-->

69 Tahun BNI, Menyambung Hati ke Seluruh Negeri

on
Wednesday, August 5, 2015

Kalau bicara bank, nama apa yang pertama kali muncul di kepala kalian?

Kalau saya sih BNI. Soalnya waktu kuliah, bayar kuliah pakai BNI. Dikasih kartu kredit sama suami, BNI. Pokoknya urusan perbankan keluarga saya dan keluarga suami, sebagian besar pakai BNI.

Ayah saya yang pegawai negeri, gajian dari BNI. Beliau jadi saksi perjalanan bank di Indonesia dari ribetnya bolak-balik ke bank karena belum ada atm hingga sekarang yang semudah mobile banking.

Ibu saya juga menabung BNI. Kedua adik saya juga nasabah BNI. Sudah? Belum! Keluarga suami juga seluruhnya merupakan nasabah BNI. Alasannya sederhana, karena banyak sekali kerabat yang menggunakan BNI. Jadi semua transaksi menjadi lebih mudah.


Saya sendiri diberi kartu kredit turunan kartu kredit suami untuk kebutuhan dadakan saat sedang tidak bersama suami. Memang sih limitnya hanya setengah dari limit kartu kredit suami. Tapi cukup sekali! Kebutuhan "dadakan" ini salah satunya adalah promo di resto! Hahahaha. Kartu kredit BNI kan sering ada promo. Makan di resto tertentu jarang harus membayar full. :D

Selain itu, kami berdua juga membuka tabungan haji di BNI. Lalu setiap bulannya saya selalu membayar berbagai tagihan dengan internet banking BNI (dari rekening suami dong bayar tagihannya hahahaha).

Dengan pengalaman bersama BNI yang sangat banyak, saya jadi penasaran, apa arti 46 di nama BNI? Kapan pula BNI mulai hadir dan melayani di Indonesia? Apa prestasi dan sumbangsih BNI sebagai bank milik negara untuk negeri ini?

Mengenal BNI Lebih Dekat

Bank Negara Indonesia (BNI) ternyata merupakan salah satu bank tertua di Indonesia.  Didirikannya pada 5 Juli 1946. Nah ini lho ternyata arti 46 di nama BNI! BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. Awalnya BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. (sumber)

Selama 69 tahun perjalanannya, saat ini BNI mempunyai 1.772 kantor cabang di Indonesia dan 5 di luar negeri yaitu di Kuala Lumpur, Malaysia; Singapura; Hong Kong; Tokyo dan Osaka, Jepang; London, Inggris; serta New York, Amerika Serikat.

Siapa pendiri BNI? BNI didirikan oleh salah satu anggota BPUPKI Margono Djojohadikusumo. Kakek dari Prabowo Subianto ini punya jasa besar atas perkembangan usaha perbankan di Indonesia. Beliau lah yang menanamkan nilai-nilai dan cara pandang bisnis perbankan di Indonesia, menggantikan peranan De Javasche Bank pada era penjajahan Belanda.

Untuk data lebih jelas tentang BNI, bisa lihat infografis di bawah ini ya!

klik untuk memperbesar gambar

Banyak yaaaa! Nah, selain urusan perbankan dengan segala tetek bengeknya, BNI juga punya kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang kece banget loh.

Tentang CSR BNI

BNI punya banyaaakk sekali program CSR. Bertahun-tahun jadi nasabah BNI, saya baru tahu loh ternyata BNI meng-cover banyak sekali kegiatan sosial. Dari membantu korban bencana, sampai mendonasikan kapal ambulans untuk TNI Angkatan Laut! Ambulans itu digunakan untuk menjangkau pulau-pulau terluar di Indonesia. Hebat!

Program CSR BNI ini dibagi jadi beberapa program. Yaitu Program Bina Lingkungan dan Program Kemitraan. Saya rangkum di infografis di bawah ini ya. :)


Lebih detail lagi, BNI juga punya program khusus menjaga lingkungan dengan BNI Green Banking. Sebagai nasabah, yang paling sederhana adalah pilihan untuk mengkonversi laporan kartu kredit yang biasanya berupa surat biasa, menjadi surat elektronik. Jadi setiap bulannya, tagihan kartu kredit saya sudah tidak dikirim dalam bentuk kertas lagi. Selain hemat kertas, juga tidak membuat sampah dan gampang untuk didokumentasikan karena semua tersimpan dengan baik di akun email.

Untuk Green Banking dalam skala besar, BNI mendukung sekali pembangunan ruang terbuka hijau alias taman dan hutan kota. Sejauh ini, BNI mendistribusikan dan menanam ratusan ribu bibit untuk Hutan Kota Banda Aceh, Taman Kota Trembesi Banda Aceh, Hutan Kotan Manahan Solo, Taman Kota Wonosari-Yogyakarta, lereng Gunung Sumbing, Hutan dan Taman Kota Udayana-Bali.

Bukan hanya di Jawa dan Sumatera, kegiatan CSR BNI ini mencakup hampir seluruh Indonesia lho! Terbukti dengan program pengembangan ekowisata. Di kawasan ekowisata Pantai Iboih, Sabang, BNI membantu pengelolaan sampah. Sampah organik diolah menjadi kompos sementara sampah non-organik diolah menjadi berbagai kerajinan tangan.

Bergeser ke daerah Jawa, BNI bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Java Learning Center, dan masyarakat Desa Bleberan untuk mengembangkan kawasan ekowisata Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono, di Desa Bleberan Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian di daerah Timur, BNI juga mengembangkan kawasan ekowisata Pulau Komodo agar lebih bisa bernilai ekonomis bagi warga lokalnya. Juga menyumbangkan biogas untuk penduduk Pulau Sumba sebagai pengganti kompor. Untuk Raja Ampat, Papua, BNI menyumbang mobil pintar sebagai sarana belajar.

Wah berarti dari Sabang sampai Merauke, BNI menyambung hati untuk kemajuan negeri ini ya. Salut deh!

klik untuk memperbesar gambar

Untuk Program Kemitraan, BNI membina Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan mitra melalui Kampoeng BNI. Jadi sistemnya, BNI menyalurkan kredit untuk UKM yang mengolah potensi sumber daya setempat dan kearifan lokal. Tidak hanya memberi kredit dan mendonasikan pembangunan sarana umum di kampung tersebut, BNI juga membina dengan memberikan berbagai pelatihan agar produk lokal tersebut bisa jadi lebih kreatif lagi dan bisa bersaing di pasar internasional.

Kampoeng BNI tersebar di berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Seperti Kampoeng BNI Batik Tulis Wiradesa Pekalongan, Kampoeng BNI Batik Tulis Lasem Rembang, Kampoeng BNI Imogiri Bantul, Kampoeng BNI Kain Sasirangan Banjarmasin, dan masih banyak lagi.

Selain itu, BNI banyak mensponsori beberapa event olah raga seperti Thomas & Uber Cup 1994, SEA Games 1997, Asian Games 1998-2014, Kejuaraan Golf Indonesia Open, klub sepak bola Chelsea, dan Tour De Singkarak. Juga menjadi sponsor konser seperti Java Jazz Festival untuk lebih bisa menjangkau kalangan muda. Saya ingat tuh waktu konser Bigbang di Jakarta, BNI jadi salah satu sponsor utama dengan stand dan gate entrance yang keren banget! Jauh dari image bank milik negara yang jadul dan tidak modern. :D

Prestasi BNI

Dengan Semangat Berbagi yang luar biasa, tidak heran jika BNI pun menuai banyak prestasi. Dikutip dari keterangan pers "Masuki Usia ke-69. BNI Perbanyak Prestasi dan Terus Berbagi", dalam setahun terakhir ada banyak prestasi yang diraih BNI, di antaranya:

1. Menjadi bank dengan Walk in Channel terbaik nomor 1 di Indonesia. Yaitu bank yang memiliki fasilitas dan layanan terbaik di antara bank yang diikutsertakan dalam Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2015. Penilaian mencakup layanan Customer Service, kenyamanan ruangan, peralatan di banking hall, toilet, dan layanan ATM. BNI juga menempati peringkat kedua sebagai The Best E-Channel.

2. BNI memiliki jaringan ATM di luar negeri terbanyak dibandingkan bank asal Indonesia lain. Dari sisi inovasi, BNI juga terus mengembangkan layanan Innovative Channel sejak tahun 2013 seperti ATM sepeda motor, kontainer outlet, ATM khusus untuk penyandang disabilitas, dan BNI layanan gerak 4WD.

3. Dengan upaya konsisten untuk memberi layanan terbaik, BNI dianugerahi sebagai Bank Persepsi Terbaik sejak 2009 hingga 2014 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Selain itu, BNI juga mendapat penghargaan dari luar negeri seperti "The Asian Banker Transactional Banking Award 2015"sebagai Best Cash management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong 14 April 2015. Kemudian Peringkat Pertama Digital Brand of the Years dari iSentia dan Infobank untuk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta 26 Maret 2015, dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 5 penghargaan yang sudah diterima BNI sepanjang tahun 2015 ini.

*

Sebagai nasabah, saya sendiri puas dengan layanan BNI. Apalagi customer service-nya yang sigap menerima keluhan nasabah. Pernah sekali waktu saat saya dan suami membuka tabungan haji. Tidak biasanya, antrian berjalan lambat sekali sehingga saya harus menunggu cukup lama. Saya kemudian komplain melalui Twitter.

Di hari yang sama, customer service yang melayani saya langsung menelepon untuk meminta maaf. Mbak customer service itu bahkan meminta izin untuk bertamu ke rumah saya agar bisa meminta maaf sambil bertatap muka. Tentu saya tolak karena kasihan, terlalu merepotkan. Permintaan maaf via telepon saja sudah lebih dari cukup. :)

Untuk inovasi, saya pernah lho mencoba outlet kontainer BNI. Waktu itu kebutuhannya untuk membayar paspor anak saya. Lucu deh, kontainer sekecil itu di-set seperti bank beneran! Dengan satu teller di balik meja, mesin ATM, kursi empuk untuk menunggu, plus satpam yang selalu menyapa dengan ramah. Panas? Nggak dong, kan ber-AC. :D

Akhir kata, saya, keluarga, dan keluarga mertua mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-69 untuk BNI! Terus berbagi, terus berprestasi!



Sumber:
Press Release "Masuki Usia ke-69. BNI Perbanyak Prestasi dan Terus Berbagi" 5 Juli 2015
www.bni.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia

Foto:
Dokumen Pribadi
Pexels.com dengan lisensi CC0 (tidak perlu credit)

***

Tulisan ini disertakan dalam Lomba Blogging "69 Tahun BNI, Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri".

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
47 comments on "69 Tahun BNI, Menyambung Hati ke Seluruh Negeri"
  1. Keren banget postinganmu mak... Iya nih, rekening pertamaku ya juga di BNI, bayar kuliah dulu lewat situ. Baru tau CSR BNI yg ramah lingkungan ini. Semoga BNI tetap terus peduli pada bumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya akupun baru tahuuuuu. makasih udah mampir! :D

      Delete
  2. Ngeeeek, megap-megap aku bacanya. Mbak Icha ini mesti deh, aku sukaaaa banget ama totalitasnya tiap kali ikut lomba.

    Aku mau ikut aslinya, tapi karena nggak punya feel sama BNI (alias bukan pengguna dan sama sekali asing) ya gak ikutan deh. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. HARUSSS TOTAL DONG, 10 JUTA INIH HADIAHNYA HAHAHAHA

      Delete
  3. Wooow lengkap sekali, dan baru tahu juga program2 CSR mereka :) Jadi kepikiran buka cc BNI wkwkwk
    Tabungan kami juga pake BNI soalnyah

    ReplyDelete
  4. sekian tahun nabung di BNI dan baru tahu kalo pendirinya kakeknya prabowo hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru tau hahaha ga heran kaya raya sekaliihhhh :D

      Delete
  5. MENANG, MENANG, MENAAAAANG!!!

    Mak, itu yang cewek rambutnya kriting siapa?
    Apakah dirimu pada saat belum berhijab?
    **kepo akut**

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAMIIN

      cewe keriting itu adalah ...

      YA BUKAN AKULAAHHHH. itu foto gratisan jadi ga tau siapa hahahaha

      Delete
  6. ajib tulisanmu makkkk....menang ini,,,menang dah... :)

    ReplyDelete
  7. seperti biasa tulisanmu selalu keren mak..semoga menang ya :)

    ReplyDelete
  8. Aku sukaa.. foto yang paling bawah. itu sekeluarga dikumpulin semua. Kereeeen. I wish you luck ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaaa itu malem-malem, udah pada piyamaan dan butek semua XD

      Delete
  9. keerreennn.... we love bni yaa.. :)

    ReplyDelete
  10. iya ya, dulu bayar kuliah ke BNI.. yang jauh itu kalo dari FMIPA, karena belum bisa bayar kuliah lewat ATM.. *timeflies..
    btw, si adik di trans7? *salah fokus

    ReplyDelete
  11. Serius artikelnya keren banget mba :)

    ReplyDelete
  12. Luar biasaaaaa demi 10 juteeeee.. ya ampub cha, postingan gw hrs dipermak lagi berhubung isi tulisan kita anglenya mirip. Resiko telat published ini huhuhuhuhuhu *nangis di ATM*

    ReplyDelete
  13. Good luck ya mak...keren bgr ngemas tulisannyq

    ReplyDelete
  14. Bicara BNI jadi ingat jaman kuliah ya mak, pokoknya BNI top dah, ia salah satu bank yang merakyat dan selalu membantu demi kesejahteraan rakyat. Keren, semoga menang ya mak

    ReplyDelete
  15. Niat bangeeeet ya mak ngikut lombanya... artikelnya cakep, komplit..plit..plit. Cuma akunya bukan nasabah BNI siy.. hihihi.

    ReplyDelete
  16. anggota keluarga di carter semua ya mak utk foto hehe...good luck

    ReplyDelete
  17. Isssh mantep neh tulisannya. Semoga menang ya

    ReplyDelete
  18. Tulisannya lengkap banget Mak.. good luck ya..!

    ReplyDelete
  19. Samaaaaaa mbak, aku juga dulu pertama kali berkenalan dengan BNI adalah saat menjadi mahasiswa. Eh kayaknya, hampis semua mahasiswa Indonesia dari Sabang sampai Merauke yak pernah punya ATM merangkap kartu mahasiswa dari BNI.
    Btw, postinganmu kereeeeeen mak. Itu foto keluarga semua? Jadi sengaja dikumpulin trus fotoin satu-satu khusus buat lomba ini ya? Waaaa.... keren keren keren
    Semoga menang yaaaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kan keluarga di bandung semua, aku di jakarta. jadi itu foto masing-masing terus dikirim via whatsapp hehehe mintanya udah jam setengah 10 malem jadi udah pada kucel semua XD

      Delete
  20. aku juga pake bni pas mulai kuliah..
    dan itu sangat enak...soale cuma satu-satunya bank yang punya atm 20ribu dikampus sampe sekaran \\(--,)

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI BANGET!!!! penting itu ATM yang duitnya 20rb :))))

      Delete
  21. Rekening Bank pertamaku & satu2nya Bank di Tulungagung yang pernah punya antrian nasabah hingga kiloan meter saat menjelang puasa, bulan puasa, menjelang Idul Fitri saat tahun2 akhir 90an hingga awal 2000an, krn satu2nya Bank yang mampu menerima kiriman dari BMI luar negeri dengan cepat. Dan aku juga salah satu saksi sejarah tersebut

    ReplyDelete
  22. Semoga postingan berdarah-darah disambi chit chat ini barokah dan membawa kejayaan kepada penulisnya :)
    Keren, Cha. Sumpah!

    ReplyDelete
  23. Aku juga pake BNI dr mulai kuliah sampe skrg udh jadi emak2.. soalnya BNI gampang dicari atmnya sekalipun di pelosok, terus bener bgt itu komen diatas atm 20rb penting bgt buat mahasiswa.. dan yg menyediakan hanya BNI (setahu saya) hehe

    Btw, itu wajah2 di foto terakhir barisan bawah gak asing.. secara kalo lg nunggu jadwal kuliah sy sm mantan pacar a.k.a suami sering makan di warung Ceu Nani (pas depan kampus soalnya).. hehehe semuanya masih pd sehat yah.. senangnya ^^ oiya adeknya kang Wandi yg dulu endut (lupa namanya) skrg meuni geulis atuh neng, dh pake jilbab lg.. :))
    Salam utk semua keluarga mertua y teh.. ^^

    Akhir kata dr komen yg panjang ini SEMOGA MENANG YA TEH.. AMIN

    ReplyDelete
  24. Fatma Nama saya, tinggal di malaysia, saya adalah seorang Muslim yang taat saya mahu menggunakan
    Media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati dengan penipu kerana bulan everywhere.Few lalu, saya adalah dari segi kewangan ke bawah, dan kerana keperluan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa syarikat yang dipanggil pinjaman dalam talian. Saya tidak berputus asa sehingga seorang kawan saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman sangat handal dipanggil Puan theresa yang memberi pinjaman pinjaman tidak bercagar sebanyak $ 100,000 dalam masa 24 jam tanpa tekanan, pada mulanya ia adalah seperti mimpi bagi saya sehingga saya melihat ansuran pertama saya amaran 2 jam selepas saya digunakan. Saya menggalakkan rakan-rakan indonesia yang memerlukan pinjaman untuk memudahkan hubungi Cik Theresa melalui: theresaloancompany@gmail.com
    Berhati-hati! Anda juga boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut melalui: feyzilfatma@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Apakah Anda dalam setiap kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kami
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan memberkati Allah
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  26. Halo, saya Ibu Linda Mark, seorang pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda dalam utang buruk? Anda ingin memperluas bisnis Anda, membayar tagihan Anda, renovasi rumah atau jika Anda memerlukan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang dimengerti.
    hubungi kami melalui email: (. lindamarkloancompany @ gmail com)

    ReplyDelete
  27. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  28. Nama saya Puan Kareem Ameenah. Saya seorang pemberi pinjaman wang persendirian yang sah berdaftar dalam pemberian pinjaman kepada individu, perniagaan lelaki, wanita, dan juga untuk syarikat-syarikat yang memerlukan bantuan kewangan di Indonesia dan di seluruh dunia. Kami berada di sini untuk menyediakan jangka panjang atau jangka pendek pinjaman yang baik, peribadi atau gadai janji, pinjaman anda boleh dipindahkan melalui kertas kerja atau daftar Kami akan memberikan yang terbaik apabila anda menghubungi syarikat kami. Berikut adalah e-mel hubungan kami
    (Kareemameenahloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  29. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda membutuhkan serius pinjaman mendesak, Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal ini hampir mendapatkan untuk mengakhiri tahun ini dan kami berada di Chloe Firm Pinjaman, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi tahun baru dengan senyum di wajah mereka.

    Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:
    Nama Lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor Cell Phone: ________


    CHLOEMORRISLOANFIRM
    (chloemorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  30. Ramadah PELUANG HOLIDAY PINJAMAN PELABURAN:

    Adakah anda memerlukan pinjaman? Adakah anda berminat untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau adakah anda bimbang kewangan ?. Adakah anda mempunyai hutang untuk membayar? Kami memberi pinjaman kepada mana-mana bahagian dunia, kadar faedah pinjaman kami adalah 2% setiap annul tempoh dirundingkan tanpa mengira lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini hubungi kami melalui syarikat alamat e-mel di: Theresaloancompany@gmail.com laman web kami (sglfirm.org/theresaloancompany)

    NOTA: Kami memberi maksimum (USD100,000.00 $ / €) ETC Permintaan Kredit mestilah dinyatakan dalam dolar AS atau EURO, rupiah, RM dan apa-apa wang yang digunakan lain.

    pencari pinjaman yang berminat untuk mengisi borang permohonan pinjaman di bawah perjanjian itu ..

    (MAKLUMAT PEMINJAM)

    Nama penuh:......................
    AGE .............................
    STATUS PERKAHWINAN ..................
    Alamat: ...........................
    Negara ....................................
    Negara ...................................
    Telefon: .....................................
    E-mel: .....................................
    Pekerjaan: ................................
    Pendapatan bulanan: ............................
    Agama: ..................................
    Jumlah Diperlukan sebagai pinjaman: .....................
    Tempoh Pinjaman: .............................
    Tujuan pinjaman: ................................
    Jaminan: ................................
    Adakah anda memohon pinjaman sebelum ini?
    Adakah anda bercakap atau mendengar bahasa Inggeris? .............................

    Terima kasih kerana kami menanti Response pantas anda, kami bersedia untuk melayani anda.
    Theresa Pinjaman Syarikat Pinjaman Limited

    ReplyDelete
  31. i Mrs bukafia aisha membawa Anda semua salam dalam nama suci allah, saya ingin berbagi kesaksian saya kepada orang-orang yang baik dari Indonesia dan ke seluruh dunia bagaimana saya mendapat bantuan dan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman melalui ibu yang baik Mrs Emiliana wilson yang memberi saya pinjaman yang mengubah kehidupan seluruh keluarga saya setelah menjadi korban penipuan kepada para pemberi pinjaman palsu. saya telah kehilangan sekitar Rp10.000.000 karena saya butuh modal besar sekitar Rp200.000.000. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik ini, Mrs Emiliana Wilson yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya. ibu yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan ingin mengamankan pinjaman cepat pada bunga yang terjangkau dari 2%, hanya mendaftar melalui Mrs Emiliana Wilson melalui email: emilianawilson11@gmail.com. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: mrsaishabukafia@gmail.com. untuk rincian lebih lanjut tentang ibu yang baik Mrs Emiliana wilson.

    ReplyDelete

IG