-->

2022

on
Saturday, December 31, 2022


Seperti biasa, sebelum nulis ini baca dulu postingan tahun lalu 2021 dan whoaaa seru ya. Duh, untung bisa nulis bagus ya aku HAHAHAHA. Soalnya jadi flashback banget, apalagi baca dari 2017-2020 duh diingatkan bahwa sebagai manusia, hidup itu bener-bener misteri :’)


We will never know what our future holds, trying hard to unfold it earlier won’t get you anywhere. Alias nggak usah tuh pake ngira-ngira nanti di masa depan pasti akan begini dan begini, karena BELUM TENTU. Sekaligus, nggak perlu juga terlalu khawatir nanti akan gini gitu karena BELUM TENTU!


Efek abis nonton Reborn Rich juga nih yang bagusss banget. Mengingatkan bahwa ada hal-hal yang bisa kita usahakan dan ada yang nggak bisa. Tapiii meski nggak semua hal bisa kita usahakan bukan berarti kita nggak jalanin hidup sebaik mungkin, kan?


Karena sejujurnya, saya juga ada aja loh momen meltdown perkara kerjaan dan uang. Cuma ya gimanaaa, life must go on alias ya udalah yaaa kita lanjutkan saja proses bertahan hidup iniehhh :’) Pun kadang suka mikir, orang liatnya hidup saya yang enak-enak aja, padahal mah BANYAK BUANGET yang nggak diceritain di balik layar. 


Soalnya sering lihat influencer lain tuh ngeluhin kerjaan yang agak detail gitu di socmed. Saya sih nggak nyaman ya, kaya gimana ya, nggak pantes aja gitu. Semacam ngeluhin kantor di socmed kan, kurang etis juga menurut saya loh yaa. Meski misal kita ngerasa kita korban ketidakadilan, kan nggak mesti semua orang tahu ya. Tapi ya itu mungkin hanya diriku aja HEHE.


Eniwheyyyyyyy, tahun ini jadi tahun pertama saya dalam setahun full kerja freelance, plus tahun pertama full JG jadi ayah rumah tangga. Ternyata well, bebannya beda. Ada perasaan ingin bisa lebih terus, ingin push push go go kerja kerja all the time, yang datang karena saya khawatir nggak bisa terus bertahan hidup kaya gini.


Hidup kaya apa sih? Ya kaya gini. Ini titik hidup di mana semua menurut kami udah enak. Mau makan apa aja selama di mall pada umumnya sih bisa (bukan di hotel lol), mau beli apa aja yang kami mau, ya bisa dibilang bisa (kecuali beli rumah cash di Jaksel hehe tapi next BISALAH!). Budget udah sangat sangat lowong karena gaya hidup yang nggak sampai semua serba luxury juga.


Dengan standar hidup kami, bisa dibilang alhamdulillah udah ada segala lah ya. Sesuai standar kami loh ya yang super happy pakai mobil tahun 2014 meski pengennya sih Tesla hahahaha. Tapi kan ada, dan cukup.


Cuma ya gitu, perasaan harus terus berjuang untuk bisa menghidupi keluarga itu nyataahhhh :’)


Bersyukurnya sih udah ngerti mindfulness, udah tau regulasi emosi, belajar merasa pakai data (WAW). Jadi saat momen-momen galau (jelang PMS tuh biasanya), kekhawatiran nggak punya uang itu ada aja muncyul. Tapi sayanya juga udah langsung sadar dan biasanya berakhir journalling, macam nulis diary zaman dulu. Dan selalu berhasil sih. Journalling selalu berhasil memetakan saya kenapa, perasaannya gimana, seberapa intens, penyebabnya apa, harus gimana?


Soalnya kerja freelance gini tuh rollercoaster banget deh. Bisa berbulan-bulan nabung 70% penghasilan, terus abis itu bisa jadi nabung 0% alias ngepas aja gitu penghasilan sama pengeluaran. Kan gimana nggak khawatir ya.


Meskipun secara logika ya pas nggak bisa nabung ya udah toh kemarin nabung banyak, tapi tetep aja rilnya tuh dagdigdug. Mana pun hal begini kan nggak bisa dicurhatin sama banyak orang ya detailnya, paling cuma bisa ngobrol sama JG, manager, atau my bestie yang emang kebuka banget soal uang.


Tapi menyambut akhir tahun, ritualnya ngeluangin waktu bentar, update neraca keuangan, ngecek banyak banget pembelian besar tahun ini dan wow terharu sendiri. Kekhawatiran tiap bulan itu nggak nyata secara data. Meski ada bulan-bulan ngepas, tapi alhamdulillah nggak pernah kurang dan nggak pernah nyomot dana darurat.


Average nabung tahun ini per bulan emang cuma 34% penghasilan tapi yang kebeli juga banyak, yang jadi modal kerja juga gede, nggak pernah kebayang jadi punya 2 studio dengan set kamera, lighting dan audio lengkap. Bisa daftar haji plus, bisa beli makam di San Diego Hills, bisa beli mobil matic yang nggak tua-tua banget. DUH ALHAMDULILLAH DAN JADI BAHAN BAKAR BUAT TAHUN DEPAN, HARUS SEMANGAT!


ADUHH INI KAYANYA BARU OPENING KENAPA UDAH SEPANJANG JALAN KENANGAN GINI HUHUHUHU OK NEXT.


Tahun ini ngapain aja? Mixed feeling pandemi mereda karena seruuu banget jadi event offline lagi. Tapi di sisi lain, capek banget bund kerja di luar rumah karena udah 2 tahun kerja di rumah hahaha. Cuma ya sesenang itu karena akhirnya berdiri di panggung lagi bukan cuma duduk di meja kerja dandan cantik tapi pake celana tidur hahaha. Thank you untuk para client yang udah percaya aku huhu terharu deh.


Tahun ini belajar apa aja? Saya ambil sertifikasi coaching dan wah, mengubah mindset soal hidup banget deh. Bantu untuk lebih berkembang dan memetakan sesuatu. Baru jalan 2x pertemuan, saya langsung bilang JG “ini sih kamu kayanya cocok deh ikut coaching” terus bulan depannya dia ikut juga. Jadi kami berdua sekarang certified coach dan itu jadi BEST DECISION #1.


Karena saat ambil kelas coaching, saya yang banyak ide ini nyeletuk ke JG, bikin ini yuk, bikin itu yuk, dan dia selalu jawab “ah kamu aja, aku mana bisa” terus saya kesal HEHEHE. Aneh banget karena dari berbagai ide itu MEMANG SAYA BISA? YA ENGGA. Tapi ya ngide aja dulu, cek aja dulu harus belajar apa, harus ketemu siapa, harus belajar dari mana. Bukannya langsung patah dengan “nggak mungkin bisa”.


Lalu saya saranin untuk ikut Play Therapy deh, ngikutin Adit suaminya Gesi (cerita Adit bisa dibaca di sini). Maju mundur dong yah. Dua pertemuan pertama masih “ah kayanya nggak ngaruh deh ni” tapi pertemuan ketiga wowww pulang terapi bener-bener langsung telepon dengan super excited pengen cerita. 


Long story short, ketauan banyak hal, menyadari banyak hal juga, memaafkan banyak hal, berdamai dengan banyak sekali hal dan jadi turning point untuk career switching jadi terapis! Sekarang yang akan jalan duluan itu sebagai Filial Play Coach Mentor dan akan mulai praktik awal Januari ini. Lalu nextnya akan kuliah lagi dan fokus sama terapi untuk tumbuh kembang anak dan orangtua. SUPER EXCITED!


Untuk pertama kalinya, dia tau apa yang dia mau tanpa diarahin ortu. Gila sih entah berapa kali di blog ini saya nulis tentang pencarian passion JG dan akhirnya ketemu tuh SENENG BANGETTTT!!! Play therapy jadi best decision #2 di 2022 dan overall jadi best decision seumur hidup!!


Karena setelah play therapy, jadi lebih terbuka sama ide, lebih mau nyoba dan belajar hal baru, lebih berani terima tantangan dan bahkan jadi berani nantang diri sendiri! Magical banget, jadi beberapa bulan terakhir 2022 ini kami siapin satu project yang akan launch di 2023. Hal yang sama sekali baru, lewat proses belajar dulu berdua, ngeluangin waktu 1 jam di rumah untuk ambil course berdua lol.


Iyaa, tahun ini juga terlama kami di rumah berdua (kalau pas pandemi kan bertiga ya) yang mana MAIN MULU YAELAHHH. Bengong dikit nggak ada kerjaan, makan di luar, nyoba resto baru, ke mall, jalan-jalan terusss. Pun ketemu banyak orang, lunch, nyari inspirasi dari orang-orang keren, yang bisa kasih banyak insight untuk project baru ini. Enak karena Bebe sekolah offline dan sekolahnya LAMA LOL. Jadi kami selalu punya waktu dari pagi sampai jam 3 sore untuk brainstorming sambil pacaran lol.


Paginya juga rutin olahraga bareng. Jadi ritual abis anter sekolah Bebe itu kami olahraga. Dari yang cuma gerak alias jalan di treadmill, sampai belajar tentang ((( kebugaran ))) dari YouTube nya Ade Rai dan akhirnya beli dumbell dan mulai workout sendiri di rumah. Belum berani komit untuk pake personal trainer tapi untuk ukuran kami yang biasanya total DIAM nggak olahraga, tahun ini jadi tahun olahraga terbanyak sih. JG juga selesai les renang, dan akhirnya bisa renang untuk pertama kalinya seumur hidup HAHAHA. Kalau Bebe sih olga terus ya, renang, sepak bola, dan basket. Appa dan ibu kan engga lol.


Speaking of Bebe, Bebe udah kelas 3 :’)))


Seneng banget karena dulu ngeluangin waktu nulis di blog ini jadi semua milestone tercatat. Soalnya makin dia gede, makin sedikit yang bisa diceritakan karena menurutku semakin private juga ceritanya ya. Anaknya juga udah lebih paham, kapan boleh cerita sama orang kapan nggak boleh. Dia udah preteen, udah bisa diajak ngomong kaya orang dewasa, udah paham kalau dia adalah individu terpisah dari kami.


Dia juga sibuk banget. Seminggu 5x les dan masih ingin tambah taekwondo dan futsal. Tiap kali orang denger ini, kebanyakan komennya “apa nggak capek?” ya itu anaknya yang mau semua. Lagian nggak capek sih menurutku karena energi anak tuh beda ya sama orang dewasa. Kalau nggak ada kegiatan malah sayang aja waktunya dan takut obesitas HEHE.


Lalu juga bersyukur karena Bebe makin gede makin pede. Dia ada project sendiri juga yang udah dia rencanain dari tahun lalu. Involving public speaking so he’s been learning a lot! Aneh rasanya karena Bebe itu cenderung pendiam, susah adaptasi terutama sama orang dewasa alias males gitu kalau harus ngobrol basa-basi sama orang dewasa. Tapi ternyata di sekolah dia talkative di level setiap bagi rapot komen guru selalu Bebe kebanyakan ngobrol HAHAHA. Ya tapi on a positive note, dia udah mau show & tell (presentasi), mau jawab pertanyaan guru, dan adaptasi dengan baik di sekolah.


BEGITU SIHHH. Apalagi ya?


Saya belajar banyak tahun ini, ketemu banyak orang keren, ketemu banyak orang juga di berbagai event, jadi pengen kasih impact lebih buat orang banyak di tahun depan. Ngapain ya? Hahaha. Belum dipikirin yang penting niatnya dulu aja yagakkkk.


Segitu aja deh. Biar kepanjangan juga. Aku nggak expect kalian baca karena catatan akhir tahun ini selalu dan hanya selalu penting untuk diriku sendiri.


Happy new year!





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
2 comments on " 2022"
  1. Happy new year mba Icha! akhirnya ada postingan baru uhu. Selama liburan kemana aja nih kayaknya ga update ig sama sekali. Senang bacanyaaa jadi bikin semangat untuk selalu belajar dan coba hal baru, 2022 juga bisa dibilang tahun yang cukup baik buat aku setelah 2020 depresi banget ya cyin, 2021 mulai bangkit dan 2022 bisa merasa content. Ceritanya juga bikin semangat pengen punya pasangan yang bisa diajak bertumbuh bareng, walaupun mungkin ya awalnya kaya diri sendiri aja yang keukueh ya. Halah. Semoga sehat selalu semuanya.

    ReplyDelete
  2. Aku baca koq dan Happy new year Kak Icha. so happy to know your update story.. keep writing yaa Kak..

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)