Ayo Ikutan Gerakan Tanpa Setrika!

on
Friday, March 27, 2015

Siapa yang di sini masih berkutat dengan setrikaan yang setumpuk? Keringetan dan nggak selesai-selesai padahal udah disambi nonton drama Korea?

Maka sesungguhnya kalian adalah orang-orang yang membuang waktu. lol

Terinspirasi dari Mbak Dwi, dengan ini saya menyatakan sebagai relawan kempen Gerakan Tanpa Setrika alias GTS. Wuhuuu! *nyalain petasan* *throw confetti*

Saya sendiri nggak ingat kapan pertama kali mulai menyerah dengan setrika. Sejak SMP saya sudah cuci baju sendiri tapi seingat saya, saya hanya menyetrika seragam sekolah saat akan dipakai. Waktu kost semua baju di laundry kiloan. Kalaupun cuci sendiri, nggak pernah disetrika.

Sampai sekarang nikah, nggak pernah setrika! Punya sih setrikaan, tapi setahun nyetrika baju paling pas lebaran atau kondangan doang.

Sehari-hari untungnya kantor saya dan JG menerapkan dress code casual alias kaoslah sama celana jins doang cukup. Tiap hari Senin, JG harus pake batik sih, tapi percayalah, ada batik yang nggak perlu disetrika pun nggak kusut! Polo shirt juga nggak kusut kok kalau nggak disetrika.

Yang harus dicatat kalau mau ikutan GTS:

- Cuci biasa, tapi saat mengeringkan, usahakan dilipat rapi baru masukkan ke pengering. Saat dijemur, kebut-kebut dulu baru dijemur rapi. Soalnya kerutan saat dijemur ini yang agak susah dibikin rapi.

- Selesai dijemur, kalau males langsung lipat, tumpuk tapi tumpuk yang rapi. Jangan asal tumpuk. Kalau tumpuknya rapi, insya Allah nggak akan kusut.

- Lipat rapi, simpan di lemari. Kalaupun sebelumnya kusut, setelah dilipat dan ditumpuk, baju-baju itu akan menekan dan menghimpit satu sama lain jadi kusutnya berkurang.

- Beli baju yang nggak kusut kalau pun nggak disetrika. Baju saya kebanyakan dari bahan kaos. Luaran cardigan rajut tipis.

- Kalau suka bawahan bahan katun, pilih yang bermotif. Celana katun motif atau rok katun motif. Motif ini akan menyamarkan kusut karena nggak disetrika. Hehehe.

- Pilih jilbab bahan ceruti. Hampir semua jilbab saya pashmina bahannya ceruti. Jilbab paris juga asal jemurnya bener, nggak perlu disetrika.

- Baju bayi apalagi! Mana sehari si Bebe bisa ganti baju 4-5 kali (tiap abis makan ganti baju), buang-buang waktu dong saya nyetrika baju Bebe doang. *kabur takut ketahuan ibu* Maklum kalau ibu saya mah semua baju WAJIB disetrika. -_____-

- Lempeng aja sama omongan orang. HAHAHAHAHA. Ya maklum, meskipun nggak kusut BANGET, namanya nggak disetrika pasti nggak selicin baju yang disetrika dong. Kalau ada yang nanya kenapa baju kusut, jawab aja demi menghemat energi. lol

Apa keuntungan GTS?

- Hemat listrik. Suka ikutan Earth Hour kan untuk menghemat listrik? Nah GTS ini juga lumayan untuk mengurangi beban PLN. XD

- Hemat bayar listrik. Coba satu setrika 300 watt, seminggu nyetrika 2 jam. Sebulan berarti 8 jam. Setrika 300 watt dipakai selama 8 jam berarti menghabiskan 2,4 kwh. Tarif listrik per kwh-nya Rp 1.352,-. Berarti sebulan irit Rp 3,244,-.

KOK DIKIT YAH? -______- Ya tapi lumayanlah, sebulan irit Rp 3,244 berarti setahun irit 3,244x12=38.928. Setahun irit Rp 38.928. Kalau nggak nyetrika 10 tahun berarti irit Rp 380 ribuan kan. HAHAHAHAHA. *maksa*

Tapi bayangkan kalau yang nggak nyetrika satu Jakarta. Wih, irit berapa banyak tuh. Hemat energi, hemat biaya! *halah

- Yang paling penting ini sih. Hemat tenaga dan waktu. Apalagi kalau punya bayi, alangkah indahnya kalau bayi tidur, kita ikutan tidur kan bukannya nyetrika. Happy mommy happy baby kan?

Kalau ada yang bilang: "ngaku aja deh lo males nyetrika!" Jawab dengan: "memang!"

Coba dulu deh jadi ibu bekerja dengan bayi, punya waktu setengah jam buat me time aja istimewa sekali. Lah terus gue harus merelakan waktu itu dengan nyetrika? No way!

Intinya selain segi estetika, saya nggak melihat pentingnya menyetrika. Lebih baik waktu menyetrika digunakan untuk hal yang lebih berguna dan membahagiakan seperti tidur atau blogging.

Ayo sukseskan gerakan tanpa setrika! :D

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

138 comments on "Ayo Ikutan Gerakan Tanpa Setrika!"
  1. wah..... ini menimbulkan konflik di dalam dadaku *halah* aku mah masih belum bisa all out soal beginian. Suami pake seragam yang keliatan banget kalo ngga di setrika, ntar dia di bully sama temen kantornya, kan kasian *hiks..hiks.* anakku sekolah pake seragam juga, ngga tega kalo baju-baju seragamnnya ngga di setrika. Nah.. kao buat baju rumah, kadang2 ngga pake di setrika. kering pake lah... tapi itu juga jarang banget, seringnya ya di setrika. Ya... beginilah kalo terlalu rajin hahahhaha.... ngga tegaan ngeliat tumpukan baju, gatel rasanya mau di setrikain semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa kalau nyetrika udah jadi hobi mah susah yah XD

      Delete
    2. Aku paling hobi nich nyetrika...kontra sama suami yang bilang baju rumah gak usah disetrika...heheee... untung doi stop setrika baju di rumah, kalau enggak..bisa-bisa baju di dalam lemari aku setrika lagi,

      Delete
    3. Wah hebat bangetttt punya hobi nyetrika itu adalah sesuatu yg berkah bangetttt.. apa sih rahasianya.. nytrika itu kan panasss.. belum serabut2 kain itu bikin bersin2

      Delete
    4. Apa ga ada kuman mba? Nyetrika bukannya buat baju licin aja setau aku jg bunuh kuman.krna udh punya mindset begitu jd aku ga tega klo pake baju blm di setrika,apalagi buat anak2 heheh

      Delete
    5. Apa ga ada kuman mba? Nyetrika bukannya buat baju licin aja setau aku jg bunuh kuman.krna udh punya mindset begitu jd aku ga tega klo pake baju blm di setrika,apalagi buat anak2 heheh

      Delete
    6. Apa ga ada kuman mba? Nyetrika bukannya buat baju licin aja setau aku jg bunuh kuman.krna udh punya mindset begitu jd aku ga tega klo pake baju blm di setrika,apalagi buat anak2 heheh

      Delete
  2. Mba icha, aku setrika baju kalau mau dipake doang hiks. Terus tujuan aku setrika itu biar kuman2 yang nempel di baju (apalahi celana dalem) ilang karena panas dari setrika nya. Eh bener gak sih? :p

    ijaah.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sampai baca literatur tuh soal itu. penghilangan kuman itu berlaku kalau nyucinya nggak pake sabun. :)))))

      Delete
  3. Masih belum bisa Mak kalau utk baju kantor suami dan bwt pergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke kantor pake kaos ajaaaahhh *maksa* XD

      Delete
  4. Waduuh...saya emak2 yg doyan banget begadang demi setrikaan setumpuukk... :-D

    ReplyDelete
  5. gue setrika juga kalau disodorin ibu setrikaan *huahahaha ketahuan malesnya

    ReplyDelete
  6. Daku nyetrika baju bwt keluar2 doank, selain itu y nggak..lumayan..irit listrik...slh satu cara bantu suami hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun yang bisa diirit, mari kita irit! XD

      Delete
  7. tapi konon katanya nyetrika itu bisa bikin kuman2 mati, bener gak sih?

    ReplyDelete
  8. Harus dimolaiii nih, enggak usah setrika, kecuali mau pergiii

    ReplyDelete
  9. setuju, kerjaan simpel tapi menyita waktu banget. udah capek tangan, pantat, pundak. ihihi

    setuju tuh, biasanya aku angkat jemuran waktu udah kering dan masih berbau matahari. maksudnya gak nunggu sore gitu, asal udah kering, diangkat kemudian dilipat. efek matahari yang masih anget bisa menggantikan setrika loh. haha

    ReplyDelete
  10. Ini aku bgt.. klo bs ga disetrika ngapain disetrika.. hihii.. ini udah aku terapin sejak remaja belia. Asal njemur ama ngelipetnya rapi, baju ga kan kusut kok :D

    ReplyDelete
  11. Cha, gue agak susah kalo lepas dari setrikaan. Paling ngga, baju rumah, pakaian dalam sudah ngga disetrika. Langsung lipat, kan dipake di rumah ini. Baju dan celana kerja, baju jalan, baru disetrika. Hehehe, hemat listrik dan tenaga dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. baju celana kerja pilih yang nggak gampang kusut. kalau yang gampang kusut kan kalaupun disetrika nanti juga kusu lagi *alasaaannnn XD

      Delete
  12. Hmmm.... salut.... sy pastikan klo sy gak akan bisa... : D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hanya mindset aja mbak. ayo dicoba! *maksa* lol

      Delete
  13. Pengen nyobain , tapi udah kebiasa diseterika sih mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, kebiasaannya menyita waktu. mending bobo siang maakkk XD

      Delete
  14. Suka postingan ini, tetapi susah mengubah mindset. Kesannya gak setrika berarti kurang rapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan dari awal beli bajunya yang nggak gampang kusut mak. aku suka sama baju pas mau beli, tapi bahannya gampang kusut, bhay, mending ga jadi beli :))))))

      Delete
  15. Haha setuju sekaliee saya jg org yg ogah nyetrika biar kusut lempeng sajaaa....ikut ah dg gerakan ini...;)

    ReplyDelete
  16. Saya juga ndak pernah setrika, kecuali baju yg berbahan kusut. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, dan baju semacam itu sedikit sekali jumlahnya :))))

      Delete
  17. hahaha... saya sudah memulainya sejak 4 tahun lalu sejak tinggal di Jepang. Di sini ibu2nya jg ga pernah setrika kecuali baju2 jas (kerja). ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. horeeee *secara gue japanese freak lol*

      Delete
  18. Hahahaha tosss, saia mah kurang suka setrika, baju2 tertentu aja yg disetrika :D

    ReplyDelete
  19. Maaak.. ini postingan kayak aku lagi curhat lagi.. haha..

    Beneran deh, aku paling males nyetrika, smenjak hijrah dan kerja di Jkt, ngekost dikamar yg gak ada AC, tau sendiri dong Jkt panasnya kayak apa, kalau nyetrika tuh berasa "kesiksa" bgt. Akhirnya menyerahkan semua ke laundry, atau (terpaksa) nyetrika baju kantor doing :D

    Jadi pengen bikin postingan ttg (males) nyetrika deh, haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin! pake banner aku yang di atas tuh! XD

      Delete
  20. kukira yang nggak suka setrika cuma aku... tapi berhubung sekarang udah ada yang bantuin setrika.. alhamdulillah deh.. baju rapi tapi nggak capek sekalian bagi rejeki :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau ada yang bisa disuruh sih enak. tapi tetep nggak sesuai dengan prinsip iritnya hahahaha

      Delete
  21. Hi..hi..hi...saya udah ikut GTS meskipun sebagian.. *maksa
    Iya.. nyetrika baju seragam sekolah anak-anak dan pakaian pergi aja. Yang untuk dipakai di rumah kadang gak di setrika .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau seragam sih harus yaaa disetrika :D

      Delete
  22. iyyesss... saya setrika baju seragam doang sm yg mau dipk main jauh. kl sehari-hari nggak. kecuali kl lagi rajin.

    ReplyDelete
  23. tosss dulu mak ichaa.. aku juga paling males setrikaa.. mau setrika dibawah ac di depan kipas jg tetep weh hareudaaang.. hahahaa
    aku mendukung pisan GTSnyaa.. nanti bikin postingan tentang ini deh... xoxo


    www.vitawirapraja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaahh apalagi di jakarta ya wassalam deh di bawah ac disemprot kipas angin juga tetep panas bikin emosi *pemalaaassss XD

      Delete
    2. hahahaaa.... iyaaa bangettt :D

      Delete
  24. Aku bangeeett. Gerakan ini udah aku mulai sejak 14 tahun silam..hahaha. Seriiing banget aku kampanyekan di socmed...hahaha. No setrika kecuali perlu banget. Kalau langsung dilipat rapi, lama2 juga rapi sendiri ketumpuk2 lipatan lain. Lagian kalau disetrika semua pun, nanti juga bisa kusut kalau ditumpuk2 dan ga rapih ngambilnya *alesan*

    ReplyDelete
  25. Insightful sekali hahah *komen macam apa ini*

    Thanks for sharing, patut dicoba! Saya gak kuat nyeterika, panas :(

    ReplyDelete
  26. Aku setuju bgt ini GTS *jingkrak2 aku dan suami sama2 ga suka nyetrika..wasting time dengan keringat dan bgtu baju di pke nyender di mobil uda kucel lg.. hufft...uda lama bgt gak setrika. Tp aku pke tukang setrika...sama aja sih jatuhnya gak bs earth hours.. tp intinya mmg aku gak suka bgt nyetrika.hehehehe
    Eh tp aku setuju loh mmg byk varian baju yg gak setrika uda rapi. Bbrp batik ada yg bgtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul! memang sejak awal harus pilih baju termasuk batik atau apapun, dengan bahan yang ga gampang kusut!

      Delete
  27. Aku mah anti pake baju yg gak disetrika.

    Jadi, aku menolak mentah2 gerakan ini hahahaha

    ReplyDelete
  28. boleh juga nih mak idenya, biar bisa memanfaatkan waktu nyetrika buat me time hehehe

    ReplyDelete
  29. salam kenal mak annisa...
    boleh juga nih di coba mengurangi kerjaan dirumah, kalau bajuku gpp ga di setrika tapi kalo seragam suami ngantor mah wajib setrika kayanya...

    ReplyDelete
  30. aku dong udah bertahun2 gak setrika mak....yg setrika si bibik soalnya bhihiiiikk...

    ReplyDelete
  31. Aku sudah memulainya sejak..... punya anak prttama (*sekarsng dia dah 20 tahun). Capek soalnya. Tapi baju kantor suami n seragam kayaknya harus deh di setrika

    ReplyDelete
  32. aku aja setiap habis nyetrika pasti diomongin sama anak "bunda.. kok jalannya kaya' nenek si bongkok tiga ?" *gubrak* langsung tepar
    ~hayo yang nonton upin-ipin pasti tau deh siapa itu nenek si bongkok tiga~

    ReplyDelete
  33. Kalau àku ga setrika, ntr murid-murid pada protes. "Kok ibu bajunya kusut gitu? Kitanya aja disuruh pake yg rapi gitu"
    Bwahahaha...

    Etapi bener mak, aku juga malesssss banget setrika. Kl ga mau males kumat, ya taruh aja ditumpukan paling bawah. Atau, ke laundry setrika aja. Hehe...

    ReplyDelete
  34. Setuju makkk akupun ogah nyetrika dan ga tahan nyetrika tp badanku gatel kl pake baju belum disetrika jadinya lempar ke londry ajah ... tidur siang tetep dan ga pake pegel wkwkkw *maksa*

    ReplyDelete
  35. yah gmn mak... saya mah seneng2 aja nyetrika...
    klo ada gerakan tanpa ngepel, saya mau banget ikutan :)

    ReplyDelete
  36. Hahaha tos banget. Udah bertahun-tahun GTS walaupun gak full GTS. Seragam sekolah, baju pergi dan baju kantor, teteplah disetrika :)))

    ReplyDelete
  37. Waaaah ini sih gue banget! Dari duluuuu gak pernah nyetrika. Banyak temen yang heran dan nganggep aneh sih waktu aku bilang sama sekali gsk pernah nyetrika. Soalnya baju2 yang aku pake emang ga pernah keliatan kusut... ya iyalah, kan aku emang sengaja beli baju yang bahannya ga gampang kusut, soalnya aku cukup nyadar dan tau diri kalo aku emang males nyetrika. Hehehe...

    Btw salam kenal yaaa...
    Dee An - adventurose.com

    ReplyDelete
  38. kapok kalo nggak setrika. sering ada tomcat di cucian. kalo kena sengat kan berabe. dengan disetrika tomcat ikut mati

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. saya udah lamaaa banget yang disetrika tuh cuma seragam anak2 & baju kerja suami, yang lain2 gak pake disetrika... kebetulan suami juga mendukung, pulang kerja mau aja pake baju yang gak disetrika... cuma dipake tidur ini katanya :D

    ReplyDelete
  41. I love you mbakkkkkk!!!
    Ternyata banyak yang sebel sama setrikaan XD

    ReplyDelete
  42. udah menerapkan tapi buat baju rumah hihihi baju anak2 masih disetrika...

    ReplyDelete
  43. kalo baju rumah emang nggak pernah disetrika mbak cuma baju yg mau dipake kekantor aja yg disetrika :)

    ReplyDelete
  44. hehe saya suka nyetrika yang ga suka nyuci, pake mesin cuci pun tetap males karena basah-basahan (intinya gak mau basah sedikit) dan harus ngejemur, klo nyetrika bisa sambil nonton film tv/dvd mid night heheh

    ReplyDelete
  45. Saya menyerah ga setrika waktu punya bayi ketiga.. anak2 saya masih 5y, 3y, dan nb waktu itu.. kalau dipaksakan bisa membangkitkan emosi, haha karena saat bersiap2 nyetrika, anak2 ikutan udal-adul baju-baju --___--". Selain itu dg bayi yang make full popok jadul, dan kakak2nya yg doyan ganti baju, rewang dtaang sekali dalam seminggu, rasanya capeek bener kalau harus nyetrika lagi. Kalau dipaksakan nyetrika tengah malam malah migren datang. Menyerahkan sepenuhnya setrikkaan pada rewang, ga cukup waktunya. Jadi prioritas rewang hanya setrika baju kantor pak bos, dan seragam2 kakak..

    ReplyDelete
  46. Ternyata ada temene :D. wakakakakak

    Terakhir rutin setrika waktu masih SMA kelas 1, selebihnya setrika cuma kalau kondangan doang :D . Baru tahu ada gerakan semacam ini :D

    ReplyDelete
  47. Nyuci nya sendiri... nyetrikanya londri aja deh... 2000/kilo hehe

    ReplyDelete
  48. aku juga nyetrika baju yang perlu-perlu aja.. :) *terpaksa,hahahaha

    ReplyDelete
  49. Setuju banget....dimulai dari setelah lahiran anak.kata orang tua baju bayi gak boleh disetrika tau dech alasan.akhirnya bablas sampai anak umur 34bulan.hahahahha...mana ditunjang seragam kantor berbahan kaos serta suami pun tidak komplain...xixixixixiixi..

    ReplyDelete
  50. Setelah punya anak aku bangeeet ni, mending berbasah basahan mencuci daripada duduk nyetrika....huuufftt. yang aku lakukan sekarang kalo daleman, baju rumah (kaos, celana pendek, daster)aku lipet langsung. Daaann baju anaakkupun sama aku langsung lipet dengan rapi pake tangan. kalo baju kantor suamiku ga bisa maak, soalnya kalo ga di setrika keliatan bgt kusut kemejanya. Jadi lumayan nyetrikanya ga banyak bgt, cuma baju pergi & baju kerja ajaah....wwwuuuhuuuyyy.Semoga gerakan ini semakin banyak anggotanya.....yeessss

    ReplyDelete
  51. Waaahh... aku banget nih. Cuma baju suami dan seragam sekolah anak yg aku setrika..
    Baca ini, rasa bersalahku hilaaaang..
    Ternyata banyak temennyaaa... hahaaa

    ReplyDelete
  52. Gerakann yang menarikk niih utk di coba.. Cz klo aku ngetrikaaa lamaa buangeett ampee berjam2.. Krn semuaa di setrikaa :D

    ReplyDelete
  53. Ada tambahan tips dari saya...pas menjemur, pakai hanger...biasanya kalo pake jemuran tali, ada kerutan di baju yg kena tali tersebut

    ReplyDelete
  54. Banjunya dilondry mbaaa, tapi balik dr londry tetep disetrika ulang klo baju buat ngantor. Boros 2x yaaaa -__________-!

    ReplyDelete
  55. saiiaahhh bngd...males sama yg namanya setrika an....

    ReplyDelete
  56. Waaah...seru!! Tnyata banyak yg ilfil sama urusan setrika hehe..punya bocah 3 yg doyan ganti baju emang bikin esmosi.akhirnya cuma baju ngantor pak bos n seragam sekolah anak2 yg disetrika. Sampe pak bos ngasih investasi art pulang sore buat bantuin kerjaan rumah plis setrika. Tapiiii teteeeep......bikin esmosi pas liat hasil kerjaannya ga rapi n baju2 ngantor&sekolah disetrika ulang tiap mau pake. Halaaaah......

    ReplyDelete
  57. ternyata bukan cuma aku aja... hehe

    ReplyDelete
  58. Saya udah menerapkan ini sejak saya SMA. Hasilnya luar biasa, lulus SMA saya langsung diterima di UI (?).
    Dan kebiasaan positif itu saya teruskan hingga skrg (?)

    ReplyDelete
  59. kalau buat dirumah gak disetrika. juga.tapi kalau buat keluar mesti disetrika apalagi bahan yang kusut... :)

    ReplyDelete
  60. Nih, aku tambahin ya : pakai pelembut pakaian supaya pakaian lebih licin dang ngurangin kusut, udah gitu pas jemur pakai gantungan baju, dijamin gak perlu disetrika udah rapi :) Saya juga pernah menjalani ini (gak nyetrika baju), tapi sekarang di setrika, soalnya yang jemur baju bukan saya, dan gak pakai gantungan, jadi ya kusut deh :)

    ReplyDelete
  61. Mampir juga saya di tulisan yg paling fenomenal ini .. hehehehe
    Gerakan Tanpa Setrika sudah bertahun-tahun saya lakukan, Nis..
    Iyah, karena semua cucian saya kirim ke laundry. Terima sudah rapih.

    *kabuurr ahh sebelum kena setrika*

    ReplyDelete
  62. aku juga ga suka nyetrika mbak.. sengaja milih baju yang ga kusut meskipun ga disetrika.. hehe
    ternyata banyak yang sama

    ReplyDelete
  63. Aku sudah 2tahun ndak nyetrika mak..*sst..haha..hampir mirip caranya gitu juga..tosss :)

    ReplyDelete
  64. saya mending nyci dah daripada nyetrika..berasa banget capeknya kalo nyetrika..huff

    ReplyDelete
  65. hahaha ternyata aku nggak sendirian xD emang dari dulu udah ngerasa kalau nyetrika semua baju dari jemuran sampai berjam-jam gitu rasanya nggak efisien banget. boros waktu boros listrik! cukup setrika baju penting-penting aja yang emang kelihatan kusutnya kalau mau keluar rumah. ikut gerakan ini dah! :D

    ReplyDelete
  66. Feel depresi ketika melihat setrikaan menggunung. Seharian nyetrika, besoknya kembali menggunung. Oh, no!!! Tapi klo gak disterika, tau-tau aja anak-anak bilang, gatel2. ternyata oh ternyata kadang-kadang ada semut kecil nan imut-imut main petak umpet di tumpukan baju itu. Dilema tetanggaan sama sarang semut. Huhuhuhuhu. Senangnya punya teman di GTS ini tapi saya tetep setrika sih. khusus baju anak2. Yes.

    ReplyDelete
  67. Aq orgnya maleess nyetrika dari jaman sekolah yaahh maklum apa2 mintol ama pembantu pas udah py klrg tetep aja males nyetrika pdhl ngga py pembantu tp klo jemuran kering lgs lipat rapi aja dan cuma baju pergi aja yg mendadak lgs di setrika mau di pakai heheheee :D

    ReplyDelete
  68. Salam kenal. Baru tau ada gerakan ini krn ada yg nge share di fb. Sy sebenarnya malesss bgt nyetrika. Biasanya seminggu sekali aja. Dan sy hrs nyetrika baju 4 org drmh... sbnrnya suami udh bilang g usah semua disetrika. Tapi di telinga terngiang ngiang protes ibu saya. Takut dblg ibu yg malas... hiks.. stlh bc ini, sy jd semangat. I am not alone... ikut juga ah gerakan tanpa setrika. Salam GTS..

    Yg suka dema korea, visit me at http://kdramastory.com ya..

    ReplyDelete
  69. aiiiih setuju banget, pekerjaan rumah tangga paling capek sedunia yaitu nyetrika. tapi suami pengennya bajunya kudu disetrika terus, hmmm

    ReplyDelete
  70. setujuuuuu...bangeeetttt...males klo libur harus nyetrika..kn wktu nya buat main sama anak..

    ReplyDelete
  71. Asyik ih... webnya aku jadikan berita ya Mbak..

    ReplyDelete
  72. Saya ini aktifis Gerakan Tanpa Setrika, belum lama sih, baru tiga tahun. Tapi, saya lebih lama lagi menjadi aktifis Gerakan Tanpa Mesin Cuci.

    ReplyDelete
  73. waaaahhhh, inpo nya bermanfaat sekaliii, nyetrika adalah oekerjaaan yang paling membosankan. apalagi kalo di ganggu trio bocill kerja rumah nggak kelar kelaar, tapi saaat ini saya ngga bisa kalo ikutan gerakan tanpa mesin cuci

    ReplyDelete
  74. Aku salah satu emak yang malas setrika. Yeyeye ternyata aku gak sendiri. Alhamdulilahhh #Plaaakk

    Hihihi hemat book, lumayanan *perhitungan banget buat nabung di warung :D

    Salam kenal .... :D

    ReplyDelete
  75. Hahahahaa aku juga termasuk yang malas nyetrika... Rok-rok bahan spandex juga asal jemurnya bener ga akan kusut... Tapi emang untuk baju & celana ngantor suami harus disetrika sih, ntar dikirain ga diurus istri T_T

    ReplyDelete
  76. Stujuuuuu...males banget nyetrikaa.. pakean kntor dipilih yg bhn jersey n g kusut wlo g strika..kl seragam bhn kek katun siih mw g mw strika soale kusut kl g dstrika.kasian suami..hahaha.. tp tetep hidup GTS..hahaha

    ReplyDelete
  77. haduh kog terkesan istri istri males ya :D

    ReplyDelete
  78. ga suka nyetrika..capek....baju ngantor suami aja yg disetrika...

    ReplyDelete
  79. Suka nyetrika baju kerja aja, yang baju rumahan bye bye.. tapi kesannya sih ga rapi gitu.. berantakan.. gimana dong?

    ReplyDelete
  80. Nanggung Mbak......
    Skalian gerakan anti lipat baju.
    Habis dikibas2, jemur pke hanger...
    Kering langsung pindah lemari gantung.
    Haduwww....irit bny tenaga itu.hihihiiii

    ReplyDelete
  81. buatku nyetrika itu sauna gratis, ca, ahahaha...

    ReplyDelete
  82. bener banget, mak. nyetrika yang penting aja. baju rumah mah ga usah. x)

    ReplyDelete
  83. Lapor..... Aku dah nyoba :)))
    Lumayan sih ya rapian...cuma tetep kudu disetrika xD...paling nggak kumane ilang XD

    ReplyDelete
  84. hihi saya kayanya belum bisa ikutan gerakan yang ini mak. seragam kantor suami kalo gak disetrika kusut semua. hehe dan kayanya kalau gak disetrika, gak enak aja gitu dipakenya yah. kasar :(

    ReplyDelete
  85. Pas banget ini, thanks tips nya.... malas banget dengan yang namanya setrika

    ReplyDelete
  86. Hahaha ini blog ekhe bgt mbaaa kapan atuh bs kaboor dgn kegiatan ituhh...msh ad 3 tumpuk nih drmh...ayoo siapa yg mah bantu sayaa...hihihi

    ReplyDelete
  87. Klo gak ada yang bantuin di rumah sudah pasti saya akan join gerakan ini Mbak. Hihihhi. Salam kenal. :)

    ReplyDelete
  88. Yeay...yeay.... pas buka pesbuk ada yg ngeshare ginian langsung aq buka daannn....... AMAZING isinya *xixiixixi...
    Padahal mau siap begadang buat ngerjain kerjaan atu ini yg palinggggg malessss banget dikrjain.... yo wisslah ikutan gabung
    Hhahahha...... Palingan setrika seragam pak Mentri dan seragam anak serta baju yg gak kliatan kusut langsung lipet rapih. Secara pak Mentri alias suami jg gak tlalu memaksakan diri utk begadang hanya utk "Les Biola" alias NYETRIKA.....
    Setrika oh Setrika...... Hahahhaahhhaha... salam kenal buat Mbak Icha

    ReplyDelete
  89. oks banget tulisannya. Tp sejauh ini masih full nyetrika, huhu padahal mayan juga yah kl ga usah setrika, uang buat mbayar 'tenaga nyetrika' bisa ditabung ;p

    ReplyDelete
  90. Oke..... sekarang nggak usah nyetrika lg, kalau ditanya suami kenapa nggak nyetrika? karena terinspirasi dari tulisan ini... ahahaha

    ReplyDelete
  91. Mau join juga klo uda ngga ada mba heheeu, gts. Paling menguras energi klo nyetrika uy.

    ReplyDelete
  92. Ehem, saya juga praktisi GTS, udah lama malah. Hahaha. Terutama baju rumah sih ya. Kalau baju ngantor ya teuteuup...wajib. tapi nyetrika ngga sampe sejam kali, secara cuma baju kantor yang dihajar. Hahaha. Kirain cuma saya doang yang pelit setrika. Haha... *tos!

    ReplyDelete
  93. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  94. Mba icha, aku setrika baju kalau mau dipake doang hiks. Terus tujuan aku setrika itu biar kuman2 yang nempel di baju (apalahi celana dalem) ilang karena panas dari setrika nya. Eh bener gak sih?

    ReplyDelete
  95. aku juga samaaaa :) paling males kalo nyetrika

    ReplyDelete
  96. Setuju sama mba annisa.. Saya hanya setrika baju utk pergi,selebihnya lipat saja. Saya sdh pake detergen & pelembut anti bakteri jd sepertinya ga perlu setrikaan lg utk bunuh kuman.toh walaupun sudah disetrika kuman pasti muncul lg dr keringat, udara dll.

    ReplyDelete
  97. benar untuk baju aq g pernah aq setrika, tapi buat suami ya harus ta mb di setrika biar rapi kalau kekantor.

    ReplyDelete
  98. toss mba .. sama aku juga haghag

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)