-->

Tips Menulis Blog yang Menarik (1)

on
Monday, August 14, 2017
Halo semuanya, mumpung hari Senin saya mau share sesuatu yang produktif yaitu tips menulis blog! Gila keren nggak tuh saya ngasih tips nulis hahahaha.


Saya sih berani ngasih tips nulis karena ya ngerasa bagus aja nulisnya HAHAHA. Ya iyalah, harus merasa mampu dulu dong baru kasih tips. Lagian saya sih pede tulisan saya enak dibaca lol. Terbukti ya dengan blog ini yang pembacanya ada terus sampai berjuta-juta kali kusenang deh. Makasih loh kaliaaannn! Makasihnya berjuta-juta kali juga. :*

Ini kayanya akan panjang sih tapi simak ya! Saya nulis ini iseng aja sih karena kadang suka pengen main ke blog orang tapi kok ya tulisannya nggak enak dibaca. Ceritanya nggak seru, point of viewnya biasa aja, cara nulisnya nggak spesial juga, eh terus malah baper curhat di socmed karena blognya sepi. Introspeksi dulu kaliii. :)

Ini dia tips menulis blog yang menarik ala annisast:

⭐ Nggak usah pusing sama kata ganti

Mau pake saya, pake aku, pake gue, bebas. Dan nggak perlu terus-terusan sama juga sih. Misal blog ini, di tulisan yang cenderung serius maka saya menggunakan "saya", di postingan remeh temeh kaya #SassyThursday gitu pakenya "gue".

Yang menentukan itu topiknya, ketika kita ngobrol serius sama orang yang nggak kita kenal, kita cenderung menggunakan saya kan. Dan ketika kita ngobrol sama temen-temen yang akrab dengan topik ringan, maka kita pake "aku" atau "gue" kan. Jadi ya nggak usah dibikin pusing!

Soalnya kata ganti ini ngaruh banget ke feel satu tulisan. Ketika kamu berusaha ngomong serius tapi ngomongnya "kasar" dan pake lo gue, orang nangkepnya bisa beda. Bisa dianggap marah atau malah dianggap nggak serius. Begicu.

Sementara kita nulis blog kan nggak selamanya serius dan nggak selamanya bercanda kan. Jadi sesuaikan kata ganti dengan topik dan feel tulisan.

⭐ Jangan menyingkat kata!

Gini ya saya kasih tau, menyingkat kata itu digunakan di SMS zaman dulu karena keterbatasan karakter. Lah zaman sekarang kan nggak ada yang dibatasi kecuali Twitter, udalah jangan singkat apa-apa. Saya sih chat aja udah nggak pernah nyingkat apapun sama sekali. "Yang" bukan "yg", "belum" bukan "blm".

Ini ngaruh ke psikologis pembaca, baca singkatan itu capek, nggak nyaman. Mana kadang singkatan orang kan beda sama orang lainnya, boro-boro baca dengan enak, malah mikirin arti singkatannya dulu.

Jadi tulis kata dengan utuh, nggak ada ruginya kok.

⭐ Perhatikan panjang paragraf

Yes, jangan kepanjangan dan jangan kependekan. Kalau saya sih maksimal 3 kalimat dalam satu paragraf. Jangan cuma satu kalimat dalam satu paragraf plis kalian bukan tribunnews ya. Baca paragraf yang terlalu pendek itu capek, sekalimat enter sekalimat enter hhhh.

⭐ Jangan mengulang kata yang sama

Sebisa mungkin jangan ulang kata yang sama baik dalam satu kalimat atau dalam satu paragraf. Karena itu MEMBOSANKAN. Contoh ini dari paragraf di atas:

Saya nulis ini iseng aja sih karena kadang suka pengen main ke blog orang tapi kok ya tulisannya nggak enak dibaca. Ceritanya nggak seru, point of viewnya biasa aja, cara nulisnya nggak spesial juga, eh terus malah baper curhat di socmed karena blognya sepi. Introspeksi dulu kaliii. :)

Coba kalau kalian nulisnya gini:

Saya nulis ini iseng aja sih karena kadang suka pengen main ke blog orang tapi kok ya tulisannya nggak enak dibaca. Ceritanya nggak seru, point of viewnya nggak seru, cara nulisnya nggak seru juga, eh terus malah baper curhat di socmed karena blognya sepi. Introspeksi dulu kaliii. :)

((( MENGULANG KATA NGGAK SERU )))

Yang mana yang lebih enak dibaca? Ya tentukanlah sendiri.

Mengulang kata boleh kalau tujuannya menekankan. Contoh:

Tapi Blue ini underrated banget ya, kurang duit promosi gitu sedih deh. Jadi nggak sempet se-hits Westlife atau Backstreet Boys gitu hhhh. Padahal Lee Ryan potensial banget. Potensial apa ya, ya potensial ngetop karena ganteng nyahahahaha. (lengkapnya di post ini)

Nangkep yaaa?

⭐ Proofread and proofread

Proofread itu penting. Kalau saya sih biasanya baru setengah aja udah saya preview dulu dan baca. Fungsinya kalau ternyata alurnya kurang enak, masih bisa atur ulang. Kalau udah selesai banget baru atur alur sih jadinya lebih ribet kan.

Dan jangan cuma baca sekali! Baca berkali-kali, pikirin dari sudut pandang orang yang baca, apa mereka ngerti apa maksud kita? Apa kita bisa mengirim emosi kita ke mereka?

Karena kadang kita nulis pakai bahasa tutur dan orang jadi bingung maksudnya apa karena mereka belum pernah ketemu langsung sama kita. Jadi baca berulang-ulang itu penting.

*

Oke ini kalau dilanjutin akan super panjang jadi saya bagi dua ya! Bagian keduanya bisa dibaca di sini:

Tips Menulis Blog yang Menarik (2)

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
19 comments on "Tips Menulis Blog yang Menarik (1)"
  1. Mau donk tips biar sering menang lomba blog kayak annisast.com hueheuehue *request bangeeett*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku mah jarang bangeettt menang lomba. paling baru berapa kali sih, nggak sering kok beneran. ga nyampe 10 kali kayanya.

      Delete
  2. Makasih mb icha tipsnya. Mudah2an tulisanku nggak ngebosenin. Kalaupun sepi moga aku gak baper wkwkw

    ReplyDelete
  3. Oh yes, setuju sama poin2nya. 👍🏼
    Kadang suka baca intronya bertele2 padahal mau nyeritain yg lain. Udah males duluan sih kalo gini. Skip. 😁

    ReplyDelete
  4. Wah jadi penasaran saya jadinya minta sarannya dari tulisan saya di blog. Udah lumayan menarik atau belum ya. Minta sarannya mba. Saya baru belajar nulisnya n ngeblognya nih

    ReplyDelete
  5. wah saya sering kehilangan ide nulis yang menarik :)

    ReplyDelete
  6. haha ini bener bangeeet. lanjut baca yang sesi kedua

    ReplyDelete
  7. Habis nulis, baca lagi...kadang kita jg bingung ini nulis apaan :D well yah...thx infonyah

    ReplyDelete
  8. Jadi walaupun isinya curhat yang penting emosinya nyampe ya Mak? #EhGimana? :D

    ReplyDelete
  9. Makasih tips-nya.
    Buat intropeksi diri blog saya sepi pengunjung wkwkwwkwk

    ReplyDelete
  10. Ah ternyata boleh boleh aja ya pakai kata ganti saya atau gue (gw) makasih tipsnya mba ica

    ReplyDelete
  11. Emang ada ya mbak blog yang tulisannya disingkat? Berarti ketahuan umur ya itu.
    Pasti orang lama deh. Dulu kebiasaan singkat-singkatan pas jaman sms masih berjaya hahahaha.

    ReplyDelete
  12. nice sharing. terimakasih sudah mengingatkan :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih seringnya mba... 😀😀

    ReplyDelete
  14. aaaaak kayak gini kan enak ya tipsnya, emang udah jagonya kamu deh membrainwash aku hhhhh

    ReplyDelete
  15. Hihi bener kak ... apalagi yang bagian singkat kata itu. Saya malah sampai ke bawa pas bikin status di sosmed atau bahkan untuk chatting. Malah dikatain terlalu serius x__x harus tambah emot biar nggak salah paham haha

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG