-->

Cita-cita Anak

on
Monday, April 15, 2019
Kemarin saya buka question box di IG tentang cita-cita anak dan jawabannya seru-seru amat!


Awalnya dari Bebe yang (sekarang) pengen jadi entomologist. Sebabnya hari Jumat lalu kami akhirnya menamatkan salah satu buku favorit dia judulnya Seranggapedia dari Natgeo Kids. Nah, di halaman terakhir ada wawancara dengan entomologist.

Wawancaranya untuk anak-anak gitu jadi ada pertanyaan gimana caranya untuk bisa jadi entomologist, gimana meneliti serangga kalau kita masih anak-anak, dsb. Bebe excited banget dan seketika mengubah cita-cita. Sebelum tidur, kami sepakat untuk nonton bareng tentang serangga besok.

Hari Sabtu pagi itu JG ada acara jadi saya sama Bebe berdua di rumah. Tiga jam kami nonton BBC Earth dan orang-orang yang melihara serangga dan laba-laba ya ampun. Tak pernah kubayangkan akan menghabiskan Sabtu yang cerah dengan nonton tarantula berbulu disuapin kecoa dan belalang pake pinset. T______T

Merinding dan nggak suka sejujurnya tapi sebagai ibu supportif saya tentu sok excited dan nemenin dia. Ingat, jadi ibu adalah 90% akting, 10% real parenting LOL.

Di umur 4 tahun ini entomologist adalah cita-cita Bebe yang kesekian. Awalnya dia pengen jadi polisi dan dari hati terdalam ibu deg-degan karena harus diakui lembaga militer itu patriarkal banget huhu. Lama banget dia pengen jadi polisi sampai nonton upacara 17 Agustus dan berubah pengen jadi … pilot pesawat tempur. YA TETEP MILITER DONG.

Iya sih masih kecil dan bisa banget berubah, Tapi pas mau jadi polisi itu dia keukeuh banget sampai ada titik di mana saya mikir wah dengan anak sekeras kepala ini bisa-bisa dia akan terus bertahan pengen jadi polisi. Ibu rada halu sih karena nggak sampai sekian bulan udah ganti lagi hahahahha.

Pas suka Upin Ipin langsung ingin jadi astronot, baru beli Nintendo Switch langsung ingin jadi pembuat game, dan terakhir namatin buku Seranggapedia langsung pengen jadi entomologist.

Anak lain juga ternyata sama ya. Ada yang pengen jadi yang punya Superindo, penjual HP (karena screen time dibatasi), ada yang pengen jadi Kinderjoy dan penjual es krim (diduga karena keduanya juga dibatasi lol), sampai ada yang pengen jadi supir angkot biar bisa makan rendang padang tiap hari HAHAHAHA.

Lalu ada yang bercita-cita jadi superhero dan ... HEWAN. Bebe nggak ngalamin sih cita-cita pengen jadi binatang tapi ternyata banyak anak yang ingin jadi GAJAH. Alasannya karena gajah itu besar hahahaha GEMES. Ada juga yang mau jadi JERAPAH LOH dan sekarang menganggap dirinya kucing. Lucu banget!

Anak-anak itu ajaib sekali ya. Langsung merasa kita orang dewasa (dan kedewasaan) yang menghilangkan sisi anak-anak itu huhu mellow.

(Baca: Hidup yang Kita Pilih)

Yang jelas, jangan diremehkan dan ditertawakan ya. :( Boleh ditertawakan asal jangan di depan dia. Sama suami aja pas lagi nggak sama anak hahahaha.

Jangan di “halah emang bisaaa?” gitu karena itulah hal pertama yang menghancurkan perasaan berharga anak alias self-esteem. Orang terdekat yang seharusnya jadi support system paling utama kok ya jadi penghancur mimpi pertama.

Padahal mimpi kan bebas dan tidak pernah terikat apapun, imajinasi itu luas dan tak perlu terbatasi sedikitpun. Apapun mimpi dan imajinasinya, sudahlah IYA kan saja.

Kalau ingin dan sempat sebetulnya bisa jadi bahan diskusi panjang. “Kenapa kamu ingin jadi jerapah?” “Apa bagian jerapah yang menurutmu paling keren?” “Kenapa kamu suka jerapah?” dan banyak lagi. 


Satu lagi, banyak yang bilang “ingin jadi pemadam kebakaran/polisi/(profesi yang dianggap maskulin lain) padahal anakku cewek”. Padahal nggak apa-apa banget anak cewek mau jadi apa juga. We can be anything we want to be!

Kerasa lho udah dewasa gini aja ketika mimpi kita diremehkan apalagi sama orang terdekat, seringnya jadi down kan bukannya semangat. Kalau kita aja begitu apalagi anak-anak ya kan.

Jadi, untuk kita dan untuk anak-anak kita: jangan takut dan jangan pernah berhenti bermimpi.

Never stop believing in dreaming, and never stop dreaming of believing. That is what gives us hope, and what keeps us alive.

(bukan quote saya itu hasil googling)

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
2 comments on "Cita-cita Anak"
  1. mbak nis, share juga dong buku2 bacaan bebe sekarang yang rekomendasi

    ReplyDelete
  2. Yash pengen jadi pemadam kebakaran sejak umur 1,5thn dan bertahan sampai 2,5tahun sekarang.
    Seneng sih,,,
    Dan kami dukung,,,,

    Masalahnya, keluarga yg lain kl dengar dia bilang jadi pemadam, d tertawakan.
    Sedih...

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG