-->

Tentang Blogger Inspiratif: Xiaxue

on
Tuesday, March 24, 2015
Haloooo! :D

Selain saya, adakah yang pembaca setianya Xiaxue? Yang ngefans sama anaknya, Dashiel? Yang follow semua orang di circlenya dia? *freak fans lol

dashiel!
Jadi kali ini saya akan cerita dikit banyak soal Xiaxue, Asia Pasific Top Blogger. Kenapa mau cerita soal Xiaxue? Terinspirasi dari kontes job review yang kemarin ituloh. Saya nggak ikutan. Tapi semua orang ikutan ya kayanya? Jadi saya banyak baca blog yang bahas tentang job review.


Saya sendiri sudah blogging dari 2009-an. Tapi nggak pernah serius. Ganti-ganti platform terus. Sampai mulai serius itu di blog yang ini Sashi Lilly, kemudian bikin crayonmonster, dan akhirnya paling betah di blog ini karena nulis tentang kehidupan sehari-hari jadi nggak perlu mikir bloggingnya. Nah tapi satu hal, saya nggak mengikuti kehidupan blogger Indonesia.

List following saya di Bloglovin' kalau di kategori lifestyle rata-rata blogger Singapura dan Malaysia. Seperti Xiaxue, Cheesie, Audrey dan Timothy Tiah, Qiuqiu, Rachell Tan, dan masih banyak. Kalau kategori home dan craft gitu saya follow beberapa blog Amerika kaya Dana, The Handmade Home, dan Kate. YouTube star saya follow buanyak sekali terutama beauty guru kaya Michelle Phan, BubzBeauty, Judy, dan Andrea.

Dari Indonesia saya cuma follow Diana Rikasari (karena udah ngikutin dari lama banget) dan Sasya (karena dia istrinya temen kantor saya dulu lol). Blogger Indonesia saya cuma follow di Instagram karena suka sama fotonya. Kaya Sonia Eryka atau Evita Nuh. Fix saya nggak ngerti alias buta soal dunia blog Indonesia.

Mereka nemenin saya udah serasa temen beneran dan secara ajaib hamil di jangka waktu yang nggak terlalu lama! Mungkin karena seumuran semua ya. Cheesie dan anak saya malah cuma beda lahir 3 hari. Sampai akhirnya saya gabung di beberapa komunitas blogger Indonesia (termasuk KEB) dan whoa, besar juga ya industri blog di tanah air! *halah

Nah tapi kemudian jadi mempertanyakan sama diri sendiri karena nggak tahu harus nanya siapa. Apakah blogger di sini maksimal cuma dapat 'job review'? Dapat job untuk mereview sebuah produk? Diundang ke acara sampai ke luar negeri untuk diliput? Siapa blogger dengan rate tertinggi? Berapa rate tertinggi itu? Apakah sampai 50 juta rupiah per satu blog post?

Yang terpenting, adakah di Indonesia yang memang pekerjaan utamanya adalah seorang blogger?

Adakah di Indonesia, blogger yang HANYA NGEBLOG? Nggak kerja di tempat lain? Nggak jadi editor di majalah? Nggak menulis buku? Nggak bisnis lain? Nggak bikin film? Menggantungkan hidupnya hanya dari blog, bukan punya penghasilan sampingan dari blog? Ini saya serius nanya loh soalnya beneran nggak tahu.

Kalau di Singapura banyak. Salah satunya Xiaxue.

Xiaxue!
Xiaxue mulai blogging sejak 2003. Saat masih aktif blogging, blognya dibaca 40 ribu kali per hari! Twitternya di follow 227 ribu orang, Facebook 342 ribu, Google Friend 14.257, dan Instagram 565ribu. Setelah punya anak, blog yang sebelumnya dibaca 40 ribu orang per hari itu jadi nggak terlalu aktif. Tapi itu lain soal. Saya mau ngomongin kesuksesan dia sebagai blogger. Hanya jadi blogger. Lihat image di bawah ini.


*MANGAP*

Dan itu sepertinya belum di-update karena di posting terakhir dia, dia nyebut sekarang price per blog postnya adalah SGD 5.000. LIMA RIBU DOLAR SINGAPUR. LIMA PULUH JUTA RUPIAH.

Ih tapi kan Singapur kota paling mahal di dunia! Wajar dong kalau dia bayarannya mahal!

Oke kalau gitu kita lihat list endorsementnya. Xiaxue yang menikah sama orang Amerika ini dari rumah, mobil, sampai perlengkapan bayi, semua endorsement. Dari pesta nikah sampai photoshoot nikah di Greece (IYA DI YUNANI) semuanya sponsored.

sponsored photoshoot di Yunani dengan baju dan rambut yang juga sponsored. 

Waktu hamil, dia disponsori oleh Mothercare. Bentuknya apa? BOLEH AMBIL APA AJA BEBAS DI MOTHERCARE. UNLIMITED. *pingsan* Artinya boleh ambil Stokke tanpa bayar. *pingsan lagi*

(Baca tentang Stokke di sini: Tentang Ribetnya Pilih Stroller Bayi).

Selain Mothercare, Pigeon juga ngasih unlimited budget untuk baby stuff dan Merries ngasih unlimited diapers sampai Dash umur 3 tahun. Pesta ulang tahun sponsored. Hampir semua momen penting di hidupnya sponsored. In fact, membangun rumah (well, apartemen) pun disponsori! Semua sponsored item sampai kompor dan keran air! Sponsored! Nih, tonton videonya dan siap-siap iri. :D


Apa semua barang satu rumah itu di-review hingga bisa dibilang job review? NGGAK. Dia nggak review barang-barang itu. Dia cuma nulis satu blogpost berisi list panjang sponsornya. Keuntungan yang didapet brand adalah, barang-barang itu akan selalu muncul di hampir tiap foto Instagram atau blognya Xiaxue.

Apakah di foto itu dia harus sebut brandnya? Nggak. Tapi brand tetep mau kasih karena apa? Karena followers Instagramnya coba diulangi lagi ada berapa? LIMA FREAKING RATUS RIBU! Dari 500 ribu orang itu pasti ada yang penasaran Xiaxue beli karpet atau rak buku kece di mana dan cari tahu. Ya gitulah. Selain rumah, dia juga disponsori mobil. Jadi mobil dia tiap tahun ganti. Natal kemarin dia malah disponsori sebuah store berlian dan boleh pilih BEBAS berlian yang dia mau buat hadiah natal ke keluarga dan sahabat. BERLIAN. DIPILIH BEBAS. *BERBINAR*

mobilnya tahun ini
mobilnya tahun lalu


Kenapa Xiaxue bisa begitu terkenal? Yang ini nggak patut ditiru sih. HAHAHAHA. Karena dia terlalu jujur sampai kontroversial. Dia jujur tentang semua operasi plastiknya. Karena dia bilang operasi plastik cuma kaya make up permanen. Dia jujur kalau dia edit pake Adobe Photoshop semua foto di blognya karena itu bisa bikin dia lebih cantik. Dia selalu jujur mana advertorial mana bukan. Nggak pernah terselubung.

Ini dari wikipedia. Ini yang bikin hatersnya dia berjuta-juta. Hatersnya jahat parah dari yang ngedoain dia keguguran, ngedoain anaknya down syndrome, macem-macem. Tapi dia cuek aja.


Di balik semua itu, Xiaxue banyak fansnya karena dia sayang keluarga. Kalau follow semua socmednya, keliatan banget kalau dia perhatian sama keluarga dan tement-temennya. Dia juga kreatif dan suka bikin DIY. Jago gambar juga. Suka bikin tutorial make up dan rambut juga. Dan anaknya pinter banget! Di umur satu tahun, udah hapal buku alfabet! Saya sih nggak setuju sama opini kontroversial dia, tapi it's her opinion anyway. Kalau lagi nggak kontroversial, dia menghibur kok! :D



Yang harus ditiru, dia konsisten blogging sejak 2003! Dia nggak beli domain loh, masih pakai blogspot dari dulu sampai sekarang. (Kalau ngomongin domain sebenernya Diana Rikasari yang nomor 1 di Indonesia Matters Rank aja pakai domain gratisan hehehe).

Xiaxue bahkan ditemukan suaminya lewat blog. Jadi suaminya dulu nggak sengaja landing ke blognya dan jatuh cinta. :') Kemudian kopdar dan pacaran dan nikah.  Dan dia juga terkenal dan mudah dikenali karena rambutnya! The rainbow hair! Dia sempet lama sekali pakai warna pink, terus ungu terus rainbow. Bagus. O_____O Siapa yang cat? Salon dong, sponsored. Jadi kontrak sama salon buat dapet unlimited treatment sekian tahun gitu.

Xiaxue ini saking seluruh hidupnya sponsored, dia sampai harus specified kalau misal tulus dari hati nulis nama brand di social media tapi bukan sponsored. Terbalik sama orang kebanyakan yah. :D

Ini semua juga sepertinya berpengaruh dengan seberapa dihargai blogger di sebuah negara ya. Kalau Xiaxue mah udah kaya artis, berita apapun tentang dia masuk media mainstream. Nah, menurut saya, kesuksesan blogger Malaysia dan Singapura itu nggak lepas dari Nuffnang. Apa itu Nuffnang?

Nuffnang itu perusahaan semacam idblognetwork. Sistemnya, blogger itu "artis" Nuffnang itu "manajemennya". Jadi para blogger benar-benar punya satu orang manajer untuk mengatur kegiatan mereka. Nuffnang yang cari klien, yang cari undangan, yang cari brand untuk mau beriklan. Seru ya. Lebih jauh soal Nuffnang nanti aku bahas lain waktu ya.

Tapi Xiaxue juga sekarang nggak hanya ngeblog. Setelah melahirkan, dia sekarang punya line clothing bayi namanya Baby Style Icon. Dia mengakui kehidupan blogging nya berubah karena punya bayi. Tapi dia tetep aktif di semua social media. Masih terima iklan di semua social medianya dia. Kapan ya bisa kaya Xiaxue?

Sambil menunggu waktu itu tiba, mari kita blogging dan bekerja lebih keras!



*actually #azxylocomic juga terinspirasi #dashcomic. bener-bener deh gue ngefans banget sama Xiaxue hahaha #azxylocomic bisa dilihat di sini ya! Udah sampai 82nd edition! :D*





-ast-

All photos credit to Xiaxue! 




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
108 comments on "Tentang Blogger Inspiratif: Xiaxue"
  1. Keren ya pengahasilan dia dari ngbelog dan video blog, inspiratif banget :D

    ReplyDelete
  2. Saya baru tau tentang XiaXue dan ternyata kece bingit yaaa... Thanks for sharing tentang XiaXue ;)

    ReplyDelete
  3. buseeehh... tahan napas bacanya mak..
    bisa sampe segitu yaa ratenya. ^_^ ayoo semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  4. Dia bahkan ga beli domain :O
    *galau jadi beli domain ga ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di singapur, beberapa top blogger memang pada pake blogspot aja kok. :)

      Delete
  5. glek...


    glek...

    glek...


    keren banget ya dia. Baru tau aku makk.. tfs yaaaa

    ReplyDelete
  6. kalo blogger luar yg aku tahu sangat hits cuma Zoella :)

    ReplyDelete
  7. wakz,baru tahu......kerren yak

    ReplyDelete
  8. gede banget ya rate nya..mungkin di singapur blogger sudah dihargai sebagai profesi ya..

    ReplyDelete
  9. sering baca tentang blogger luar yang diperhitungkan blognya seperti beauty blogger dll, tapi baru ngerti kalau blogger bisa jadi selebriti jugaa..aak..keren yaa...inspiratif banget mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sih, nanti aku cerita lagi deh blogger lain yang sukses juga :D

      Delete
  10. Kerennnn.. Ngiler bgt deh klo di endorse sm mothercare hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. baaangeeeettt, dia ambil stokke semua dari stroller, crib, high chair, sampai carseat T_____T

      Delete
  11. ya ampuuun bacanya aja ileraaaaan hahaha mauuuuuuu

    ReplyDelete
  12. pas baca tulisan pingsan, ikut pingsan lol
    pelajaran yg sy dapat, kl ngejar dunia, mk akan di dapat di dunia saja.

    ReplyDelete
  13. Ikut pingsan juga baca penghasilannya dari sponsor....lol. Tapi salut bisa berhasil begitu.

    ReplyDelete
  14. Hahaaa... mangap beneran dakuw ;) Thanks sharingnya ya mba.

    ReplyDelete
  15. Ea ampyun, Mak... Di instagram, banyak org yg bs byk endorse aja udah bikin aku iri. Ini blogger? Oke, 2003 ke 2015. 12 tahun! Aku baru 2011. Ngik.. Ikutan pingsan..

    ReplyDelete
  16. Keren ya mak dia? 50 juta sekali ngpost. Saya aja baru dapet job dipasangin iklan aja udah seneng, padahal dapetnya nggak seberapa, hehe.....

    Makasih ya mbak sharingnya

    ReplyDelete
  17. mantap Mak, jadi branding dia pokoke fokus aja ngeblog gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaahhh, dia mah nggak mikirin branding kayanya, blog aja sesuai kata hati :')

      Delete
  18. Saya baru tau tentang Xiaxue ini mak.. keren banget ya..makasih sharingnya, saya jadi tahu banyak tentang blogger. :)

    ReplyDelete
  19. Hmmm.....boleh juga...eh...bangeettt....hehe

    ReplyDelete
  20. Waaaww.. ada yg sampe segitu ya, yg saya tau cuma Joanna Goddard salah satunya blogger yg ngeblog. Ngiler sih kayak gitu tapi butuh nyali jg ya :D TFS, Mak! Opening mind banget :)

    ReplyDelete
  21. Wuihhh... Keren bingitsss...

    www.liza-fathia.com

    ReplyDelete
  22. Baru dengan soal blogger ini :) Kemana aja gue hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dong blogwalkingnya lebih luas lagi ke seluruh dunia! *halah

      Delete
  23. wow.. kapan yaaaa saya bisa seperti itu? #berpikir keras

    ReplyDelete
  24. Wisshhhh.... ngileerrr yaaaa 😋😋

    ReplyDelete
  25. Busyet banyak banget penghasilannya, saya aja dapat penghasilan dari google adsense udah girang apalagi ini...ck..ck..ck

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia mah udah nggak pasang adsense, receh doang adsense mah XD

      Delete
  26. wow.. "saya mah apaa atuh?" xixixi, gak boleh ngomong gitu ding yaa.. :D

    ReplyDelete
  27. Astagaaaaa....postingan saya baca sampe abiiiiiis, ahahahaaa....padahal, saya udah lama jadi followernya Xiaxue, tapi tetap aja aku baca lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahuahahaha apapun tentang xx mah pasti aku baca sih XD

      Delete
  28. Glek *telen ludah, jarang baca blog luar sih soale loadinge lama

    ReplyDelete
  29. Keren yak.... tp kyknya syik jg klo tau perjuangan dia jadi seperti ini.... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia ga berjuang-berjuang amat sih. nulisnya juga kejadian sehari-hari.. :)

      Delete
  30. busyet tuh penghasilannya...bikin aku pingsan...

    ReplyDelete
  31. Wow.. wow... ikutan mangap dech he he he TOP

    ReplyDelete
  32. Gimana caranya biar seperti Xiaxue yah? :)

    ReplyDelete
  33. Heeee cuma ngeblog bisa kek gini?
    Ikutan mangap ya maak :))

    ReplyDelete
  34. Kerenn semuanya sponsored *ngiler

    ReplyDelete
  35. Cha,aku jadi ingat sama istri teman (ex) sekantor. Dia salah satu blogger indonesia yang aku follow. isi blognya purely ttg kehidupan dia dari dia jaman pacaran, menikah, punya anak sampe pindah ke SG. Banyak haters menganggap dia cuma ngeblog buat pamer makan dimana,belanja apa, dandan bla bla bla..sementara yang suka asik2 aja nanggepin postingan2nya. Sayangnya gak tau kenapa dia malah nutup blognya.

    ReplyDelete
  36. Gileeee...
    ini sharenya seperti panggilan mangap n ngiler berjamaah nih..hihi..

    ReplyDelete
  37. Mangaap lebaaaarrr banget *ngeces seember *lol*

    ReplyDelete
  38. wow bangeeet pokoknyah hahha *semacam gak nemu kata lain buat ekspresiinnya :p*

    ReplyDelete
  39. Niat dong gue nontonin youtube-nya dari tadi. Dan setiap kali selesai, penasaran sama sponsornya. *mangap ga berenti2*

    ReplyDelete
  40. haaaaaaaaaahhh sesak napas bacanyaaaaaaaaa keren paraaaaaahh hiks hiks kpn bisa kek gtu yaaaa....... :(

    *makin semangat ngeblog*

    mampir2 yaaa ke blog Ca Ya

    ReplyDelete
  41. aku pun follower xiaxue di instagram dan ngefans bgt sama Dash XD

    ReplyDelete
  42. Untung aku gk kenal XiaXue apalagi anaknya xixixi... cuman aku kenalnya tokoh IM Indonesia aja yg inspiratif, Anne Ahira :) ato cah angon kambing yang sukses di IM :)

    ReplyDelete
  43. apakah harus jadi bloggger kontroversial dulu, supaya bisa terkenal yak?

    ReplyDelete
  44. Bagus kalau nggak tanggung-tanggung yaa... :)

    ReplyDelete
  45. Keren banget ya. Keajaiban dunia blog :D

    ReplyDelete
  46. wiw wiw wiw... *melongo tiada henti* *0*

    ReplyDelete
  47. wah kudet nih gak ngikutin blogger2 luar indonesia ...jadi semangat ngblog nih


    ReplyDelete
  48. wah keren mbak xiaxue bisa begitu mahal bayarannya di blog...#gigitjari
    kapan ya saya bisa begitu huhuhu....semangat ngeblog lah ini, maju terus pantang mundur...#masangiketkepala

    ReplyDelete
  49. 12 tahun ya, 50 juta/blogpost. Bingung mo komen apa *melongo

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG