-->

2023

on
Wednesday, January 10, 2024


Apa-apaan ini kok tiba-tiba udah tanggal 10 aja. Belum nulis rekap 2023!


Blogpost ini penting untuk saya sebagai refleksi perjalanan satu tahun. Iya, buat diri sendiri aja kok, untuk dibaca lagi akhir tahun depan, dan betapa seharusnya saya bisa lebih banyak bersyukur. 


Gila ya udah umur segini tetep wey harus diingetin perkara bersyukur (or at least mengingatkan diri sendiri) karena ya banyak hal yang bisa disyukuri. Ngomong gini karena tadi pagi kami bikin podcast dan seperti biasa kan itu podcast unscripted ya. Temanya highlight 2023 dan wah banyak yang nggak saya bahas ternyata. 


Jadi tadi pas ngobrol rasanya ya hidup gitu-gitu aja, yang dibahas itu-itu aja, tapi setelah dipikir lagi, cukup roller coaster. Naik turun dan salah satu penyebabnya: Play therapy.


Iya saya ISENG play therapy atau creative art therapy. Itu emosi diacak-acak ya, value hidup dipikirin ulang, hal-hal dari masa lalu keinget, nangis, marah-marah. Singkatnya: NYARI MASALAH HAHAHA. 


Nyari masalah karena sebenernya hidup kami alhamdulillah nggak gitu ada masalah. Saya play therapy niatnya IMPROVING hidup yang mana improve mah pake channel-channel YouTube tentang productivity aja kali, nggak usah sampai menyelami masa lalu segala. Karena jadinya mood berantakan, hal-hal yang nggak perlu dibahas kok ya jadi terbahas, jadi aja ada masalah HAHAHA Saya banyak cerita di ruang terapi, ngobrol, menggambar, bikin art, dan ternyata di luar ruang terapi pun emosinya jadi terasa cukup intens. 


Bisa tiba-tiba nangis, bisa tiba-tiba keinget sesuatu terus jadi marah sama JG, padahal biasanya nggak begitu. Wajar katanya karena art therapy itu “membuka” tabir (halah) diri kita yang kita simpan, mungkin kita lupakan, tapi nggak pernah hilang dan jadi bagian diri kita. Kadang penting untuk dibuat muncul ke permukaan KALAU memang menjadi masalah di keseharian. Misal sering otomatis bentak anak atau sering marah tanpa sebab. TAPI SAYA KAN NGGAK BEGITU. Di keseharian nggak ada masalah, ini malah dibuka-buka. 


Pelajaran yang didapat dari play therapy (dan juga diingatkan lagi oleh konselor pernikahan kami): Nggak usah terapi kalau ngerasa nggak ada masalah.


Sebaliknya juga, orang yang kita lihat ada masalah tapi dirinya sendiri nggak menganggap itu sebuah masalah, akan sulit memecahkan atau menemukan solusi dari masalahnya. Yaiya, lah dia aja nggak tau dia bermasalah???


RUWET YA OK SKIP.


Highlight tahun ini (dan jadi satu hal yang saya banggakan, jadi kalau kamu bosan ya udah biar HAHA) adalah Europe trip. Satu bulan di Eropa. Nggak keliling juga sih karena ya nggak tau mau ke negara mana lagi? Kami kurang adventurous, jadi ketika memutuskan ke Eropa tujuan kami bersama adalah Legoland ya tentu saja karena sesuka itu sama Lego. Maka tujuan pertama ya Denmark plus sekalian ke rumah bude saya yang udah >30 tahun di sana. 


Abis itu ya diskusi, mau ke mana lagi? JG dan Bebe mau stadium tour, ok. Saya mau ke Disneyland, ok. Karena Bebe saat itu sukanya PSG, maka sudah pasti ke Paris. Dan karena JG dari kecil sukanya AS Roma, maka kami ke Roma. UDAH. Orang biasanya ke Belanda, kita ngapain ke Belanda? Nggak tau, skip. Orang kalau ke Italia biasanya belanja ke Milan, emang kami mau belanja? Nggak juga ok skip.


Fun fact: Kami bahkan nggak piknik di Eiffel kaya orang-orang karena ngapain ya, Paris ternyata rada overrated. Kotanya ya sisa penjajahan Roma aja, nggak secantik Roma. Harusnya kami ke Paris dulu baru Roma kayanya sih. Kemarin ke Roma dulu yang tiap belokan super duper pretty jadi pas ke Paris oh ya udah selayaknya kota di Eropa aja.


But well, financially it was a financial goal well spent. Rada shock liat totalnya, meski disiapin, tapi kan tetep ya keluarnya dikit-dikit. Jadi pas rekap waaa ini sebabnya tahun ini aset kami nggak gitu nambah banyak. Karena ya pergi pas summer, tiket pesawat mahal, tujuan pertama Denmark pula di mana sekali makan di restoran berempat itu bisa Rp 4juta lol.


Tapi seneng banget loh. Seseneng itu :’)) Di keluarga, saya orang pertama yang liburan ke Eropa. Ayah pernah dulu tapi ya kerja dan itu pun cuma ke 1 negara aja. Bude emang dari dulu kerja di sana. Ada sepupu dulu pernah exchange ke Jerman, tapi ya bukan liburan. Ini kami liburan, sebulan pula, shock banget karena nggak ada penghasilan kan tuh sebulan jadinya. But we made it. HUAAA. Bersyukur sekali. Alhamdulillah.


Karena keluarnya lumayan gede, saya nyeletuk tuh sama mbawin. “Aku mau liburan lagi deh tapi rada sayang uangnya”. Dengan bijaknya dia jawab “ya mendinglah cuma mikirin uang, nggak perlu mikirin waktu”. WAH NGGAK GINI MAINNYA HAHAHA. Langsung booking lagi tiket liburan untuk summer tahun ini. Doakan lancar. Ada yang bisa tebak kami mau ke mana tahun ini?


Dan liburan ini ternyata berbuntut ingin … les bahasa Prancis hahahaha.


Meski Paris ya gitu aja, kami ternyata terkesan sekali dengan bahasanya. Kok bisa ada orang baca tulisan dan kami nggak nangkep dia ngomong apa? Jadilah dari Oktober 2023 kami belajar bahasa Prancis. Setelah bertahun-tahun belajarnya berhubungan sama karier ya, 2020-2022 tuh semua berhubungan dengan finansial/coaching kan. Tahun ini belajar random aja, TAPI SERIUS. Pengen ambil ujian, pengen serius aja belajar biar bisa :’)


Kalau dilanjutin terus, tahun ini harusnya bisa loh sampai level B2, bisa ngelamar kerja di sana HAHAHAHA. Meski niatnya mah YA NGGAK MAU KERJA LAGI LAH UDAH. Pengennya uang cukup jadi pensiun aja jalan-jalan ya kannn.


Itu as a family ya, as a mom, highlight tahun ini adalah belajar bareng Bebe. Bebe diminta latihan perkalian di rumah dan ya ok ibu temenin. Itu kami TIAP HARI latihan di rumah tanpa putus bahkan di saat weekend.


Pengalaman belajar saya waktu kecil ternyata nggak traumatis sehingga nggak triggering apapun saat perlu ngajarin Bebe. Lancar aja. Udah berapa bulan nih belum ada adegan marah atau bentakan sama sekali. Alhamdulillah.


Ya kan harus banyak bersyukur!


Meski 2024 ini cobaan sakitnya lumayan banyak! Cuma kami jarang posting aja kan ya kalau lagi sakit cuma weh saya bolak-balik obgyn mulu (nggak hamil guys cuma ya ada sedikit hal yang harus diberesin), JG bisa-bisanya GIGINYA banyak perkara. Capslock soalnya gigi dia tuh nggak pernah bermasalah. Biasanya gigi saya bermasalah, ini dia yang bolak-balik perkara gigi. Bebe juga sakit-sakit terus dan memutuskan operasi amandel lalu alhamdulillah jadi nggak sakit lagi.


Cuma jadinya hampir tiap bulan ada aja gitu ke rumah sakit. Boncos tapi tetep, alhamdulillah pas perlu ke rumah sakit, pas ada uangnya jadi nggak perlu jadi utang. 


Semoga 2024 ramah-ramah sama kami ya! Target tercapai, sehat selalu, kerjaan lancar, liburan lancar. AAMIIN!





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
Be the First to Post Comment!
Post a Comment

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)