-->

#SassyThursday: Karena Cantik Tidak Sama dengan Bodoh

on
Thursday, May 19, 2016


Jadi ada satu stereotype yang gue benci banget dan tiba-tiba diingetin Nahla kemarin. Yaitu cewek dandan sama dengan bego. Kata Nahla kita nulis ini aja karena banyak yang bilang less make up is smart. And I'm like: duh?

Baca punya Nahla di sini:

Iya sih banyak cewek dandan dan bodoh YA TAPI NGGAK SEMUANYA JUGA KELES. Dua hal itu sama sekali nggak ada hubungannya.

1. Cewek dandan
2. Cewek pintar
3. Kedua kalimat di atas tidak ada hubungannya
4. Orang yang memaksa dua kalimat pertama ada hubungannya adalah bukan orang nomor 2

Bertahun-tahun kerja di dunia digital, gue juga sering ketemu banyak cewek-cewek pintar. Dan mereka dandan cantik.

Bahkan salah satu manager perusahaan digital raksasa dunia di Indonesia, wajahnya so-so tapi rambutnya diblow cantik banget, dia dandan dan USAHA untuk menonjolkan key feature di wajahnya, aliasnya on fleek, mukanya berkilauan karena bronzer. Pake tank top dan blazer, pipe jeans plus high heels. And she rhapsodized digital industry trend like there's no tomorrow.

Dan semua orang terpukau. Karena gue yakin semuanya mikir ini cewek kalau nggak ngomong pasti tampak seperti cewek yang nggak ada otaknya. Karena apa? Karena dia dandan. Sedih yah.

Apa mungkin ini karena kelakuan cewek-cewek kaya Kim Kardashian ya? Dia dandan dengan semua kehebohan contouring dan semua orang tau dia jago hmmmm, jago apa ya, jago marketing? Jago jaga bentuk badan? Tapi yah at least mukanya enak diliat karena selalu glowing kan. :|

Jadi cewek-cewek, jangan takut dandan karena kemudian akan dicap sebagai cewek oon. Hanya karena gue ngomongin lipstik dan selfie terus bukan berarti gue hanya akan nyambung ngomongin lipstik doang kan? Karena yes, oon dan lipstik itu nggak ada hubungannya.

Untuk cewek-cewek yang nggak suka dandan lantas merasa "lebih natural" dibanding cewek-cewek yang suka dandan: go f yourself lah. Nggak ada salahnya kok untuk tampil "tidak natural".

Kalau lo udah ngerasa cukup hanya dengan cuci muka doang sih terserah. Tapi jangan jadi ngerasa cewek-cewek yang make up itu bodoh karena buang-buang waktu untuk bikin alis dan pake eyeliner. Bahkan Dian Sastro pun make up, SETIAP HARI, baik make up sendiri maupun didandanin make up artist. Jadi jangan sekali-kali bilang: kaya Dian Sastro dong cantiknya natural banget!

Broohhhh, dia mah emang udah cantik. Tapi tetep kok pake nggak kurang dari 5 produk untuk mukanya. Define, natural.

Jangan juga pernah bilang kalau cewek-cewek yang operasi plastik itu punya masalah insecurities. Woh, justru mereka tau kekurangan diri mereka dan ingin memperbaikinya. Dan operasi plastik nggak ada bedanya dengan make up tapi permanen, buat apa susah-susah contouring biar muka keliatan V-shape tiap hari kalau lo mampu operasi rahang? Buat apa susah-susah shading hidung tiap hari kalau lo mampu nose job? Ya kaannn, talk about efficiency.

(Baca: Untuk Apa Operasi Plastik?)

Terus ada yang lebih parah lagi. Yaitu orang-orang yang bilang: "ya pantes ga nikah-nikah, cantik terus terlalu pintar lagi. Makanya cowok-cowok serem". Lah? Kalau lo cowok dan serem sama cewek pintar YA ARTINYA LO KURANG PINTAR DONG AH.

Masa serem sama cewek pintar sih, kan dari dulu cowok yang punya privilege lebih untuk sekolah. Sekalinya ada cewek pintar kok ketakutan? Nggak pede amat masnya?

Jadi cewek itu harus pintar karena perempuan harus mempersiapkan generasi berikutnya. Dan jadi cewek pintar yang jago dandan adalah nilai plus. Enough said.

Plus karena kita semua menua dan make up bisa membuat kita tampak lebih muda (meski kalau failed bisa juga bikin tampak lebih tua) ada satu quote yang entah dari mana udah lupa:

"Getting older is a life fact, but looking older is a choice"

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
16 comments on "#SassyThursday: Karena Cantik Tidak Sama dengan Bodoh"
  1. Your statement is on point. Love it!

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama tulisan ini.. Yes, absolutely.. pintar plus cantik, maka kamu akan menguasai dunia #girlpower.. hahaha

    ReplyDelete
  3. seenggaknya enak diliat, bisa merawat diri sbg perempuan..

    ReplyDelete
  4. Mungkin ada statement cewek dandan = bodoh karena memang ada cewek kaya gitu:D
    Kembali lagi manusia tidak ada sempurna juga kan. Ga usah takut dandan kalau takut dibilang bodoh, yang penting tampil apa adanya, senyaman mungkin buat kita dan percaya diri.

    Reistilldoll.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Ngeliat cewe ga dandan trus smart = biasa
    Ngeliat cewe cantik trus dandan, smart pula = luar biasa

    Udah, itu doang ;).

    ReplyDelete
  6. Kayaknya komentar tentang cewe dandan sama dengan bodoh akan selalu ada.. :( cape jg kalau selalu di tanggepin walaupun gondok jg sih.. haha.. yaa.. anggap aja ini pecutan buat saya/kita sebagai penyuka make up biar selalu mengisi otak kita dengan ilmu apapun yg kita suka/mampu, trus tunjukin ke mereka2 yg suka nyinyir. *jadi esmosi :D

    ReplyDelete
  7. Kayaknya komentar tentang cewe dandan sama dengan bodoh akan selalu ada.. :( cape jg kalau selalu di tanggepin walaupun gondok jg sih.. haha.. yaa.. anggap aja ini pecutan buat saya/kita sebagai penyuka make up biar selalu mengisi otak kita dengan ilmu apapun yg kita suka/mampu, trus tunjukin ke mereka2 yg suka nyinyir. *jadi esmosi :D

    ReplyDelete
  8. Dandan? Kalo sempet n lagi pengen ya dandan maksimal, tapi kalo ga keburu n lagi ogah ya ke kantor cuma cuci muka doang :D

    ReplyDelete
  9. "Getting older is a life fact, but looking older is a choice"

    aaakk kak Icha, aku sukaak quote ituuu :D

    ReplyDelete
  10. Setuju. Dan 1 lagi aku paling sebel kalo ada temen cowok ngomong gini, "ahelaaah gausah dandan keles, cowok suka yang natural kaya raisa" raisa boook itu mah ya gak natural juga. Dan kita dandan nggak untuk cowok juga niatnya. Bisa jadi emang dandan ngasih semangat who knows kan 😊

    ReplyDelete
  11. Can't agree more! Aku dandan supaya dapet energi dan pikiran positif. Supaya ga enek liat muka sendiri yang keliatan pucet kalo pas ngaca makanya biar segeran pake lah blush on sama lip stick. Kan kalo liat muka sendiri cakep, aku jadi bahagia! Aku juga percaya kalau dandan itu adalah cara kita buat menghargai orang yang akan kita temui. Trus kata Ibu aku, anak gadisnya harus keliatan cantik tiap hari! Dandan dan pake baju yang rapi. Karena kita ga tau siapa yang akan kita temui. Bisa aja ga sengaja ketemu Rio Harianto, trus dia naksir, trus diajak nikah. Siapa tau kan? hahaha
    Dan walaupun suka dandan, aku juga suka baca! Google is the holy grail of my curiosity. Sebahagia-bahagiannya aku ketemu sephora, masih lebih bahagia kalo nyium bau toko buku. So ladies, dandan dan belajar lah biar ga ngerasa inferior trus sirik sama cewe lain wkwk

    ReplyDelete
  12. Makin kesini makin suka sana tulisanmu. Makin bijak, bukan yang meledak-ledak doang :) Seneng bacanya.

    ReplyDelete
  13. Nggg..masih jaman ya mengasosiasikan kecantikan dengan kepandaian?
    Kalau di lingkungan ngobrol saya, seorang cewek dianggap pandai kalau bisa melobi orang. Mau mukanya jerawatan kek, atau hidungnya pessek kek, asal kemampuan lobbynya bagus, dia dianggap pandai.

    Beberapa cewek panutan di lingkungan saya jauh banget dari tipe cewek-cewek cantik menurut pendapat umum. Mereka gendut, nggak bisa pakai rok mini, nggak pakai bedak, dan masang jilbab pun awut-awutan. Tapi mereka tetap ditunggu kehadirannya, dan semua orang menoleh ketika mereka memasuki ruangan. Inner beauty itu terasa ketika cewek-cewek ini berhasil membuat lobby yang bagus, dan untuk itu mereka dicap pandai.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG