iya yang dimaling cuma kamera dan iPad. 😶

Selintas saya mikir loh kok banyak orang jahat di dunia ini!

Tapi kemudian langsung tersadar bahwa nggak fair lah mikir kaya gitu karena kenyataannya orang baik juga banyak. Lebih banyak.

Orang-orang baik yang mau membantu mendorong mobil ke pinggir jalan meski tidak kenal, yang tidak menjambret HP kita saat sedang pesan ojek di sisi jalan yang ramai, yang rela ... apa lagi ya. Ya intinya banyakan orang baik kok! Dalam satu gedung kantor aja maling uang kantor paling berapa orang kan. Rasionya lebih banyak orang yang baik dan jujur kan!

Belum lagi memikirkan orang-orang yang harus mengambil kuota kehilangan mereka dengan cara yang kasar dan tidak manusiawi. Yang dirampok dengan senjata tajam sampai disekap di kamar mandi.

Ya intinya saya masih jauh lebih beruntung. Maling kamera itu hidupnya pasti tidak seberuntung saya. :')

Jadi ya kalau kalian baru kehilangan barang kaya saya, ingatlah selalu bahwa semua orang punya kuota kehilangan. Semua barang punya kuota kepemilikan. Nothing's immortal.

Dan selayaknya ibu-ibu, mari kita tutup postingan ini dengan kata mutiara yaitu ... selalu ada hikmah di balik setiap kejadian hahaha.

Kali ini hikmahnya adalah jadi beli kamera baru. Sebelumnya saya selalu ingin beli kamera tapi tak pernah punya alasan kuat untuk beli karena kamera lama pun tidak apa-apa hahahaha #win

Kalian pernah hilang barang elektronik kesayangan juga? Hilang apa? Jangan sedih ya, mungkin kuotanya sudah habis! ;)

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Kamera Hilang :(

on
Tuesday, August 15, 2017

Jadi gengs, di pagi yang cerah tadi aku sedang dirundung duka. Duka yang rasanya kaya ditonjok seketika terus langsung dilelepin ke air es. ALAH BANYAK GAYA. Ditonjok aja amit-amit nggak pernah, apalagi dilelepin ke air es.

Intinya kaya sedih tapi terus ya udah. Sedih sedih ikhlas. Sedih sedih merelakan gitu deh. Karena ...

KAMERA AKU HILANG

IYA KAMERA AKU HILANG WOW KAMERA YANG SUNGGUH AKU BANGGAKAN. HILANG. RAIB ENTAH KE MANA.

Misterius. HHHH.

Oke kronologi dulu apa kenangan dulu nih? SIGH.

🌵 Kronologi 🌲 

Weekend kemarin kami ke Bandung, ada nikahan sepupu sama pengajian adik saya. WE HAD FUN. Seru banget lah ketemu seluruh keluarga besar, dandan, pake baju baru, foto-foto, dan ini itu banyak sekali.

Baru sekian meter pergi dari rumah menuju Jakarta, ayah chat, memory card kamera ketinggalan. Oh ya udalah ya, nggak perlu diambil karena weekend ini ke Bandung lagi. Jadi cuma akan Senin, Selasa, Rabu di Jakarta.

Minggu malem nyampe di Jakarta, saya keluarin kamera yang kebetulan ada di tas saya (bukan tas kamera) karena toh buat apa? Kalau pun dibawa-bawa nggak ada memory card-nya juga. Saya simpan di rak buku di ruang tamu. Saya simpan juga iPad di rak buku yang sama.

Posisi rak buku ini tepat di depan pintu banget sih, kalau pintu kebuka emang keliatan langsung rak bukunya. Di rak yang sama kami menyimpan kunci-kunci, jadi Senin pagi pas berangkat sih yakin banget itu kamera dan iPad masih ada.

Senin malem saya pulang berdua Bebe. Pintu kekunci, saya kembali kunci pintu karena JG punya kunci lain. Saya nggak cek itu kamera dan iPad.

Selasa pagi, JG bangun, buka pintu dan manasin mobil terus mandi. Saya di kamar lagi siap-siap, pake skin care, pake baju. Bebe bobo. Kamar dan ruang tamu ini sebelahan btw. Jadi harusnya saya sadar sih kalau ada yang buka pintu. Tapi toh kenyataannya nggak.

Pas siap pergi, JG baru nanya: "kok kamera nggak ada?" Cari-cari di seluruh rumah dan mobil dan nggak ada.

Yak di situlah kami bengong. Lemes karena ya, kamera dan iPad nggak ada lagi di rak itu. Waktu itu masih nggak yakin sih sama iPad karena ya, iPad ini emang jarang banget dipake. Jarang banget like jarang banget.

Well.

Kami ke kantor dengan hampa. Masih ada sisa 10% denial bahwa oh lupa naro aja sih pasti. Sampai akhirnya siang-siang mulai inget banget semuanya. Mulai inget banget bahwa oh memang iya kok bener naronya di situ. Posisi kamera dan posisi iPad udah inget banget jelas. Ingatan memang kadang harus dipaksa keadaan. Sigh. Udalah pasti ilang.

MASALAHNYA ...

...

ILANGNYA GIMANA?

Kalau ditelusuri sih sekalinya pintu nggak kekunci itu memang cuma pas JG manasin mobil aja. Jadi ya, the scary part is, ada orang masuk rumah pas saya sama JG dan Bebe lagi di dalem rumah! YA ABIS GIMANA LAGI KALAU BUKAN GITU.

Langsung deh mikir macem-macem, gimana kalau dia masuk rumah terus nggak nemu kamera sama iPad. Dia akan melakukan apa? Apa dia akan lanjut jalan ke dalem dan KETEMU KAMI BERTIGA?

T________T

🌵 Kenangan 🌲 

Ya, saya dan JG penyimpan kenangan. Dulu saya menyimpan banyak banget barang-bareng kenangan yang bahkan jadi sampah doang kaya tag baju favorit atau tiket bioskop. Semua udah musnah sih karena Konmari.

Ini kamera banyak kenangannya nggak? Well, justru kamera ini adalah perekam kenangan itu sendiri huhuhuhuhuhu. Kamera ini udah nemenin saya dari awal punya blog, foto-foto Instagram hampir semua pake kamera itu, video YouTube juga.

Dan yang paling penting, kamera ini dibeliin ayah waktu saya belum nikah jadi sedihnya dobel. T__________T

Satu, sedih karena kameranya hadiah dari ayah. Dua, sedih karena kalau beli lagi artinya harus beli pake uang sendiri hahahahahaha. SAD.

Sepagian sampai siang itu saya cuma bengong aja mikirin kamera. Tumben-tumbenan juga hari sebelumnya ngosongin memory card, biasanya jarang banget sih ngosongin memory card. Apalagi foto-foto Bebe, paling didiemin aja di kamera. Yang dipindahin kemudian dihapus biasanya foto event aja.

Jadi ya, foto-fotonya aman karena memang nggak kebawa. Tasnya juga nggak dibawa karena pas banget kan itu kamera ada di tas saya. Jadi ya, batere satunya aman, blitz, sampai perintilan kaya tutup lensa aman sih.

SPEAKING OF LENSA. Itu lensanya dapet nyari mau nangis banget! Lensanya rare, nyari berbulan-bulan nggak nemu. HHHH. Di Sony-nya nggak ada, di group, di semua marketplace nggak ada yang jual. Kehebohan hidupku mencari lensa diakhiri dengan hilang begitu saja. HIKS.

Yang punya lensa Sony 35 mm F1,8 boleh loh sini dijual sama akuuuu. T_________T


Baru sekitar jam 1 siang saya inget, oiya iPad juga ilang. Dan baru ngaktifin lost mode di Find My iPhone huhu sungguh telat. Di Find My iPhone sih tulisannya iPad-nya offline. Dan itu iPad emang nggak saya isi kuota whatsoever. Langsung diaktifin lost mode dan ngarep itu iPad belum di-wipe.

iPad ini lebih dahsyat sih kenangannya. Dulu dapet dari menang kuis dari FOX International. Punya Instagram pertama kali di iPad, zaman liputan bawa iPad banget buat wawancara, gambar, main game semua di iPad. Saya pernah banci game banget main Hay Day sampai Virtual City gitu-gitu semua main di iPad.

Cuma karena akhir-akhir ini jarang dipake jadinya nggak terlalu nyesek. Kampretnya, case iPad abis saya buka dan simpen di mobil hahahaha. Begitu pula dengan camera strap, baru diganti sama yang ori-nya. Jadi iPadnya dikasih dan hilang, casenya saya beli sendiri, ada. Kamera juga dikasih dan hilang, strapnya yang saya beli sendiri sih ada. Speechless ya hahaha.

Sok-sokan hahaha hahaha mulu dari tadi padahal sedih.

*

So yeah, now I'm camera-less. Mikir mau langsung beli lagi apa ya soalnya weekend ini adik saya nikahan, nanti sedih kalau nggak bisa foto-foto. Tapi browsing-browsing kamera kok tambah sedih. Apalagi mikirin lensa yang kemarin udah nggak ada hhh. Apalagi mikirin tiba-tiba harus keluar uang hhh. Sedih gengs, sedih.

Fuji atau Sony mau kasih aku kamera boleh lohhh. Email aja hahaha. Hari ini aja saya udah berhasil convince satu orang untuk beli kamera yang sama kaya yang akan saya beli nanti. Saya anaknya influencing banget emang lolol.

Oke deh pulang dulu deh dari kantor. Jadi terinspirasi mau nulis satu tulisan tentang kuota kepemilikan. BESOK YA! KALAU UDAH NGGAK SEDIH YA!

Tetap waspada ya kalian semua! Jakarta itu keras!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tips Menulis Blog yang Menarik (2)

on
Monday, August 14, 2017


Ini adalah bagian dua dari tips menulis blog yang menarik. Bagian satunya bisa dibaca di sini ya:

Tips Menulis Blog yang Menarik (1)

Oke di bagian kedua ini akan masuk ke pemilihan topik. Milih topik ini emang ribet sih karena yaaa topik sih banyak tapi yang mana yang cocok sama pembaca kita dan diri kita sendiri ya kan?

⭐ Tentang topik ...

Coba kenali diri sendiri, apakah ada pemikiran kita yang spesial dan tidak biasa? Hal-hal tidak biasa ini biasanya disukai orang karena bikin kaget hahahaha.

Kalau nggak kepikiran ummmm, ya jangan nulis opini sih. Karena ya untuk apa nulis opini kalau opini itu adalah opini yang umum?

Misal saya nulis tentang selingkuh dan pelakor, itu rame karena sementara semesta menghujat, saya cenderung "membela" pelakor. Kalau kalian ikut menghujat juga terus nulis sih ya jadinya tulisannya biasa aja, nggak spesial.

Tapi ya jangan cuma anti mainstream, harus punya argumen kuat juga. Kalau nulis di luar kebiasaan orang banyak terus argumennya nggak kuat sih ya siap-siap aja dibully. :)

Jadi menurut saya sih yaaa, kalau kalian emang nggak punya cukup argumen, tulis yang ringan-ringan ajalah. Topik atau cerita sehari-hari, tips seputar rumah, atau tentang kejadian hari itu juga oke. Atau belajar nulis komedi aja! Baca di blognya Raditya Dika dulu banget dia suka share cara nulis komedi.

Karena kadang cerita yang biasa aja bisa jadi menarik dan lucu kalau kita bisa nulisnya. :)

Yang terpenting, tulislah sesuatu yang kita suka! Lebih gampang nulisnya!

⭐ Minta tolong baca dulu ke orang

Saya biasanya kasih dulu ke orang kalau tulisannya kontroversial. Misal yang ini AGAMA DAN MANUSIA, emang sih nggak viral kaya yang lain sampai ratusan ribu views, tapi tembus belasan ribu lah viewsnya. Dan nggak ada yang bantah argumen, karena mau bantah apa. Yang saya tulis emang bener kok.

Tapi tau bener apa nggak itu harus dinilai orang lain dulu. Tulisan itu saya kasih dulu ke JG, Gesi, Mba Windi, dan Nahla. Begitu mereka ok, baru saya publish. Kalau mereka belum sreg, saya edit dulu sana-sini karena kalau orang terdekat saya yang satu pikiran aja nggak sreg, apalagi orang lain?

Untuk topik kontroversial, pencarian plot hole sama orang terdekat itu penting hahaha. Tapi kalau nulisnya lucu-lucuan kaya tulisan si neng ini TENTANG HIDUP SEMPURNA ARTIS INSTAGRAM (A.K.A SI NENG A) saya nggak kasih ke orang dulu karena takut ternoda kemurnian lucunya hahaha.

Sumpah gue kenapa jadi orang pede amat hahahahah

⭐ Endapkan

Ya, mengendapkan tulisan itu penting. Kalau nggak penting-penting amat nggak perlu diendapkan lama-lama sih. Nulis malem, baca lagi pagi. Tapi kembali lagi, kalau nulis yang kontroversial kaya SELINGKUH itu saya nulisnya seminggu lebih. Endapkan, edit, endapkan, edit, tiap hari aja begitu.

⭐ Keep it short

Ini nih, saya sering ngomelin mba Windi gara-gara nulisnya panjang banget astagaaa. Ngasih contoh kasus aja bisa 5 cerita sendiri, padahal mah 2 cerita aja orang udah nangkep kok intinya.

Saya selalu edit banyak. Ketika proofread atau setelah diendapkan, banyak sekali yang saya hapus supaya tidak bertele-tele. Yang penting pembaca nangkep intinya. Soalnya makin panjang nanti orang makin males bacanya. Scroll aja terus tapi inti masalah nggak kesebut terus.

⭐ Latihan!

Iya beberapa waktu lalu saya baca tulisan orang tentang pengalaman dia belajar nulis. Dia nggak punya background nulis apapun, cuma mendisiplinkan diri tiap malem nulis 400 kata kalau nggak salah. EMPAT TAHUN SETIAP HARI TANPA PUTUS DIA NULIS.

Empat tahun kemudian dia jadi kontributor tetap di beberapa publication dan punya kantor yang jual jasa nulis gitu buat CEO dan ghost writer. Dia bilang kalian nggak akan tahu apa itu disiplin sampai kalian mati-matian ngelakuin hal yang sama demi latihan untuk jadi lebih baik. Dan percaya nggak dia latihan nulis di mana? Di Quora aja loh. Padahal kesannya Quora tempat jawabin pertanyaan aja kan, tapi jadi tempat latihan nulis buat dia. So inspiring!

Ya kalau soal latihan ini saya nggak akan bantah sih karena saya sendiri nulis udah lama banget! Kalau untuk dibaca publik, saya nulis sejak SMP dan nggak putus sampai hari ini. Saya nulis untuk majalah dinding sekolah pas SMP dan SMA, saya kuliah jurnalistik, saya berkali-kali nulis resensi buku buat koran pas saya kuliah, saya jadi reporter, saya nulis buat publication lain, saya nulis buku, saya nulis blog. Sebagian besar hidup saya, saya habiskan nulis.

Dan itu kan bisa dianggap sebagai latihan! Terus menerus menulis adalah latihan yang tak kunjung henti. Dengan latihan juga kita belajar diksi yang banyak karena pas nulis mau nggak mau mikir dong nggak mau pake diksi yang sama terus. :)

Buat kalian yang punya blog, coba disiplinkan diri untuk nulis secara rutin. Kalau kalian nggak mau meluangkan waktu, nggak berusaha mencoba, ya mungkin nulis emang bukan buat kalian. Nyerah aja nggak apa-apa kok.

*loh kok judes*

*

Oke deh segitu aja. Panjang yaaaa. Semoga berguna ya! Selamat menulis semuanya!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Tips Menulis Blog yang Menarik (1)

Halo semuanya, mumpung hari Senin saya mau share sesuatu yang produktif yaitu tips menulis blog! Gila keren nggak tuh saya ngasih tips nulis hahahaha.


Saya sih berani ngasih tips nulis karena ya ngerasa bagus aja nulisnya HAHAHA. Ya iyalah, harus merasa mampu dulu dong baru kasih tips. Lagian saya sih pede tulisan saya enak dibaca lol. Terbukti ya dengan blog ini yang pembacanya ada terus sampai berjuta-juta kali kusenang deh. Makasih loh kaliaaannn! Makasihnya berjuta-juta kali juga. :*

Ini kayanya akan panjang sih tapi simak ya! Saya nulis ini iseng aja sih karena kadang suka pengen main ke blog orang tapi kok ya tulisannya nggak enak dibaca. Ceritanya nggak seru, point of viewnya biasa aja, cara nulisnya nggak spesial juga, eh terus malah baper curhat di socmed karena blognya sepi. Introspeksi dulu kaliii. :)

Ini dia tips menulis blog yang menarik ala annisast:

⭐ Nggak usah pusing sama kata ganti

Mau pake saya, pake aku, pake gue, bebas. Dan nggak perlu terus-terusan sama juga sih. Misal blog ini, di tulisan yang cenderung serius maka saya menggunakan "saya", di postingan remeh temeh kaya #SassyThursday gitu pakenya "gue".

Yang menentukan itu topiknya, ketika kita ngobrol serius sama orang yang nggak kita kenal, kita cenderung menggunakan saya kan. Dan ketika kita ngobrol sama temen-temen yang akrab dengan topik ringan, maka kita pake "aku" atau "gue" kan. Jadi ya nggak usah dibikin pusing!

Soalnya kata ganti ini ngaruh banget ke feel satu tulisan. Ketika kamu berusaha ngomong serius tapi ngomongnya "kasar" dan pake lo gue, orang nangkepnya bisa beda. Bisa dianggap marah atau malah dianggap nggak serius. Begicu.

Sementara kita nulis blog kan nggak selamanya serius dan nggak selamanya bercanda kan. Jadi sesuaikan kata ganti dengan topik dan feel tulisan.

⭐ Jangan menyingkat kata!

Gini ya saya kasih tau, menyingkat kata itu digunakan di SMS zaman dulu karena keterbatasan karakter. Lah zaman sekarang kan nggak ada yang dibatasi kecuali Twitter, udalah jangan singkat apa-apa. Saya sih chat aja udah nggak pernah nyingkat apapun sama sekali. "Yang" bukan "yg", "belum" bukan "blm".

Ini ngaruh ke psikologis pembaca, baca singkatan itu capek, nggak nyaman. Mana kadang singkatan orang kan beda sama orang lainnya, boro-boro baca dengan enak, malah mikirin arti singkatannya dulu.

Jadi tulis kata dengan utuh, nggak ada ruginya kok.

⭐ Perhatikan panjang paragraf

Yes, jangan kepanjangan dan jangan kependekan. Kalau saya sih maksimal 3 kalimat dalam satu paragraf. Jangan cuma satu kalimat dalam satu paragraf plis kalian bukan tribunnews ya. Baca paragraf yang terlalu pendek itu capek, sekalimat enter sekalimat enter hhhh.

⭐ Jangan mengulang kata yang sama

Sebisa mungkin jangan ulang kata yang sama baik dalam satu kalimat atau dalam satu paragraf. Karena itu MEMBOSANKAN. Contoh ini dari paragraf di atas:

Saya nulis ini iseng aja sih karena kadang suka pengen main ke blog orang tapi kok ya tulisannya nggak enak dibaca. Ceritanya nggak seru, point of viewnya biasa aja, cara nulisnya nggak spesial juga, eh terus malah baper curhat di socmed karena blognya sepi. Introspeksi dulu kaliii. :)

Coba kalau kalian nulisnya gini:

Saya nulis ini iseng aja sih karena kadang suka pengen main ke blog orang tapi kok ya tulisannya nggak enak dibaca. Ceritanya nggak seru, point of viewnya nggak seru, cara nulisnya nggak seru juga, eh terus malah baper curhat di socmed karena blognya sepi. Introspeksi dulu kaliii. :)

((( MENGULANG KATA NGGAK SERU )))

Yang mana yang lebih enak dibaca? Ya tentukanlah sendiri.

Mengulang kata boleh kalau tujuannya menekankan. Contoh:

Tapi Blue ini underrated banget ya, kurang duit promosi gitu sedih deh. Jadi nggak sempet se-hits Westlife atau Backstreet Boys gitu hhhh. Padahal Lee Ryan potensial banget. Potensial apa ya, ya potensial ngetop karena ganteng nyahahahaha. (lengkapnya di post ini)

Nangkep yaaa?

⭐ Proofread and proofread

Proofread itu penting. Kalau saya sih biasanya baru setengah aja udah saya preview dulu dan baca. Fungsinya kalau ternyata alurnya kurang enak, masih bisa atur ulang. Kalau udah selesai banget baru atur alur sih jadinya lebih ribet kan.

Dan jangan cuma baca sekali! Baca berkali-kali, pikirin dari sudut pandang orang yang baca, apa mereka ngerti apa maksud kita? Apa kita bisa mengirim emosi kita ke mereka?

Karena kadang kita nulis pakai bahasa tutur dan orang jadi bingung maksudnya apa karena mereka belum pernah ketemu langsung sama kita. Jadi baca berulang-ulang itu penting.

*

Oke ini kalau dilanjutin akan super panjang jadi saya bagi dua ya! Bagian keduanya bisa dibaca di sini:

Tips Menulis Blog yang Menarik (2)

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Survey Kidee Child Care Senopati

on
Saturday, August 12, 2017
Beberapa minggu lalu, saya survey ke Kidee Child Care Senopati, maunya sih ke Kidee Elnusa juga cuma kejauhan dari rumah dan kantor. Tulisan ini adalah bagian dari review dan survey daycare di Jakarta Pusat dalam rangka cari daycare untuk Bebe, anak saya yang usianya 3 tahun.

Jadi sudut pandangnya memang toddler bukan bayi. Ini bisa jadi bayangan aja karena survey satu-satu itu menyita waktu sekali kan. Tapi sebaiknya, ya datenglah ke beberapa daycare untuk survey dulu sebelum memutuskan mau ke daycare yang mana. Baca juga postingan lain tentang daycare di sini. :)


Kidee adalah daycare kedua yang saya kunjungi setelah Lovely Sunshine. Sengaja melebarkan sayap cari daycare Senopati karena kalau di Benhil dan sekitarnya udah nggak ada lagi. Ada sih Sahabat Islamic Childcare tapi saya belum ke sana. Pertimbangannya karena halamannya kecil dan pagernya nggak pernah ditutup jadi saya serem kalau pintu kebuka, Bebe lari ke jalan. Huhu.

Oke ini dia review singkat Kidee Child Care Senopati!

🏡 Lokasi

Kidee Child Care ini ada di Jalan Laksana deket Blok S. Jadi kalau kalian makan di pujasera Blok S itu kan sebenernya pertigaan dan depannya ada jalan ya. Nah itulah jalan Laksana. Dari pujasera itu langsung keliatan kok rumahnya agak di belokan gitu. Strategis banget kalau kerjanya di SCBD, deket banget sih ke sini.

🏡 Kondisi bangunan

Rumah satu lantai, bangunannya udah agak tua ya. Halamannya luas dan ada banyak sepeda serta mainan kaya perosotan gitu. Di luar ada rak sepatu anak jadi sepatu rapi. Kekurangannya nggak ada bel hahaha apa saya nggak nemu ya?

Saya ketok-ketok pager nggak ada yang bukain pintu sampai akhirnya ngintip-ngintip dan ada anak bukan pintu! Nggak serem sih soalnya pagernya tinggi dan digembok jadi anak nggak akan kabur. Tapi setelah anak itu muncul, pintu tetep nggak dibukain sampai akhirnya saya telepon ke dalem minta dibukain pintu. :S

Setelah di dalem baru dijelasin sama mbak supervisornya ternyata mas yang jaga di luar lagi keluar fotokopi walhasil orang dalem nggak ngeh kalau ada tamu.

Anaknya banyak ada 30-an anak dan ruang mainnya luas banget jadi nggak keliatan anak-anak numpuk di satu tempat gitu, ada halaman belakang terbuka pula jadi sirkulasi udara bagus. Cuma agak khawatir sama rak di ruang tengah soalnya nongol gitu nggak pake pengaman takut kejeduk, plus ada colokan di bawah nggak ditutup duh kukhawatir banget deh.

Tapi mungkin colokan mati ya mana tau ya kan, masa sih di daycare colokan hidup nggak ditutup.

🏡 Rasio caregiver dan anak

Loh kok lupa tanya ini hahahaha. Jadi waktu itu udah nanya-nanya sama temen saya yang anaknya udah lama di sana terus saya jadi percaya-percaya aja lol, nggak terlalu niat nanya, cuma niat liat rumahnya aja hahaha.

Tapi mbaknya banyak juga sih, ada teacher juga satu lagi main motorik halus injek-injek pasir kasar gitu sama bayi.

🏡 Jadwal harian

Kidee ini nggak ada preschool, cuma ada ekskul ngaji aja. Jadi jadwalnya standar daycare aja, dateng, mandi, makan, main, ngaji, makan siang, mandi lagi, bobo siang, makan lagi, nunggu dijemput. Ya standar daycare lah. Terus yang saya suka, pagi-pagi ada circle time.

Circle time deh kalau nggak salah namanya hahaha jadi semua anak dikumpulin di ruang main, dari bayi sampai yang gede-gede terus nyanyi, nari, dan lain-lainnya. Seru yaaaa!

🏡 Mandi

Kamar mandinya luaasss. Mandi sendiri-sendiri dong ya! Cuma katanya banyak anak yang udah sahabatan jadi mandinya berdua. Jadi ya tergantung anaknya juga.

🏡 Makan

Makannya standar daycare pada umumnya, 3 kali sehari makan berat, sekali buah dan sekali biskuit. Susu bawa sendiri.

Makanan dimasak di dapur daycare juga. Yang agak khawatir, dapurnya deket banget sama halaman belakang jadi pas saya ke sana ada anak di dapur padahal ada kompor nyala. Rada serem yha mengingat Bebe suka lari-lari tak tentu arah.

🏡 Tidur

Tidur ada kamarnya khusus cuma kasurnya baru dipasang kalau jam tidur, karena kalau dipasang sebelum itu jadinya diinjek-injek katanya malah dipake main. Tiap anak punya kasur sendiri dan nggak gantian sama anak lain.

🏡 Program preschool

Nggak ada, ada ekskul ngaji aja nambah Rp 150ribu tiap bulan. Katanya ada anak yang umurnya baru 1,5 tahun tapi udah hafal huruf hijaiyah gitu karena ngaji di Kidee setiap pagi. Tiap semester dapet report, strength weakness anak apa. Seru sih ya!

🏡 Mainan

Nah ini baru kusadari setelah JG ngomong "kok perasaan nggak liat mainan ya di Kidee?" iya ya kok nggak ada ya. Apa emang konsepnya nggak main-main ya. Cuma liat ada satu rak buku, itu pun bukunya nggak terlalu banyak. Mungkin disimpan di tempat tak terlihat lol.

🏡 Jam buka - tutup - overtime

Buka jam 6.30, tutup jam 6. Overtime-nyaaaaa ... LUPA NANYA HAHAHAHAH. Mengapa aku sungguh gagal menulis review. XD

🏡 CCTV

Ada CCTV dan online.

🏡 Toilet training

Ini juga nggak nanya deuh. Lupaaaa.

🏡 Report harian

Report daycare diberikan harian dan report perkembangan anak setiap 3 bulan.

🏡 Punishment

Tidak ada punishment/hukuman. Cuma dikasih tahu aja kalau memang anak salah.

🏡 Anak sakit

Seinget saya sih, nggak ada kamar isolasi ya. Tanya sendiri yaaa!

🏡 Lain-lain

Ada field trip dan bayar lagi tapi katanya nggak pernah lebih dari Rp 200ribu. Field trip-nya pake seragam gitu tampak seru sekali sih kalau liat di Instagram. Visit psikolog, dokter anak, dan dokter gigi setiap 6 bulan.

🏡 Biaya

Admin fee: Rp 2juta
Monthly fee: Rp 3,7juta
Ekskul: Rp 150ribu

Masih affordable sih, admin fee cuma sekali dan untuk itungan biaya daycare Jakarta Pusat juga masih ok ya menurut saya. Saya juga sempet WhatsApp sama ownernya dan ownernya baik banget. Ramaahhh banget padahal saya chat hari Sabtu pagi. Keramahan owner juga jadi pertimbangan banget sih buat saya, karena nanti kalau ada apa-apa kita kan komplain nomor satu ya ke owner dulu.

Masalahnya cuma satu ..

WAITING LIST 10 ANAK HUHUHUHUHUHU

Baca-baca di forum juga emang untung-untungan banget masuk ke sini hhhh. Tapi ya udalah akhirnya naro nama aja. Mengapa sungguh kurang beruntung hahaha.

Oke segitu aja review daycare Jakarta Pusat saya, next akan review Little Bee Daycare & Preschool. Minggu depan ya!

Baca review sebelumnya:

REVIEW LOVELY SUNSHINE DAYCARE BENHIL
REVIEW TWEEDE DAYCARE BENHIL (DAYCARE BEBE 3 TAHUN TERAKHIR)
REVIEW HAPPY TREE HOUSE DAYCARE SETIABUDI

dan cerita plus tips seputar daycare di tag:

TENTANG DAYCARE

See you daycare mommies!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

#SassyThursday: Tipe Cowok dari Masa ke Masa

on
Thursday, August 10, 2017

Judulnya panjang hahahaha. KEMBALI LAGI DI #SASSYTHURSDAY YANG YA AMPUN UDAH LAMA BANGET BOLOS! Abis Nahla sibuk dan aku malas jadi ya udah lol. Nggak perlu maksa karena yang bisa memaksa itu hanya jadi dewasa. Adulting is so damn hard.

Sigh. Gue dan Nahla sebenernya lagi capek banget nih nulis topik "terpaksa dewasa" terus jadi hari ini kami mau senang-senang dengan topik remeh temeh yaitu tipe cowok dari masa ke masa nyahahahaa. Sungguh topik majalah remaja sekali ya!

Baca punya Nahla:
Tipe Cowok dari Masa ke Masa

Gue sih yang ngasih ide tapi kemudian sendirinya blur. Nggak inget dulu suka cowok kaya apa ya? Emang punya yang namanya "tipe cowok"? Nggak sih kayanya, yang penting ngobrolnya nyambung aja. Dan speaking of "nyambung", nyambungnya anak SMP, SMA, dan kuliah serta sekarang itu pasti beda sih.

Jadi ya kalau harus nyebutin tipe cowok kesukaan sih gue beneran nggak bisa sama sekali. Yang penting mau dengerin gue ngomong, dah titik.

Pacar? Ya gitu aja, pas zaman sekolah sih yang penting suka lagu-lagu yang sama jadi nonton pensi bisa bareng ya kan. Bisa dibikinin mix tape juga pake radio. Lagu pilihannya ya gue otomatis sukalaahh kan setipe band kesukaannya nyahahaha. NAH! Jadi mendingan kita ngomongin bias di band aja!

Bias ini bahasa masa kini sih ya, buat yang nggak tau, artinya itu member favorit kita. Disebut bias karena apapun yang mereka lakukan, pandangan kita akan selalu bias kepadanya lol. Mau dia tidur mangap sambil ileran, kita tetep bilang dia ganteng. Bias sebias-biasnya nyahahaha.

Tapi ya, jauh sebelum era jadi reporter KPOP dan ketemu artis Korea, pada dasarnya gue emang lemah sama boyband. Anaknya fangirl boyband banget sampai nggak mau ngikutin One Direction karena meragukan diri sendiri bisa lolos dari jeratannya. Ya udah cukup tau hitsnya ajalah, plus kepoin Gigi dan Zayn. Aku harus tobat!

Perjalanan boyband gue cukup panjang. Dari SMP sih ya. SD gue ngapain sih auk, nggak inget sama sekali. Kayanya pas SD gue masih baca buku banget gitu deh. Belum ada pressure untuk nonton MTV hahaha.

Gue SMP tahun 2001 dan itu lagi zamannya Westlife banget. Backstreet Boys sama *NSYNC udah beberapa tahun sebelumnya ya CMIIW (LUPA). Yang jelas gue ngefans bangetnya sebenernya bukan sama Westlife. Tapi sama ...

...

BLUE!

Bias gue Lee Ryan. Bagi gue zaman SMP, Lee Ryan itu ganteng banget ya ampun.


Astaga kalian perlu tau gini doang gue Google Image-nya sambil blushing najong. :')))))

Gue ngefans sama Blue level pernah maksa ibu kantin sekolah SMP buat jual poster HAHAHAHAHAHA. Jadi dulu Blue itu jadi bintang iklan Pepsi Blue. Nah kantin sekolah gue jual dong Pepsi Blue dengan kulkas biru gitu kan. Dikasih lah sama orang promosi Pepsi: POSTER BLUE SEGEDE GABRUK. Dulu sih rasanya gede banget ya, kemarin-kemarin pas beberes Konmari kok ya cuma ukuran A3 lol.

(Baca: Beres-beres Rumah dengan Konmari Method Yuk!)

Bahan posternya itu bagus banget, bukan kertas tapi semacam plastik gitu. Kertas dilaminasi lah pokoknya bagus banget, nggak bisa sobek. Dan nggak Pepsi Pepsi amat juga, cuma mereka berdiri berempat pake baju biru abu terus ada logo Pepsi di bawahnya. Gue nanya dong ke ibu kantin, bu itu posternya buat saya aja. Karena jelas dia dikasih dan dia nggak ngefans sama Lee dong nggak kaya gue!

Terus sama ibu kantin nggak boleh coba! IH MAU NANGIS! Terus gue bujuk-bujukin karena itu kan itungannya poster official, sampai akhirnya dia bilang "ya udah tapi beli!" HUAAAA terus akhirnya gue beli Rp 1000 apa gitu lupa hahaha. Dulu uang jajan padahal Rp 1500 doang lolol kalau sama les baru dikasih Rp 3500.

Tapi Blue ini underrated banget ya, kurang duit promosi gitu sedih deh. Jadi nggak sempet se-hits Westlife atau Backstreet Boys gitu hhhh. Padahal Lee Ryan potensial banget. Potensial apa ya, ya potensial ngetop karena ganteng nyahahahaha.

Oke sebelum lanjut ke bias berikutnya, mari kita dengarkan dulu satu tembang dari Blue, All Rise. Yang nggak tau lagu ini nggak temenan! Haha!


Kalau sekarang di Blue ditanya siapa bias, gue pilih Simon sih ya. Suaranya bagus banget! Dulu suka Lee karena dia cute aja sih. Remeh lah aku mah.

Nah karena Blue kurang promosi, naturally ya gue suka juga Westlife. Tau bener-bener tau semua lagunya. Nah di Westlife, bias gue Nicky Byrne sama Brian McFadden. Nah dari sini aja udah keliatan kalau tipe cowok gue itu random banget. Apapaan nggak ada benang merahnya sama sekali gini.

Suka Nicky karena mukanya Amerika banget gitu. Model-model Aaron Carter. Suka Brian karena dia tinggi gede aja sih. Auk ah nggak jelas amat.

Yang jelas pas Brian pacaran sama si Kerry Atomic Kitten itu gue yang sebel karena Kerry pendek banget! Jari-jarinya juga pendek, gue inget mereka ngedate ke pantai gitu Kerry pake bikini dan jelek hih berani-beraninya pacaran sama Brian. Memang sungguh tidak masuk akal sekali ya sebelnya hahaha.



Sama Westlife ini bersyukur sih karena beberapa tahun lalu pas mereka ke sini gue nonton HUHUHUHU. SUMPAH TERHARU. Tapi promotornya sempet rusuh sih, jual tiket di luar kapasitas Tennis Indoor Senayan yang kecil banget gitu. Gue nonton festival kedorong-dorong sampai pengap banget dan akhirnya melambaikan tangan ke kamera.

NGGAK DENG. Melambaikan tangan ke mas-mas yang jaga gitu di seat atas minta dipindah karena gue sama temen-temen udah nggak kuat banget. Ya udah akhirnya pindah ke atas, duduk dan nyanyi-nyanyi sepanjang konser. Konser nostalgia banget senaaanggg!

Apa lagi ya?

Udah sih kayanya mereka doang yang ngaruh banget di hidup pas zaman SMP mah. SMA dengerinnya udah band macam Hoobastank gitu. Dan itu bukan karena ngerti tapi ya karena temen-temen dengerinnya itu ya udah ikutan aja hahaha. 180 derajat banget sama Nahla deh kalau soal musik mah.

Berikutnya punya bias lagi langsung yang ini. HAHAHAHAHA.


Ya gara-gara Boys Before Flower sih. Berikut-berikutnya sih bisa diliat di sini: daftar cowok ganteng kesayangan (TOP BIGBANG FTW!). Di situ baru keliatan ada tipenya ya. Mungkin memang butuh jadi agak tua dulu sampai bisa menentukan sukanya cowok kaya gimana. Makanya jangan nikah muda ya gengs. Hahaha.

(Baca: Rumitnya Menikah)

Sebenernya pengen bahas juga Backstreet Boys sama *NSYNC sih tapi duh kepanjangan. Intinya kalau di BSB gue suka Nick Carter lah who else! Combo sama Aaron Carter juga. Brother of the era. Kalau *NSYNC ya Justin Timberlake tentu saja karena Britney Spears my queen! Kalau Britney konser di sini gue mau nonton!

Btw nanggung nostalgia, INGET MEREKA NGGAK? GILA SIH ANAK MTV MILENIUM MANA SUARANYAAAAA?!


Steps tahun ini 20 tahun! Mereka comeback dan punya album baru omg omg omg. Duh gue beneran harus bikin satu postingan tentang nostalgia lagu favorit 90-an.

Masa-masa di mana kalau mau tau band favorit itu bener-bener cuma dari majalah dan tabloid Fantasi. Harus rajin dengerin radio dan mantengin MTV karena kalau nggak gitu nggak akan tau apa-apa soal mereka. Masa-masa itu. :')

Kalau kalian gimana? Suka tipe cowok kaya gimana? Siapa bias boybandnya? AYO NGAKU!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!

Bebe dan Bahasa Inggris, 6 Bulan Pertama

on
Wednesday, August 9, 2017
Sudah masuk bulan keenam sejak Bebe pertama kali bilingual dengan bahasa Inggris di rumah. Saya mau update progress-nya nih. Siapa tau bikin semangat buat ibu-ibu yang juga mau coba bilingual di rumah. :)


Update dari mana yaaaa. Lhoh kok bingung sendiri hahahaha. Oiya sebelum mulai saya mau bilang dulu kalau no, bahasa Inggris saya nggak sebagus itu kok serius. Kalau bahasa Inggris saya bagus banget kali udah jadi wartawan di Amerika hahahaha (sepertinya mudah lol nurut ngana aja).

Tapi ya kalian-kalian yang millennials saya yakin bisa laahhh bahasa Inggris sehari-hari mah ya. Saya percaya kalian bisaaaa hahahaha. Dan ya, saya kan cuma ngomong sehari-hari sama Bebe mah. Mau ngomong apa juga ya kan.

Saya bikin poin aja ya! Ada 5 poin. Ayo simak baik-baik!

📢 Udah bisa apa?

Sebulan belakangan udah berani ngomong! Itu sih kemajuan yang sangat membanggakan hahaha karena ada masa-masa dia nggak mau ngomong sedikitpun. Dia ngerti saya tanya apa, tapi dia tetap jawab dengan bahasa Indonesia. We've all been there, right? Ngerti sih ngerti tapi takut ngomong.

Dia udah tau anggota tubuh, binatang, warna, kendaraan, apa lagi ya yang basic-basic gitu lah. Bebe juga mulai merangkai kalimat dan ini bikin terharu. Oiya jangan kira langsung bener ya! Saya kan ngikutin bayi-bayi blogger luar (yang cuma belajar bahasa Inggris aja) umur 2-3 tahun masih begitu aja kok Inggrisnya. Misal "my name Penny" bukan "my name is Penny" gitu.

Sekarang dia kasih sesuatu ke saya dan bilang "is for you" (this is for you), kalau nunjuk sesuatu bisa bilang "this one, this one, this, aaaannnnd this!", bisa nanya "where the other?", bisa bilang kalau mau sesuatu "i want this", "i want sleep" pokonya i want i want aja nggak pake to hahaha. Bisa bilang "aylaik!" dan "so yummy!". Apa lagi ya. Bisa menggabungkan warna dan benda "black dog" "red firetruck" dll. Bisa nyanyi Twinkle Twinkle dengan pronunciation yang bener dan nggak ngarang lol.

Udah lumayan banget lah, komunikasi sehari-hari tidak terhambat sama sekali. Dan cara ngomongnya itu ... LUCU BANGET SUMPAH HAHAHAHAHA #shamelessmom

📢 Metodenya apa?

Awalnya saya ngomong dua bahasa sekaligus tapi itu capek banget huuuu. Nggak kuat. Capek lah karena ngomongnya jadi ngeluarin energi dua kali lebih banyak *anaknya itungan lol*. Tapi itu efektif banget loh kayanya. Soalnya Bebe jadi nggak nanya.

Jadi saya bener-bener "Are you hungry? Kamu lapar?" atau "No you can't do that Xylo, nggak boleh begitu Xylo" BAYANGIN AJA CAPEKNYA.

Terus saya nyerah di bulan pertama hahahahahaha.

Akhirnya ya udah bodo amat, kalau lagi males ya full Indonesia, kalau lagi on banget ya full Inggris. Cuma karena bahasa Indonesia dia udah lancar banget dia jadinya nanya kalau ada kata yang dia nggak ngerti. Misal saya bilang "don't throw it!", Bebe tidak tahu throw itu apa terus dia nanya "throw apa tuh?" Saya jawab dan dia biasanya langsung coba pake "throw ajalah!" HAHAHAHA

Nah jadi kayanya emang lebih gampang mengajarkan bahasa kedua setelah anak sangat lancar bahasa pertama. Jadi komunikasi bisa pakai dua bahasa. Cuma ya ingat, sebaiknya mulai diajarkan bahasa kedua sebelum usianya 6 tahun ya!

Alasannya ada di postingan yang ini: Mengajarkan Bahasa Inggris pada Balita

Banyak juga yang memang membagi orangtua kan, ibunya full Inggris, ayahnya full Indonesia sejak anak masih bayi. Nanti otomatis anak akan bisa keduanya asal konsisten. Nah kalau ini saya males karena saya sendiri pusing kalau ngobrol bertiga hahaha pengen nyautin pake bahasa Indonesia juga dong jadinya karena Bebe dan JG seru ngobrol pake bahasa Indonesia.

Ya intinya sayanya kurang nyaman lah hahaha *ALASAN!*

Nonton juga belum terlalu ngaruh ya. Katanya banyak anak yang jago bahasa Inggris karena seharian nonton Disney Channel, Bebe nonton sih tapi kayanya nggak ngaruh banyak. Jadi ya beda-beda, harus dicoba, jangan jadi anak dikasih nonton terus hanya demi dia bisa bahasa Inggris tapi kita nggak coba metode lain hehehe.

Saya coba juga dengan buku cerita bahasa Inggris sih. Lumayan ngaruh karena kalau ada kata yang dia nggak ngerti, dia stop kita cerita dan nanya. Jadi intinya interaksi ya! IYAAA.

📢 Reaksi Bebe gimana?

Awalnya marah. Kalau saya ngomong pake bahasa Inggris dia teriak "NGGAK MAU!" nggak mau jawab maksudnya. Dia agak nggak terima gitu kenapa tiba-tiba ibu ngomong banyak tapi dia nggak ngerti. Tapi ya nggak usah ditanggepin amat sih, harus ngotot aja kitanya.

Lama-lama dia mulai jawab meski pakai bahasa Indonesia, mulai berani tanya kata yang nggak dia ngerti, dan mulai berani ngomong.

Terus yang paling ngaruhnya banget sih ketemu anak orang yang ngomongnya bahasa Inggris juga. Jadi dia nggak ngerasa asing sendiri. Dia merasa itu bahasa yang umum buat anak-anak. Setelah itu naturally dia nggak marah lagi dan mulai terbiasa.

📢 Susah nggak sih?

Apapun yang perlu dilakukan dengan konsisten dan disiplin kan emang susah ya. Sekarang saya batasi aja dengan ngomong baik dalam bahasa Inggris, menegur yang perlu penjelasan saya pakai bahasa Indonesia.

Bukan apa-apa, sebel tau panjang lebar nyeramahin anak terus anaknya nggak ngerti hahahaha.

Jadi dibilang susah sih nggak susah ya, dibilang gampang juga ya nggak gampang karena butuh niat kuat. Niat Bebe bisa bahasa Inggris sejak bayi aja cukup sih karena ya anak-anak lain pada bisa masa Bebe nggak. Lagian effortnya kan cuma dari orangtuanya aja, nggak perlu les atau apa. Jadi niatkan!

📢 Apa nggak takut dia lupa bahasa Indonesia?

Nggak lah, lingkungan dia masih mayoritas bahasa Indonesia kok, saya yakin dia nggak akan lupa. Ngomong campur-campur sih iya banget dan itu wajar karena anak masih belajar tentang code switching, bagaimana melatih diri agar bisa bicara full satu bahasa.

Good news-nya, kalau sudah sampai code switching ya artinya anak sudah punya dua bahasa di otaknya. Senang ya!

Dan saya memang nggak pengen dia cuma bisa bahasa Inggris doang sih makanya tetep nekenin bahasa Indonesia juga. Kasian nanti kalau sekolahnya ternyata bahasa Indonesia takutnya pusing. Pokoknya sebelum urusan sekolah dimulai, Bebe harus lancar dulu kedua bahasa itu. Masuknya ke sekolah berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia liat uangnya nanti hahahahaha.

*

Oiya, untuk penyemangat, saya nonton videonya mbak Yonna Kairupan. Anaknya empat dan semuanya lancar bahasa Inggris dari kecil karena di rumah bilingual. No, suaminya nggak bule dan anak-anaknya nggak di sekolah internasional. Karena konsisten aja dari kecil di rumah pakainya dua bahasa. Masa saya yang anak satu nggak sanggup?! #kompetitif

Nonton aja deh yaaa biar lebih jelas. Ada juga satu video lagi dengan anak-anak sebagai bintang tamu dan ditanya gimana perasaan mereka bisa bahasa Inggris sejak kecil. Cari sendiri di channelnya hahahah.


Oke deh segitu aja dari saya. Nanti diupdate lagi kalau udah ada progress yaaa!

See you when I see you!

-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!