-->

Bebe Mencari SD

on
Wednesday, November 22, 2017

Kemarin saya sempet mikir kalau nyari preschool dan daycare aja saya survey sampai ke 7 tempat, apalagi cari SD ya? Pertimbangannya banyak juga karena pertama, masuknya mahal jadi sebisa mungkin kalau nggak ada kasus ya maunya nggak pindah sekolah dong. Kedua, bakalan 6 tahun dan akan menghabiskan masa kecil di sana. Jadi mau yang bener-bener sreg.

Ternyata yang harus dipikirin banyak juga ya. *YAEYALAH*

(Baca semua tentang daycare di sini ya!)

Saya akhirnya bikin Google Sheet dan di-share ke JG, nama sekolah, alamat, kurikulum, jarak dari rumah, uang pangkal, dan uang bulanan/tahunan. Sheet itu diisi dengan calon nama sekolah, sekolah yang nggak sreg nggak dimasukkan. Tiap kami sempat, kami diskusi dan browsing untuk melengkapi data-datanya, pros cons-nya, link-link blog yang pernah bahas, dan sebagainya.

Udah hampir setahun itu kayanya Google Sheet itu berjalan, masih tetep pusing juga hahahaha. Sharing aja yuk, sekalian mungkin ada kriteria yang saya kelewat. So far saya bikin kriteria kaya gini.

🏫 Lokasi dekat rumah

Iya dong ya, meskipun sekarang ke daycare pun Bebe bisa sekali jalan 1 jam, tapi makin deket makin okelaahhh. Maunya yang deket-deket aja. Jadi kami persempit pencarian ke Bandung Timur ATAU Bandung Barat. Karena rumah orangtua saya di Bandung Timur, rumah kami dan mertua di Bandung Barat lol.

Kalau Jakarta, prefernya Jakarta Barat, Pusat, dan Selatan. Meskipun saya masih galau apa Bebe mau sekolah di Bandung apa di Jakarta? Maunya sih di Bandung karena kayanya lebih kondusif aja gitu, nggak sepanas Jakarta dan yaaa, gimana ya. Lebih "humble" aja kayanya lingkungannya.

Plus Bandung harusnya nggak serusuh Jakarta ya soal urusan keberagaman, if you know what I mean. Jadi emang 80% berat ke Bandung sih. Tapi tetep kami bikin list Jakarta juga kok jadi masukan soal SD di Jakarta tetap siap diterima!

🏫 Sekolah umum

Bukan sekolah negeri dan sebisa mungkin sekolah umum (tidak berbasis agama apapun).

Maunya satu kelas nggak terlalu banyak muridnya sih biar fokus aja. Terus juga pengen ekskul masa kini kaya robotika atau sinematografi. Maklum anaknya mudah terpesona pada ekskul keren lol.

Ini gara-gara diceritain temen ada SD mahal di Jakarta (stralah tak perlu disebut namanya) yang ada ekskul sinematografi terus film pendeknya ditayangin di Blitz hiksss. Dari sutradara, penulis skenario, sampai pemainnya anak SD semua! Keren banget kan aku sungguh iri. -_____-

🏫 Kurikulum/Metode Pengajaran

Kurikulum bebas, nasional, nasional plus. IB/Cambridge bolehhh tapi SPP nya jangan mahal-mahal. Ada nggak ya? Hahahaha. Sedih amat.

Kalau bisa bilingual dan kalau bisaaaa banget full bahasa Inggris. Soalnya sadar diri nggak mampu bayarnya nih. Mentok ya udahlah ya pulang sekolah les atau di rumah jadi full bahasa Inggris. Tapi beneran sih maunya di sekolah juga pake bahasa Inggris gituuu, biar dari kecil akademik Inggrisnya bukan conversational. *APA SIH IBU, IBU KOK BANYAK MAU*

Nggak mensyaratkan anak bisa calistung juga meski melihat Bebe sekarang, kayanya dia akan bisa sih calistung sebelum masuk SD HAHAHAHA SUNGGUH IBU HALU. Soalnya ini Bebe baru 3 tahun udah minta belajar baca terus karena sebel liat ibunya baca timeline Twitter terus lol.

Montessori juga jadi nilai plus! Karena betah banget nih Bebe preschool montessori. Intinya pengen Bebe di sekolah yang nggak maksa anak duduk belajar jadi anaknya hepi di dalam kelas. Nggak mau juga ada sistem ranking dan terbukti lulusan bisa masuk ke SMP bagus. Yosh!

🏫 Bangunan

Jangan jelek-jelek amat lah, kalau bagus banget dan banyak pohon serta taman ya jadi nilai plus. Yang penting kamar mandi nggak jorok, ada wastafel dengan sabun untuk cuci tangan, dan mushola yang proper. Ini kok kaya ngomongin mall ya. LOL

Soalnya saya waktu SD mending nahan pipis daripada harus pipis di sekolah saking toiletnya jorok. Padahal sekolah saya mayan jauh harus naik angkot. Adik-adik saya SD deket rumah kalau mau pipis PULANG DULU KE RUMAH DONG. Makanya toilet itu penting banget huhu.

🏫 Lain-lain

Perpustakaan atau sekolah yang encourage membaca deh pokoknya. Ngerti akan kebutuhan anak yang unik dan beda-beda, jadi pendekatannya personal. Student oriented lah. Makanya paling enak ya montessori sih sebenernya maahh. Tapi cari-cari kok susah ya di Bandung? Di Jakarta kayanya banyak deh.

Karena masih SD saya rada gimana gitu kalau udah ada target akademik banget yang dikejar. SMP SMA baru deh nggak apa-apa. SD maunya masih rada “main”. Ya belajar, tapi nggak ngotot.

*PUSING KAN KALIAN SEMUA!*

Pusing dikit nggak apa-apa kok masih 3-4 tahun lagi tapi pengen netapin pilihan biar segalanya pasti. Pengen mulai dateng-dateng open house juga tapi JUGA pengen dateng pas lagi sekolah biasa biar liat anak-anak dan suasana belajarnya. Harus cuti banget eym?

Yang pengen banget dikunjungi di Bandung itu Semi Palar sama Kuntum Cemerlang kalau ke arah Barat, Gagas Ceria dan Mutiara Bunda kalau di Timur. Mutiara Bunda sekolah Islam sih emang, tapi saya sreg banget deh, jadi tetep akan survey dulu lah.

Buibu ada yang anaknya di sekolah-sekolah yang saya sebut itu? Komen atau DM Instagram dong mau tanya-tanya bangeeettt.

Thank you!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
19 comments on "Bebe Mencari SD"
  1. Sungguh warbiyasak udah siap-siap dari sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya wina, ada sekolah-sekolah yang bahkan udah buka waiting list dari 2-3 tahun sebelum T________T

      Delete
  2. Aku juga dulu selalu nahan pipis waktu sekolah, soalnya ogah jenguk toiletnya. :v

    ReplyDelete
  3. aq kalo sd udah dapat yg sreg mbak nisa, tp tk malah blm ada yg sreg,, hahaha

    ReplyDelete
  4. Hmm, aku masih blm ambil keputusan udah bbrp bulan ini mikirin sekolah SD si kakak �� Padahal sih masih 2 tahunan lagi ...
    Aku jg nahan pipis klo toilet lagi kotor

    ReplyDelete
  5. Nyebar sheet boleh juga tuh idenya. Eh jadi merasa diingetin buat berburu sekolah. InsyaAllah tahun depan si Rafa udah masuk SD.
    Cari-cari info dulu kali ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh tinggal taun depan sih harusnya udah punya dari sekarang banget mbak. open house udah bulan-bulan ini sih untuk daftar tahun depan.

      Delete
    2. Malah udah mulai pendaftaran loh kalo tahun depan banget... Kalau gk sekarang, nanti ketinggalan, bakal masuk gelombang 2 yang lebih sedikit lagi yang bakal diterima (pengalaman, udah mulai daftar SD Naia soalnya, hee)

      Delete
  6. SD Tunas Unggul di Pasir Impun, temenku anaknya 2 orang, semua sekolah di sana. Kalau mau tanya2 bisa langsung ke dia nama FB nya Dinny Kus Andiany

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIAPPP. udah ada sih sekolah ini di google sheet hehehe makasihhh

      Delete
  7. Boleh share nggak alasan kenapa ada kriteria "sebisa mungkin tidak berbasis agama apapun"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar sekolah umum dan dia punya teman dari berbagai agama. kalau sekolah agama kan hampir pasti satu sekolah seagama. :)

      Delete
  8. Mutiara Bunda ih bubaran ama masuk sekolahnya bikin macet se-arcamanik. Satu murid satu mobil gitu yang jemput. *CURHAT

    ReplyDelete
  9. bebi saya belum skolah lagi. Tapi baca proses pencarian skolahannya salo jadi ikutan puyeng juga hahaha

    ReplyDelete
  10. woww..wooww..always well prepared

    ReplyDelete
  11. Pengen sih ke Gagas Ceria atau MutBun. Tapi jauh dari rumah saya yang mepet ke Sumedang :D :D

    ReplyDelete
  12. Mbak icha keren! SD uda ada planning kemana ya.. Jadi ga bingung..

    ReplyDelete
  13. Pencerahan banget ini tulisannya, dan emang sekolah zaman now kudu dipikirkan dari sekarang.
    Tfs ;)

    ReplyDelete
  14. Haloo mba annisa mau tanya dong, nti klo bebe sekolah di bandung..ayah ibu nya pindah ke bdg juga kah?atau LDR atau apa?hahaha kepo bgt, soalnya saya ngalamin hal yg sama, suami di jkt, saya + anak + rumah di bdg, tpi masih bingung mau sekolahin anak dmn, karna kami ga sanggup LDR kayanya..huhuhu, jd ada kemungkinan di jkt juga

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG