Survey Lovely Sunshine Daycare Jakarta

on
Wednesday, August 2, 2017
Halo, kali ini saya mau berbagi hasil survey Lovely Sunshine Daycare Jakarta Pusat yang terletak di Jalan Danau Poso Benhil. Review di sini bukan berarti saya pernah mencoba menitipkan anak di sini ya, ini hasil survey dan tanya-tanya pada daycare yang bersangkutan. 

Tulisan ini adalah bagian dari review dan survey daycare di Jakarta yang saya lakukan dalam rangka cari daycare untuk Bebe, anak saya yang usianya 3 tahun, jadi sudut pandangnya memang toddler bukan bayi. Ini bisa jadi bayangan aja karena survey satu-satu itu menyita waktu sekali kan. Tapi sebaiknya, ya datenglah ke beberapa daycare untuk survey dulu sebelum memutuskan mau ke daycare yang mana. Baca juga postingan lain tentang daycare di sini. :)


Lovely Sunshine Daycare ini sebetulnya adalah target utama dari calon preschool dan daycare Bebe. Hanya saja tahun lalu saya sempat main ke sini dan rasanya kurang sreg. Tapi waktu itu saya nggak terlalu tanya detail karena memang iseng doang, minggu lalu saya dan JG balik lagi ke sini untuk tanya se-detail mungkin dan ... tetep kurang sreg hehehe.

Ini detailnya ya. Setiap daycare yang saya review, saya tulis detail yang sama supaya bisa dibandingkan satu sama lain.

🏡 Lokasi

Lovely Sunshine ini terletak di Jalan Danau Poso no 157, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Strategis buat yang kerjanya di daerah Sudirman - Kuningan - Slipi. Daycare di daerah Benhil ini ada beberapa, cuma yang ada preschool-nya hanya Lovely Sunshine ini (cmiiw).

🏡 Kondisi bangunan

Rumah dua lantai, masuk dengan fingerprint jadi nggak perlu ngebel terus nunggu dibukain pintu. Plus point karena nunggu dibukain pintu sebel hahaha. Di lantai satu untuk kelas dari 3 sampai 6 tahun, lantai dua untuk bayi sampai usia 2 tahun.

Anaknya banyak ada 30-an anak tapi menurut saya sih rumahnya terlalu kecil untuk nampung anak sebanyak itu. Ruang mainnya nggak terlalu besar, nggak ada halaman depan cuma ada halaman belakang kecil tempat tangga-tanggaan sama jungkat-jungkit. Kelasnya juga sempit.

Ini lumayan bikin mikir soalnya Bebe anaknya nggak mau diem, di kelas sempit bisa-bisa nggak bebas. :(

🏡 Rasio caregiver dan anak

Di Lovely Sunshine, satu mbak nggak terus menerus pegang anak yang sama. Sistemnya per kelas, jadi tiap kelas ada 1 teacher dan 2 caregiver. Di kelas pre-K untuk usia Bebe, waktu survey ada 6 anak. Masih ok sih ya rasionya. Pas lah.

Caregiver-nya juga dikasih training berkala. Kata supervisor, kalau ada komplain baju tertukar pun caregiver langsung ditegur karena artinya ia kurang konsentrasi. Wow.

🏡 Jadwal harian

Nah di luar ruangan yang sempit, saya nggak sreg sama jadwalnya yang terlalu banyak di kelas. Ini jadwal yang saya tangkep dari pembicaraan sama supervisornya. Baiknya di-confirm ulang ya buibu!

1. Dateng ke daycare pagi-pagi, anak dianter ortu langsung masuk kelas masing-masing
2. Mandi
3. Masuk kelas lagi, makan di kelas
4. Belajar di kelas, dari jam 9-12
5. Makan siang di kelas lagi
6. Tidur siang di kelas lagi (dipasang kasur)
7. Jam 2-6 (bangun tidur siang sampai dijemput), bergantian pakai ruang main dengan kelas lain. main tidak bersama anak yang lebih besar/lebih kecil jadi main di ruang bermain pakai jadwal.
8. Makan sore di kelas

Kok di kelas terus ya? Nggak bebas main di ruang main karena harus bergantian dengan anak kelas lain. Kalau anaknya udah gede dan tujuannya sekolah sih oke ya, kalau saya kan justru tujuannya Bebe main, sekolah cuma tambahan aja kalau dia mau.

🏡 Mandi

Ini juga kurang sreg karena mandinya berdua-berdua, katanya (iyes saya nanya) karena anak banyak sementara kamar mandi cuma satu. Berdua-berdua nggak cowok cewek sih tapi saya nggak mau huhuhuhu.

🏡 Makan

Makannya standar daycare pada umumnya, 3 kali sehari makan berat, sekali buah dan sekali biskuit. Susu bawa sendiri.

🏡 Tidur

Tidur di kelas seperti yang udah saya jelasin di atas. Ternyata banyak daycare dengan konsep kaya gini ya. Saya baru tau, soalnya daycare Bebe sekarang terpisah banget antara kelas, kamar anak cowok, kamar anak cewek, dan kamar bayi.

🏡 Program preschool

Yes ada program preschool dari Pre-K (3-4 tahun), K1 (4-5 tahun), K2 (5-6 tahun). Untuk pre-K masih pakai bahasa Indonesia, untuk K1 dan K2 udah mulai pakai bahasa Inggris. Diajari membaca tapi tidak dipaksa, hanya pengenalan huruf dan angka.

Kami ngobrol dengan teachernya, konsep belajarnya itu disiplin dan konsisten. Karena dengan konsistensi, anak akan disiplin karena terbiasa.

Tiap minggu ada goals untuk masing-masing anak, jadi nggak memaksakan goals yang sama ke semua anak. Kalau anak nggak nyampe goals-nya maka dikomunikasikan dengan orangtua. Cukup oke sih ya menurut aku.

🏡 Mainan

Mainannya lumayan banyak, ada ayunan dan perosotan. Ada rumah-rumahan yang baru dicuci juga pas saya survey. Ada kompor dan masak-masakan yang Bebe suka banget! Ada mobil-mobilan polisi yang bisa dinaikin. Sampai sekarang kalau liat mobil polisi Bebe bilang "itu mobil polisi kaya di sekolah aku". Hahaha.

🏡 Jam buka - tutup - overtime

Buka jam 7, tutup jam 6. Overtime-nya oke loh, ada toleransi waktu 15 menit jadi baru dihitung overtime kalau udah jam 6.15 sore. Pas banget buat saya dan kalian-kalian yang overtime terus hahahaha.

🏡 CCTV

Ada CCTV tapi aku lupa tanya apa bisa diakses orangtua atau nggak. :S

🏡 Toilet training

Ini juga nggak nanya deuh. Lupaaaa.

🏡 Report harian

Report daycare diberikan harian dan report preschool mingguan.

🏡 Punishment

Tidak ada punishment/hukuman. Kalau anak salah karena misal merebut mainan temannya, menurut supervisornya nggak dihukum gimana-gimana, cuma misalnya anak hanya disuruh diam beberapa menit di karpet merah (karpet karet puzzle itu loh).

🏡 Anak sakit

Nggak nanya masa lupa. Tapi pas keliling-keliling sih nggak ada kamar isolasi ya. Tanya sendiri ya buibuuuu!

🏡 Lain-lain

Ada field trip dan main ke taman cuma jadwalnya kurang jelas. Visit dokter anak dan dokter gigi setiap 3 bulan.

🏡 Biaya

Biaya Daycare dan Preschool Lovely Sunshine: Rp 3,2juta/bulan
Admission fee: Rp 2juta
Biaya preschool (tanpa daycare): Rp 1,95juta/bulan

Murah loh itungannya untuk daycare dan preschool. Worth it lah untuk orangtua yang anaknya udah usia preschool dan masih butuh daycare.

Dan namanya daycare ya, cocok-cocokan banget antara orangtua dan daycare itu sendiri. Temennya Bebe udah dua orang preschool di Lovely Sunshine. Dari segi fee bulanan juga itungannya murah dengan pertimbangan biaya daycare Jakarta Pusat yang lain

Oke itu dia review daycare pertama. Masih ada dua daycare lain di sekitar Jakarta Pusat dan Selatan yang akan saya review tapi nantiiii kalau sempet hahaha.

Selamat cari daycare buibu!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

5 comments on "Survey Lovely Sunshine Daycare Jakarta"
  1. Hi ka Icha,
    Aku mau infoin aja di daerah benhil ada juga lho daycare plus preschool namanya Sahabat Child Care. Dia daycare plus preschool berbasis islamic gtu, mungkin kalo ka Icha berminta bisa survey ke sana atau liat-liat dulu di web mereka sahabatchildcare(dot)com.

    Semoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya aku tau ini! di pejompongan dalam ya ini bukan di benhil, pernah liat. oke makasih ya, nanti aku ceki-ceki. makasih banyaaakkk! :*

      Delete
  2. Aku selama ini wondering Bebe kalau diantar ke Daycare udah mandi pagi apa belum, atau mandinya di daycare? karena kan berangkat pasti pagi-pagi ya Cha. Baca ini jadi inget lagi terus langsung nanya aja lah, hahaha

    ReplyDelete
  3. jadi terbayang kehidupan daycare itu seperti apa karena mengikuti cerita2 kamu.

    ReplyDelete
  4. mba, anakku per senin kemarin jg mulai daycare. Sebelum daycare aku khatamin dulu tips-tips daycare yg udh mba tulis. terima kasih ya sudah sharing. tapi meskipun udah baca tips2 n praktek tetep loh di gojek sepanjang jalan daycare-kantor nangis berasa ngga tega :)).
    btw kebetulan anakku jg daycare+sekolah (toodler class), tapi sebenernya ini sekolah tapi ada fasilitas daycare nya, jadi ya mulai daycarenya after kelas. tapi untungnya mereka helpfull bgt kalo pagi2 bantu masakin air panas untuk aku mandiin anakku dan ngga masalah juga kalau kalo ak udah mepet mau kekantor, mereka bantu suapin sarapan . Semoga anak-anak kita selalu dalam lindungan Allah dan enjoy di daycare ya mba. sekali lagi terima kasih untuk tulisan-tulisan mba ttg daycare jadi ak semakin mantap kalau ini merupakan pilihan terbaik untuk anakku :)

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)