-->

Perawatan dan Biaya LASIK ReLEx® SMILE di Bandung Eye Center

on
Friday, April 16, 2021

Ini adalah lanjutan dari artikel ini: Pengalaman LASIK Mata ReLEx® SMILE di Bandung Eye Center. Baca postingan sebelumnya untuk cerita screening dan proses LASIK nya ya! Sekarang kita akan bahas perawatan dan biaya LASIK ReLEx® SMILE di Bandung Eye Center


2 hari pasca LASIK udah naik ATV ahahahaha


Sampai rumah sekitar jam setengah 3, saya tidur 3 jam dengan kondisi mata berair terus. Kalau tidur, matanya dikasih penutup mata gitu untuk menjaga biar nggak kucek mata. Karena beneran pengen kucek banget kaya kelilipan debu besar terus debunya nyangkut di sana nggak mau keluar nggak peduli seberapa banyak air mata keluar :’)


Kepanikan melanda, duh kok pede banget besok udah bikin jadwal syuting, weekend-nya udah booking tempat glamping pula, apa bisa? Apa ini mata akan berair lama gini? Saya akhirnya memberanikan diri untuk BERDIRI dan mulai jalan-jalan. Eh kok matanya jadi nggak berair, jangan-jangan dari tadi berair karena nggak dicoba dipake gitu.


Penutup mata yang dipakai saat tidur.



Lalu saya waslap muka dan mandi (mandi biasa aja cuma pake kacamata renang karena masih ngeri air masuk LOL). tapi jadi seger banget dan mencoba beraktivitas, mayan ya biasa aja ternyata cuma nggak bisa liat layar aja. TV gitu nggak sanggup karena silau. HP  juga udalah saya bertekad untuk nggak liat layar sama sekali sampai besok paginya. Soalnya kalau kata dokternya, kalau udah ngerasa bisa, boleh aja liat layar setelah 3 jam dengan catatan istirahat tiap 20 menit. Ah tapi  emang mau ngapain sih. Apa yang begitu urgent sampai harus liat layar terus kan. NGGAK ADA :)))


Perawatan pasca LASIK ReLEx® SMILE 


Sore itu juga saya minta tolong ibu untuk rebusin telor agak banyak karena dokter bilang harus banyak minum protein biar cepet sehat. Sehari makan 2 butir. 


Mata nggak boleh kena air seminggu apalagi air sabun ya. Nggak boleh kena air bukan berarti nggak boleh cuci muka. Pas awal saya cuci muka pakai waslap basah tapi hari berikutnya udah berani cuci muka biasa pelan-pelan.


Caranya,  siapin handuk di jangkauan tangan dan cuci muka pakai air diusap pelan pakai tangan. Jangan lupa merem banget maksimal gitu untuk mastiin air nggak masuk mata, lalu ambil handuk, keringkan dulu muka baru buka lagi matanya. Jadi wudhu tuh BISA BANGET YA! Boleh kok.


Kalau mandi, area mata dibersihinnya pake waslap, abis itu pakai kacamata renang, baru deh cuci muka pakai facial wash. Selama keramas dan proses mandi juga pakai kacamata renang untuk make sure aja nggak kecipratan air sabun. Btw ini saya ngarang sendiri ya pake kacamata renang nggak disuruh dokter tapi ya works ahahahaha.


Selain perkara air, juga dikasih tetes mata 3 macem. Yang 1 ditetes 1 jam sekali, yang 2 lagi 3 jam sekali. Harus rajin pake biar cepet normal lagi matanya. Malamnya tidur aman jaya, nyenyak nggak ada masalah apa-apa. Udah nggak sakit, udah nggak berair.


Obat tetes matanya.


Saya juga dikasih goggles gitu untuk dipake keluar rumah biar matanya nggak kena debu.


Hari berikutnya


BANGUN TIDUR BUKA MATA BISA MELIHAAATTTT AAAKKKKKK!


Saya ngerasa ini mata udah normal 100% dan coba buka HP. Wah jelas banget huhu terharu. 


Pagi ini jadwal konsul lagi ke dokter dan sepanjang jalan masih pakai sunglasses soalnya masih silau tapi saya baca semua hal di jalan dan kebaca semua :’)))))


Nyampe Bandung Eye Center, dites lagi dan keliatan semua dong SEMUAAAA! Padahal hari sebelumnya, huruf paling besar aja nggak kelihatan sama sekali. Kurang lebih ginilah hari sebelumnya vs setelah LASIK. Iya sebelum LASIK dengan jarak yang sama cuma keliatan bayangan item aja boro-boro hurufnya. :))))



Seburem itu emang, jarak pandang selama ini cuma sejengkal :’)


Kata dokter, mata kanan udah 100% normal dan mata kiri masih 90%. Kerasa mata kanan tuh emang normal aja gitu sementara yang kiri masih ganjel.


Dari BEC ke studio untuk syuting dan lancar. Udah nggak sesilau itu meski selama di jalan rasanya pengen lepas soft lens padahal kan nggak pake HAHAHA. Iya feelnya tuh kaya kamu pake soft lens kelamaan, nggak bawa tetes mata, tapi mau lepas juga nggak bawa case soft lensnya. Tau kan rasanya, pegel gitu. Rasanya persis sama. Ini yang kiri doang ya, yang kanan tuh senormalnya mata deh.


Besoknya udah glamping, naik ATV, main high rope dan baik-baik aja, udah nggak berair, udah nggak silau tapi masih ngurangin main HP. Saya masih pengen istirahat maksimal 3 hari biar cepet sehat aja. Masih makan telor rebus 2 butir sehari juga.



Main high rope tanpa kacamataaaa!


Udah mulai bales-balesin chat tapi belum kembali bikin konten dan belum buka laptop. Udah nemenin Xylo main Minecraft meski cuma 20 menit. Tidur masih pakai penutup mata, keluar masih pakai goggles karena saya ngerasa ini lancar banget semuanya jangan sampai deh karena kelilipan terus jadi infeksi atau apalah.


LALU SUDAH. Senin udah normal aja gitu. Seminggu kemudian (kemarin) udah pakai eyeliner. Satu hal yang saya sadari, kayanya cepat sembuh karena di Bandung nggak kena AC sama sekali kecuali di mobil. Lalu glamping juga liat yang ijo-ijo kan jadi seger banget. Soalnya nyampe Jakarta, kena AC seharian matanya berasa jadi kering lagi gitu. Akhirnya diatur deh AC nya dinyala-matiin biar matanya enakan lagi.


Kata orang matanya baru, saya lebih ke punya badan dan wajah baru. Karena selama ini cuma bisa lihat wajah dan badan sendiri dari jarak jauh kalau difoto aja. Bercermin tuh deket banget ke cermin sampai pake eyeliner selalu mentok. Iya sih pakai soft lens, tapi soft lens kan cuma bantu minus aja, silindernya tetap ada jadi tetap berbayang. Baru ngeh oh gini rasanya bercermin tanpa kacamata dari jarak jauh :’))))


Biaya LASIK Mata ReLEx® SMILE di Bandung Eye Center


Ini yang paling dittunggu:


Harga LASIK Mata ReLEx® SMILE: Rp.32.800.000

Diskon jadi: Rp. 31.750.000


Untuk 2 mata. Sudah termasuk pemeriksaan screening awal LASIK, laboratorium, obat setelah tindakan

dan free kontrol 1x setelah tindakan.


Menurut aku ini yang paling terjangkau sih biayanya dibanding di Jakarta. Rata-rata di Jakarta itu Rp 38juta dan belum sama screening. Padahal alatnya sama aja. Ya apa sih yang lebih mahal di Bandung dibanding di Jakarta ya kan ahahahaha.


Apakah worth it? BANGET! Karena bener-bener enak hidup nggak pake kacamata apalagi kaya saya yang kacamata tuh udah nggak nyangkut saking lensanya berat. Ya minus 7 gimana sih, udah pake lensa yang dipertipis aja tetep merosot.


Kacamata tebalku :')


Dan ini PERMANEN ya! Menurut dokter Erna, LASIK itu adalah tindakan permanen kecuali kamu LASIK-nya di umur 18 tahun biasanya masih tumbuh matanya jadi bisa nambah minusnya. Tapi kalau di atas 22 tahun, minusnya nggak akan balik lagi. Kalau pun ada minus, tandanya bersisa saat tindakan, bukan karena kembali lagi. Itu pun paling seperempat atau setengah dan nggak akan nambah lagi sama sekali.


BEGITULAHHH. Demikian cerita saya LASIK mata dengan metode ReLEx® SMILE di Bandung Eye Center. Yang mau tanya-tanya boleh banget telepon dulu.


Bandung Eye Center

Jl. Buah Batu No.147

(022) 73514682


Kalau dari luar kota pun bisa banget LASIK di sini, nanti kontrolnya di kota asal. Puas banget sama layanannya BEC, tempatnya bagus, protokol oke, ruang tunggu sofa berjauhan jadi social distancing (bukan cuma dikasih x), dan semuanya ramah banget jadi bikin tenang. Karena ini rumah sakit mata (bukan klinik) jadi ada UGD dan Sunday Clinic-nya juga, hari Minggu kalau ada urgent sakit mata bisa deh ke BEC.


Bersama dr. Erna dan tim BEC yang helpful banget!


Semoga yang mau LASIK juga dilancarkan ya!


-ast-






LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
2 comments on " Perawatan dan Biaya LASIK ReLEx® SMILE di Bandung Eye Center"
  1. Ya ampun, seburem itu yah. Td rencana mau cr tempat lasik buat adek ipar yg minus 6. Kupikir harus siap budget 50jt an. Alhamdulillah ternyta dibawah itu huhuhu (terharu)

    ReplyDelete
  2. jadi mupeng...
    mataku minus 6 trus silinder 1.5 eh tapi banyak bintik-bintik hitam/garis rambut gitu entah bisa ga ya...

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)