-->

H-10: Tips Nyari Rumah Kontrakan Baru!

on
Tuesday, August 20, 2013

Sepuluh hari lagi pemirsaaahhhhh. *throw confetti* Nggak sabar ih! HAHAHAHAHA.

Sori kalau judulnya bangke, ngetes doang ada yang search di google nggak sih dengan keyword itu. X'))))) Tapi dikasih lah tipsnya dikit spesial buat para pengantin baru. *anjir istilahnya pengantin baru dong*

Updatenya adalah semalem akhirnya bayar kontrakan. Ke bu haji dan pak haji berdikari. Nama mereka bukan berdikari, tapi baca deh postingan saya yang ini. Bayar lunas Rp 2,5 juta buat sebulan. Kalau mau, Rp 29 juta setahun.

Agak mahal ya untuk ukuran rumah dengan satu kamar. Tapi rumah baru bener-bener baru dan dibangun nggak asal-asalan. Dua lantai, lantai duanya ada satu ruangan tanpa sekat, beton juga dan ada balkon ke luar, enak. Bandingannya, rumah sahabat saya si Bayu sama Vani aja di Mampang yang lebih selatan Rp 27juta setahun, 2 kamar tidur, satu kamar pembantu. Tapi kelebihannya, ini bisa bulanan. Jadi kalau saya nggak betah atau nemu kontrakan yang lebih enak, bisa pindah.

Ini penting banget. Gimana kalau ternyata lingkungannya nggak cocok? Gimana kalau ternyata (meskipun udah dicek) rumahnya airnya jelek? Gimana kalau ternyata susah sinyal? Ya kaannn. Bulanan jadi opsi paling mending buat saya.

Hasil survey, harga kontrakan rumah tahunan 1-2 kamar emang beragam banget. Kalau rumahnya jelek, bangunan lama, bikinnya asal (keramik nggak sama, tembok nggak rata, dsb), bisa dapet 15jutaan. Kalau di gang bisa cuma 13jutaan. Kalau rumah bagus, bangunan lama rata-rata 19-20jutaan. Kalau rumah bagus, bangunan baru, rapi banget, rata-rata 25-30jutaan. Dan jarang banget yang mau bulanan, 6 bulanan aja biasanya nggak boleh. Kemarin nemu rumah baru bagus banget, dua kamar, garasi besar, udah pake AC dan kipas, ada halaman belakang LIMA PULUH JUTA aja setahun. HAHAHAHA.

Padahal pak haji yang punyanya orang Buah Batu, Bandung. Segala jurus bahasa Sunda sampai wajah memelas minta dikasihani dengan mata berbinar dikerahkan, tetep nggak dikasih sampai 35juta. *NAWAR EDAN* HAKAHAKAHAKAHAKAHAK Doi keukeuh turunnya sampai 40juta aja. Nggak deh, 40juta berarti 3,3juta sebulan, kemahalan. :p

Tips nyari kontrakan (akhirnya tipsnya nongol) adalah:
1. Jangan nyari dari jauh-jauh hari, kecuali mau bayar langsung. Cari 2-3 minggu sebelum aja, bayar buat masuk bulan depannya. Soalnya kalau nyari 2-3 bulan sebelum nikah, biasanya minta dibayar langsung, rugi 2-3 bulan dong? Kecuali mau langsung ditempatin sih. Tapi ceki-ceki dulu, banyak yang punya kontrakan cuma ngizinin rumahnya diisi oleh pasangan menikah, nggak boleh sendiri meskipun nggak bakal ada yang inep-inep.
2. Sesuaikan budget dan luas rumah. Ngertilah ya. Jangan memaksakan kehendak karena rumahnya bagus banget padahal kegedean.
3. Sesuaikan jarak ke kantor dengan harga. Saya kemarin dapet yang 19juta setahun, malah 1juta sebulan, tapi di kebon jeruk, 10 km lah dari kantor. Jauh dan macetnya nggak kira-kira, bisa stres di jalan saya. Mending yang lebih mahal tapi jauh lebih deket. Hemat ongkos dan waktu. Nggak stres.

Udah gitu aja tipsnya. HAHAHAHAHAHA. YUK!

*kembali menghitung hari*

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
Be the First to Post Comment!
Post a Comment

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)