-->

Tentang Senam Hamil di RSB Asih dan Hermina

on
Tuesday, May 20, 2014

Jadi tau kan ya gimana saya misah-misuh pegel banget pas senam hamil?

Ternyata karena senam hamilnya di Asih!

Sebelum saya senam hamil di RSB Asih, JG nyariin di YouTube video senam hamil biar nggak blank. Nemulah salah satu video dari Jawa (entah Jawa bagian mana yang jelas ngomongnya logat Jawa semua) dengan gerakan begitu begitu begitu. Nah pas ke Asih, ternyata gerakannya sama persis. Ya beda-beda dikitlah, tapi intinya sama. Jadi saya mikir senam hamil di seluruh Indonesia begitu dong yah.

Minggu lalu lagi di Bandung, saya senam di RS Hermina, Arcamanik, Bandung. Karena saya udah booking untuk lahiran, jadi senamnya gratis. Kalau untuk umum bayarnya Rp 8.500 aja. Mursidah yah.

Senamnya di lantai 2, selesai registrasi saya dikasih baju semacam piama warna pink. I look stupid in them sampai ngikik-ngikik sendiri dan diketawain JG. Tapi mau nggak mau harus dipake. Piama pink itu berlabel ... ANMUM wtf di depan dan di belakangnya gede-gede. Sponsor cin.

Masuk ruangan, bagus banget ruangannya dan luaaassss bisa nampung 20 an peserta. Di depannya dinding cermin. Matras merah dengan bantal yang juga merah berjejer rapi dengan label ... PIGEON. Sponsor lagi, pantes mursidah banget bayarnya. Setelah senam juga dikasih air minum gelas, bolu, dan bedak Zwitsal.

Instrukturnya namanya Bidan Vina, umurnya kira-kira ... mmhhhhh muda semuda-mudanya deh. Saya aja nggak yakin dia udah nikah. Bidan muda. Sebelum mulai, bidan Vina ini cek detak jantung Bebe dan nanya-nanya usia kehamilan. Bidan Vina juga menjelaskan kalau di sini senamnya pernapasan ala yoga. Oke. Saya punya juga video pre natal yoga dan itu susah.
and everybody's doing selfie lol
Senam dimulai. Satu jam kemudian, senam selesai. Wtf gitu doang? Pegel aja nggak! Gerakannya semua tentang pengaturan napas. Gerakin kaki sambil atur napas, nungging jaga keseimbangan sambil atur napas, atur napas atur napas. Tiap ganti gerakan harus relaksasi dengan ambil napas dada atau perut. Tiap gerakan cuma 5-10 itungan. Boro-boro pegel. Hahaha.

Udah gitu bidannya nggak menjelaskan apa kegunaan gerakan-gerakan itu di ruang bersalin. Nggak ada latihan ngeden untuk yang usia kehamilan di atas 35 minggu. Bidannya asli cuma ngasih instruksi dan ngitung doang. Saya langsung mendadak mellow kangen ibu bidan di Asih.

Dan sampai di rumah tentu saja saya senam lagi sendiri pake gerakan senam hamil Asih. -_______-

Kalau di RSB Asih, Panglima Polim, Jakarta, senam hamil bayarnya Rp 40ribu. Bidannya udah tua, ibu-ibu bidan tua yang sabaaarrr banget tapi tenaganya wuih, kuat banget. Apalagi kalau udah neken kaki yang latihan ngeden.

Ruangannya juga sangat sederhana. Cuma satu ruangan kecil yang muat 12 orang dengan matras biru muda polos tanpa dinding cermin tanpa sponsor. Kesederhanaan Asih ini sih yang bikin nyaman dan kangen. *sok mellow* *asih sederhana tapi mahils wtf*

Yang dahsyat, satu gerakan bisa sampai 40 hitungan! Misal ni gerakan pertama, duduk kaki lurus ke depan, tangan bertumpu ke matras di balik punggung. Pergelangan kaki diluruskan terus tekuk, lurus tekuk berulang-ulang, itu doang 40 kali! Udah gitu masih posisi yang sama, pergelangan kaki diputer ke atas bawah, ke bawah atas, masing-masing 40 kali juga! JG disuruh nyoba gerakan ini doang nyerah lol.

kempeskan perut, angkat bokong setinggi bahu ... *ngos-ngosan*
Dan di setiap gerakan, bidannya menjelaskan kegunaannya. Misal gerakan pergelangan kaki tadi untuk menghilangkan kram saat tidur. Emang sih setelah senam, saya yang biasanya tiap hari kram, sekarang nggak pernah sekali pun.

Dan semua gerakannya rata-rata melenturkan otot vagina dan anus untuk memudahkan persalinan dan mempercepat bukaan. Otot yang kepake di sekitar paha, selangkangan, betis, dan itu luar biasa sakitnya waktu pertama kali mah. Kebayang kalau lahiran tanpa senam sama sekali ya kan, kaku banget ototnya. Ada juga beberapa gerakan untuk menghilangkan sakit pinggang dan punggung, dan bener aja abis senam pinggang dan punggung nggak pernah sakit lagi.

Terus bareng-bareng juga nungging agar kepala bayi posisinya di bawah. Yang hamil di atas 35 minggu, latihan ngeden bareng. Kaya kurang capek, sebelum pulang harus jongkok berdiri sepuluh kali. *lap keringet* Baru setelahnya dikasih teh manis panas dan air minum gelas.

Meskipun fisik gitu, senamnya tetep ada latihan pernapasan juga. Ada pernapasan dada untuk kontraksi, pernapasan perut untuk pemeriksaan dalam, dan pernapasan iga-iga jika detak jantung bayi melemah. Jadi all-in! Fisik iya, napas iya! Terus bidannya selalu cerita suasana kamar bersalin, nanti begini begini begini. Kalau begini nanti begini, blablabla. Banyak ilmu baru.

Di Asih juga suami boleh, malah HARUS ikut masuk. Kalau di Hermina nggak boleh. Karena di Asih, suami juga dikasih pengarahan apa yang nanti harus dilakukan di ruang bersalin. Harus mengingatkan apa, harus megangin apa, sampai saatnya ngeden tiba.

Karena kurang puas senam di Hermina akhirnya saya memutuskan mau senam lagi di Asih aja sekali lagi akhir minggu ini, terus nanti-nantinya senam sendiri aja. Padahal harusnya Sabtu ini pulang ke Bandung dan langsung cuti, tapi sudahlah nyempetin senam dulu aja.

Gimana ibu-ibu yang senam hamil? Pada senam hamil aliran yang mana?

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
8 comments on "Tentang Senam Hamil di RSB Asih dan Hermina"
  1. saya pernah ikut senam hamil di hermina arcamanik tahun 2012,, sama masih gitu juga... pulangnya dikasih bubur kacang ijo/susu... kadang di kasih suvenir juga..
    pas hamil kemarin ini cuma ikut senam di hermina, jadi gak punya perbandingan.. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sponsornya kenceng ya hermina ini. bayarnya murah (malah gratis) tapi bisa bagi-bagi hadiah. tapi ya gitu senamnya nggak berasa hahaha

      -ast-

      Delete
  2. Aku dulu waktu hamil ikut yg aliran oake pegel awalnya.tapi asyik emang. Asyik banget. Lebih suka yg pake pegel karena bisa ngilangin pegel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget mbak, kan tujuannya itu ya biar pegel-pegel di badan ilang dan otot-otot nggak kaku. makanya aku nggak suka yang cuma napas-napas doang hehehe.

      -ast-

      Delete
  3. Aku senam di Hermina Bekazi, juga begitu Ca. Mulai setengah 4 (padahal suruh dateng 15.45), eh selesai jam 4. Ngitungnya ngebut kaya aerobik. Sedangkan pesertanya bunting gede-gede banget. Ditutup dengan, "Ibu-ibu ada pertanyaan?" Males nanya akhirnya pada pulang.
    Tapi pas nyoba di Hermina Galaxy mah enak. Bidannya muda, ada sesi istirahat di tengah senam kalau udah terengah-engah. Ada sesi curhat karena pesertanya bukan cuma 1st pregnancy, sambil kenalan mesam-mesem.
    Tapi Hermince biayanya murah sih, gw udah tanya beberapa RSIA gada yang senamnya semurah Hermince..

    Anw, selamat atas kelahirannya AST! Mari mengASI :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan kenyataannya, senam hermina ga ngaruh sama sekali pas lahiran. senam asih banget yang kepake. di hermina ngeden aja ga dikasitau gimana caranya, ga dilatih. payah pokonya.. :p

      tapi iya hermina paling murah sedunia (gratis malah) karena sponsornya banyak sih..

      Delete
  4. utk sanggar snam hamilny sndiri dmna yah sis ? n klo mau bli baju senam muslim berkualits dmna yah ??
    mksih :)

    ReplyDelete
  5. aku senam di Hermina Serpong Okt-Des tahun lalu, so far better banget dibanding Arcamanik soalnya lamaaa (bisa 2 jam an kali yah) plus bidannya muda tapi berpengalaman. ada sesi curhat dan cek ricek baby nya lama, diajarin juga cara ngeden. murciiing memang, tapi kok ya mihil lahirannya. aku tak kuatttt :p

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)