Review Tweede Daycare Benhil

on
Wednesday, August 30, 2017
Review Tweede Daycare Bendungan Hilir alias daycare Bebe selama 3 tahun ke belakang!


Jadi ... minggu ini adalah minggu terakhir Bebe di daycare. Senin ini dia akan masuk ke daycare baru yang ada preschool-nya. Mulai sekarang daycare barunya yang nggak akan saya sebut di blog ini ya.

Hari ini saya mau review dan rekomendasiin daycare yang udah jadi rumah Bebe sejak umurnya 3 bulan sampai 3 tahun 3 bulan. Jadi persis 3 tahun Bebe di sana.

Namanya Tweede Daycare.

*nulis namanya mau nangis* *anaknya susah move on*

Tweede ini ditemukan oleh JG yang muter-muter sendirian cari daycare di sekitaran Benhil - Pejompongan. Dulu daycarenya masih nebeng di rumah salah satu owner, makanya meski nggak ada CCTV saya percaya aja karena lah itu ownernya di rumah kan. Anaknya pun kalau pulang sekolah TK suka main bareng sama anak-anak daycare.

Dan perlu diingat kalau itu tahun 2014. Pilihan daycare di sekitar Benhil, Kuningan, Setiabudi, nggak sebanyak sekarang. Yang ada pun nggak nerima bayi dari 2-3 bulan. rata-rata dari 6 bulan. Tapi ternyata kemarin pas nyari preschool, banyak banget daycare baru yang bertebaran dan rata-rata udah terima dari bayi 2-3 bulan.

Oke saya pakai template review daycare ya. Cuma ini pasti lebih detail. Yaiyalah nurut lo aja, 3 tahun bermarkas di sini hehehe

🏡 Lokasi

Jalan Danau Limboto no 4, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Persis di depan SMP Negeri 40. Jadi kalau naik ojek dan nggak nemu Tweede (meskipun ada sih di Google) tinggal search aja SMPN 40. Gerbangnya seberang-seberangan persis.

Ini sebabnya Bebe terinspirasi pengen sekolah pake seragam karena suka ngintipin dari balik pager, kakak-kakak SMP lagi istirahat yang jamnya sama dengan jam anak-anak daycare main outdoor.

🏡 Kondisi bangunan

Rumahnya lumayan bagus, bukan bangunan tua. Sekarang lagi dibenerin sedikit-sedikit. Jadi kalau ada yang survey ke sana terus ngerasa kok rada berantakan, harap sabar. Lagi diberesin hehehe.

🏡 Rasio caregiver anak

Untuk bayi 1:2, untuk toddler 1:3. Daycare lain rata-rata untuk toddler 1:4 😭 Di sini ada satu mbak khusus untuk beberes jadi jangan khawatir mbak yang jaga anak kita nyambi cuci piring. No, karena memang ada satu mbak yang job desc-nya cuci piring dan bersih-bersih.

Karena ADA LHO daycare yang nyuruh mbaknya masak di tempat buat anak-anaknya. Hiks.

Dan di Tweede maksimal hanya 10 anak, jadi ruangannya masih tetep luas untuk anak lari-larian. Daycare lain dengan ukuran rumah yang sama bisa terima 20-30 anak!

🏡 Jadwal harian

Dateng mandi, makan, kelas 2 jam (nyanyi, gambar, menempel, baca buku, main sama guru lah intinya), lanjut main di luar. BY THE WAY HALAMANNYA LUAS DAN NGGAK BOLEH DIPAKE PARKIR.

Jadi halamannya bebas buat lari-larian, sepedaan, main bola, dan biasa dipake berenang. Ada perosotan dan ayunan juga. Bebe udah naik ini perosotan sejak dia bahkan belum bisa jalan. Aku mellow banget deh ini beneran.

T______T

Jadwalnya gini:

1. Dateng belum mandi
2. Mandi
3. Makan
4. Kelas
5. Main outdoor
6. Makan siang
7. Mandi lagi/bersih-bersih
8. Bobo siang
9. Bangun terus makan sore
10. Mandi sore
11. Nunggu dijemput

belajar di kelas. captured by @tazalyphoto

🏡 Mandi

Dua kali sehari pagi dan sore. Khusus anak keringetan kaya Bebe, sebelum bobo siang juga mandi lagi. Sabun, sampo, dan pasta gigi disediakan. Sikat gigi bawa sendiri. Daycare lain mah semua harus bawa sendiri huhu.

🏡 Makan

3 kali makan. Kalau bayi di bawah 1 tahun dapet 2 kali snack buah. Kalau di atas 1 tahun 1 kali snack buah dan 1 kali biskuit bayi.

🏡 Tidur

TIDUR DI KAMAR YANG TIDAK DIGABUNG DENGAN RUANGAN APAPUN, DI KASUR DENGAN RANJANG PERMANEN. YANG TERNYATA ADALAH KEAJAIBAN DAN KEMEWAHAN BAGI DAYCARE SE-JAKARTA PUSAT.

THERE I SAID IT.

Saya survey ke 6 daycare lain dengan range harga 3,5juta sampai 5juta per bulan. Sampai yang 5juta per bulan aja anak-anak tidur di kelas, dengan kasur yang digelar gitu aja di lantai, nggak ada ranjangnya. 😭

Di Tweede, kelas ya kelas, kamar ya kamar. Di kamar, tiap anak punya satu ranjang kecil. Jadi bisa naro selimut sama boneka sendiri. Itu adalah area privat buat anak setelah seharian harus sharing segalanya dengan anak lain. Saya seneng banget sama konsep area privat kaya gini.

Dan jadinya Bebe attach banget sama kasurnya. Meskipun misalnya kebetulan anak laki-laki lain nggak masuk, dia nggak mau gabung nebeng tidur ke kamar anak perempuan meski ada kasur kosong. Dia tetep di kamarnya meski sendirian.

OIYA DONG KAMAR ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN SERTA BAYI TERPISAH. Daycare lain udah mah tidur di kelas, cowok cewek nggak dipisah pula.

Ini privilege banget sih. Dan buat saya yang menerapkan soal privasi, soal gender, serta soal rasa malu dari Bebe kecil banget sih Tweede ini poinnya 100 banget.

(Baca: Mengenalkan Gender pada Balita)

🏡 Program preschool

Nggak ada preschool, cuma kelas biasa sama guru TK. Per Oktober 2017 akan ada les Inggris, calistung, dan baca Iqra untuk anak >3 tahun yang belum mau preschool. Ibu dan appa Bebe mah maunya Bebe preschool hehehe. Time to move on setelah 3 tahun.

MESKIPUN GALAU PARAH. T______T

berenang di daycare. captured by @tazalyphoto

🏡 Mainan


Mainannya emang nggak banyak sih. Banyakan mainan Bebe di rumah hahaha. Tapi jadwal anak-anak tuh emang lumayan packed jadi tetep nggak bosen. Refer ke jadwal di atas ya! Anak-anak main pas nunggu dijemput doang cuma 1-2 jam lah paling lama juga.

🏡 Overtime

Jam buka: 7 pagi (tapi biasanya dari jam 7 kurang udah ada mbak dateng sih dan nggak kena overtime kalau pagi)
Jam tutup: 6 sore
Biaya overtime: Rp 15ribu per 15 menit

🏡 CCTV

Nggak ada, tapi saya sih udah percaya banget karena semua mbak, supervisor, dan gurunya kaya keluarga sendiri. Alhamdulillah sampai sekarang Bebe nggak pernah kenapa-napa. Malah disayang banget dan lebih dimanja daripada di rumah.

Bebe ganti mbak udah 3 kali dan ketiganya baikkkk banget, sayang semua sama Bebe. Sedih banget sekarang harus keluar huhu.

🏡 Toilet training

Bisa, mbak-mbaknya mau kok ngajarin toilet training.

🏡 Report harian

Ada dong, lengkap dengan makan apa, habis nggaknya. Plus berantem sama siapa hari ini, mau minta maaf apa nggak, dll.

Bebe ulang tahun di daycare

🏡 Punishment

Sebenernya anak di-time out tapi jarang banget sih. Soalnya biasanya di-time out itu karena disuruh minta maaf nggak mau. Ini disuruh minta maaf pada mau, terus langsung pelukan, terus main lagi, terus paling berantem lagi hahahaha.

🏡 Anak sakit

Asal nggak parah banget sih boleh masuk, bisa dititipi obat/vitamin.

🏡 Lain-lain

Pijat bayi free untuk anak sampai usia 18 bulan. Di atas 18 bulan nambah Rp 100ribu/bulan. Bebe sih sampai sekarang banget masih pijit karena tiap bulan ada aja salah urat zzz, maklum anaknya kalem kan jadi sering pegel-pegel. :|

Dokter anak sebulan sekali (3 tahun belum pernah bolong sama sekali), dokter gigi 6 bulan sekali, dan psikolog 3 bulan sekali (ini juga nggak pernah bolong). Karena katanya ada daycare yang ngakunya ada dokter ini itu tapi dokternya nggak rutin dateng.

Boleh konsultasi sepuasnya sama psikolog. Saya akan kangen banget sesi ini. HUHUHU. Karena biasanya satu sesi sama psikolog bisa jadi satu blogpost. Untung masih kebagian satu sesi psikolog terakhir akhir minggu ini.

Mulai Oktober ada field trip 3 bulan sekali!

🏡 Biaya

Uang pangkal: Rp (lupa tar ditanya dulu HAHAHA)
Monthly fee: Rp 2,9juta

Percayalah padaku ini adalah harga daycare paling reasonable dibandingkan dengan tempat dan mbak-mbaknya yang baik-baik huhu. Setelah nyari-nyari preschool buat Bebe, rata-rata daycare matok Rp 4jutaan untuk kondisi rumah kaya gini. Yang Rp 3jutaan itu rumahnya emang nggak terlalu bagus sih.

Dan di bulan September ini ada promo uang pangkal loh. Bisa dicicil 3 kali. Jadi yang masih pusing cari daycare, coba dulu ke Tweede ini. Abis dari sini banyak orangtua susah move on karena kerasa mbak-mbaknya emang sayang banget sama anak-anak. Termasuk saya.

Begituuuu.

Demikian review daycare Jakarta Pusat saya, boleh loh baca hasil survey daycare lain di Jakarta:

KIDEE CHILD CARE SENOPATI
LOVELY SUNSHINE DAYCARE BENDUNGAN HILIR

dan cerita plus tips seputar daycare di tag:

TENTANG DAYCARE

See you!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

7 comments on "Review Tweede Daycare Benhil "
  1. Speechless sama harganya. :'D Tapi pastu kualitasnya nggak mengecewakan, ya?

    ReplyDelete
  2. hiks... itu buat balita 4 juta, setara sama uang semesteran aku S2 🤣

    ReplyDelete
  3. kantor bapak nya di kawasan epicentrum
    kantor ibu nya di kasablanka
    kontrakan kita di rasamala pancoran
    jauh euy ke daycare nya xylo di benhil itu 😞

    ReplyDelete
  4. Mbak Icha, aku kok mbrebes mili bacanya ya T_______T
    anak aku juga di daycare, di Bandung tapi hehe terus taun besok mau naik kelas toddler, aku jadi membayangkan akan sedih karena akan meninggalkan Ibu-Ibu pengasuh kelas bayi.
    Aku harus berterimakasih ke Mbak Icha nih karena berkat Mbak Icha aku memantapkan diri menitipkan anak di daycare karena pusing cari mbak nggak dapet-dapet. Pas udah di daycare malah rasanya lebih nyaman dan tenang nitipin anak di sana.
    Tetap menginspirasi ya, Mbaque xx

    ReplyDelete
  5. Waaah, harga daycarenya nggak beda jauh ama daycare kece di Surabaya. Masuk akal sih :)

    ReplyDelete
  6. Wahhh sebanding dengan kualitasnya ya mbak.....

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)