Bebe Flu Singapura

on
Thursday, March 8, 2018
Akhirnya setelah berulang kali denger pengalaman anak orang flu Singapur, saya akhirnya ngalamin sendiri Bebe kena meskipun baru gejala dan ga searah cerita orang-orang. T________T



Dan entah kenapa saya sering denger ibu-ibu lain flu singapur tapi yang masuk ke otak hanyalah: flu singapur nggak ada obatnya, istirahat aja sama minum vitamin. Nggak pernah denger ibu-ibu ngeluh anaknya susah makan dan susah tidur. Mungkin aku kurang superpower.

Because it was so … awful.

Ya atau saya yang cemen aja sih huhu.

via GIPHY

T_______T

Jumat malem Bebe anget, dicek cuma 38,1, anaknya masih happy dan lompat-lompat kaya biasa. Sabtu pagi JG survey lokasi outing kantor jadi saya di rumah berdua sama Bebe, mulai mencurigai kenapa dia tampak tidak sehat dan ngomongnya sedikit?

Langsung sigap cek seluruh badan dan iya mulai ada bintik merah di bawah kulit. Karena cuma di tangan dan kaki saya langsung feeling ini flu singapur atau HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease).

Bintiknya sedikit banget, mungkin baru gejala. Nggak sampai 10 titik deh dan cuma merah doang ga kaya foto-foto di google yang jendul berair dan rash gitu. Suruh buka mulut dan disitulah kehororan muncul. Ujung lidah sariawan gede banget sampai kaya berdarah. T______T

Saya nggak berani cek bibir karena takut sakit. Bebe jadi pendiam, ngomongnya irit banget, ditawarin makan ini itu nggak mau. UNTUNGLAH kemarinnya abis gajian, maksi di Sency dan saya iseng beli Lego. Belum saya kasih jadi masih di tas.

Mulailah sogokan pertama dimulai sebagai awal dari sogokan-sogokan berikutnya hhhh bangkrut gue abis ini.

“Be, kamu makan ya? Nanti kalau makannya habis aku punya mainan baru buat kamu”

Excited lah dia, makan oatmeal semangkok habis. Terus main Lego dan masih mau ngomong sedikit-sedikit. Saya browsing-browsing dan langsung bilang JG untuk beli:

1. Aloclair gel (obat sariawan ampuh, manis, dan nggak perih, saran dari group ibu-ibu kampus. Katanya oles dulu sebelum makan biar mau makan)

2. Candistin (obat sariawan tetes, manis, hasil browsing kalau lidah anak putih juga karena jamur)

3. Buah naga (karena banyak vitamin *halah* dan untuk jaga-jaga takut Bebe nggak mau makan. Bebe suka banget buah naga btw)

4. Nutrijell (karena baca cerita orang katanya anaknya cuma mau makan puding dingin karena puding dingin menyejukkan)

5. Kelapa Ijo (untuk menyingkirkan racun di dalam tubuh huh)

DAN SEHARIAN ITU BEBE NGGAK MAU MAKAN LAGI. T_______T

JG magrib pulang, Bebe kondisinya udah super cranky segala salah. Berhasil netes Candistin ke dalam mulut dengan berbagai negosiasi terus ngamuk. JG nggak nemu Aloclair jadi saya putus asa banget. Soalnya saya mikirnya ya oles Aloclair, sariawan kebal sesaat, terus dia mau makan.

Semaleman itu Bebe cuma minum susu. Masih mau minum Imboost dan kelapa ijo dikasih madu. Tapi malemnya mulai nggak bisa tidur, guling-guling doang. Saya mulai ikut cranky dan akhirnya curhat di Instastory. Nanya selain obat sariawan, kalau anak flu singapur diapain lagi?

Banyak banget yang jawab huhu terharu. Saya biasanya jaraaaanggg banget cerita Bebe sakit atau saya sakit di socmed, paling kalau udah sembuh cerita di blog. Karena ya udah biasanya kehandle dan ya fokus urus Bebe jadi nggak main socmed. Kemarin mah hhhhh stres banget sampai butuh bala bantuan netijen yang tercinta. :(

Saran teman-temanku tersayang:

👉 Aloclair
👉 Kenalog (obat sariawan juga)
👉 Enkasari buat kumur biar enakan
👉 Minumnya ganti pake cap kaki tiga
👉 Makan es krim (BEBE NGGAK TERLALU SUKA ES KRIM HUHU)

Saya beli semua kecuali Kenalog karena kata apotekernya Aloclair aja cukup. Beli juga Imboost dua botol lagi karena sehari minum 2 kali jadi cepet abis banget deh.

Sampai rumah ya Tuhan boro-boro itu Aloclair bisa bikin sariawan kebal. Gelnya baru di ujung jari aja tangan saya udah dijauh-jauhin dari mulut dia. Dia nggak mau dipeluk karena insecure saya diam-diam masukin gel ke mulut. Segala negosiasi dilakukan dan dia nggak mau buka mulut sama sekali!

via GIPHY

Marah-marah aja terus. Saya coba kasih Enkasari dan suruh kumur dia mau buka mulut. Tapi ternyata Enkasari itu rasa sirih gitu ya dia ngamuk dan bilang sakit banget. Eh terus tiba-tiba ada yang DM lagi, bilang kalau Aloclair itu ada versi spray dan oral rinse alias kumur. AKKK KENAPA BARU TAU!

Malem-malem nyuruh JG ke apotek LAGI untuk nyari Aloclair kumur atau spray. Saya pesenin juga untuk beli Curcuma Plus biar dia laper. Logikanya kalau laper minta makan kan. Dan itu seharian saya nangis doang. T_______T

Hari-hari berikutnya kulalui dengan penuh drama, sogokan, dan negosiasi. Padahal kami paling anti nyogok anak tapi kalau udah begini mah. T_______T Alhamdulillah ya semua drama, sogokan, dan negosiasi itu berhasil. Setiap hari dia tetep makan habis, mau minum vitamin, mau minum susu, mau ngabisin minum sebotol (500 ml) dalam sehari.

Cuma ya tiap makan dan minum dia nangis berurai air mata. Antara sesenggukan atau marah mukul-mukul saya. It was one hell of a time. Sesuap, minta dipeluk, sesuap, nendang-nendang. SABAR, IBU SABAR. Sesuapnya juga pake sendok kecil dan seujung sendok doang. Biarlah yang penting semangkok abis. Dan itu dia membisu, nggak ngomong sepatah kata pun. Semua pake bahasa tubuh. Terlalu sakit untuk ngomong karena semulut sariawan. :(

*IKUTAN NANGIS* *LITERALLY*

via GIPHY

Saya capek super capek itu karena Bebe kalau sakit clingy banget sama saya dan otomatis musuhin JG tanpa alasan. Saya lagi mandi tiba-tiba Bebe ke kamar mandi nyusulin dan bilang "APPA GANGGUIN AKU". Saya kesel terus pas confront JG, katanya dia nggak ngapa-ngapain. Bahkan eksistensi JG pun dianggap mengganggu HUHUHU.

Hari keempat (hari kelima setelah demam) dia udah mau makan kaya biasa dan udah mau ngomong. Saya juga udah berhenti nangis. Mayan cepet ya progress-nya karena denger cerita ibu-ibu lain banyak yang anaknya nggak mau makan sama sekali jadi sembuhnya sampai 10 hari bahkan 2 minggu. Malah banyak yang jadinya dirawat karena dehidrasi. :(

Makan sambil nangis-nangis itu makan ini:

Pagi: Buah naga dibejek campur madu yang banyak. Buah naga sepotong, madu sekitar 3 sendok makan. Curcuma Plus.

Siang: Bihun kuah pake telor. Bihun direbus pake garem sama bawang putih bubuk doang lol. Enak kok rasanya. Bihunnya diancurin dulu biar nggak susah ngunyah.

Sore/Malem: Oatmeal pake susu. Imboost dan madu.

Cap kaki tiga dimasukin ke botol minum dia dan sehari harus habis 500 ml (ibunya apa-apa ditarget lol). Besoknya pas diliat ternyata buat anak cap kaki tiga maksimal sehari 200 ml omg anakku overdosis. T______T Ya udah apapun yang penting minum dan nggak dehidrasi. Di sela-sela makan itu harus minum susu.

Puding apa kabar? TIDAK MAU DIA. Padahal udah saya bikin hhhh. Aloclair kumur apa kabar? Cuma mau sekali terus nggak mau lagi. Intinya dari semua yang dibeli itu dia tetep cuma mau minum Imboost dan Curcuma Plus.

Oiya dan mandi berendam air anget sehari dua kali karena dia nyaman banget main air jadi lupa sakit. Abis mandi punggung dan dada dipakein Vicks Vaporub dan seluruh tubuh pake Immune Oil dari Botanina.

Kenapa pake Vicks karena dia batuk juga mungkin karena tenggorokannya sakit ya. Jadi malem berulang kali kebangun itu karena batuk dan ngeluarin dahak, minta ganti baju, minum lah. Ngantuk bos.

Cara negosiasi
(ini bisa dicoba untuk anak yang udah ngerti, kalau di bawah 3 tahun mah ya susah huhu):

😷 “Vitamin itu manis, dia melawan virus di dalam tubuh biar kuat. Ciat ciat ciat”

😷 Bebe cuma boleh nonton weekend, khusus sakit boleh nonton dengan syarat. Nonton hanya boleh sambil makan. Kalau makannya diemut, maka YouTube-nya ibu pause sampai makanannya ditelan. Kalau makannya tidak habis maka HP nya ibu ambil dan seharian tidak boleh nonton lagi. Kalau makannya habis maka boleh nonton terus sampai bosan. INI BERHASIL. Jadi makan, sambil nangis, sambil nonton sampai habis. Anaknya jago multitasking ya.

😷 “Makan dan minum bisa dari dua, mulut dan darah. Kalau Xylo tidak mau makan dari mulut, ayo ke rumah sakit biar makan dari darah. Ibu temenin kok” ngomongnya lempeng dan tidak mengancam tapi memperlihatkan foro anak diinfus. Dia pun memilih sendiri. Makan dari mulut aja lol

😷 NANGIS. IBUNYA NANGIS MAKSUDNYA HAHAHAHA. Saya stres banget kemarin sampai tengah malem nangis sendiri mungkin karena saya kasih target sama diri sendiri ya. Maksudnya ngasih target Bebe harus makan minimal 2 kali sehari dan minum abis sebotol makanya kalau Bebe nggak mau minum saya langsung berurai air mata.

“IBU SEDIH HUHUHU IBU SEDIH KARENA XYLO TIDAK MAU MINUM HUHUHU NANTI XYLO SAKITNYA LAMA IBU SEDIH KARENA XYLO SAKIT HUHUHUHU” AS DRAMATIC AS POSSIBLE. Kemudian dia minum karena nggak tega saya nangis hahaha maaf ya Bebe.

Ya gimana 3 hari tidurnya begitu tiap setengah jam bangun dan segala salah. Ya udah saya nggak tidur aja sekalian huhu terus nangis zzz.

😷 Janji kalau Bebe makan pintar dan sembuh cepat nanti kita beli Lego. Berhasil beberapa kali tapi kemudian gagal. Diganti dengan beli RC (remote control), berhasil beberapa kali kemudian gagal. Dan sekarang aku berhutang padanya satu Lego dan satu RC. WHY.

Begitulah. Lima hari penuh negosiasi dan sabar yang dibanyak-banyakin. Abis ini saya langsung minta Shaburi sama tas baru ke JG HAHAHAHAHAHA. Sungguhlah ternyata kasih ibu juga berpamrih pada suami lol.

Demikian pengalaman Bebe kena gejala flu singapura. Baru tau juga kalau bisa kena berkali-kali ya Tuhan tolonglah jangan-jangan lagi karena sungguh traumatis huhu.

PS: SAYA DI RUMAH LAGI HARI INI KARENA BEBE BELUM SEKOLAH JADI GANTIAN KERJA SAMA JG. BOSAN YA TUHAN.

-ast-
LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

4 comments on "Bebe Flu Singapura"
  1. alhamdullilah bebe sudah sehat, mudah2an gak 2 kali sakit flu singapur... smgt mbak nis dirumahnya,, xixixi ngebayangin betapa bosannya working moms kl udah dirumah..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah kalau sudah sehat. Sekarang kok aku jadi khawatir sama anakku, semoga gak sampai terkena flu ini.

    ReplyDelete
  3. Alhamdullilah ya sembuh, tetanggaku beberapa thn yg lalu juga ada yg kena flu singapur dan gk tertolong sedih bgt padahal anaknya ceria, gak ambekan, ramah sama siapun ya sudahlah mungkin keluarganya sdh berusaha tpi allah punya kehendak lain. Tahun lalu keponakan yg kena flu singapur saya dan kakak sy jadi parno sendiri untung dokter menenangkan dan ngasih saran gimana penangann yg tepat alhamdulillah 6 hari sembuh total :)

    ReplyDelete
  4. Mbak ku tak menyangka kalau dirimu akan nangis juga, sungguh penuh perjuangan. Tapi flu singapur ini memang mengerikan ya, jangan sampai kena ke anakku ya Alloh.... Sehat-sehat terus ya, Bebe. Jangan lupa lego sama RC ditagih ke ibu :)

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)