-->

Bebe Gondongan

on
Thursday, February 21, 2019

Waw kupikir penyakit gondongan pada anak ini udah punah loh beneran hhhh.

Bulan lalu, apa akhir Desember gitu (kok lupa) saya liat IG storynya Ita yang cerita kalau anaknya gondongan. Dia kemudian share info vaksin MMR di Penang dan Singapur. Saya sc beberapa dan bahas sama JG, kita ke Singapur apa Penang ya? Sekalian jalan-jalan sambil Bebe vaksin.

KEMUDIAN JADI WACANA.

Nggak lama dari situ, mama Eri posting juga kalau vaksin MMR udah ada di Jakarta. Saya sc lagi dan bahas lagi sama JG “eh kapan yuk kita ke RS biar Bebe vaksin MMR”.

KEMUDIAN JADI WACANA 2.0.

Day 1: 

Senin malem sebelum tidur Bebe ngeluh kupingnya sakit dan dia korek-korek terus. Saya ngantuk jadi nggak nanggepin amat. Usap-usap dikit terus tidur … SAYANYA YANG TIDUR BUKAN BEBE. Nggak lama dia bangunin dan bilang “ibu, yang sakit itu bukan kuping tapi ada jendul ini di pipi aku”.

Area pipi yang pas sebelah kuping saya pegang emang ada benjolan kecil agak keras kaya digigit serangga gitu. Karena dia bilang “sakitnya itu sakit banget loh” akhirnya saya bangun dan kasih dia Tempra biar sakitnya ilang dan saya dia bisa tidur.

Nggak lama dia langsung tidur. Saya nih yang malah jadi nggak bisa tidur dan mikir ah gondongan nih pasti. Mau browsing untuk memastikan juga males nyalain lampu lagi karena semua rumah udah gelap kan. Akhirnya saya tidur sambil mikirin “AH GONDONGAN AH BUKAN KAYANYA AH GONDONGAN SIH PASTI”.

via GIPHY

Day 2:

Subuh kebangun saya langsung bangunin JG “SAYANG SI BEBE GONDONGAN DEH”. JG kalem “halah masa sih, ke dokter deh jangan ngarang-ngarang gitu”. IH SAYA UDAH FEELING BENERAN DEH. Lalu kami berdua browsing sama-sama dan akhirnya sepakat pada diagnosa bersama-sama “OH IYA BENER DENG GONDONGAN” LOL

Pagi itu juga langsung izin dan cari RS yang ada dokter anak pagi-pagi. Dokternya Bebe dr. Tania Nilam Sari di RSB Asih kalau pagi itu praktiknya di RS Medika Permata Hijau. Agak nggak mungkin karena menambah pekerjaan rumah dong kalau kami yang di Jaksel mepet Jaktim ini harus ke Jakbar.

Akhirnya berdoa sambil browsing website Siloam dan yeay ada dokter anak pagi di MRCCC Siloam Semanggi. Auk namanya nggak kenal dr. Vonny siapa gitu tapi cus ajalah.

Pas nyampe eh ternyata yang praktik malah dr. Paulus Linardi. Bebe udah pernah sama dr. Paulus ini dan dia tipe dokter anak yang suka banget anak-anak, jadi Bebe juga seneng dan nggak pernah takut sama dia. Ada kan ya dokter anak yang ketemu anak itu flat aja nggak disapa dulu anaknya hahaha kurang passion mungkin hanya menuruti keinginan orangtua untuk jadi dokter anak. (semacam jadi PNS) -________-

Sama dokter Paulus diperiksa semuanya, sampai testisnya karena horor kalau gondongan ini sampai testis. Bisa sakit banget katanya. Si Bebe boro-boro kaya yang sakit sih, masih lompat-lompat dan dance tiap bertemu cermin. Beneran kaya nggak sakit sama sekali.

Tapi emang itu kondisi bengkaknya belum terlalu parah. Kalau diliat dari depan pipinya masih simetris, belum kaya gondongan heboh yang bengkak sampai leher. Kata dokter kalau nggak cepet diobatin bisa jadi kedua pipi bengkak sampai leher dan itu sakit banget.

Ini Bebe nggak ngeluh sakit dan nggak ada demam. Cuma dia tidur miring ke kanan terus karena katanya pipi itu sakit kalau keteken. Normalnya kalau emang gondongan parah, nggak diteken juga sakit pipinya. Kata dokter kalau masih kecil gini bengkaknya paling 5 hari sembuh. Nggak boleh sekolah dulu.

Sama dokternya juga langsung ditanya udah vaksin belum? UDAH DOK HEHE UDAHNYA DIRENCANAKAN DAN MENGAMBIL ANTRIAN SEJAK DIA LAHIR HUHU. Dokter Paulus bilang MMR stoknya aman, sampai akhir tahun masih akan aman jadi secepatnya aja vaksin abis ini sembuh. SIYAP.

(Btw itu urusan antrian MMR apa kabarnya ya? Dulu pas Bebe jadwal MMR itu saya udah naro antrian di Hermina sama di Asih tapi kok pas sekarang ada malah nggak dikabarin. Meski memang sudah 4 tahun berlalu sih hahahahaha.)

Sama dokter Paulus dikasih antivirus (bukan antibiotik tapi sama harus habis), vitamin, dan ibuprofen karena katanya sakitnya itu sakit banget. Yha agak deg-degan dan kemudian membujuk JG untuk nggak kerja juga hahahahahaha seharian lah kami di rumah bertiga.

Tadinya mau JG aja yang di rumah sama Bebe tapi saya di-banned untuk tidak datang ke kantor daripada bawa virus dan nularin orang. Virusnya gampang nular soalnya. Mana ada yang lagi hamil kan kutakmungkin mengambil risiko anak orang kenapa-napa. Sedih banget karena hari itu farewell Gyanda, akhirnya video call dong selama farewell hahahaha.

Oiya Bebe juga nggak susah makan dan bilang katanya nggak sakit. Kata dokter padahal hindari makan keras karena dipake ngunyah sakit tapi Bebe kalem aja makan segala rupa. Makan kaya biasa sehari 3 kali. Minum antivirus + ibuprofen biar bisa tidur dan vitamin PLUS minumnya bukan air putih tapi air + madu trigona sesendok + madu hutan biasa 2 sendok. Seharian dia minum air madu, abis 2-3 gelas lah.

Day 3:

PIPI KEMPES SEPERTI SEDIA KALA. Tapi kalau dipegang masih anget. Nggak ngeluh sakit dan diteken udah nggak sakit. Tidur udah bisa guling kanan kiri kaya biasa aja gitu. Sehat walafiat.

Mulai tergoda untuk sekolah nggak nih?

Makan masih kaya biasa tapi obat tinggal diminum antivirusnya doang. Ibuprofen udah nggak. Vitamin ganti Imboost aja. Air madu masih cuma hari ini cuma abis segelas karena dia bosen.

Iya ih si Bebe bosen banget level ngeluh-ngeluh “aku bosen” “aku bosen banget” “aku mau sekolah” SAMAAA BE IBU JUGA BOSEN DI RUMAH.

Day 4:

Hari ini hari keempat dan Bebe udah sehat walafiat sih. Cuma karena katanya biasanya virusnya masih nular dalam 5-7 hari jadi Bebe nggak sekolah dulu. Takutnya virusnya masih ada dan nularin temennya kan kurang lucu ya.

T_______T

Sayanya yang bosan karena kerja dari rumah sambil ada anak itu kan wihiii banget. Harus siapin sarapan dan makan siang, harus sambil suapin, kenapa kerjaan kok jadi nggak selesai-selesai sih?

Saya sampai bilang Bebe “be, di sekolahmu yang masak siapa?” Miss Ana. “Yang mandiin kamu siapa?” Miss Fika. “Yang ngajarin kamu siapa?” Miss Desi. “Jadi ada berapa orang?” 3 orang. Nah, di sekolah ada 3 orang yang ngurusin kamu dan di rumah cuma ada aku sendiri jadi kamu main sendiri dulu ya hahahahahuhuhuhuhu.

Terus dia mau huhu terharu. Ya masih nonton YouTube juga tapi nggak seharian banget nonton kok masih dalam batas wajar. Bebe juga sweet banget nggak mau cium ibu dan nolak dicium karena kata dokter takut nular. :'))))

Oiya gondongan ini yang zaman dulu mitosnya pake blao/bulao itu loh gengs. Kata ayah saya malah dulu kalau gondongan nggak boleh ke dokter karena pamali zzz. Saya ceritain ke Bebe soal blao itu kata Bebe “IH ANEH MASA BUAT CUCI DIOLES KE MUKA” HAHAHAHA. Gen Alpha refused!

Demikian, jangan lupa vaksin MMR ya. Karena gondongan itu sakit dan repot. Ibu-ibu yang ngotot “udah kok anakku vaksin MMR di posyandu/puskesmas” BELUUUMMM. Yang di posyandu atau puskesmas program pemerintah itu vaksin MR bukan MMR. MR itu Measles dan Rubella kalau MMR itu MUMPS (gondongan), Measles, dan Rubella. Sejak Bebe lahir, vaksinnya baru available lagi tahun ini.

JADI AYO VAKSIN!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
4 comments on "Bebe Gondongan"
  1. Kok kayak semacam wabah ya? Di kelas anakku ada 4 orang yang gondongan, termasuk anakku yang terakhir kena. Dikasi anti virus sama tempra juga, 2 hari sembuh. Tapi gak ku kasih sekolah dulu sampai bener-bener fit badannya.

    Ada temennya yang masih percaya blau, seminggu malah tambah bengkak sampai nularin ibunya.

    ReplyDelete
  2. Gara-gara baca ini ku langsung cek buku kesehatannya si bocah dan syokkk karena di antara semua kolom yg udah dicentang (udah vaksin) malah kolom MMR yg masih kosong T____T padahal itu jadwalnya udah dari waktu sebelum usia 2 tahun, malah vaksin MR yg udah. Cusss segera telp rs deh buat vaksin biar mama tenang. Sehat-sehat Bebe dan appa ibu!

    ReplyDelete
  3. waah sama kirain selama ini MR itu sama dg MMR. jangan2 belum vaksin jg nh si Aizar brb cek buku vaksinnya ah!

    ReplyDelete
  4. Wah lucu banget sih adiknya mainan robot-robotan. Semoga anak-anak kita terhindar dari penyakit itu ya

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG