-->

Sudah Tidak Nenen, Tidurnya Gimana?

on
Wednesday, May 24, 2017

Ini pertanyaan banget nggak sih untuk kalian semua ibu-ibu dengan toddler yang masih nenen? Kan biasanya kalau mau tidur nenen dulu sih sampai ketiduran, nah kalau udah nggak nenen tidurnya gimana?

Problematika saya banget loh ini, saya punya ketakutan Bebe susah tidur kalau berhenti nenen. Kalau Bebe susah tidur nanti saya susah tidur juga, besok kerja gimanaaa? Jadi ya udah lah nggak usah berhenti nenen hahaha.

🍼 Intinya adalah proses, gengs ...

Proses itu ternyata penting! Proses menyapih itu bukan hanya anak yang berhenti menyusu tapi ibu juga berhenti menyusui. Jadi prosesnya sebenernya dua arah banget, ibu harus sudah siap, anak juga harus sudah siap.

Ketika saya merasa sudah siap, pertanyaan "tidurnya gimana?" itu jadi bukan masalah lagi. Tiba-tiba nggak peduli gitu malah nggak kepikiran sama sekali.

Jadi gimana cara tidur setelah anak berhenti menyusu?

Tiga hari pertama Bebe guling-guling nggak jelas, kaki nendang sana sini. Dia masih keukeuh pada pendirian "Salo nggak tahu caranya tidur". Akhirnya saya atau JG pelototin, suara tegas tapi tidak marah "ayo sekarang Xylo merem! Kaki diam, jangan tendang-tendang!"

Di hari pertama dia pundung digituin. Dia tutup muka terus nyungsep ke bantal, eh nggak nyampe 5 menit tangannya yang nutup muka merosot. Tidur deh.

Sekarang juga masih begitu. Dan si Bebe nggak akan bisa tidur kalau saya atau JG masih bangun. Jadi emang tidur sama-sama banget. Kalau saya pura-pura tidur, pasti ketauan. Jadi ya udah tidur sama-samalah.

Ya banyak sih ya teori parenting soal tips agar anak gampang tidur. Tapi gimana, mandi air anget udah, kenyang udah, capek udah, lampu mati malah ngamuk. Seperti biasa, teori parenting itu cukup dibaca, penerapannya ya tanyakan hati nurani HAHAHAHA.

🍼 Kalau tidur siang ... 

Ini susah banget asliii. Tapi karena Bebe tidur siang di rumah cuma saat weekend jadi ya kadang ya udalah skip aja tidur siang. Karena nggak bisa banget, kecuali ya tidur sama-sama. Tapi kadang kan kita-kita yang orang dewasa ini nggak mau bobo siang ya.

Justru kalau main ke mall baru tidurnya gampang. Karena dia akan lari-lari sampai capek baru kemudian duduk di stroller dan bobo. Atau minimal di mobil dia akan ketiduran.

Ini kenapa saya juga bingung. Kalau di daycare itu jadwalnya pasti sih ya, jam sekian dia akan diseka, ganti baju, taro di tempat tidurnya, diselimutin, dan dia tidur sendiri. Di rumah mah bye aja, nggak bisa pake ritual gitu.

Terus yah, nggak ada juga romantisme pelukan atau baca buku sebelum tidur baahhh yang ada lari-lari dia. Lompat-lompat terus. Ibu pusing. T_________T Kadang terjadi sih dia sweet meluk-meluk sambil baca buku, tapi persentase dibanding lompat-lompat itu cuma 10% nya romantis lol.

Jadi kalau saya ditanya gimana tips nidurin anak, saya nggak tahu banget. Saya juga failed banget di bidang ini *alah*. Cuma ya, ketakutan anak susah tidur setelah berhenti nenen itu nggak terjadi-terjadi amat kok di Bebe.

Dia nggak susah tidur sampai jam 2 pagi banget gitu misalnya. Jam tidurnya nggak berubah sih thank God.

Nenen adalah salah satu cara yang bikin dia nyaman jadi KAYANYA loh ya, asal anak nyaman, anak akan cari tahu sendiri caranya tidur.

Ya tapi syaratnya mungkin harus anak yang memutuskan sendiri untuk berhenti nenen. Jadi dia sadar benar dia harus berusaha tidur sendiri dan berusaha console diri sendiri kalau lagi sedih. Dulu kan kalau sedih nyot aja langsung nenen.

INI NULIS APA SIH YAAAA. Muter-muter nggak jelas maunya apa, ini dalam rangka mendisiplinkan diri untuk nulis aja sih. NGGAK APA-APA YAAAA. HAHAHAHA.

Anyway selamat liburan besookkk! :*

-ast-





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
6 comments on "Sudah Tidak Nenen, Tidurnya Gimana?"
  1. Kalau aku pake cara nyirep bocah.. hahahhaa.. ada lho ilmu ini. Dapatnya juga dari para orang tua, biasanya dielus-elus alisnya atau rambutnya.. tapi bisa nggak mempan juga kalau anaknya masih pengen main, kayaknya lebih penting kalau dia udah capek pasti tidur sendiri nanti.

    ReplyDelete
  2. kalau saya..tak tinggal tidur aja,biasanya klo si bocah udah mati gaya ga ada yg bisa diajak main dia bakal tidur sendiri..
    utk story telling,pelukan romantis dan ngasih wejangan sebelum tidur baru ada pas usia 4tahun,itupun kalau bocahnya lagi eling.. 😄

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu nyapih Aisyah cara bikin dia bobo dgn digendong, ditimang2. Lama2 cape usap2 punggung aja, haha.

    ReplyDelete
  4. Semangat, Bebe :D Pasti bisa lepas dari kecanduan nenen. Hehehehehe :D Anakku yang pertama juga gitu, Mbak. Lepasnya susah. Tapi lama2 pas masuk PAUD dia malu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Dulunya sih kutinggal tidur gitu aja. :'D Hahahaha jahat, ya?

    ReplyDelete
  6. Bagian paling lumayan .. ngasah kesabaran. Ku udah capek banget, si kakak belum tidur jugak ��

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG