-->

Tentang Drama Pilah Pilih Dot

on
Tuesday, September 30, 2014
Sebagai ibu-ibu idealis masa kini yang kebanyakan menyerap info, saya tentu memutuskan Bebe nggak pake dot dong yah untuk minum ASIP. Tentu Bebe akan pake soft cup feeder karena konselor ASI manapun bilang yang terbaik adalah bukan dot. Dot akan menyebabkan bingung puting.

ITU PAS HAMIL. Setelah lahiran mah bubar jalan.

Sebulan pertama saya nolak tawaran ibu untuk nyoba soft cup feeder Medela yang udah dibeli dari jauh-jauh hari. Kenapa? Karena posesip sama Bebe. -_____- Karena si Bebe cucu pertama dan banyak banget yang mau main sama dia jadi momen menyusui itu bener-bener quality time banget deh. Apalagi mikirin si Bebe bakal ditinggal kerja jadi nggak rela momen menyusuinya direbut sama soft cup feeder. HAHAHAHAHA.

Bulan kedua, ibu saya maksa. HARUS! Soalnya bayi butuh belajar membiasakan diri untuk minum di media lain selain puting. Okefain silakaannn. Dipikir si Bebe akan lancar aja yah kaya bayi-bayi di YouTube yang kalem dan imut aja glek glek glek minum dari soft cup sambil digendong bapaknya. Ternyata susah lol.

Masalahnya si Bebe bayi aktif dan nggak sabaran. Jadi kalau lagi bangun tidur dan laper banget, kesel sendiri dia karena posisi mulutnya kan nggak sucking. Harus mangap sambil glek glek glek gitu marahlah dia. Kalau udah marah berakhir dengan nangis jerit-jerit atau disembur-sembur ASIP nya sampai leher basah semua. *FAIL*

Bisa sih lancar pake soft cup asal dianya lagi tenang dan kalem which is terjadi hanya sekali sehari yaitu setelah mandi. Kalau siang atau sore mah berdoa aja semoga ASIP tidak sia-sia disembur-sembur macam mbah dukun.

Ini masih santai nih kondisinya. Karena apa? Karena punya Medela Calma bonus dari breast pump. Mikirnya: "ah mentok-mentok Bebe nggak mau soft cup, pake Calma aja."

Secara si Calma ini iklannya keren banget yah. Cara kerja mirip puting ibu, bayi bisa tetap bernapas, nipple cocok untuk segala usia sama dengan puting ibu, bla bla bla segudang fitur canggih dot masa kini dengan bentuk yang juga canggih banget.

Putus asa di suatu malam, akhirnya coba nih si Calma. Bebe bengong. Lama-lama digigitin. Saya mulai panik. Langsung menuduh si Calma-nya rusak lah atau ada yang salah. Saya coba sedot sendiri. LAH KOK YA MEMANG SUSAH?

Bisa sih keluar ASI nya cuma kecil alirannya. Ya si Bebe nggak mau, secara nyusu sama emaknya (alhamdulillah) banjir bandang. Jadi nggak sesuai sama dia biasanya kan. Aduh makin panik!

Besoknya itu jadwal saya ke obgyn. Sambil nunggu antrian, browsing-browsing lah soal dot. Ah mau beli Dr Brown ah kan katanya anti colic. Lagi baca-baca, taunya nemu blog mbak ini. Langsung hampir terharu gitu karena awal ceritanya sama, idealis pake sendok terus nyoba Calma kemudian gagal lol. Belajar dari posting blog itu, akhirnya memutuskan untuk beli dot dari yang termurah.

Sempet curhat juga sama obgyn kesayangan, katanya: "ih kamu kalau sama pengasuh jangan pakai sendok. Kita nggak tahu loh seberapa banyak yang tumpah. Udah pake dot aja, anak saya pake pigeon peristaltik bisa tuh! Lebih bagus yang latex kalau ada."

Alafyuuu dokterku yang nggak idealis dan realistis. :')))

botol mursidah
Cus ke toko bayi sebelah rumah sakit. Beli Pigeon Peristaltik standard neck. Mursidah banget cin, 36ribu aja. Beli juga nipple Pigeon yang biasa cuma berapa deh 10ribuan apa gitu. Sampai rumah langsung dicoba dua-duanya. GAGAL. DIGIGITIN. T_____T

Tak kenal lelah aku kemudian cus lagi sama JG kembali ke toko bayi yang berbeda (yang lebih deket rumah). Di sana bengong di depan tumpukan dot-dot dan akhirnya memutuskan beli Chicco wideneck harganya 66ribu. Alasannya: pertama, ibu saya fangirl Chicco, kalau ada Chicco pasti yang dibeli Chicco. Kedua, nipplenya latex, sesuai saran dokter.

ini nipplenya latex tapi ga keliatan *fail*
Sampai rumah dicoba. BISAAAAA! WUHUUUUU! Pencarianku berakhir.

Udah? Belum.

Karena ngerasa si Bebe udah bisa pake Chicco ya udah besoknya nggak dicoba lagi. Lagian ibu saya sibuk. Sama saya mah udah mustahil ya, baru digendong aja si Bebe langsung ndusel-ndusel mau nenen langsung. Seminggu berlalu. Ah beli lagi ah botol Chicco buat cadangan. Biar mbaknya nanti nggak ribet cuci kering pake.

Beli dong dengan percaya diri DUA LAGI BOTOL CHICCO, JADI PUNYA TIGA. Seminggu kemudian. Ibu udah nggak terlalu sibuk, pagi-pagi dicoba lah Bebe minum ASIP pake botol Chicco. GAGAL DONG. DIGIGITIN DONG. Mau ditungguin gimana juga nggak dinyot sama sekali. Malah lama-lama dia jejeritan karena lapar dan nggak mau nyot botol. T_____T

mimijumi botol mahal
Hiks. Putus asa browsing terus di asibayi.com antara mau beli Tommee Tippee atau beli Mimijumi yang bangkai sekali harganya pemirsa. Pertimbangannya karena kedua dot itu lebar banget jadi siapa tau Bebe ketipu disangkanya itu payudara asli. -____-

peristaltik wideneck akhir pencarianku
Masih dalam kegalauan beli dot Mimijumi dua biji dengan harga setengah juta, mainlah saya sama ibu grocery shopping (ibu-ibu mah mainnya juga grocery shopping lol). Eh kepikiran beli Pigeon Peristaltik yang wideneck. Kan lumayan tuh bisa dipasang di botol Chicco. Beli iseng sebiji.

Sampai rumah langsung dicoba. MAUUUUU. BEBE MAUUUUU! Abis 60 ml. *terharu*

Tak ingin mengulang kesalahan yang sama. Mulai sekarang, tiap hari Bebe harus latihan pake dot! Biar aja tabungan ASIP-nya kepake. Daripada tabungan utuh tapi nggak bisa minumnya.

Nah problematika berikutnya adalah, si Bebe cuma mau minum 30 ml. 60 ml di percobaan pertama doang. Ibu saya bilang: "mungkin emang cuma segitu mbak kebutuhannya".

Naluriku bilang tidak *naon sih*. Soalnya abis minum 30 ml, ujung-ujungnya Bebe nenen langsung juga baru mukanya kekenyangan kemudian ketiduran. Ah tapi udalah bodo amat kali nanti di daycare mah dia lapar juga terpaksa nyot.

(Baca: 13 Hal yang Hanya Bisa Dirasakan Ibu Menyusui)

Singkat cerita sampai Bebe umur 3 bulan.

Bebe udah di daycare. Setiap hari lancar pake botol Chicco dengan nipple Pigeon peristaltik. Alhamdulillah nggak bingung puting. Nemu puting tetep lahap.

Di daycare sehari abisnya 400-500 ml. Sampai suatu hari mbaknya bilang: "bu, itu dotnya Xylo keluarnya kekencengan. Jadi dia suka keselek."

Saya: "oya itu emang aku beli untuk umur 6 bulan. Besok aku bawain yang buat 3 bulan yah"

Maksudnya nipplenya emang saya beli ukuran L. Karena waktu yang pertama (yang difoto itu) ukuran M, ngamuk-ngamuk. Besoknya di tas ASIP nya, saya masukin nipple Pigeon ukuran M, plus botol Pigeon yang pertama kali beli. Yang 36ribuan ituuuuu. Dibawain karena itu ukuran nipplenya newborn.

Sorenya. Gimana, mbak?

"Mau pake yang kecil itu. Anteng banget dia. Malah pegang sendiri. Sekarang bisa sampai ketiduran kalau lagi nyusu, biasanya nyusu terus harus ditidurin."

GUESS WHAT BOTOL YANG MANA? YANG PIGEON KECIL 36RIBUAN YANG SAYA BELI PERTAMA KALI.

*istigfar*

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
18 comments on "Tentang Drama Pilah Pilih Dot"
  1. Hahahah, anak bayik rupanya selektif ya, BM abis! Untung Xylo bisa pake yang mursidah karena yg mahal dan bermerek belum tentu cocok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi sayang itu udah beli botol chicco 3 biji. bisa beli pigeon 6 botol. hahaha

      Delete
  2. Berarti aku beruntung ya Harsya langsung mau pake avent yang ga terlalu mahal juga harganya. Xylo pinter banget sih

    ReplyDelete
  3. mak,, ini drama aku banget.. pas anak pertama kayak gt. Lah ini anak kedua sama juga, mengalami masa pencarian panjang mencari botol yg cocok.. pencarian berakhir pada pipet dan dot huki lateks yg murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ya maakkk, bayi itu misterius sekali karena nggak bisa bilang maunya yang mana hahahha

      Delete
  4. Jadi berhasilnya pas udah di daycare ya mba? Sy jg mengalami skrg, drama bgt kl nglatih pake dot. Cuti tinggal seminggu lg..salahnya sy gampangin, ternyata ga gampang buat bayi pisahan sm gentong emaknya *tears*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bisa lancar di daycare sih pake dot apapun juga..

      Delete
  5. anakku ga bs pake dot merk apapun. ya sudahlah irt ini

    ReplyDelete
  6. Mba dokternya yg idealis dan realistis ini siapa namanya ya? Dokter bdg atau jkt? Thank youu

    ReplyDelete
  7. mba daycare nya di daerah mana kalau boleh tau

    ReplyDelete
  8. Sama pengalamannya mba, debayq jg maunya yg botol pigeon biasa, pdahal uda beli softcup yg mahal, maunya sendok kl gk yg Softcup yg murah..

    ReplyDelete
  9. Mbak milih daycare buat bayi 3bulan gmn?
    Ud pernah post belum?
    Thx

    ReplyDelete
  10. Hihi...q mah dr bayi pertama (kakang-32m) sampe c ade bayi yg skrg masih nenen (5m) pakenya y dot pigeon ntu...tp belinya yg ada regulatornya,,jd m nipplenya ukuran L sekalipun dijamin ga keselek..mang c harganya beda dikit,tp msh murce lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba dhelicate, yg regulagor itu yg bgaimn yah,? sy juga mau coba ganti dot

      Delete
  11. Hihi...q mah dr bayi pertama (kakang-32m) sampe c ade bayi yg skrg masih nenen (5m) pakenya y dot pigeon ntu...tp belinya yg ada regulatornya,,jd m nipplenya ukuran L sekalipun dijamin ga keselek..mang c harganya beda dikit,tp msh murce lah...

    ReplyDelete
  12. sehari habis 400 mili,,malamnya masih mnum ga ya bunda

    ReplyDelete
  13. Bayi memang istimewa&unik ya bunda,kalau anak sya orlyn umur 8bln sukanya pakai pigeon peristaltic plus itu,langsung kenyot aja skali dipakai'in itu,pernah coba huki dia marah dilepeh smbil melet2 gitu,akhirnya maunya sama pigeon peristaltic plus Alhamdulillah

    ReplyDelete
  14. Jd pertama ny mau pigeon yg wide neck yaa . Lalu di cobain yg standart pigeon . Begitu kah .. lg galau juga .. minumny sedikit2 azkiya niech .. nenen q juga . Jd cari yg gbikin bingung puting.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)