TUTORIAL: Cara Membuat Kolase Foto di Adobe Photoshop

on
Monday, January 26, 2015

YEAY AKHIRNYA PUNYA POSTING TUTORIAL JUGA YEAY! *throw confetti*

Untuk tutorial pertama, yang simpel ajah, yaitu cara membuat kolase di Adobe Photoshop. Adobe Photoshop sebenernya buat edit foto sih bukan buat desain, untuk desain lebih tepat pake Adobe Illustrator. Tapi apalah dayaku, bisanya cuma Photoshop aja. -____- Ini pakeknya Adobe Photoshop CS3 ya. Soalnya yang ada di laptop cuma itu. :D

Saran saya, tonton dulu videonya baru baca keterangannya. Supaya ada pencerahan dulu. Atau mau ditonton sambil dibaca boleh. *ribet* Maunya saya sih videonya ada suara saya ngomong, tapi nggak punya mic buat rekam suara. Sutralah sementara begini aja yaaa.. Saya kasih angka di tiap stepnya, biar bisa sambil dicoba sambil diinget tadi udah step keberapa.

Cus!

1. Tutorial ini untuk kolase dari image dengan satu warna background polos, putih atau warna solid lainnya. Buat background bermotif, caranya beda lagi. Untuk belajar, bisa save dulu image yang saya pakai di bawah ini. Save ke satu folder khusus biar nggak lupa simpen ya.



2. Klik kanan, save image.

3. Buka Photoshop. Bikin file baru. File > New. Ukurannya kira-kira aja, biasanya untuk header saya start di 1200x500 pixel. Kalau kegedean nanti tinggal di crop. Resolution: 300 pixel/inch.



4. Kemudian File > Open > pilih image cupcakes yang tadi di-save. (video untuk penjelasan ini ada di bawah)

Kita hanya akan menggunakan gambar cupcakes tanpa backgroundnya. Jadi pisahkan gambar cupcakes dari background. Caranya:

5. Pilih Magic Wand Tool dari toolbox. Kemudian klik di bagian putih (background). Magic Wand Tool ini fungsinya untuk "memilih" (select) area dengan warna yang sama. Kalau di klik di bagian dengan warna putih, maka seluruh warna putih akan terpilih.

6. Nah karena kita akan mengambil cupcakes, sementara yang terpilih adalah background, kita balik agar yang terpilih menjadi cupcakesnya saja. Caranya:

Klik Select > Inverse

Voila! Sekarang bagian yang ter-select adalah kedua cupcakes! :D

7. Sampai sini, gambar cupcakes belum terpisah dari backgroundnya. Supaya benar-benar terpisah, klik kanan di dalam cupcakes, kemudian pilih Layer Via Cut.

8. Ciri-ciri sudah terpisah, lihat bagian kanan bawah. Layer sudah jadi dua. Satu background, satu lagi bernama Layer 1. Layer 1 ini rename sajalah jadi cupcakes biar nggak pusing. Tinggal klik di tulisan Layer 1, kemudian ketik "cupcakes".

Nah sekarang kita punya satu background dan satu layer yang berisi dua cupcakes. Pisahkan lagi yuk biar jadi punya dua cupcakes di dua layer berbeda. Fungsinya supaya kedua cupcakes ini bisa digunakan terpisah, nggak dempetan terus.

9. Caranya pilih Rectangular Marquee Tool di toolbox. Klik kemudian drag di cupcakes yang pertama. Klik kanan di dalam cupcakes pertama > Layer Via Cut.

10. Perhatikan box layer, kini kedua cupcakes sudah terpisah! Rename lagi cupcakes satunya biar nggak pusing, beri nama berbeda misalkan "cupcakes 1".

11. Nah sekarang saatnya memindahkan cupcakes itu ke calon file header. Caranya gampang, tinggal di-drag saja. Di-klik di gambar cupcakes, tahan, sambil ditarik ke file calon header.

HAMPIR JADI!

12. Tinggal tambah tulisan! Pilih icon dengan huruf T di toolbox. Klik di mana saja di dalam file, kemudian ketik kalimat yang diinginkan. Blok (atau ctrl+a) kemudian sesuaikan ukuran hurufnya, Geser ke tempat yang diinginkan, ubah warnanya, ubah jenis hurufnya, dll.

13. Jangan lupa disimpan. Klik File > Save As > pilih .jpeg > Save!
Sampai di sini kita punya satu file image header. Di video di bawah ini, saya menunjukkan kalau background bisa diubah warnanya sesuai keinginan. Atau bisa dihapus agar jadi transparan.



Saran saya, untuk header blog dengan background putih/polos lebih bagus dengan file .png.

14. File .png artinya hanya image tanpa background. Jadi backgroundnya transparan. Caranya gampang, tinggal hapus layer Background. Tapi Background ini biasanya terkunci (lihat ada gembok di samping kanannya). Supaya bisa dihapus, buka dulu kuncinya dengan cara double klik alias klik dua kali. Klik kanan di background yang sudah terbuka kuncinya > Delete Layer.

15. Save as .png daannn selesai!



16. Supaya aman, biasakan selalu save as .psd alias file yang masih mentahnya. Siapa tahu suatu hari mau diedit lagi, nggak perlu ulang dari awal. File .psd ini tersimpan dengan layer yang masih terpisah. Beda dengan file .jpg atau .png di mana ketika kita buka lagi di Photoshop, layernya sudah jadi satu. Lihat bedanya:



Ngerti kan yaahhh?

Font yang dipake untuk "CUPCAKES": KG Next to Me Solid. "Everybody loves cupcakes": Frenchy. Browsing sendiri yah donlotnya di mana, saya udah lama donlotnya jadi tak ingaaattt. Harusnya kalau googling juga langsung ketemu kok. Keduanya font gratis.

Gambar lucu-lucu untuk dikolase bisa dicari di FREEPIK. Gratis dan legal untuk dipakai untuk pribadi atau komersil pun asal dengan credit.

Font saya suka cari di DAFONT atau FontSquirrel karena webnya enak dilihat. Ada yang free ada yang berbayar. Font lucu banget biasanya berbayar sih. -_____-

Harganya lumayan mahal dari USD 5/font sampai tak terhingga hahaha. Bisa sampai USD 30 untuk satu font plus license-nya! *pingsan* Untuk coba-coba sendiri mah pakai yang gratisan aja dulu ya kaannn..

Selamat mencoba! Tipsnya jangan gampang putus asa. Jam terbang itu ngaruh banget! Banyak latihan, banyak browsing soal desain, makin banyak ide-ide bermunculan. Memilih warna juga makin terbiasa. *sotoy* Hahaha

Kalau udah dicoba, posting dong hasilnya dan tag saya. Pengen lihat! :D


-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

26 comments on "TUTORIAL: Cara Membuat Kolase Foto di Adobe Photoshop"
  1. aku ada photoshop cs6 ,bingung banget makeknya..aneh gitu kayaknya,kalo dulu punya tapi bisa makeknya,ini yangcs6 malah bingung. bingung makeknya hahaha.... tfs mak tutorialnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaahh iya juga baru ngeh aku nggak kasitau pake photoshop berapa *brb edit*
      aku makanya stick di photoshop cs3 nih, katroooo.. hahahah

      Delete
  2. coba ngikutin step by step-nya, doakan saya nggak menyerah karena pusing, yaaa...
    FIGHTING!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sambil dicobain insya Allah bisa :)

      Delete
  3. Ilmu nih ilmu, makasih banyak ya mak :)

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. hahahha ribet ya penjelasannya.. nggak bakat jadi guru.. >.<

      Delete
  5. wah dapet tambahan ilmu nih...photosop :D
    biasanya cuma bisa pake corel doang mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kolase sih enak di photoshop. kalau corel dulu sempet belajar buat gambar vector. tapi kalah sama males..hahaha

      Delete
  6. mantep nih mbaa.. aku juga masih pake photoshop cs 3, hihihi. katrok juga xp

    ReplyDelete
  7. kalo saya sekarang lagi demen2nya bikin semacam infografis gitu mbaak, udah diposting juga di blog, udah bikin 4 sebetulnya tapi yang diposting baru 2, hehe. kalo mau iseng2 liat, ke blog saya yaa *boleh taro link yah yah yah? :D

    https://istianasutanti.wordpress.com/ ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah liaaatt. aku mau banget juga bikin infografis, soalnya bisa banget viral kan. tapi risetnya duh nggak ada waktu *pemalaaassss hahaha

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  8. Rajin nih bikin tutorial, keep sharing ya ...

    ReplyDelete
  9. Makasihhhh ini yang ditunggu-tunggu, semoga semakin barokah, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, makasih ya mak *super late reply* :p

      Delete
  10. asiik dapet ilmu tambahan nih.. makasih yaa mak ;)

    salam kenal

    stylediaryofmilkteabunda.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. Huwaaa ga punya photoshopnya...kudu install dulu hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. recokin suami minta diinstalin yaahhh hahahaha

      Delete
  12. Mantab tutorialnya. Musti donlot dulu photoshopnya..

    ReplyDelete
  13. terimakasih buat tutornya, keren mba

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)