-->

#AyoNabung2019, Mulai Catat Cash Flow Yuk!

on
Saturday, February 2, 2019


Kalau ngomongin uang, orang emang langsung cepet banget nyambernya. Apalagi kalau digetok dengan kenyataan, uang cuma segini, kalau nggak diatur apa bisa kita bertahan hidup tanpa dikejar-kejar utang?

Kalau utangnya produktif sih masih nggak apa-apa. Lha kalau utangnya buat liburan atau beli gadget yang sebetulnya kebutuhan tersier? Nah loh.

Atau justru cicilan KPR yang sampai menggerus banyak sekali gaji sampai menabung saja rasanya sulit. Anak sekolah gimana, bos? Kalau dana darurat nggak punya sepeser pun, mobil harus ganti ban empat-empatnya, uangnya mana?

Inget lho, beli rumah itu tidak selalu untung. Rumah pertama, kalau ditempati itu termasuk ke dalam aset tetap BUKAN tabungan atau investasi. Kecuali kalau beli rumah kedua dan rumah itu dikontrakkan, atau rumah pertama dikontrakkan sementara kita masih tinggal bersama orangtua, itu baru namanya investasi.

Kenapa begitu? Ya sekarang memperlakukan rumah yang ditinggali sebagai tabungan kuliah anak misalnya. Terus pas anaknya kuliah kalian mau tinggal di mana?

Udah beli rumah kedua? Nah itu sebabnya rumah kedua baru namanya investasi. Kalau nggak setuju juga nggak apa-apa hahahaha. Lha uang juga uang kalian kok. Saya sih FYI aja.

Belum urusan jastip HAHAHA. Alhamdulillah so far saya nggak pernah jastip apalagi ikutan group. Follow akun IG jastip aja nggak. Live shopping gitu belum pernah sama sekali. Dipikir-pikir jangankan jastip, nitip ke temen yang ke luar negeri aja baru sekali hahahahaha. Beli sheet mask karena pas abis banget pas ada temen lagi di Korea lol.

Karena jastip itu racun yang tidak kita butuhkan. Kecuali ya kalau timingnya pas, pas lagi abis sesuatu pas bisa jastip. Kalau timingnya nggak pas ya maaf-maaf cuma boros doang kan yaaa.

LALU BUKU. Buku tuh diromantisasi banget seakan ibu-ibu yang beliin buku buat anaknya itu lebih baik dari ibu-ibu yang beliin anaknya mainan. Buat saya sama aja sih ASAL DIPAKE. Beli mainan ya boros kalau yang dimainin tetep itu lagi itu lagi. Beli buku ya boros kalau dibacanya cuma sesekali.

Realistis aja gengs. Orang-orang yang tampak kaya raya di Instagram itu ada 4 macem:

1. Memang penghasilannya gede karena industri pekerjaannya memang gaji tinggi atau pengusaha
2. Orangtua atau mertuanya kaya
3. Rajin menabung
4. Banyak utang (ini beneran karena banyak yang curhat punya utang ini itu tapi feeds nya wow selayak orkay)

Ya udah intinya yuk catet cash flow dan budgetin semuanya. Cara ngaturnya bisa dibaca di postingan aku sebelumnya:

Klik di sini: Tips Mengatur Keuangan Keluarga

File cash flownya bisa di-download di link di bawah. TAPI BACA DULU SAMPAI SELESAI BIAR NGGAK BINGUNG DAN TANYA-TANYA.

Jadi kalau udah didownload kalian akan lihat 4 sheet (sheet bisa dilihat di tab bawah file excel):

1. Cashflow bulanan: ini budgeting bulanan. Penghasilan dan pengeluaran bulanan masuk sini. Di sebelahnya ada persentase ideal pengeluaran bulanan. Kalian isi aja dulu, nanti persentasenya otomatis ngitungin buat kalian.

2. Cashflow tahunan: ini budgeting tahunan. APAPUN yang dibayar per tahun, bisa dibayar pakai penghasilan tahunan biar nggak ganggu cash flow bulanan. Kalau mau nabung dari cash flow bulanan juga bisa aja sih.

3. Summary: ini summary iseng aja biar kalian bisa liat apakah udah aman cash flow tahunan dan bulanannya?

4. Gaji suami-istri: ini opsional. Saya pakai ini biar nggak pusing gaji siapa dipake buat bayar apa. Jadi tiap abis gajian, udah jelas gaji JG posnya ke mana dan gaji saya posnya ke mana. Ini biar catatannya rapi aja sih. Kalau kalian ngerasa nggak perlu, ini nggak butuh-butuh amat juga.

Kalian bisa isi SEMUA yang warna cell-nya biru ya! Yang abu/selain biru nggak perlu diisi. Angkanya juga masih ngarang, poin-poin dan nominalnya juga ngarang karena kami bahkan nggak pernah ngopi, jastip di BBW, motor juga nggak punya lol. Kalian isi sama punya kalian sendiri ngerti kan ya plis. *PANIK TAKUT PADA NGGAK NGERTI*

*

OKE SEKARANG FILENYA. Klik banner di bawah atau klik link ini. Kalian MUNGKIN akan dapet message "Whoops, there was a problem with the view". Abaikan aja dan langsung klik download. Kalau nggak ada tulisan Whoops itu, klik aja tombol download di kanan atas layar.

Kalau dari HP nggak bisa, kemungkinan karena ini file-nya .zip. Sengaja biar nggak auto download ke Google Sheet. Jadi coba download dari laptop ya.


Sesungguhnya punya saya nggak se-fancy ini hahahaha. Nggak dihias apapun, tapi karena ini JG yang ngerjain jadinya lebih rapi. Dia hari-hari emang kerjaannya ngurusin excel kan.

Terus tadinya mau share Google Sheet tapi ternyata Google Sheet berantakan formulanya kalau ada baris yang ditambah. Excel lebih ntap jadi ya udah nggak jadi Google Sheet deh. Kecuali kalian pelajari formulanya di sini dan pindahin sendiri ke Google Sheet ya!

Yang udah pake bisa share dan tag aku di Instagram ya. Filenya juga silakan di-share sebanyak mungkin. Kalau sopan ya mention aku lol. Kalau mau nggak sopan dan nggak mention aku juga nggak apa-apa sih, cukup tau aja hahahahaha. Ini filenya nggak diproteksi sama sekali jadi bisa diedit sesuka hati.

Yuk nabung yuk, demi masa hidup yang lebih indah!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
9 comments on "#AyoNabung2019, Mulai Catat Cash Flow Yuk!"
  1. mbaa .. cuma mau bilang terima kasih atas semua info nya terkait rencana keuangan, investasi dll itu. kamu sungguh meng-inspirasi diriku mba biar melek financial.. Love !

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sharingnya mba, biasanya aku tulis manual aja karena udah pusing duluan bikin rumus excel, hehe

    ReplyDelete
  3. Makasih ya mba info ttg pengaturan keuangan yang udah di share, bisa jadi referensi tambahan dalam atur keuangan. Emang yah kalo mau evaluasi cashflow harus banget NIAT nyatet mau di aplikasi ataupun manual. Makasih sekali lagi mba menebarkan ilmu biar MELEK FINANSIAL..

    ReplyDelete
  4. sungguh setelah mengisi cashflow ya uangku kok g ada sisa ya malah minus hahahaha

    ReplyDelete
  5. aku uda download lho kak Annisa... dan seneng banget ternyata nih udah tepat. aku aman financially hehe. Selama ini aku melakukan pencatatan tidak sama dgn kamu ini, tapi hasilnya sama pas aku itung lagi.

    ReplyDelete
  6. Wow. You're so keren kak. Aku blom donlot sih. Tapi ini luar biasaaa. Mamaciiiyh.

    ReplyDelete
  7. Aku langsung donlot mbak. Makasiiihh.
    Doakan bisa konsisten ngisi.

    ReplyDelete
  8. Mbak Icha makasiiih, ini bakal bantu aku nyusun pengeluaran

    ReplyDelete
  9. Makasi mbak Icha, bakal bantu banget ini, tapi aku yakin bakal nangis pas awal ngisi ini. >.<

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG