-->

Multitasking Ibu Bekerja Bersama Samsung Galaxy Note 5

on
Monday, August 31, 2015

Halo! Saya Annisa Steviani, saya ibu bekerja dengan satu anak berusia satu tahun. Saya hobi menulis blog dan menggambar digital. Saya setuju sekali dengan pernyataan Justin Denison, Vice President Product Strategy & Marketing Samsung Electronics America di atas. Apalagi sebagai ibu bekerja, saya selalu dituntut untuk multitasking dan berbuat lebih banyak dalam waktu yang sempit. Kira-kira, apa ponsel yang tepat untuk saya ya?

Minggu lalu, saya menonton acara Samsung Unpacked 2015 yang digelar pada 13 Agustus di Lincoln Center, New York City itu. Nggak ke Amerika dong saya, nonton di YouTube. Hahahaha. Di acara itu Samsung memperkenalkan dua ponsel yang siap dirilis, Samsung Galaxy S6 edge+ dan Samsung Galaxy Note 5. Dari situ saya baru tahu, pemilihan ponsel yang tepat bisa membuat hidup kita sangat terbantu.

Usai menonton Samsung Unpacked 2015, saya akhirnya mengambil keputusan baru. Untuk orang seperti saya, ponsel yang paling tepat dan akan membantu segudang aktivitas sehari-hari saya ternyata adalah Samsung Galaxy Note 5 terbaru.


Why Samsung Galaxy Note 5 is my next smartphone?

Sehari-hari, saya menjalankan sedikitnya tiga jenis aktivitas. Pertama, sebagai social media and community specialist di kantor, kedua sebagai istri dan ibu di rumah, dan ketiga sebagai diri saya sendiri yang hobi menulis dan menggambar. Mendengar penjelasan detail tentang fitur-fitur Samsung Galaxy Note 5, ponsel pintar ini adalah jawaban untuk mempermudah semua kegiatan saya itu.



Smart Multitasking

Fitur Samsung Galaxy Note 5 ini akan memudahkan saya untuk melakukan beberapa hal sekaligus dengan cepat. Dengan menggunakan S-Pen, saya bisa langsung mengakses menu favorit dengan fitur Air Command yang aktif seketika saat S-Pen dikeluarkan. Di generasi Note terbaru ini, menu Air Command juga bisa aktif di semua layar! Tentunya ini akan memudahkan perpindahan satu aplikasi ke aplikasi lain favorit saya.

Apalagi didukung prosesor Exynos 7420 octa core (2,1 GHz quad + 1,5 GHz quad) 64 bit dengan RAM 4 GB yang tentunya akan membuat ponsel tidak berjalan lambat meski mengerjakan banyak hal sekaligus. Ini RAM terbesar yang pernah ditanamkan Samsung di ponsel mereka.

Samsung Galaxy Note 5 ini juga punya fitur Multi Window atau Split Screen yang memungkinkan kita membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Jadi setengah layar untuk browsing, setengah layar untuk chatting, bisa banget!

Ukuran layar yang besar

Dari segi ukuran, Samsung Galaxy Note 5 masih mengusung ukuran layar yang sama dengan generasi Note sebelumnya yaitu 5.7 inci dengan Super AMOLED capacitive touchscreen 1440 x 2560 pixels (~518 ppi pixel density). Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) ini adalah teknologi layar yang dapat mengubah setiap piksel dengan efisien secara langsung, bukan melalui lapisan kedua di atas layarnya. Teknologi AMOLED ini buatan Samsung lho! Best in class display!

Cerdasnya, meski ukuran layarnya sama dengan Samsung Galaxy Note 4, secara dimensi Samsung Galaxy Note 5 ini justru lebih kecil dan slim. Iya, jadi layarnya tetap berukuran sama, tapi ukurannya lebih kecil karena bezelnya lebih ramping. Samsung Galaxy Note 5 ini berukuran 153.2 x 76.1 x 7.6 mm dengan berat 171 gram. Bentuknya yang curve di bagian belakang juga membuatnya ergonomis saat dipegang.

"Bigger screens has gone come from nice-to-have to must-have. And the display, once become the gimmick, and now become the norm." -- Justin Denison

OH YES SO TRUE. Lihat aja, sekarang semua ponsel berlomba-lomba membuat ponsel berlayar besar. Selama ini saya selalu berpikir, ponsel berukuran layar 5.7 inci akan membuat saya kesulitan jika harus mengoperasikannya dengan satu tangan. Misalnya harus menelepon ketika sedang menyusui, atau sedang membawa tas belanja. Tapi ternyata Samsung punya fitur Reduce Screen Size dan One-handed input, yaitu fitur yang memungkinkan layar menjadi mengecil dan bergeser ke sisi kiri atau sisi kanan, tergantung pilihan kita.

Saya jadi masih bisa menjangkau sudut layar dengan jempol saya yang pendek ini. :) Fitur one-handed input ini juga bisa dengan mudah diaktifkan dengan memencet home button sebanyak tiga kali. Dan selama kita tidak mengembalikannya, fitur ini akan terus menyala.

fitur reduce screen size dan one handed input

Selain fitur-fitur di atas, Samsung Galaxy Note 5 ini juga akan jadi teman terbaik saya dengan segudang kemampuan lainnya. Apa saja?

Samsung Galaxy Note 5 akan jadi asisten terbaik saya di kantor

Berkat S-Pen yang semakin mumpuni dan powerful.

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011 Samsung Galaxy Note adalah smartphone pertama di dunia di mana orang bisa menulis langsung di ponsel mereka. Dalam perkembangannya, fitur pen yang disebut dengan S-Pen ini tentu semakin canggih. Ukurannya pun lebih slim dan lebih ringan.

S-Pen milik Samsung Galaxy Note 5 ini bahkan bisa dipakai untuk menulis langsung di layar dalam posisi lock! Jadi nggak perlu repot unlock dulu! Off screen memo bisa dilakukan kapan saja dan disimpan kemudian di dalam notes. :D

Keren banget ya! Saya langsung membayangkan masa-masa di mana saya biasanya membuat orang menunggu karena membuka lock phone kemudian membuka contact untuk menyimpan nomor ponsel orang. Kini, saya langsung bisa mengeluarkan Samsung Galaxy Note 5 saya untuk mencatat nomor ponsel. Tanpa ada jeda waktu tunggu! Ini sangat mempermudah pekerjaan saya yang sering bertemu dengan banyak orang baru dan kemudian menyimpan nomor ponsel mereka untuk tetap keep in touch.



Selain itu, saya juga bisa menandai dokumen dengan mudah. S-Pen ini bisa digunakan untuk melingkari, memberi highlight, dan memberi komentar pada dokumen yang saya inginkan.

Bayangkan, selama ini jika ingin melakukan semua itu, saya biasanya memindahkan dokumen itu dulu ke laptop, kemudian memberi komentar di Ms Word. Atau parahnya lagi, saya print dokumennya, kemudian saya mencoret-coretnya dengan spidol. Talk about efficiency with Samsung Galaxy Note 5!

Satu lagi yang membuat saya kagum, Samsung Galaxy Note 5 bisa membuat saya membuka file attachment berupa .pdf di email, menandatanganinya, dan langsung menyimpannya! Bisa pula jika ingin di-forward lagi sebagai attachment email!

Vice President Product Strategy & Marketing Samsung Electronics America Justin Denison, menunjukkan fitur ini di acara Samsung Unpacked 2015 dan saya langsung melongo. :O Saya tidak pernah menyangka sebuah ponsel bisa se-powerful itu untuk menunjang pekerjaan. :D

Selama ini untuk menandatangani surat kerjasama untuk urusan pekerjaan di kantor, saya selalu harus men-download dokumen, membukanya di laptop, insert file tanda tangan saya, atur ukuran image-nya, save dokumen, attach kembali dokumen, baru kemudian send email. Banyak sekali ya stepnya! Hahahaha. *kemudian merasa seperti datang dari zaman batu* LOL


Coba bayangkan berapa banyak waktu yang bisa dihemat!

Samsung Galaxy Note 5 akan jadi sahabat anak dan suami saya

Dengan Refined Camera untuk menangkap semua momen, kapan saja di mana saja.

Ibu muda mana sih yang tidak punya ribuan foto dan video anak di ponselnya? Layaknya ibu-ibu lain, saya juga senang mengabadikan tiap momen anak saya. Setiap momen rasanya berharga. Bahkan jika momennya tertangkap kamera selalu dalam kondisi blur karena anak saya yang terlalu aktif bergerak.

Nah, dengan Samsung Galaxy Note 5, foto-foto anak saya sedang bergerak aktif tidak akan blur lagi. Kamera Samsung Galaxy Note 5 dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 16 MP dengan Video Digital Imaging Stabilization (VDIS) dan Optical Image Stabilization (OIS).

Selain itu, ponsel pintar ini juga punya mode pro di mana saya bisa memilih shutter speed manual antara 1/24000 sampai 10 detik. Persis seperti kamera DSLR. Foto anak saya yang sedang aktif-aktifnya bergerak nggak akan blur lagi karena shutter yang cepat ini! :D


Kameranya juga mudah sekali terbuka. Tekan dua kali di home button, dalam sekedip mata kamera sudah siap digunakan. Nggak lagi kehilangan momen anak yang biasanya hanya terjadi beberapa detik. Biasanya kamera belum juga siap menjepret, anak saya sudah melakukan hal lain lagi. #firstmomproblem

Untuk video, kali ini Samsung Galaxy Note 5 memiliki fitur better optimization video di mana jika video yang diambil dalam kondisi bergerak, gerakannya akan diminimalisir. Saya tertawa melihat demonya di acara yang sama Samsung Unpacked 2015. Saya seperti ditoyor karena sering mengabadikan momen anak berlari dalam bentuk video yang bergoyang naik turun. Maklum kan saya juga harus mengejar anak saya lari, tapi keukeuh pengen videoin juga, ya goyang-goyang deh videonya. Hahahha. Selain itu, videonya sendiri punya opsi untuk membuat collage, serial, dan slow motion lho!

Scroll capture, sharing segalanya dengan mudah.

Untuk suami (memasak tugasnya dia :p), saya biasanya browsing resep masakan untuk kemudian di-screen capture dan dikirim pada suami via WhatsApp. Kenapa screen capture dan bukannya link? Karena file image lebih mudah disimpan di galeri, jika sewaktu-waktu ingin masak yang sama, tinggal buka album foto. Tidak perlu repot mencari linknya lagi.

Nah, Samsung Galaxy Note 5 punya fitur Scroll Capture untuk memudahkan saya mengirim resep-resep itu. Biasanya satu page, screen capture. Scroll page kedua, screen capture. Scroll page ketiga, screen capture. Tiga page artinya tiga image yang saya kirim pada suami. Tiga image yang akan dia save di album fotonya. Kalau terhapus satu? Ya kacau deh. Dengan one screen capture, saya bisa scroll page-nya dan melanjutkan screen capture! Jadi meskipun scroll berhalaman-halaman, jadinya akan tetap satu image utuh! WHAAAAAA! *senang*

Fitur ini juga memudahkan untuk screen capture arah lengkap di Google Maps. Maklum, di Jakarta kami nyasar terus jadi berpegang teguh pada Google Maps. Sebelnya, kadang sinyal suka hilang di tengah jalan. Nah dengan Scroll Capture, saya kini bisa simpan semua petunjuk Google Maps di satu image di album foto untuk kemudian dilihat secara offline.

Samsung Galaxy Note 5 membantu saya melakukan hobi

Sibuk di kantor dan di rumah, saya tentu tidak melupakan hobi saya sejak lama. Hobi menulis kini disalurkan lewat blogging dan hobi desain disalurkan melalui ... desain. HAHAHAHAHA. Ya desain apa saja, header blog atau sekadar cover banner untuk posting blog. Saya juga senang menggambar digital.

Nah, selain powerful untuk mendukung saya sebagai ibu bekerja, Samsung Galaxy Note 5 ini bisa pula dimaksimalkan untuk menyalurkan hobi-hobi saya.

Seperti fitur side-sync untuk kemudahan sinkronisasi dengan PC dan televisi

Saat menonton Samsung Unpacked 2015, saya sekali lagi dibuat terperangah terutama dengan fitur Side-sync atau PC-Phone Connection. Apa-apaan, memindahkan file dari ponsel ke laptop hanya semudah drag and drop? HAH! Sebel banget selama ini saya selalu kirim via email. Kalau bisa dengan mudah digeser, untuk apa email segala? -_____- Dan fitur ini juga bisa digunakan ke televisi! Seru kan lihat foto keluarga bareng-bareng di televisi dengan mudah.


Untuk memanjakan hobi menggambar digital saya, saya excited sekali mencoba menggambar dengan S-Pen. Maklum, selama ini menggambar di ponsel atau tablet, saya selalu menggunakan jari telunjuk. Susah? Pastinya, karena kontrol kurang sekali kan. Tapi dengan S-Pen, saya bisa seolah menggambar menggunakan pensil di atas kertas.

Live broadcast untuk sharing dengan seluruh dunia

Satu lagi, bekerja sama dengan YouTube, Samsung Galaxy Note 5 juga punya fitur Live Broadcast. WHAAAAA. Seperti yang diramalkan para pakar internet dan social media, konten video akan merajai dunia. Jadi jangan ketinggalan!

Dengan Live Broadcast, blogger seperti saya bisa dengan mudah sharing langsung dari event untuk pembaca mereka. Iya, pembaca yang jadi penonton! :D Saya membayangkan, fitur ini juga bisa digunakan untuk conference meeting dengan blogger-blogger lain se-Indonesia atau bahkan se-dunia.

Canggih banget kan!

*

Wah fiturnya banyak sekali. Baterainya gimana? Percuma dong fitur banyak tapi baterai gampang habis!

Eits, jangan khawatir. Baterai Samsung Galaxy Note 5 ini berkekuatan 3.000 mAh. Juga ditanamkan teknologi isi ulang cepat untuk menambah daya baterai dalam waktu singkat.

Bicara soal baterai, calon ponsel baru saya ini dayanya sangat cepat terisi. Charging faster than ever! Baterai akan full terisi dalam waktu 120 menit saja. Kemampuan charging ini 33% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Untuk mempermudah berselancar di internet ponsel ini memakai sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 dengan user interface TouchWiz. Samsung Galaxy Note 5 ini juga sudah mengadopsi teknologi LTE Cat. 9, fastest 4G LTE Network today!

Selain itu, Samsung juga jadi pionir dalam cord-free future atau masa depan tanpa kabel. Percayakah kalian kalau saya bilang Samsung Galaxy Note 5 ini bisa di-charge tanpa kabel? Jadi charger-nya berupa piringan, ponselnya disimpan di atas piringan itu dan voila! Baterai terisi kembali.


Aksesoris yang cantik
Dengan berbagai kecanggihan itu, Samsung tentu tetap menawarkan produk yang elegan dan enak digenggam. Desainnya cantik sekali dengan lapisan glass sampai bagian belakang. Terdapat empat pilihan warna, yaitu Black Sapphire, White Pearl, Gold Platinum serta Silver Titanium. Gold is definitely my favorite! Bakal cantik banget untuk nemenin meeting. :D


*

SamsungPay

Ini juga terobosan baru dari Samsung. Simpelnya, "menyimpan" kartu kita baik credit atau pun debit card pada ponsel. Saya sih udah jaraaangg sekali bawa uang cash ya, jadi bawa dompet isinya kartu semua. Nah kalau SamsungPay ini udah bisa di Indonesia, enak banget dong tinggal bawa ponsel aja!

Sistemnya canggih banget deh, tinggal buka aplikasi SamsungPay, kemudian dekatkan pada mesin EDC. Ituloh mesin yang buat swipe kartu kalau lagi bayar di kasir. Keren kaannn. Sayangnya SamsungPay belum tersedia di Indonesia. Baru beta version di Amerika. Soon, baby soon! :D

Nah terus pertanyaan penting selanjutnya: kalau all in one gini, apakah aman? Karena berarti mungkin lebih tiga perempat hidup saya akan dihabiskan di ponsel kan? Kalau dibuka-buka orang gimana?

Ya, tenang saja. Samsung Galaxy Note 5 sudah dilengkapi dengan touch fingerprint atau sensor sidik jari untuk membuka lock ponsel. Sensor sidik jari ini sudah diperbaharui dibanding generasi sebelumnya yang disebut-sebut kurang nyaman karena kurang responsif. Kini, dengan menyentuh ringan home button, ponsel akan langsung unlock seketika. Sensor sidik jari ini bisa menyimpan beberapa sidik jari sekaligus lho!

Sensor sidik jari ini juga jadi garda keamanan SamsungPay. Jadi kalau mau bayar pakai SamsungPay ya harus yang sidik jarinya tersimpan di ponsel dong. Aman! Saya amaze sendiri waktu nonton demo SamsungPay di acara Samsung Unpacked 2015 itu.

*

klik untuk memperbesar gambar
Oiya, Samsung Galaxy Note 5 ini sudah bisa pre-order dari 27 Agustus sampai 6 September. Untuk lengkapnya kunjungi www.GalaxyLaunchPack.com dan subscribe untuk dapat info terbaru dan tercepat soal ponsel ini.





Dari tadi saya berulang-ulang ngomong Samsung Unpacked 2015 terus. Sekeren apa sih acaranya? Tonton sendiri di bawah ini ya!



Terjawab ya semua kenapa Samsung Galaxy Note 5 akan sangat cocok jadi ponsel saya selanjutnya?


Let’s multitask like a pro! To do more, to create more!

***

Tulisan ini disertakan untuk Lomba Blog Samsung #StartWithNote5. Semua infografis dibuat oleh saya sendiri dari berbagai sumber.

Source:
http://www.samsung.com/global/galaxy/events/unpacked/
http://www.androidcentral.com/10-things-know-about-galaxy-note-5#slide2
http://www.androidcentral.com/how-take-scrolling-screen-capture-galaxy-note-5
http://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_note5-7431.php
https://id.wikipedia.org/wiki/AMOLED





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
24 comments on "Multitasking Ibu Bekerja Bersama Samsung Galaxy Note 5"
  1. No more iPhone nih? Yakin pilih Android? XD

    ReplyDelete
  2. Mak... itu bikin foto bisa slideshow gimana siiih? *kepo*

    Waduh, keren bin mantapppp nih postingannya. Bikin mupeng punya Samsung Galaxy Note 5 pulak!
    Good luck, maaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. di edit jadi format .GIF mbak kece hihihi *asalnyamber waeeee saya mah #CMIIW
      btw iya euy beneran kek kata dikau mbak, ini postingan cmn dilihat sekelbat uda jadi racun bangeeeeeeeet nget nget T_T

      Delete
  3. Nice revieeww mbak ,,.
    Goodluck yaaa
    Mupengnya kita sama Note 5
    (♥ω♥ ) ~♪

    ReplyDelete
  4. Nice revieeww mbak ,,.
    Goodluck yaaa
    Mupengnya kita sama Note 5
    (♥ω♥ ) ~♪

    ReplyDelete
  5. Ihirrrr Iphoners ripiw Android. Mau berpindah ke lain hati ato mendua buk? XD

    But sure, this is the best. Sukses ya kakak akoooh :*
    *lah sejak kapan diakuin adek xD

    ReplyDelete
  6. weittt berapa hari iki mbak buat artikelnya haha..
    bagus dan lengkap...
    semoga menang mbak ..
    aminnn..
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

    ReplyDelete
  7. note 2 aja dulu udah bagus banget apalagi note 5 ini ya...sukses ya nisa

    ReplyDelete
  8. Tiap baca atau mendengar atau nonton yang berkaitan dengan Samsung, yg terbersit di otak langsung drama Korea *ditoyor* :)))

    ReplyDelete
  9. Ini reviewnya bikin ngiler banget deh. Padahal mas2 yang ngasih flyer 'samsung galaxy note 5' waktu itu udah ku mendelik-in. Iya, mendelikin karena HARGANYA. Tapi kok kok kereen sih. Mana hp lg error pula. Jadi pengen hiks.

    ReplyDelete
  10. Ini berapa juta hari mikir buat bikin postingan super lengkap gini, Stevie?
    #dilemparmercon :D
    Duh bener kata Icoel, ikut lomba blog sekarang cuma bisa gigit jari. Goodluck ya.

    ReplyDelete
  11. Hari imi banyak yg posting soal samsung ya :)))

    ReplyDelete
  12. Haaa.. sepertinya calon menang ini !

    ReplyDelete
  13. Empat jempol review-nya Maakk. Bau-baunya juara iniiihh ^_^

    ReplyDelete
  14. Cie, jadi udah fiks yaa mau nyobain android high end ini? Wis aah, ndak ikutan, lihat ini udah jiper duluan. Tapi kalau sampai menang, aku senang untukmu dear

    ReplyDelete
  15. A very goodluck to youuu...kalo juara note 5 nya jual diskon sama akyu yaah hehehehe

    ReplyDelete
  16. Cegluk...cegluk....liat postingan Samsung Galaxy Note 5 aja udah ceglukan gimana klu dah di tangan yak ! Postingannya kerennnn... Gutlak mak...!

    ReplyDelete
  17. Samsung Galaxy Note 5? Ga mampu belinya, Mak, tapi kalo menang lomba, wow! Siapa bisa nolak? HIhi. Ulasannya kece badai, semoga menang ya, Mak!

    ReplyDelete
  18. jadi ngiler saya mbak liat spesifikasi HP nya (y)

    ReplyDelete
  19. Thanks for sharing here.
    I am very happy to read your review.
    I hope you give a useful topic for everyone.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG