-->

Tentang 6 Bulan Ng-ASI

on
Thursday, December 4, 2014
Dua hari lagi Bebe 6 bulan. YEAAYYYY! *throw confetti*

Boleh nggak pause dulu waktu soalnya anaknya lagi lucu-lucunyaaaaa. Lagi gemesin-gemesinnyaaaa. Lagi sociable-sociable-nyaaaaa. Senyumnya bikin leleh semua orang! *shameless mom praising own son lol*

Tapi di balik pipi tomat yang selalu Instagram-able itu, sebenarnya ada saya yang sebulan (apa 2 bulan ya?) nangis-nangis karena ASI. HUAHAHAHAHA. Iya jadi keliatannya aja saya selalu happy dan bahagia selama jadi busui dan bumping (ibu pumping wtf XD), padahal sebelumnya nangis-nangis juga kok.

Ini catatan tentang lika-liku menyusui Bebe. Tentang jatuh bangun hari-hari awal menyusui udah pernah ditulis ada ceritanya di sini Tentang Menyusui Bebe! Cek ricek!

Sekarang saya pumping minimal 3x sehari. Waktunya diatur aja. Kadang pagi-siang-sore. Kadang siang-sore-malem. Kadang siang-sore-dinihari. Pokonya konsisten 3x. Emang waktu habis buat pumping doang sih, apalagi kalau di kantor. Tapi ya ASI yang dihasilkan worth the time kok. Bisa sambil blogwalking atau baca buku kan. Pengennya malah sambil kerja tapi males bawa laptop ke ruang menyusui. Hehehe.

Semoga juga bisa jadi inspirasi buat buibu bekerja yang baru mulai menyusui. Semangat konsisten pumping ya!

1. ASI itu mind game oh so true!
Pokonya sekali yakin hari ini dapet 500 ml, pasti dapet 500 ml. Tapi kalau galau dikit takut kurang takut kurang, eh pasti nggak dapet. Sebel. Gimana ya, kadang pikiran negatif kok betah banget. Tapi kadang positif terus. Hormon kali ya. *nyalahin hormon*

2. Yakin sama diri sendiri dan tutup kuping sama omongan negatif orang.
Dulu waktu awal menyusui, si Bebe kalau pagi, sekali nen itu bisa sejam. Siang sore malem rata-rata setengah jam. Ibu-ibu tetangga yang kebetulan tau, komentarnya selalu: "berarti asinya nggak lancar neng." NGGAK LANCAR MUKE LU. *sumpel kuping* Suka-suka anak gue mau dia nyusu dua jam tiga jam. BEBAS. Prinsipnya asal sehat dan berat badan naik bagus berarti nggak ada yang salah.

3. Menyusui itu melelahkan.
Dicatat ya. Di balik semua indahnya ada mulut kecil nyot-nyot puting, menyusui itu emang exhausting dan bikin cranky banget. Apalagi kalau Bebe lagi growth spurt. Terus Bebe dulu kecil banget jadi saya takut nimpa dia kalau nen sambil tiduran. Jadi beneran harus duduk terus berjam-jam. Sekarang Bebe udah hampir 8 kg, nen sambil saya juga ikut tidur aja biar tidur cukup dan jadi nggak krengki. Lagian udah gede banget badannya, kemungkinan ketimpa kecil sekali.

4. Buy the most expensive breastpump you can afford!
Ini mind game juga dan kayanya saya aja kali ya jadi jangan ditiru HAHAHAHAHA Tapi beneran, kalau saya kalau udah sugesti breast pumpnya bagus, ASI lebih lancar keluar. Bukan harus beli breast pump mahal tapi ngutang, tapi maksimalkan budget yang dipunya. Lagian sebagai bumping, breast pump lah teman setiamu di kantor. Buat saya worth it banget lah keluar duit agak banyak untuk sesuatu yang dipake lebih dari 3x sehari. Cerita breast pump bisa dibaca di sini ya Tentang Breast Pump!

5. Pakai ASI fresh itu BISA! PASTI BISA!
Jadi ada beberapa aliran soal ASIP kan. Pertama, selalu pakai ASIP yang terlama. Kedua, campur ASIP terlama dengan ASIP yang kemarin. Ketiga, selalu pakai ASIP hasil pompa kemarin. Saya pakai yang ketiga. Nggak sampai hati ngasih Bebe ASIP yang dipompa bulan lalu. Jadi saya pompa hari ini untuk diminum besok, sisanya ditabung buat jaga-jaga aja. Kalau buat besok kebetulan kurang, saya pakai tabungan dengan tanggal TERBARU bukan yang terlama. Tanggal terbaru itu biasanya cuma 2-3 hari lalu.

Kejar-kejaran nggak? Nggak dong masih bisa nabung, malah dari umur 5 bulanan udah pakai dua kulkas. Pasti bisa! Jangan takut kurang! Tabungan akan terus bertambah kok kalau rajin pumping. Kan ada Jumat-Sabtu-Minggu sebelum Senin. Kalau Sabtu-Minggu, nyusuin iya, pumping iya. Kurangi buat Senin, sisanya pasti lebih buat tabungan. Kan pompa 3 hari Jumat-Sabtu-Minggu cuma buat Senin.

6. Jangan ngobrol sama orang negatif.
Kalau udah lancar sama semua teori, jangan juga ikut forum yang isinya ibu-ibu idealis. JANGAN. Percaya diri aja. Karena kalimat negatif bahkan muncul dari sesama bumping. Contoh ya, siapa sangka saya yang selalu pakai ASI fresh itu jadi kontroversi banget di kalangan bumping kantor. Ada ibu-ibu di kantor yang selalu bilang gini ke saya: "Kamu masih aja tiap hari pake ASIP fresh? Jangan kejar-kejaran gitu, nanti kalau kurang gimana?" YANG ASINYA BAKAL KURANG ADALAH ELO YANG BILANG KURANG-KURANG MULU. TITIK.

7. Selalu siap storage untuk ASIP.
Jangan sampai kekurangan botol atau kantong ASIP. Kemarin-kemarin botol saya abis, kantong tinggal satu lagi. Cuma ngandelin botol ASIP yang bekas Bebe minum hari ini. Kok rasanya jadi seret banget ini ASI. Soalnya kepikiran kalau nanti pumping dapet banyak, mau disimpen di mana, ah dipas-pasin aja deh sama botol kosong yang ada. Terus akhirnya minta JG beliin lagi botol dua lusin, ASI pun kembali lancar. Tabungan pun nambahnya jadi keliatan (ya karena jumlah botolnya kan nambah juga hahahaha).

8. Menyusui itu boleh makan apa aja ... kalau anaknya nggak alergian.
Lewat 3 bulan Bebe udah nggak kolik lagi alhamdulillah. Gimana dong ibunya seneng banget dairy product kan sedih kalau nggak minum susu. T____T Tapi minggu lalu muncul red patch gitu di muka, dagu, sama punggung Bebe. Setelah diinget-inget, saya makan telor 4 hari berturut-turut. T____T Terus ke dokter deh. Kata dokter, Bebe alergi debu tampaknya (turunan JG). Karena daycare abis pindah rumah, Bebe alergi debu jadi badan nggak fit. Ditambah saya makan telor kebanyakan, gatel-gatel deh. Kasian. Sekarang saya stop lagi deh dairy. T____T

9. Menyusui itu bikin langsing!
Saya pas hamil naik 10 kg, sebulan setelah melahirkan, celana jins sebelum hamil udah muat. Sekarang? Semua celana ketat itu jadi longgar. Alhamdulillah ya jadi syar'i. Hahaha. Beneran nggak olahraga, cuma jalan kaki kalau ke kantor (sekitar 600 meter). Tapi berat badan udah jauh turun sebelum mulai jalan kaki. Gantian Bebe yang ndut.

10. Bersyukur atas eksistensi ruang menyusui
Alhamdulillah punya kantor yang punya ruang menyusui. Sedih rasanya denger para bumping yang harus pumping di musola pakai mukena/apron atau bahkan di toilet. Kayanya kalau kantor saya nggak ada ruang menyusui, saya mau nekat aja pumping di kubikel pakai apron. Biar aja orang risih, biar pada risih semua terus nanti dibikinin deh ruang menyusuinya. Hahaha.

Apalagi ya?

Oiya, saya nggak pakai istilah sarjana ASI yah. Apalagi S1, S2, S3. Nggak juga download sertifikat, karena nggak ngerasa perlu aja. Mau ngasih ASI atau nggak, semua ibu yang waras pasti ngasih yang terbaik kok buat anaknya. Ngerasa nggak fair aja. Ada yang nggak perlu jungkir balik, ASI nya muncrat-muncrat. Tapi ada juga yang udah usaha ke sana-sini tetep aja ASI nggak keluar.

Eh terus yang berhasil malah dapet sertifikat, yang stres karena nggak keluar makin stres dong karena nggak ada penghargaannya. Padahal ASI itu kaya rezeki, ada yang berlimpah ruah, ada yang memang seret. Jangan pernah judge ibu-ibu yang nggak menyusui anaknya, apalagi kalau nggak kenal-kenal banget. Kita nggak pernah tahu punya kesulitan apa mereka. *peluk satu-satu*

Doakan MPASI Bebe lancar ya!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
3 comments on "Tentang 6 Bulan Ng-ASI"
  1. Betul mak, yang penting kita usaha maksimal untuk menyusui. Sertifikat itu untuk menyemangati aja kali mak.

    ReplyDelete
  2. hahah betul mak. saya jug ga minat pake sertifikat srjana2an asi. lagian nick jg sempet kena sufor pas di rs. apalgi ibu2 idealis selalu blg asix itu usia 0-180hari. ya sutra lah tak perlulah sertifikat. yg penting sejak plg kerumah cuma mik asi sampe sekarang nick baru mau 6bln dan alhamdulillah ga pernah sakit \^^/

    ReplyDelete
  3. Betul banget, setuju, jangan kira moms yg gak kasih asi itu gak sedih dan gak usaha...sampe nangis2 krn sedih, krn takut diomongin dan dijudge moms lain yg berhasil ngasih asi. Bisa atau ndak bisa ngasih asi, ndak perlu dibanding2in apalagi sampai dijudge :) suka banget sama tulisan2nya mba annisa :)

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG