No Poo Movement: Ayo Hidup Tanpa Sampo

on
Tuesday, July 19, 2016

Adakah yang sudah pernah dengar No Poo Movement? No Poo ini bukan ~literally~ nggak pup ya hahahaha tapi kependekan dari No Shampoo alias gerakan nggak sampoan.


Hidup gue pemalesan amat ya, taun lalu bikin heboh gara-gara gerakan tanpa setrika, sekarang malah mau pengaruhin orang buat nggak sampoan LOL.

Jadi gini ...

...

tau kan teori "jangan sering cukur bulu kaki nanti rambut yang tumbuh makin tebal" atau "jangan cuci muka terlalu sering karena akan bikin kulit muka lebih berminyak"? Ternyata kedua teori itu belum ada bukti ilmiahnya TAPI kalian percaya kan? Kalau percaya, maka harusnya percaya dong sama teori "jangan sering sampoan nanti rambutnya makin berminyak".

NAH.

Jadi awal dari gerakan tanpa sampo ini adalah teori itu. Bahwa sampo memang membersihkan minyak dan kotoran dari rambut kita. Tapi semakin sering dipakaikan sampo, makin banyak juga produksi minyak di kulit kepala kita.

Sementara kalau kita nggak sampoan, maka tubuh kita akan kasih sinyal untuk nggak usah produksi minyak banyak-banyak karena minyaknya udah cukup dan nggak kebilas sampo.

Apa keuntungan dari No Poo Movement?

- Less shampoo, ramah lingkungan karena nggak bikin buih buat air, dan nggak buang-buang botol plastik.

- Mengurangi kadar "bahan kimia" yang mampir ke tubuh kita. Kebanyakan sampo masih pake paraben loh. Sampo juga biasanya mengandung sulfat yang bikin rambut kering terutama untuk rambut keriting yang cenderung lebih kering daripada rambut lurus.

- Mengurangi lama waktu mandi. Hahahahaha. Bok yaiyalah, sampoan, conditioner-an, maskeran, lama bener mandinya. Irit waktu, bisa buat bobo.

- Kata orang-orang yang udah nyoba bertahun-tahun nggak pakai sampo, rambut jadi lebih sehat dan berkilau. Nggak kusut padahal nggak pake conditioner. Ya intinya tubuh akan punya jalan keluar sendiri.

*minum cuka apel*


Terus bersihin rambutnya pake apa?

- Ganti sampo dengan larutan baking soda dan air, pokoknya campur sampai jadi pasta aja. Kemudian pake di kulit kepala, nggak perlu sama rambutnya.

- Conditioner diganti dengan larutan cuka apel dan air 1:1. Caranya, pakai kaya conditioner biasa aja, usapkan di batang rambut dan diamkan sejenak terus bilas pakai air.

- Yang udah kebiasa sih mereka udah punya campuran ini di kamar mandinya, jadi nggak mendadak bikin lagi. Dibikin banyak sekaligus di botol aja. Dan ini dilakukan seminggu sekali.

- Yang lebih ekstrem lagi, ada yang sama sekali nggak pake baking soda atau apapun juga, cuma bilas pakai air aja setiap hari. Cuma sebulan sekali keramas pakai baking soda dan cuka apel. Talk about going back to nature like a real homo sapiens.


Gue baca success stories orang sih hasilnya pada oke ya. Mereka bilang 2 minggu sampai sebulan pertama emang rambut rasanya jadi jorok banget karena ya maklum kan masa penyesuaian. Tapi setelah sebulan, rambut jadi berkilau, gampang ditata, dan nggak berminyak lagi.

Malah yang ketombean jadi sembuh. Dan surprisingly rambutnya nggak bau. Ya nggak wangi juga, tapi nggak bau. Nggak bau cuka juga, nggak berbau aja. Disisir pun gampang, dan rambutnya harus disisir untuk meratakan minyak alami dari kulit kepala, ke batang rambut.

And I'm lazy hipster enough to try! *hipster kok ngaku lol*

Tapi karena malas bikin baking soda-baking sodaan ya akhirnya nyoba ngurangin sampo aja, nggak betul-betul 100% nggak sampoan. *GAGAL HAHAHAHA*

Jadi dulu sebelum berjilbab, biasanya saya keramas 2 hari sekali. Jadi selang sehari pasti keramas. Atau kalau kerasanya lagi lepek banget ya keramas lah tiap hari.

Sekarang saya keramas seminggu sekali dan rambut nggak lepek lagi padahal pake jilbab kan. Awal-awal sih iya, greasy dan lengket. Tapi ya udah tahan-tahanin aja seminggu penuh baru keramas.

Di minggu kedua udah kerasa lepeknya berkurang banget. Sekarang udah setahunan kali ya saya keramas seminggu sekali, nggak ada lepek-lepeknya ini rambut. Nggak ketombean, nggak rontok, dan nggak pernah nyisir pun tetep halus.

Tapi saya seminggu sekali itu tetep sampoan pake sampo dan pake conditioner juga. Nggak pake baking soda dan cuka apel. Intinya, kita bisa kok mengurangi sampo!

Untuk cuka apel sebagai conditioner sih sih udah ketauan banget ya manfaatnya. Nanti mau tulis sendiri ah soal manfaat cuka apel ini, Jadi suami akoohh, JG kulit kepalanya itu ketombean dan merah-merah. Itu karena rambutnya tebel banget jadi nggak kena udara sama sekali. Akhirnya saya botakinlah rambutnya, dicukur habis.

Terlihatlah blok-blok ketombe dan merah-merah yang banyak banget. SUPER GROSS. Saya sampai khawatir gitu temen-temen kantornya pada enek karena parah. Terus malem itu juga seluruh kepalanya saya pakein cuka apel dicampur air 1:1. Basahin kapas pake larutan itu kemudian cocol-cocol ke bagian yang ketombean dan merah.

Besok paginya semua jadi menghitam. Yang merahnya udah nggak ada sama sekali, yang ketombe jadi makin kering sampai rontok sendiri. Pagi malem rutin pake dan hari ketiga semua ketombe hilang, merah-merah nggak ada lagi. Sembuh sampai sekarang!

*

Tapi girls, berat banget emang ya nggak sampoan itu. Saya juga berani keramas seminggu sekali karena pake jilbab sih dan kalau pake ojek juga deket jarak 3 km doang. Jadi nggak pernah bad hair day. Saya juga sejak pakai jilbab berhenti cat rambut dan rambut rasanya jadi sehat banget, nggak bercabang kaya dulu zaman diwarnain terus. Ya kan go natural, masa cat rambut. Cat rambut pake daun suji kali ya biar ijo. dan pake beet root biar merah nyahahahaha.

Saya juga nggak kebayang yang ikutan no poo movement ini tapi tiap hari naik motor di Jakarta. Atau naik ojek ke mana-mana. GATEL BOK. Atau abis nge-gym, keringetnyaaaa. Apakah baking soda akan sanggup? Dan yah, unicorn serta mermaid hair itu kan cantik bangeeeettt. Bay bay baking soda ya kan.

Ada yang mau coba?

-ast-

Success story lol:
https://thehairpin.com/what-ive-learned-from-three-years-without-shampoo-34bc2ed8a8d2#.z1exvzs8w

No Poo Forum:
https://nopoo.net/

Source:
http://www.wikihow.com/Wash-Your-Hair-Without-Shampoo
https://thehairpin.com/how-to-quit-shampoo-without-becoming-disgusting-59726e27bf78#.5p9rfwhl1
http://www.health.com/health/gallery/0,,20788089,00.html#baby-powder-or-dry-shampoo-can-help-tide-you-over-0
https://www.nopoomethod.com/

LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
27 comments on "No Poo Movement: Ayo Hidup Tanpa Sampo"
  1. Hwaaaa ini gokil abisss. Masih belum berani nih. Padahal punya masalah banget sama kulit kepala yang super kering.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake cuka apel deh. keramas aja biasa tapi sebelum tidur oles cuka apel.

      Delete
  2. hahahahhaa
    aku termasuk yang keramas hampir tiap hari dari dulu walau belum berjilbab
    cuma rambutku abis kering aku gulung pas dibuka jadi bagus *eh ini g nyambung ama g pake sampo seh :v :V *mantan punya rambut kece dulunya :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bagus ya cha jadi keriting-keriting gitu

      Delete
  3. Huwaw yaa... tpi rambutku kasar megar gitu... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru katanya jadi bikin ga megaarrrr *KATANYA*

      Delete
  4. Masih ngeri buat nyoba masa wkwkwk

    ReplyDelete
  5. ini pasti pengaruh postingan baking soda kemarin nih hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi hahahah jadi inget mau nulis soal ini

      Delete
  6. oooo, gitu toh. pantesan waktu mabok hamil kan paling males mandi. keramas lah seminggu sekali, lepek, besok gt lagi, kok ngga lepek.. dan sekarang kayanya sebulan sekali HOAHOAHAOHAOA. bener, ngga bau, lhoo :))))

    ReplyDelete
  7. saya g sanggup mbak.. apalagi tiap hari saya naik motor, g keramas sehari aja langsung gatel2 T__T

    ReplyDelete
  8. aku juga keramasnya seminggu sekali hahaha

    ReplyDelete
  9. Semenjak pake jilbab aku keramas seminggu sekali, ih ngirit shampo banget yang biasanya sebulan sekali beli shampo ini mah 3bulan gak abes abes lumayan kan selain ngirit duit ramah lingkungan juga... *BILANG AJA MALES* XD

    ReplyDelete
  10. Aku kramas pake bakingsoda udah ada setengah tahunan kali. Tapi belum berani bilang No Poo, soalnya aku masih pakai shampoo bar yang organik. Pakainya selang-seling ama BS. Sejauh ini enggak ada masalah. Rambut baik-baik saja dan tetap mudah diatur meski gak pake kondisioner :D Irittt

    ReplyDelete
  11. wah, perlu ajak istri nih buat ikutan haha

    ReplyDelete
  12. Saya udah No Poo sejak 2015. Sekarang kadang2 keramas pake sabun Dove batangan. hahahaha.

    No poo bikin rambut lebih netral aja.
    Ini pengalaman Saya dengan No poo:
    http://novyastria.blogspot.my/2015/06/6-months-go-natural.html

    http://novyastria.blogspot.my/2016/07/keramas-pakai-sabun-dove-batangan.html#links

    ReplyDelete
  13. Aku belum sanggup, serius deh. Tapi aku acungi jempol sama gerakan ini. X3

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Eh,,gitu ya,, okela semoga berani buat seminggu sekali lah sampoannya :D

    ReplyDelete
  15. Gerakan yang menarik...tapi belum tentu semua orang bisa serajin itu ya..mencampur-campur...mungkin cara seminggu sekali lebih praktis

    ReplyDelete
  16. Woah.. Pernah denger juga di acara korea (gak tau judulnya karena nonton seketemunya doank xp) dia keramas pake Baking soda juga, taunyaaa ada yang praktekkin juga yaa.. Jadi pengen nyoba keramas seminggu sekali

    ReplyDelete
  17. sebenernya kalo mau dibahas lebih lanjut sih ga baik ya (ini kayak dejavu trend cuci muka/scrub pake baking soda).

    baking soda itu sangat basa (PH level sekitar 9.5) sedangkan rambut hampir sama kayak wajah PH level normal itu sekitar 4.5-5. Makanya sering kan denger produk PH-balance (PH kadar untuk ke-basaan dan ke-asaman suatu zat), yang berarti seimbang antara kadar basa dan asam. Perbandingan 1:1 (50-50) ga cukup buat nurunin kadar ke-basaan si baking soda, baca-baca kudu 1:20 baru turun menjadi 7. Itupun masih terlalu tinggi buat rambut.

    Just like face, kalo kadar ke-basaannya terlalu tinggi bisa buat kulit kering banget sedangkan terlalu asam bisa buat kulit berminyak. Baking soda kadar PH-nya 9.5 bisa buat rambut super kering dan melucuti acid mantle di rambut (minyak, garam dan air). Acid mantle itu berguna banget sebagai lapisan pelindung rambut dari misalnya sinar matahari & polusi). Selain itu kalo terlalu basa kutikula rambut bakal terus kebuka jadi kelembaban alami rambut hilang dan akhirnya si rambut bisa kering dan rapuh.

    Cuka apel terlalu asam, PH level 3 jadi keasaman ini efeknya juga ga bagus buat rambut kalo sering-sering. Orang yg rambutnya item bisa-bisa warnanya jadi berubah sedikit merah. Baik emang bagi mereka yang ada ketombe karena emang punya zat-zat anti jamur, anti bakteri dan anti radang (kayak dijelaskan diatas peradangan merah-merahnya ilang). Gw pribadi membatasi banget pake cuka apel antara 2minggu - 1 bulan sekali hanya biar rambut alus & mengkilat.

    Shampoo modern skrg pakenya SLS (detergen buat bersihin minyak & kotoran) makanya so harsh on your hair. Gw sih skrg udah mulai beralih ke NON-SLS (organic shampoo) yang udah banyak dijual. Salah satu yang affordable Petal Fresh dan rambut gw skrg ga se-oily dulu.

    Maaf ya long explanation, karena perlu juga dijelaskan pros & cons biar bantu teman-teman membuat keputusan sebelum mengikuti "trend" tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaaa makasih banget penjelasannya. berarti kalau baking soda-an dan cuka apel sebulan sekali ga apa-apa dong ya?

      Delete
    2. honestly i cannot make that call :) , aku pribadi ga mau pake baking soda karena rambut aku ya emang udah rapuh. kalo cuka apel sendiri lumayan bantu bersihin kulit kepala tapi pakenya dikit banget dicampur air banyak-banyak.

      Delete
    3. aku ... pake cuka apel malas. udalah aku keramas seminggu sekali + condi ajah haahahhaha

      Delete
    4. cuka apel merk apa klo boleh tau cha? suami aku persis kaya JG dong kulit kepalanya, mau brb aku pakein ah cuka apel dicampur air :) :)

      Delete
  18. Aku semenjak berjilbab malah hampir tiap hari keramas. Padahal ni rambut udah cepak. Ngerasanya lepek terus -__-

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)