-->

Tentang Idealisme Punya Bayi

on
Thursday, September 4, 2014
Jadi ibu-ibu hits masa kini tuh ya duhhh kok repot banget. Salah satu sebab musababnya karena banyak cerita dibagikan di social media jadi rawan judging satu sama lain.

Emak-emak zaman dulu katanya ketemu emak-emak lain mentok di RS atau di bidan atau di posyandu. Di sana baru ngobrol tentang bayik sesama ibu-ibu. Kalau zaman sekarang nggak perlu ketemu tapi malah jadi ngeri.

Soalnya semua keputusan jadi kaya harus disetujui banyak orang. Padahal mah anak juga anak sendiri kenapa orang lain ikut-ikutan deh.

Ini nih idealisme yang rawan jadi bahan judge menjurus ke bully di socmed (dan opini saya *penting* lol).



1. Lahiran normal

"KOK LAHIRANNYA SESAR?!" diucapkan dengan nada menuduh seolah ingin bilang "pasti lo takut sakit deh ih padahal kalau lahiran sesar bla bla bla. mending normal bla bla bla". Padahal siapa tahu kalau nggak sesar nanti anak atau ibunya nggak selamat.

Waktu dokter bilang saya harus sesar, saya nggak bantah karena percaya banget sama dokternya. Kalau ada yang ngotot, mungkin kalian krisis kepercayaan sama dokter lol. Masa sama dokter nggak percaya? Kan udah pilih baik-baik buat kontrol tiap bulan? Saya percaya sepenuhnya sama dokter dan in the end lahirannya normal kan. Karena dokter juga percaya saya bisa. *ciee saling percaya wtf* -____-

2. IMD dan kolostrum

I'm not that idealist. Dari awal memang cari rumah sakit pro normal, pro IMD, dan pro ASI. Tapi bukan berarti saya ngotot banget mau lahiran normal, harus IMD, dan anti susu formula.

IMD saya nggak selesai karena Bebe kedinginan dan lemes karena ketuban udah ijo. Dan di jam-jam pertama hidupnya Bebe dikasih susu formula sekian tetes (lupa berapa -_____-) karena gula darahnya drop parah. Saya harus tanda tangan persetujuan tindakan pemberian susu formula.

Kesel nggak? Nggak. Ngotot nolak nggak? Nggak. Ya nggak apa-apa. ASI (iye ah kolostrum) belum keluar, dan sayanya juga masih lemes banget karena gula darah saya drop+kekurangan darah juga.

3. ASI vs sufor

Dari awal saya sama JG komitmen, kalau sampai asi saya nggak keluar, nggak akan nyari donor asi. Pake susu formula aja biarin (biarin mahal juga -_____-).

Ini sayanya aja ya, entah kenapa agak geli gimana gitu kalau sampai anak sendiri disusuin orang lain. Tapi karena jadi nggak ada tekanan HARUS asi, sayanya lebih santai dan asi pun alhamdulillah masih mengalir deras. Kalau sekarang semangat ngasih ASI nya karena dipikir-pikir nggak sanggup ah beli formula, beli diapers aja jeboolll ini gaji. hahaha

4. Dot vs sendok

Yang ini saya sempet idealis banget nggak mau ngasih dot. Terus dulu saya sendiri nggak ngedot, jadi keukeuh Bebe harus pake soft cup feeder. Apalagi semua konselor asi di seluruh dunia maya melarang sekeras-kerasnya penggunaan dot. Deuh. Cobain dulu anaknya kaya anak guweh.

Siapa sangka anak yang lahir dari ayah ibu yang kalem (wae), anaknya sama sekali nggak kalem. Repot.

Beli dot aja deh akhirnya bodo amat. Eh ternyata lebih repot. Bebe nggak mau ngedot. Nggak suka dia. Kalau nggak digigitin ya dilepeh. Kembali ke soft cup. -______-

Intinya tergantung anaknya lah. Untung obgyn saya mah bukan dokter idealis, dari awal nggak nyaranin pake sendok. "sayang loh asinya pasti ada yang tumpah-tumpah," katanya realistis.

5. Obat

Teori dokter masa kini dan para penggiat asi, kalau anak demam/batpil: susuin aja terus! Skin to skin! Obat mah haram!

Sekali lagi, coba dulu kalau anaknya si Bebe. -_____-

Pertama, Bebe nggak kalem. Ada yang kerasa dikit pasti dia nangis jerit-jerit kenceng banget sampai sakitnya ilang. Meskipun itu memakan waktu berjam-jam. Sebaliknya kalau ada yang bikin seneng dikit, dia bisa ketawa-ketawa lebay. (lebay turunan bapaknya wtf) Nah kebayang kalau Bebe sakit?

Umur 14 hari Bebe batuk pilek. Diuap di ini di itu nggak ngaruh. Disusuin sampai olab kekenyangan juga nggak ngaruh. Skin to skin nggak maksimal karena Bandung lagi dingin banget duh malah takut masuk angin. Kalau liat orang-orang kan cuek aja anaknya pake diapers doang biar skin to skin maksimal. Nggak sanggup kalau di Bandung mah.

Hari kedua langsung ke dokter. Minum obat sekali doang langsung sembuh. Kelar lah urusan. *iya emak-emak instan, go judge me lah i don't care*

Kemarin abis DPT Bebe demam (padahal udah pake yang mahal -____-). Setengah hari demam nggak turun, nangisnya udah nggak ngerti lagi harus diapain dan nggak mau tidur, tempra resep dokter to the rescue. Dari dosis 6 ml, sebagian disembur -_____- sebagian ditelen. Langsung bisa tidur bentar terus demamnya turun. Kelar juga urusan.

6. Higienitas

Nah ini dahsyat yah emak-emak masa kini. Ada yang sampai bela-belain punya sterilizer di kantor buat steril breast pump, oh maaiii!

Saya mah breast pump malah nggak dicuci tiap mau pake. Cuci sehari 2 kali aja, sisanya simpen di kulkas dengan botol baru. Tiap mau pake bilas air termos. Udah 3 minggu nggak disteril pun karena sterilizer udah di Jakarta.

Jadi si Bebe minum pake dot/soft cup yang setelah dicuci disiram air mendidih. Disiram yah bukan direbus. Botol kaca asip juga dibilas doang pake air termos sebelum dipake. Nggak kenapa-kenapa tuh Bebe aman-aman aja. Cucinya juga pake sunlight aja nggak sengajain beli sleek yang khusus botol bayi

Temen saya malah ada yang bayar listriknya jadi mahal karena kapas bulet buat cebok abis pup, harus pake air panas dari dispenser. Alah siah ribet banget, Bebe mah pake kapas bulet yang dibasahin air biasa terus ditaro di tupperware ajah. Nggak air panas segala.

Apalagi ya?

Oiya Bebe ini memang bukan bayi kalem. Baca di buku, termasuk bayi aktif (bukan bayi pendiam atau rata-rata). Ciri bayi aktif, kalau goleran pasti kaki tendang-tendang dan tangan gerak-gerak. PASTI. Nggak pernah bisa sekalipun goleran sambil diem. Kecuali tidur.

Ibu saya yang anaknya tiga, suka bayi dan anak kecil aja nyerah. Padahal ibu paling suka ngurus bayi, bayi tetangga aja dimandiin. -______- Ini kata ibu, dikasih baby sitter aja ibu nggak sanggup urus Bebe. HAHAHA. Soalnya Bebe bosenan, dan kalau udah bosen sama satu orang, bakal nangis kejer kalau digendong sama orang itu. Baru berhenti kalau liat orang baru. Gawat.

Tapi ya gitu. Beda anak beda karakter. Nggak usah berasa paling tahu dan ngebandingin sama anak sendiri. Ibu pasti memilih yang terbaik untuk anaknya. Terbaik menurut standar dia, bukan standar orang lain.

kthxbai.

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
12 comments on "Tentang Idealisme Punya Bayi"
  1. Issshhh.... olimpiade para mamak emang mengerikan :-(

    ReplyDelete
  2. semua pilihan dan keputusan itu pasti tujuannya juga untuk yg terbaik ya mbak...kalo di judge yg aneh2 gitu jd sedih juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih kalau dipikirin. makanya nggak usah dipikirin. :)))

      Delete
  3. Hastagaaa.. ribet ya tapi kayaknya pengalaman seru. Jadi pengin merasakan gimana jadi Ibu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ribet bangeettsss. hihihihi. ya seru dinikmati aja. :))

      Delete
  4. Yang penting memberikan yang terbaik buat anak ya mak. Kondisi tiap ibu kan beda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kondisinya beda, jadi definisi "terbaik" nya juga pasti beda :)

      Delete
  5. emak2 rempoooongs itu mah...syalalala *bebe mana bebe :D

    ReplyDelete
  6. Belum pas mpasi idealis lagi kudu 6 bulan bebas gula garem. Eh anak GTM. Timbangan ga naek. Kelar urusan idealis mah 🤣🤣

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)