-->

Tentang Nama Anak

on
Wednesday, August 19, 2015
apa hubungannya gambar ini dengan tulisan? APA COBA?

Halo hola halooo!

Saya mah anaknya nulis blogpost harus ada triggernya dulu sebagai ide, jadi kemarin di status Facebook membahas tentang nama anak. Akibat mami Ubii bertanya: "Xylo pronounce-nya gimana ya?" Eh disambung sama mama Narend; "emang gimana?"

Ahem. Sebagai emaknya, saya tentu sudah siap dengan pertanyaan ini saat memutuskan mau ngasih nama Xylo. LOL

Tapi emang pada beneran nggak tahu gitu? Atau ragu doang? BAHAHAHHAHA.

Karena kan Xylo itu umum banget. Yes sih nggak umum untuk nama orang tapi kan selalu ada di buku Alphabets untuk huruf X, Xylophone. Iyes atau iyes? ;p Sekarang aja Bebe (Xylo adalah Bebe in case you don't know haha) punya beberapa buku Alphabets dan setiap di huruf X, dia akan tunjuk diri sendiri. Karena di buku Alphabets manapun, X adalah Xylophone kannn.

Nah jadi udah tahu dong ya pronounce-nya gimana? Xylo itu dibacanya ZAYLO. As in Xylophone: Zaylofon. Kalau ribet banget, kaku harus ngomong Z, Saylo juga boleh laahhh. 

Ya kalau suster rumah sakit bolehlah panggilnya Silo. Meskipun secara logika, x ketemu y sih minimal jadinya "Say" sih bacanya bukan "Si". XD

Kenapa ngasih nama Xylo? 

Karena pada saat itu, bertahun lalu, Coldplay rilis album seru dengan berbagai gimmick konser online dan offline yang seru banget, nama albumnya Mylo Xyloto. Saya yang masih muda dan berbahaya kemudian sompral: "pokonya nanti anak gue namanya Mylo Xyloto!" (baca: Maylo Zayloto).

Pas hamil kok galau. Masa yah anak namanya Maylo? Ya udah Xylo-nya aja yang diambil. Artinya juga nggak jelek, yaitu yang berhubungan dengan kekayuan dan pepohonan. Membumi sekali kan yah. :p Setiap hari, setiap pagi pergi ke kantor bareng JG, galau Xylo apa ya namanya? Maunya namanya bahasa Indonesia aja gitu, nggak mau semua kata kebarat-baratan. 

Nggak takut ribet di sekolah? Absennya terakhir dong kan dari X?

Nggak dong kan Xylo bukan nama depannya. Nama depannya Az. Jadi namanya adalah Az Xylo makanya di Instagram juga kan @azxylo (bacanya: azaylo). Cuma dua kata doang? Nggak sih masih ada 2 kata lagi di belakangnya yang sudahlah disimpan saja di akte kelahiran lol.

Kenapa Az? Karena A sampai Z mewakili seluruh huruf muahahahahahahaha. Az itu artinya kuat. Dan saya juga ngefans dan hapal semua lagunya si Mr A to Z, Jason Mraz. Dulu waktu pacaran sama JG nonton konsernya dan kzl sampai berantem gara-gara JG malah sibuk videoin bukannya nonton lolol Youngsterssssss. XD

Nama adalah doa. Iya taulaahhh, yaelah. Kalau semua nama Bebe diartikan juga artinya bagus kok. Pehlis yang gitu mah nggak usah dibahaslah. :|

(Baca juga: Bebe 1st Post)

Apa pertimbangan ngasih nama yang "aneh" gitu?

Sekarang, trennya kan kalau nama yang one of a kind ya atau nama bahasa Indonesia sekalian. Atau nama jadul sekalian nih karena pada muak sama nama-nama aneh. Nama tradisional jadi tren lagi kan. Ya saling mendobrak lah maklum ajyahhh. Dulu trennya ngasih nama Bambang, dianggap kurang keren, terus kasih nama yang ajaib pronounce-nya, terus kurang keren, kasih nama Bahasa Indonesia, terus kurang keren, kasih nama tradisional, terus kurang keren. Muter terus lol.

Nggak heran nama anak-anak zaman sekarang susah-susah banget. Hahahaa. Temen-temennya Bebe di daycare ada yang namanya Gallardo, Quella, Zhafreen, Anaya. Anaknya sahabat saya yang kemarin ulang tahun namanya Hyde (bacanya Haido bukan Hi-de, vokalis L'Arc-en-Ciel itulohhh).

Terus ibu-ibu zaman sekarang juga nggak tahan sama huruf 'I', jadi suka diganti jadi 'ee'. Ameera instead of Amira. Fateema, bukan Fatima (Patimeh kali kalau orang betawi mah ya? XD) Di kalangan blogger, anaknya Diana Rikasari namanya Shahmeer. Anaknya Audrey Ooi namanya Jude (dari lagu Beatles 'Hey Jude'), anaknya Cheesie namanya Junya, anaknya Sasyachi namanya Jazila Ailee, anaknya Tara Amelz namanya Summer Snow.

Dan tren ngasih nama one of a kind ini bukan cuma di Indonesia loh.

Ya anaknya Beyonce aja namanya Blue Ivy. Anaknya Kim Kardashian namanya North West, dipanggilnya nori (langsung inget sushi). Anaknya Gwen Steffani namanya Apollo. Anaknya Chris Martin aja namanya Apple. Kurang pada aneh gimana lagi coba. LOL

Saya pribadi seneng sih sama nama bahasa Indonesia atau bahasa Inggris semacam Summer, Snow, Sky, gitu-gitu. Teman kantor saya ada yang nama anak perempuannya Senyum Pagi, dipanggilnya Pagi. How romantic. ;") Umurnya 4 tahun. Lucu deh dia ditanya JG: "kalau malem kamu ganti nama nggak jadi Senyum Malam?" Dia jawab serius: "Nggak, aku tetep Pagi." :)))))

Kenapaaaaaaa harus one of a kind? Karena udah kebanyakan orang di dunia, kalau mau stands out ya harus beda. Bahahahahha.

Kalau saya dan JG, alasan pertamanya biar nggak susah bikin akun sosmed lol *cemen*. Waktu fix namanya azxylo, saya langsung bikin akun Instagram dengan nama itu. LOL. Saya juga cek hashtag #xylo dan #babyxylo. Belum ada yang pake. *eniwei kalau anak cowo trennya lagi nama Arka atau Arkana. Cek aja hashtag #babyarka, mukanya beda-beda semua ehehehhehehee

Kok pertimbangannya digital semua sih? Ya maklumlah generasi millenials dan kaum yuccies. Nggak tahan untuk jadi biasa-biasa ajah. Di dunia maya atau pun di dunia nyata. -______- So far belum ada kesulitan apapun sih. Keluarga juga nggak mempermasalahkan sedikitpun apalagi sumbang nama.

Nggak enak urusan sumbang menyumbang nama itu soalnya. Kalau nggak dipake takut tersinggung. Dipake juga duile kan pengen ngasih nama sendiri. :p

Terus kalau mau ngasih nama kebarat-baratan, make sure ajah sekolahnya di sekolah yang berpengantar bahasa Inggris atau gurunya muda-muda untuk meminimalisir salah pronounce. LOL Nggak mau dong anak namanya Angel yang seharusnya dipanggil cantik dengan Enjel menjadi A-ngel. Atau Sugar bukannya dipanggil Syuger tapi malah jadi Su-Gar.

Sebenernya apapun namanya asal nggak mepet untuk diplesetin ke hal buruk sih menurut saya nggak apa-apa ya. Kalau gampang diplesetin takut jadi bully.

*

Setelah beberapa waktu sendiri *halah*, sekitar sebulan atau dua bulan lalu, anaknya Aqi 'Alexa' lahir dan namanya Xylo juga. Nggak apa-apalah, si Bebe jadi Xylo Senior. lol Anaknya Aqi dipanggilnya bukan Xylo tapi Ruka, nama keduanya.

Apapun namanya, Bebe tetap saya dan JG panggil Bebe sejak masih berukuran 2 milimeter sampai sekarang. Sekarang sih kadang mulai dipanggil Xylo karena dia udah sadar kalau namanya Xylo. Dan bully pertama tentu dari emaknya yang kadang manggil dia Cil, singkatan dari Bocil, kemudian dikembangkan menjadi Cilo. Kemudian Acilo (sok imut dari azaylo) Kemudian berkembang menjadi Cilok. Anaknya mah lempeng ajah, yang jelas kalau ditanya: "Xylo mana Xylo?" Dia udah bisa menunjuk dirinya sendiri. :')

Demikian curhat random hari ini. Sekian dan terima kasih. Yang mau cerita soal asal-usul nama anaknya boleh loh di kolom komentar. :')


***




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
58 comments on "Tentang Nama Anak"
  1. Aku juga baru tahu loh cara bacanya Xylo itu kaya gitu ya maklumlah dulu aku kan les bahasa Inggris buat nyari jodoh XD

    ReplyDelete
  2. Ya ampun cilok. Jauh bener kaaakkk :p
    Aku nih masih galau dengan nama. Mana neneknya udah nyiapin nama juga. Kata suamiku, kita kayaknya ga bisa ngasih nama anak. Giliran kita ngasih nama cucu -_______-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhh untunglah orangtua dan mertuaku nggak ngerecokin soal nama. XD *pukpuk*

      Delete
  3. Anakku nama panggilannya Tayo..sampe skrg belum nemu yg nyamain juga..selain film kartun little bus Tayo :D

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen ikut share kisah kasih pencarian nama anak. jadi, sejak awal kenal novelnya Pram jaman masih SMA, jadi ngefans banget sama belio. Jadilah waktu itu langsung pengen kasih nama anak Ananta. Maunya sih Ananta aja. Singkat, padat.

    Eh, dilalah 3 taun yang lalu, pas bikin pasport, baru tau ternyata ada kebutuhan 3 kolom untuk nama, alias nama tengah, nama depan dan nama belakang. Nahh... kan jadinya langusng mikir, masak Ananta dibagi 3 jadi An An Ta??? o ya, kenapa paspor? karena cita-cita saya mau travelling bareng anak. Jadi, target kedua setelah bikin akte adalah bikin paspor :p

    jadilah akhirnya taun kemarin hamil dan melahirkan. O ya, umurnya g beda jauh sama Bebe, tuaan Bebe sebulan. lalu di hari pertama dia hadir di bumi itu, emak saya yang notabene seorang guru langusng ngebahas nama. Dia kasih nasehat: pokoknya jangan kasih nama panjang-panjang, nanti kalau mau ujian dia lama ngebulet-buletinnya X__X

    Saya ngotot harus 3 kata, demi paspor
    Emak ngotot 2 kata aja, demi ujian lancar
    Akhirnya.. eng ing enggg... tetap 3 kata tapi dengan sangat pendek ^,^

    Nah, panggilannya apa? sampe saat ini umurnya 13 bulan, dipanggilnya Adek saja lho
    padahal proses pencarian namanya sampe berdebat a la pilpres

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kalau bikin paspor kan boleh cuma 2 nama, cuma kalau mau ke arab aja baru harus 3 kata hehehe kalau di rumahku, bayi nggak boleh dipanggil ade. soalnya ibu aku trauma, dia dari bayi dipanggil ade, dan sampai sekarang adik-adik ibu aku (tante-tanteku) manggil ke ibu dengan ......... mbak ade. lol

      Delete
  5. klo nama lengkapnya teh? *langsung kepo* awalnya aku juga baca sillohh.. kek anak bred pitt ya itu mah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama lengkapnya lahaciaaaa hahahahaha adalah pokonya *geuleuh hahaha

      Delete
  6. jadi kepo sama nama panjangnya bebe.. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. halaahhh emang belum pernah dan kayanya ga akan dipublish sih XD

      Delete
  7. Baru tau namanya xylo.. Kirain dirahasiain dan dipanggil bebe aja :) nama anak saya kalo dalam bahasa arab artinya hadiah, tp sebetulnya namanya diambil dari nama pengarang perempuan feminis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau xylo nya nggak dirahasiain karena dari pas hamil udah pake akun instagram dengan namanya hahahah tapi kalau di blog emang panggilnya bebe aja biar semua punya nickname ala-ala -______-

      Delete
  8. Dan akoh selama ini melafalkannya dengan SILO.. x)) *ketawan dari desa mana*
    Anakku namanya Sujiwo, bukan nama aneh sih (menurut kami) (tadinya). Tapi buat jaman modern begini, pasutri generasi ganteng ganteng srigala punya anak namanya Sujiwo ternyata berbuntut ratusan "Kok Sujiwo? Tua amat".

    :',)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngakak dulu ah baca komen mak.pung.. :D

      Delete
    2. hahahaha sujiwo tua karena sujiwo tedjo? kalau jiwo aja nggak tua kok. lagian nama jawa o o gitu jadinya kedengerannya klasik. kalau sunda kan a, dadang, encang, enung, oteng, adang :( *ngabsen nama bapak-bapak tetangga di rumah* XD

      Delete
  9. Nama anakku panjang panjang.lebar dan kalo panjang ketemu lebar itu pasti luas.

    Kalo luas bahasnya jadi lama.

    Kamu kebayang kan, kalo aku ga suka bahas yang lama.

    Kopi mana kopi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oma ini ngomongin badan apa ngomongin nama yaaa *kaboorrr*

      Delete
    2. Ngakak baca komen ini. Hahaha.... kabur juga ah sebelum disenggol Cici Tanti XD

      Delete
  10. Kalau aku ngefans sama Steven Gerrard jadi kalau punya anak nanti mau kasih nama yang nyerempet-nyerempet itu lah, tapi jangan kasih nama Geri, ah. Soalnya yang kebayang kalau bukan biskuat bersalut cokelat ya siput piaraan sponge bob hehehehe korban tv, yeeee. Eh aku juga ngefans sama Maher Zain. Kepikiran juga nyomot namanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. edaannn, kalau di bandung nanti jadinya stipen hayoh? hahahaha

      Delete
    2. Buahahaha.... kok ep sih, bukan ev. siapa bilang urang sundaa ga bisa bilang V atau F? Pitnah Ichaaaaa

      Delete
  11. Gue dan suami udah nyiapin dua nama anak cowok kalau lahirnya kembar. Indonesia banget dan tiga kata. Kalau anak cewek, belum ada ide. Hehehe, udah beli buku nama bayi sejak awal nikah. Hamidunnya aja yg belom XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahhh iya lo mah ada turunan kembar yaaa. wah gue ga sanggup kayanya punya anak kembar hahahah

      Delete
  12. Wahhh kedengarannya cool n jarang dipake

    ReplyDelete
  13. Nama anakku mabi mabi lucu anak mama papa #bye

    ReplyDelete
  14. Lagi berimajinasi ke masa depan, nanti kalo sudah berumur panggilnya eyang Xylo yaa, hehehe. Pasti dia akan jadi kakek yang lucu :D
    *duhngomongapasih

    ReplyDelete
  15. Lhoalah Mbak berarti aku kayak suster-suster nih, nyebutnya SILO X))
    Kerens Mbak, aku juga pengen ngasih nama unik buat anak tapi kok nggak nemu-nemu yaaa. :3

    ReplyDelete
  16. Temen gue ada yang ngasih nama anaknya sunrise dan star.... Anaknya sudah kelas 4sd gitu deh. Seru aja kalau denger bapaknya manggil anaknya. ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. temen gue juga ada anaknya namanya sunshine. dan dia batak jadi dipanggilnya sensen XD

      Delete
  17. Kreatif :)
    Aku cenderung suka nama-nama kayak anaknya temen mbak tuh. Senyum pagi. Kedengerannya cantiiiik banget :D

    ReplyDelete
  18. kak aku sama sama kayak suster rumah sakit bacanya Silo XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ......... ternyata semua orang bacanya gitu ya -_____-

      Delete
  19. Urusan nama selalu seruu..
    Anw, namaku kan Noni, dan itu singkatan dari nama ortuku, Hani dan Haryono.
    Krn dulu, lgi tren banget nama anak adlh singkatan nama ortu.
    Kmrn pas hamil, suamiku iseng bilang gini, "Gimana kalo nama anak kita singkatan 2 nama kita."
    Lah... Nama dia Donny, namaku Noni.
    Apa coba jadinya nama anak kami kalo aku turutin ide anehnya. -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya donon XD atau nini atau nido XD temenku ada juga tuh yang namanya singkatan algani: anak lelaki gama nira. nah terus temenku satunya terinspirasi, anaknya namanya albani: anak lelaki bayu vani XD

      Delete
  20. bikin nama anak, apalagi anak pertama emang suka ribet2 gitu ya... :)

    ReplyDelete
  21. nama anakku Laula, dari bahasa hawaii. awalnya kalo disebut orang² selalu ngira Laura. jadi emaknya ngulang nyebutin dgn penelanan di huruf L terakhir biar jelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucunyaaaaa LAULA nama hawaii ula ula gitu ya *hula hula*

      Delete
  22. Hi xylo...nama unik bikin gampang diapal

    ReplyDelete
  23. Nama anakku diambil dari istri nabi semua, haha. Niatnya sih supaya mencotoh para istri nabi. Cuma ya memang namanya agak pasaran. XD

    ReplyDelete
  24. ternyata selama ini salah ngeja. yang bener zaylo bukan silo. hihihi.

    ReplyDelete
  25. Hohooo ternyata ini sejarahnyaaa..
    Nah pertanyaan selanjutnya, JG sama BeBe artinya apa? :))))
    Emak kekinian banget daah. Nyarinya di instagraaam :D

    ReplyDelete
  26. Ralat. Aku udah nanya sejak di Wendy's *dibahas* *penting*

    ReplyDelete
  27. Terungkap sudah. hehehe btw namanya Zaylo emang unik dan jarang banget kecuali ya dibuku alphabet :D

    ReplyDelete
  28. jadi jadi jadi, aku juga dr pertama tahu nama anaknya mba icha bacanya silo hahha...ternyata zaylo ya....

    ReplyDelete
  29. Seriusan baru tahu kalau Xylo itu dibacanya Zaylo.. etapi untung kalau lg nyerempet jd Acilo ngikutin pronounce org Indo pada umumnya dari Asilo.. Coba kalau nyerempetnya ngikutin pronouncenya orang bule dari Azaylo bisa jadi ______ (omitted) kan gawaaattt.. hoho *peace ya teh* anyway,, pas pertama si kang JG upload nama bebe di IG aku ngefans bgt sama namanya AZ.. kereeeeeeeeeeennn...

    Oia, sekalian mau share juga nama panggilan anakku Micky, nyomot dr kpop idol aku di zaman purbakala yaitu si Micky Yoochun, tp disangka orang2 nyomot dr Mickey Mouse =___=

    ReplyDelete
  30. nama Anakku Makaila yang artinya Anugerah dari Alloh, asal muasalnya dari Mikail yg salah satu tugasnya sebagai Malaikat Pemberi Rizki. nama panggilannya AILA dan kebetulan banget sih setelaah 6 bulanan usia Aila muncul desas desus akan ada merk mobil dg kata Ayla.. tp gak sama donk yah.. dan munculnya produk mobil tersebut setelah anak ku usia 1th lebih, hehehhee...

    gituh ajah....

    dan aku baru tau kalo Xylo dari Xylophone, kreatip nih mamak.... :)

    ReplyDelete
  31. nama anakku, kinania, lahir jauuuuuhh sebelum anaknya beneran lahir.. hhahahah
    misuaku kerajinan waktu kuliahnya dulu, ampe anakku-yang-saat-itu-belum-lahir-dan-istri-aja-belum-punya, ada blognya yg isinya tentang hal hal berbau sys-admin

    ReplyDelete
  32. Bagus dan memang unik nama si bebe Mak... kece lah pokoknya mah

    ReplyDelete
  33. Pertama ketemu Bebe di acara Pepsodent dan tanya namanya
    Jujur langsung mengernyitkan dahi, berasa agak susah diingat hahaha *ampun
    Tapi pas buka blogmu Mak, lebih enak aja ikutan manggil Bebe

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG