-->

Tips Tidur Nyenyak Tanpa Nyamuk Bersama Bayi

on
Saturday, March 7, 2015

Soal anak tidur nyenyak ini kayanya problematika ibu-ibu seluruh dunia ya. Ya abis waktu anak baru lahir banget, kan dia tidur anteng luar biasa. Bangga dong sebagai ibu "anak gue mah kalem, bisa tidur di kondisi apapun!". Eh semua kedamaian dan kebanggaan itu berubah beberapa bulan kemudian setelah pendengarannya berfungsi maksimal. Ada suara kaki melangkah aja dia bangun. HIAAATTTT. Mana nidurinnya sesusah ujian naik tingkat Taekwondo kan. -_____-

Saya sendiri memang strict soal jam tidur bayi. Soalnya, ada ponakan yang sejak bayi sampai umur 4 tahunan, tidurnya jam 2 malem! Setiap hari! Polanya udah salah duluan, jadi habis magrib tidur, nah terus jam 9 an bangun. Jam 2 baru tidur lagi. Kan kacau ya. Jadi pas saya punya anak, saya bertekad, anak saya harus disiplin tidur!

Kalau Bebe sampai sekarang sih jam tidurnya bagus. Jam setengah 9 maksimal jam 9, dia pasti tidur. Jam 2 dia bangun kemudian nyusu. Bangun lagi subuh deh. Nanti di mobil dalam perjalanan ke daycare, dia akan tidur lagi.

Nah ada beberapa tips biar bayi tidur lebih nyenyak dan disiplin. Yuk!


- Jangan makan di atas jam 6 sore. Apalagi makan yang manis-manis ya buibu. Karena apa? Karena dia akan punya terlalu banyak energi untuk dibakar sebelum tidur. Nggak usah yang manis-manis deh, Bebe dikasih makan pepaya jam 7 an aja dia akan masih aktif jam 9 sampai jam 10-an. Yang repot siapaaaa?*ngacuuuung* Jadi di atas magrib, cukuplah dia nenen sepuasnya.

- Mandi atau minimal lap pakai waslap. Apalagi kalau anaknya udah aktif banget, mandi sore itu penting demi nyenyaknya tidur di malam hari. Nggak enak kan tidur dengan keringat.

- Buat jadwal tidur siang atau tidur sore. Bebe punya kebiasaan tidur magrib jam setengah 7-an. Kalau dia nggak tidur magrib, dia akan tidur jam setengah 9 dan to my horror, dia akan bangun jam setengah 10 dalam kondisi SEGAR BUGAR siap main. Jadi jangan sampai kelewat jadwal tidurnya ya!

- Jam setengah 9 atau jam 9 harus tidur! Caranya setiap jam-jam itu, buat suasana yang mendukung seperti kamar gelap dan hening. Saya membiasakan diri untuk ngasitau dia setiap jam segitu: "time to sleep!". Singkirkan mainan, matikan lampu, jangan ngobrol, jangan membuat suara.

- Buat ritual sebelum tidur. Kalau saya, biasanya nyusuin Bebe sampai dia ketiduran. Atau kalau dia udah kenyang nyusu tapi belum tidur juga, digendong sama JG, nyanyikan dua lagu dan biasanya akan tidur seketika. Ya nggak seketika sih, tapi pasti tidurlah. Bisa juga dengan membaca cerita sebelum tidur.

- Set suhu kamar. Ini paling penting apalagi kalau anaknya keringetan. Set AC di suhu yang kira-kira nggak bikin dia keringetan. Keringetan bisa bikin bangun soalnya. Sebel kan suara udah serak karena nyanyi sealbum, eh anaknya bangun lagi karena keringetan.

Sudaaahhh? Akhirnya anak tidur nyenyak. Saya bisa beres-beres, cuci muka, dan me time bentar alias blogwalking atau baca timeline Twitter. SAMPAI ADA SATU LAGI GANGGUAN MENYEBALKAN: NYAMUK! *keplak*

Sebel deh ih sama yang satu ini. Abis nggak bisa diprediksi banget. Di kamar jarang banget ada nyamuk karena full AC tapi kadang tiba-tiba entah dari mana munculnya suka ada yang nemplok di pipi Bebe! Duuhhh, sebel. Soalnya si Bebe kulitnya putih banget ya *shameless mom* jadi gigitan nyamuk setitik akan jadi bentol setitik tapi merahnya segede koin. SYEBEELLLL.

Lebih syebel kalau mergokin pas nyamuknya lagi cium pipi Bebe. Digampar nggak mungkin dong. Jadi pasrah aja ditepis hus-hus doang sambil bisik-bisik. Mana nyamuk zaman sekarang kan pantang menyerah ya, ditepis pun biasanya suka keukeuh nggak mau terbang. *haus bro?* Belum lagi parno nyamuknya nyamuk demam berdarah. Duuhhh.

Nah tapi sekarang saya udah nggak terlalu khawatir. Nyamuk semua bhay!

Hidup bersama nyamuk plus kekhawatiran Bebe bentol dan terbangun saat tidur itu berlalu setelah saya menemukan Baygon Liquid Elektrik! Baygon Liquid Elektrik ini praktis banget. Tinggal dicolok ke listrik dan isinya nggak perlu diganti sampai 45 malam! Tanpa kabel menjuntai-juntai dan ukurannya slim, jadi nggak ganggu pemandangan. Harganya juga terjangkau, saya beli cuma Rp 19.900 aja!





Aromanya juga lembut dengan tiga pilihan: Reguler (Pine Scent), Lavender, dan Natural Eucalyptus Scent. Saya sih pakai yang reguler karena ... suka ajah sama wangi lembutnya. :D Satu lagi, Baygon Liquid Elektrik ini nggak ngeluarin asap sama sekali. Jadi aman dong untuk kesehatan pernapasan dan mata,

Cara pemakaiannya juga gampang!



Ini fakta-fakta seputar Baygon Liquid Elektrik:



Untuk yang masih penasaran, bisa lihat di video di bawah ini ya!




Udah siap tidur nyenyak? Have a good sleep!



-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
21 comments on "Tips Tidur Nyenyak Tanpa Nyamuk Bersama Bayi"
  1. Aku dulu nggak bisa kalo ada obat nyamuk Mak, sekarang malah nggak bisa kalo nggak ada obat nyamuk :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun sampai kalau ke luar kota obat nyamuk harus dibawa :)

      Delete
  2. Tfs, Mak

    Ish, pas bgt neh. Di rumah lagi banyak nyamuk tapi capek juga pake raket nyamuk, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nggak pernah punya raket nyamuk. males ngeluarin tenaga hahaha

      Delete
  3. makasih banyak mak, nih dirumah nyamuk pada nggak mau pergi :)

    ReplyDelete
  4. Anakku kalau tidur jam 11, mau ngerubah pola tidurnya rada susah. waktu bayi iya enak sambil nyusu, tapi sekarang udah 3,5 tahun agak susah kalau dikondisiin untuk tidur. Hiks -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pasti susah. hihihihi anakku mau disuruh nenen sampai 5 tahun ah! *lho

      Delete
  5. Nyamuk emang pengganggu banget tuh, suka ribet dg kehadirannya. Thanks tipsnya ya, mantap sekali. Boleh jadi contekan untuk nanti :)

    ReplyDelete
  6. Nyamuk-nyamuk nakal dimana2 sama ya mbak, gangguin terus, sukses buat kontesnya yaa

    ReplyDelete
  7. Baru tahu ada lomba ini.... kok pd pinter nyari2 info lombanya.... sukses ya Mak eh salam kenal ya... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. infonya cuma dari twitter aja kooo :) salam kenal jugaaa..

      Delete
  8. Aku sama anak-anak termasuk yang 'darah dingin' katanya kalau digigit nyamuk atau serangga lainnya pasti langsung bentol malah bisa bikin luka :(
    Dari dulu sudah pakai baygon, makin nyaman dengan adanya baygon liquid electric ini :)

    ReplyDelete
  9. wah tfs mak. baru tau nih baygon punya produk ini :)

    ReplyDelete
  10. Congratulatioooonsss makmiiiin :))

    ReplyDelete
  11. Walaupun harum, obat nyamuk jangan dihirup dalam-dalam ya Mak.. Cara kerja obat serangga adalah menyerang syaraf pada serangga.

    ReplyDelete
  12. wah ada mak of the month ikutan lomba. *melipir

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG