-->

Tentang Breast Pump!

on
Monday, September 22, 2014
Tadinya mau nulis review aplikasi Wonder Weeks etapi setelah 3 paragraf kok mendadak pengen nulis soal breast pump dulu jadi ya udah deh tinggalin dulu. *mudah terdistraksi* Udah ah, nggak usah banyak basa-basi ini mah ceritanya pengen berbagi aja soal pompa-pompaan yah.

gadget emak-emak masa kini

1. Merah pakai tangan alias teknik marmet

Dari awal saya mulai pompa ASIP (bebe umur sebulanan), ibu saya menyarankan agar belajar perah pakai tangan. Ibu denger dari temennya, katanya perah pakai tangan itu payudara kosongnya bisa sampai kosong banget, jadi ringan.

Seperti biasa, saran-saran merepotkan itu selalu saya lewat aja lol. Tapi setelah dipikir-pikir iya juga ya. Lagian gimana kalau suatu hari breast pump ketinggalan? Atau kebetulan lagi nggak bawa terus PD penuh banget? Ya intinya kan nggak ada salahnya belajar.

Belajar deh! Dari YouTube dong yah. TERNYATA SUSAH. HAHAHAHA. Boro-boro ASI masuk ke botol, beleleran di tangan dan di sekitar puting. Banjir nggak jelas. DOH. Dua tiga hari belajar akhirnya bisa. Meski nggak jago karena saya nggak sabaran. Pegel banget ih. Kepala harus nunduk fokus biar puting tetep di mulut botol. Tangan kiri megang botol, tangan kanan merah. Nggak bisa sambil Twitteran. -____-

Tapi hasilnya lumayan banget loh ternyata. Jadi setelah pompa pake breast pump (saya pakenya manual, Medela Harmony), perah pakai tangan sampai habisbis. Bisa dapet 10-30 ml lagi. MY GOLDEN LIQUIIIDDDD! *lebay*

2. Medela Harmony

Nah yang ini saya memang udah nggak mau coba merek lain. Di otak kalau beli breast pump ya maunya merek Medela. Karena apa, karena sahabat saya si Mbak Dian pakenya itu lol. Nggak deng. Karena hampir semua rumah sakit pake Medela!

Saya ke beberapa rumah sakit, breast pump mereka Medela. Sampai-sampai rumah sakitnya Judy (itsjudyslife on YouTube) di Amerika juga pakenya Medela. Judy sendiri di rumah pakenya Medela *ngefans sama Judy lol*. Malaysian blogger favorit saya, Audrey fourfeetnine juga pakenya Medela. Yawis beli deh sekalian beli cooler bagnya Medela juga biar seragaman. *apa coba*

Menurut saya, Medela Harmony ini rekomendid banget! Selama cuti hamil dan nabung ASIP, saya pake ini tanpa kendala apapun. Puting nggak sakit, nggak lecet, tarikannya mantep. Nyaman banget deh. Biasanya pompa tengah malem (sambil bangun nyusuin) sama pagi bangun tidur. Dua kali aja sehari kan buat tabungan.

Nggak pernah ada keluhan apapun sampai masuk kerja. O___O

Pas masuk kerja ini kenapa di kantor gue pumping terus? Kapan kerjanyaaaa?

Pumping di kantor 3-4 kali. Sekali pumping setengah jam. Sama beres-beres, cuci tangan, pasang alat, ini itu jadi 40 menit. Wasting time banget. Udah gitu pegel. 15 menit pompa yang kanan, 15 menit pompa yang kiri. DUUHHH. AKU MAU MEDELA SWING!

3. Medela Swing

Ngarep ada yang ngasih tapi ternyata nggak ada HAHAHAHHA. Beli sendiri deh 1,72 juta di Jungle di ITC Kuningan. Pertama kali pake loh kok ya mati gaya lol. Biasanya tangan gerak-gerak ini diem ajah.

Suka banget juga sama si Swing kesayangan ini sampai-sampai saya lindungi sepenuh hati. Kalau bawa ke kantor pake tas serutnya dulu terus dimasukin ke tas berlapis busa biar nggak kebentur. Tapi hasil pompa nggak jadi banyak juga ya, sama aja sama waktu pake Harmony. Bedanya cuma nggak pegel aja.

Nah terus saya punya ide brilian. Daripada bengong setengah jam (pompa pake Swing kanan kiri), saya akhirnya bawa dua ke kantor. Si Harmony dibawa juga. Jadi pompanya kanan kiri sekaligus! Anggap aja pake Medela Freestyle yang lima jeti ituh. Jadi 15 menit selesai pompa kanan kiri wuhuuuu!

Sebelumnya saya selalu pakai sistem pompa-tampung. Pompa yang kanan, tampung yang kiri pakai botol juga aja. Tetesan itu bisa dapet 10-30 ml juga loh. Daripada kebuang percuma merembes ke breast pad kan. Mau beli milk saver nggak mampu. lol

Sampai sebuah tragedi terjadi hari Kamis minggu lalu. T____T

Tragedinya baca di sini ya. Kepanjangan. -- Tentang Tragedi ASI Masuk Medela Swing

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
2 comments on "Tentang Breast Pump!"
  1. Assalamualaikum mba bisa add pin bbm saya 7D86F495? saya terinspirasi sm cerita2 mba, & mau blajar pumping yg benar
    . terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)