-->

Tentang Pinterest

on
Monday, March 23, 2015
Selamat Senin!

Monday Techno kali ini, saya nggak akan bikin tutorial. Tapi mau bahas social media yang keren banget. Pinterest!



Buat yang suka ngerasa habis ide, Pinterest ini juaranya. Dari resep masakan, DIY, crafty things, fashion ide ulang tahun, ide nata rumah, segala ide ada!

Pinterest ini konsepnya adalah, mengumpulkan ide-ide di satu tempat yaitu profil kita. Misal kita mau mencari ide untuk ulang tahun anak yang pertama. Pertama, search akan seperti apa ulang tahunnya, misal dengan keyword: birthday ideas for girl princess. Muncul deh! Hampir dipastikan semuanya keren!


Ah kurang suka nih yang ini, pengennya temanya pink. Tinggal tambahkan keyword: pink.


Cantik-cantik kaaannn! Sekalian deh cari ide untuk hampers cupcakesnya!



O____O Super pretty!
Semua foto itu berasal dari website jadi kalau di-klik, akan mengarah ke situs sumbernya. Nah untuk menyimpannya, kita bisa membuat board (bayangkan sebagai selembar styrofoam), kemudian klik gambarnya dan klik Pin It! Pin ke board yang kita mau. Bayangkan seperti kita bikin kliping dan di-pin alias ditempel pake paku payung ke styrofoam. Cuma ini versi digitalnya. Canggih ya!

geser mouse ke gambar, klik Pin it

pilih board yang kita mau. bisa bikin board baru juga.

Apa bedanya sama Google? Pinterest itu melakukan search berdasarkan profile kita, berdasarkan interest kita. Kalau kita sering pin board dengan warna-warna pastel, berikutnya ketika kita search, hasil pencariannya akan dipersempit dengan warna-warna pastel aja. Kalau Google Image kan nggak, dia cuma search based on keywords. Coba aja cari dengan keyword yang sama di Google dan Pinterest, dijamin hasil di Pinterest yang akan sesuai kata hati. :')

homenya aja udah disesuaikan dengan hal-hal yang biasa kita cari.

Selain bisa search di Pinterestnya langsung, kita juga bisa Pin image (beserta linknya) dari random website. Misal kita lagi browsing di Google tentang ide untuk DIY bikin bros untuk jilbab. Nemu nih website yang disuka, kita bisa save juga di Pinterest. Caranya, install dulu Pin button di browser kita. Perhatikan di screencap saya di atas, di bagian kanan ada logo Pinterest kan? Kalau di browser undah terinstall, segala image bisa kita Pin dan save. Install Pinterest button klik di sini.

Selain itu, Pinterest juga punya apps di iOS dan Android! Jadi saya biasanya kalau lagi bengong, suka browse ideas dari Pinterest di hp. Browse apa aja, sampai tips diet juga ada! :D

Saya sendiri pakai Pinterest untuk nyari ide desain. Karena senang desain, saya merasa harus tahu apa yang tren di luar sana. Sekarang lagi trennya font ala-ala tulisan tangan buat yang girly dan font kaku untuk desain futuristik.

Saya juga pakai Pinterest untuk cari font-font cantik loh! Buat saya yang paling utama dari sebuah desain adalah fontnya dulu karena pemilihan font bisa memengaruhi keseluruhan hasil desain. Saya biasanya browse font di Pinterest dengan keyword: beautiful font free. HARUS PAKAI FREE. Soalnya suka sedih, banyak font-font cantik tapi harganya bikin pingsan. Bisa sampai USD 60-80 buat satu font. MAKASIH. T____T

font-font cantik *kekep dompet*
Cakep-cakep kaann. Hati-hati kalap. Kalau udah di Pinterest, saya bisa anteng seharian. Download font sama browse design ideas.

Happy Pinterest-ing!


-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
15 comments on "Tentang Pinterest"
  1. bookmark duluu, selama ini bingung pinterest itu sebenarnya buat apaan

    ReplyDelete
  2. sama saya juga masih ngga ngerti pinterest itu gimana... ahahah. Next, if God Will *lebay* saya akan belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba buka dulu terus search sesuatu deh, pasti suka! :D

      Delete
  3. jadi cuma untuk "mencari" saja ya? bukan kaya jejaring sosial gitu ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih untuk mencari. tapi kita bisa saling follow kok. :)

      Delete
  4. aku juga suka pinterest mak...
    bisa betah kalo udah browsing di situ :D

    ReplyDelete
  5. Wah makasih tipsnya mba nisa, selama ini bingung juga sih ma pinterest...palingan suka nge-pin foto di blog sendiri jarang nge-pin foto orang kl ga aku download doang fotonya...baiklah kali ini aku akan rajin nge-pin apa yang aku suka hehe...

    salam kenal :)

    xoxo,
    handdriati.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. sampai sebelum baca post ini, aku masih bingung dengan pinterest. tfs maak. segera bikin akun disana :D

    ReplyDelete
  7. pinterest memang cakep banget... ibarat instagram, tapi bisa bikin folder, jadi lebih teratur...... dan bisa rePin, macam repost tapi ktauan dari siapa.. ciamik dah...

    ReplyDelete
  8. Halo cara downl font nya gmn ya? Udh klik dowl dari iphone tapi ga bisa. Ga tau juga ke dowl apa gak... Help

    ReplyDelete
  9. Mba klo cara unduh/download fonts free nya bagaimana ?

    ReplyDelete
  10. Kak mau tanya nih, aku kan udh download free font ya tapi gak ngerti cara pake font nya gimana yaa😭 udh di otak atik tetep aja gak paham😣 please help me😢

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG