Survey Kidee Child Care Senopati

on
Saturday, August 12, 2017
Beberapa minggu lalu, saya survey ke Kidee Child Care Senopati, maunya sih ke Kidee Elnusa juga cuma kejauhan dari rumah dan kantor. Tulisan ini adalah bagian dari review dan survey daycare di Jakarta Pusat dalam rangka cari daycare untuk Bebe, anak saya yang usianya 3 tahun.

Jadi sudut pandangnya memang toddler bukan bayi. Ini bisa jadi bayangan aja karena survey satu-satu itu menyita waktu sekali kan. Tapi sebaiknya, ya datenglah ke beberapa daycare untuk survey dulu sebelum memutuskan mau ke daycare yang mana. Baca juga postingan lain tentang daycare di sini. :)


Kidee adalah daycare kedua yang saya kunjungi setelah Lovely Sunshine. Sengaja melebarkan sayap cari daycare Senopati karena kalau di Benhil dan sekitarnya udah nggak ada lagi. Ada sih Sahabat Islamic Childcare tapi saya belum ke sana. Pertimbangannya karena halamannya kecil dan pagernya nggak pernah ditutup jadi saya serem kalau pintu kebuka, Bebe lari ke jalan. Huhu.

Oke ini dia review singkat Kidee Child Care Senopati!

🏡 Lokasi

Kidee Child Care ini ada di Jalan Laksana deket Blok S. Jadi kalau kalian makan di pujasera Blok S itu kan sebenernya pertigaan dan depannya ada jalan ya. Nah itulah jalan Laksana. Dari pujasera itu langsung keliatan kok rumahnya agak di belokan gitu. Strategis banget kalau kerjanya di SCBD, deket banget sih ke sini.

🏡 Kondisi bangunan

Rumah satu lantai, bangunannya udah agak tua ya. Halamannya luas dan ada banyak sepeda serta mainan kaya perosotan gitu. Di luar ada rak sepatu anak jadi sepatu rapi. Kekurangannya nggak ada bel hahaha apa saya nggak nemu ya?

Saya ketok-ketok pager nggak ada yang bukain pintu sampai akhirnya ngintip-ngintip dan ada anak bukan pintu! Nggak serem sih soalnya pagernya tinggi dan digembok jadi anak nggak akan kabur. Tapi setelah anak itu muncul, pintu tetep nggak dibukain sampai akhirnya saya telepon ke dalem minta dibukain pintu. :S

Setelah di dalem baru dijelasin sama mbak supervisornya ternyata mas yang jaga di luar lagi keluar fotokopi walhasil orang dalem nggak ngeh kalau ada tamu.

Anaknya banyak ada 30-an anak dan ruang mainnya luas banget jadi nggak keliatan anak-anak numpuk di satu tempat gitu, ada halaman belakang terbuka pula jadi sirkulasi udara bagus. Cuma agak khawatir sama rak di ruang tengah soalnya nongol gitu nggak pake pengaman takut kejeduk, plus ada colokan di bawah nggak ditutup duh kukhawatir banget deh.

Tapi mungkin colokan mati ya mana tau ya kan, masa sih di daycare colokan hidup nggak ditutup.

🏡 Rasio caregiver dan anak

Loh kok lupa tanya ini hahahaha. Jadi waktu itu udah nanya-nanya sama temen saya yang anaknya udah lama di sana terus saya jadi percaya-percaya aja lol, nggak terlalu niat nanya, cuma niat liat rumahnya aja hahaha.

Tapi mbaknya banyak juga sih, ada teacher juga satu lagi main motorik halus injek-injek pasir kasar gitu sama bayi.

🏡 Jadwal harian

Kidee ini nggak ada preschool, cuma ada ekskul ngaji aja. Jadi jadwalnya standar daycare aja, dateng, mandi, makan, main, ngaji, makan siang, mandi lagi, bobo siang, makan lagi, nunggu dijemput. Ya standar daycare lah. Terus yang saya suka, pagi-pagi ada circle time.

Circle time deh kalau nggak salah namanya hahaha jadi semua anak dikumpulin di ruang main, dari bayi sampai yang gede-gede terus nyanyi, nari, dan lain-lainnya. Seru yaaaa!

🏡 Mandi

Kamar mandinya luaasss. Mandi sendiri-sendiri dong ya! Cuma katanya banyak anak yang udah sahabatan jadi mandinya berdua. Jadi ya tergantung anaknya juga.

🏡 Makan

Makannya standar daycare pada umumnya, 3 kali sehari makan berat, sekali buah dan sekali biskuit. Susu bawa sendiri.

Makanan dimasak di dapur daycare juga. Yang agak khawatir, dapurnya deket banget sama halaman belakang jadi pas saya ke sana ada anak di dapur padahal ada kompor nyala. Rada serem yha mengingat Bebe suka lari-lari tak tentu arah.

🏡 Tidur

Tidur ada kamarnya khusus cuma kasurnya baru dipasang kalau jam tidur, karena kalau dipasang sebelum itu jadinya diinjek-injek katanya malah dipake main. Tiap anak punya kasur sendiri dan nggak gantian sama anak lain.

🏡 Program preschool

Nggak ada, ada ekskul ngaji aja nambah Rp 150ribu tiap bulan. Katanya ada anak yang umurnya baru 1,5 tahun tapi udah hafal huruf hijaiyah gitu karena ngaji di Kidee setiap pagi. Tiap semester dapet report, strength weakness anak apa. Seru sih ya!

🏡 Mainan

Nah ini baru kusadari setelah JG ngomong "kok perasaan nggak liat mainan ya di Kidee?" iya ya kok nggak ada ya. Apa emang konsepnya nggak main-main ya. Cuma liat ada satu rak buku, itu pun bukunya nggak terlalu banyak. Mungkin disimpan di tempat tak terlihat lol.

🏡 Jam buka - tutup - overtime

Buka jam 6.30, tutup jam 6. Overtime-nyaaaaa ... LUPA NANYA HAHAHAHAH. Mengapa aku sungguh gagal menulis review. XD

🏡 CCTV

Ada CCTV dan online.

🏡 Toilet training

Ini juga nggak nanya deuh. Lupaaaa.

🏡 Report harian

Report daycare diberikan harian dan report perkembangan anak setiap 3 bulan.

🏡 Punishment

Tidak ada punishment/hukuman. Cuma dikasih tahu aja kalau memang anak salah.

🏡 Anak sakit

Seinget saya sih, nggak ada kamar isolasi ya. Tanya sendiri yaaa!

🏡 Lain-lain

Ada field trip dan bayar lagi tapi katanya nggak pernah lebih dari Rp 200ribu. Field trip-nya pake seragam gitu tampak seru sekali sih kalau liat di Instagram. Visit psikolog, dokter anak, dan dokter gigi setiap 6 bulan.

🏡 Biaya

Admin fee: Rp 2juta
Monthly fee: Rp 3,7juta
Ekskul: Rp 150ribu

Masih affordable sih, admin fee cuma sekali dan untuk itungan biaya daycare Jakarta Pusat juga masih ok ya menurut saya. Saya juga sempet WhatsApp sama ownernya dan ownernya baik banget. Ramaahhh banget padahal saya chat hari Sabtu pagi. Keramahan owner juga jadi pertimbangan banget sih buat saya, karena nanti kalau ada apa-apa kita kan komplain nomor satu ya ke owner dulu.

Masalahnya cuma satu ..

WAITING LIST 10 ANAK HUHUHUHUHUHU

Baca-baca di forum juga emang untung-untungan banget masuk ke sini hhhh. Tapi ya udalah akhirnya naro nama aja. Mengapa sungguh kurang beruntung hahaha.

Oke segitu aja review daycare Jakarta Pusat saya, next akan review Little Bee Daycare & Preschool. Minggu depan ya!

Baca review sebelumnya:

REVIEW LOVELY SUNSHINE DAYCARE BENHIL
REVIEW TWEEDE DAYCARE BENHIL (DAYCARE BEBE 3 TAHUN TERAKHIR)
REVIEW HAPPY TREE HOUSE DAYCARE SETIABUDI

dan cerita plus tips seputar daycare di tag:

TENTANG DAYCARE

See you daycare mommies!

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

2 comments on "Survey Kidee Child Care Senopati"
  1. Mba udah coba survey ke keen kids? Itu ga jauh dari lovely sunshine kalau ga salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah pernah dulu ga sreg sama segala hal-nya. tempatnya sempit dan ga bagus, ruangan supervisor di luar, kamar di atas dan nggak pake tangga tapi kaya perosotan gitu. serem lah.

      Delete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)