-->

#SassyThursday: 5 Font Favorit

on
Thursday, March 23, 2017


#SassyThursday nya rusuh nentuin tema baru jam 7 pagi ini hahahahaha. Sibuk banget dan yah, emang gue sih lagi nggak semangat blogging lol.

Jadi ini dia topik tercemen tapi mungkin kalian mau tau? Font favorit!

Punya Nahla:

Sebagai perempuan, gue lebih banyak beli font dibanding beli sepatu atau tas hahahahaha. Biasanya beli di Creative Market atau diskonan di Design Cuts. Tiap liat font lucu, gue deg-degannya mungkin selevel cewek-cewek yang bawa koper ke midnight sale. 

Font itu mahal, bisa sampai puluhan sampai ratusan dolar! Malah font kaya logo-logo perusahaan gitu ada yang pake sistem license tahunan. Jadi kita bukan beli fontnya tapi nyewa tahunan. Bisa belasan juta rupiah per tahun loh gila nggak. Kenapa mahal?

Karena bikin font itu DIPIKIR. Spacingnya, balancingnya (alah), apalah banyak banget yang harus dipikirin. Makanya para pembuat font amatir spacing antar hurufnya biasanya suka masih error. Nggak sama gitu jadi jelek.

Karena urusan font ini ribet, gue kalau ngincer satu font, itu font bisa gue tongkrongin terus sampai dia diskon. Gue sampai follow Instagram creatornya hahahaha posesif parah. Ini sebabnya gue stres lettering. Gue ngerasa nggak mampu menyaingi para pembuat font ini.

Oke itu beda, bikin font sama lettering itu beda. Tapi gue terlalu sering liat para font creator/designer itu nulis sendiri fontnya. Iya kan pertama ditulis manual dulu kan dan itu bikin iri karena bagus-bagus banget. Rapi banget. Tulis tangan (pake iPad + iPad pencil sih) tapi kaya font, gimana sih ngerti kan ya? Itu salah satu alasan lain kenapa gue berhenti lettering. Lettering gue jelek dan gue males latihan hahahaha.

Tapi kalau ditanya font favorit ... krik krik ... NGGAK TAHU. HUHU. Nggak bisa memfavoritkan beberapa font gitu. Cuma ya, 5 ini adalah font yang paling banyak dipake akhir-akhir ini. Urutannya nggak berdasar kesukaan juga. Apa aja?

Amelian Script
Ini font header blog yang juga dibikin jadi semacam logo dan ditaro di mana-mana termasuk watermark dan kartu nama. Gue beli tapi kalau nggak salah banyak yang kasih bajakannya. -________-

Yang sebel dari font ini adalah, kalau nulis langsung berantakan banget jelek. Jadi ini gue tulis satu huruf satu huruf kemudian disusun.

Carolinea

Handwriting akhir-akhir ini lagi pakai ini. Nggak tau suka aja, nggak terlalu kaku dan nggak terlalu letoy. Cocok buat satu kata satu kata, begitu jadi satu kalimat jelek. Pusing.


Zabaglione


Ini font yang dipake di cover blog post. Biasanya gue tulis term bahasa Inggris yang bukan bahasa sehari-hari dan gue kasih definisinya dengan font Quicksand. Ada di paling bawah. Font ini font paket sama design package apa gitu lupa. Nggak bisa beli satuan pokonya.

Gue suka soalnya handwriting tapi bukan huruf sambung. Berantakan-berantakan rapi gitu.


(Baca: Tips Memilih Font + Free Font!)

Quicksand


Nah ini dia Quicksand. Dia kurus dan banyak versi dari light sampai bold. Suka ini karena simpel dan round aja. Nggak kaku. Buat nulis definisi dan digabung sama Zabaglione yang bold itu kaya cocok banget gitu.


Tide Sans


Ini font paling baru. Beli diskonan cuma 1 dolar apa ya lupa HAHAHAHAHA MURAH ABIS. Yang disuka karena versinya ada sampai 8 deh. Dari yang thin banget sampai thick, italic nya juga rapiiii banget. Tapi belum pake font ini buat tujuan tertentu lol. Kayanya mau dipake buat cover YouTube sih kaya cover YouTube konser Naura (ada di bawah).


Udah itu aja. Ada yang kalian suka? Kalau mau download browsing sendiri ya hahahahahahaha aku males. XD

Kalau mau gratisan dan lucu-lucu itu fontnya Kimberly Geswein. Fontnya Geswein biasanya namanya diawali dengan KG. Tiati perhatiin license-nya ya! Apa boleh commercial atau cuma pribadi. Browsing deh!

See you next week dengan pembahasan yang semoga berguna! :)

-ast-





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
6 comments on "#SassyThursday: 5 Font Favorit"
  1. Lha kok ya pas banget kemarin baca postingan yang tips memilih font :D eeeh hari ini #SassyThursday bahas font juga.

    ReplyDelete
  2. Hahah komputer suami akuhhh, penuh ribuan font 😂😂

    Kadang sampe bingung, pas ngedesain/edit foto jadi suka asal comot font saking pusing banyaknya 😂

    ReplyDelete
  3. Belum nemu font favorit, yang bener-bener cocok sampe dijadiin watermark etc etc. Mencari font yang pas sama sulitnya dengan mencari skincare yang cocok. Ea.

    ReplyDelete
  4. one day kali ya mbak, aku sekarang masih pakai yang gratisan aja :D

    ReplyDelete
  5. Hoooo baru tau kalau nulisnya satu satu, di tipe handlettering emang malesnya jd ga kebaca. Quicksand fav aku juga

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG