-->

Seharian di Legoland Malaysia

on
Thursday, December 6, 2018

Gimana pengalaman bawa anak ke Legoland dari Malaysia? SERUUUU!



Legoland Johor Bahru, Malaysia ini salah satu topik hits di kalangan balita. Salah satunya karena beberapa temen sekolah Bebe udah pernah ke sana. Plus yang paling influencing dari para gerombolan balita ini adalah … Ryan ToysReview pernah ke sana. Well ...

Jadi ya SAYA mau juga dong. Iya yang mau banget sebetulnya saya, bukan Bebe hahahaha.

Sebabnya karena saya main Lego dari kecil banget! Jadi bude saya (kakaknya ibu) tinggal di Denmark sejak saya belum lahir. Pada tau kan ya kalau Lego ini asli Denmark? Jadi dulu, kalau Bude pulang ke Indonesia, beberapa kali dibawain Lego. Sekarang Lego di rumah dan rumah nenek sebanyak itu sampai ditaronya di BASKOM. Dua baskom gede gitu hahahaha.

Saya main Lego dari piecesnya masih sederhana, dari warnanya masih merah kuning biru putih abu DOANG. Sampai punya yang warnanya udah pastel-pastel gitu. Sekarang beliin buat Bebe wih bentuknya udah canggih-canggih banget so cool. :’))))

Setelah baca-baca dari review orang yang udah pernah ke sana, Legoland ini juga mainannya lebih cocok untuk anak kecil jadi ya rada ngotot pengen ke sana sebelum Bebe masuk SD sih. Terus mikirnya lamaaaaa. Mikir lagi, nggak beli lagi, mikir lagi, nggak jadi lagi.



Sampai ngitung-ngitung dan pergi deh! Tapi nginepnya di rumah temen HAHAHAHA. Ngirit banget jadinya kan! Tapi ya jadinya berangkatnya dari apartemen temen kami di area Petaling Jaya. Padahal katanya ke Legoland ini lebih deket dari Singapur kan ya. Whatever yang penting perginya jadi rame-rame dan Bebe ada temennya!

Perjalanan ke Legoland dari Malaysia


Kami sewa mobil sedan seukuran Camry gitu. GUEDE (maklum biasanya pake Karimun lol). Bangun jam 4 pagi, terus ceritanya siap-siap diem-diem gitu biar anak-anak tetep tidur. BANGUN LOH saking excitednya hahaha.

Pergi jam 5 teng dengan kondisi anak-anak masih pake piyama. Oiya,anaknya ada 3 ya, 5 tahun kurang, 4,5 tahun (Bebe), dan 3 tahun. Cowok semua bayangkanlah!

Perjalanan dari Petaling Jaya ke Johor Bahru itungannya cepet banget lho. Empat jam dengan jarak Bandung - Jakarta - Bandung coba. Lebih karena jalan tolnya gede banget dan nggak macet sama sekali. Sempet berhenti juga di rest area untuk istirahat bentar, salat subuh, dan ngelurusin badan.

Anak-anak alhamdulillah aman, tidur sepanjang perjalanan, dan bangun super excited! Kami cuma sarapan roti tapi nggak laper-laper amat sih. Ngemil terus dan ngobrol terus juga jadi ya seru-seru aja. Masuk Johor Bahru sekitar jam 9 lewat, anak-anak dilap pakai tisu basah, digantiin baju, dan siap main!

foto miring tidak estetis tapi ingin menunjukkan serempong apa bawa 3 balita HAHA

Urusan Tiket


Saya udah beli tiket Legoland buat 7 orang di Traveloka tapi nyampe sana zonk. Jadi kami kan beli 4 tiket dewasa dan 3 tiket anak, tapi dikirimin email barcode-nya cuma SATU.

Mas penjaga tiketnya keukeuh barcodenya harus ada 7 ya gimana coba sampai ubek email dan apps, tetep emang cuma ada satu. MAU NANGIS. Mana panas banget dan bawa 3 anak yang udah nggak sabar pengen masuk kan karena udah keliatan di balik pager barcode itu ada beberapa badut Lego. YA CRANKY.

Coba nelepon CS Traveloka Indonesia nggak nyambung terus, akhirnya nelepon CS Traveloka Malaysia HUHU untung temen saya nomernya Malaysia coba kalau nggak pasti nelepon doang mahal banget kan. Selesai nelepon, berkali-kali swipe email, cuma muncul email dari support doang kalau komplain diterima.

Wah Bebe udah mulai marah-marah sih pengen masuk dan saya alihkan dulu dengan jalan-jalan di depan Legoland hotel (selain guest ngga boleh masuk) sementara para ayah nelepon bolak-balik untuk push dan memberi pressure pada CS biar tiketnya dikirimin.

Setengah jam kemudian, akhirnya muncullah ketujuh tiket itu di email Ya udah alhamdulillah sih nunggunya cuma setengah jam, kalau ditambah setengah jam lagi udah pasti makin cranky lah mana makin panas kan.

Jadi pesan moral bagi kalian semua, kalau beli tiket Legoland nya online, pastikan jumlah tiket sesuai jumlah orang! Biar bisa komplain dulu pas masih di Indonesia bukan udah nyampe sana baru ribet huhu.

Area Theme Park


Waktu tau kami ada rencana berangkat ke Legoland ada temen yang udah ke sana dan bilang “gitu doang kok parknya”. Jadi saya low expectation banget TAPI TERNYATA KOK BAGUS YA HAHAHAHA. Seru lho beneran sampai nggak kerasa udah sore.

Mungkin juga karena aku secinta itu sama Lego sih jadi ya puas banget. Pertama, Bebe main hal yang dia cita-citakan sejak dulu yaitu bom bom car untuk bisa mendapatkan SIM. *sungguh ini sangatlah penting*

BTW sejak jauh-jauh hari, saya udah wanti-wanti Bebe bahwa nanti di Legoland dia akan sering ditanya umurnya berapa. Dan bener aja dong tiap mau naik rides ditanya hahaha. Dari ditanya bahasa Inggris (yang dijawab dengan pede “4 YEARS OLD!”) atau bahasa Melayu (bengong dikit lalu jawab “4 tahun”). Bebe pemberani untuk ukuran Bebe sih huhu.

Misi Bom Bom Car selesai dan Bebe sebahagia itu huhu. Lanjut bikin SIM dengan nambah bayar RM 24 (80ribuan), seneng banget sampai sekarang masih dikagumi banget itu SIM LOL.


Dari situ kami jadi laper banget dan langsung ke Market Restaurant dulu. Jangan khawatir makan karena di tiap area ada tempat makannya kok. Jadi kalau di sini belum laper ya jalan lagi aja tar juga ada tempat makan lagi.

Menunya ya gitu-gitu aja, harganya di RM 30-an *LUPA MAAP* udah sama minum dan dessert semangka atau cheese cake. Oke aja sih untuk ukuran tempat wisata karena porsinya juga besar, fish and chipsnya enak, dan french friesnya bentuk Lego. Lucu!



Kalau disuruh pilih rides, menurut saya dan Bebe, yang paling seru itu NinjaGo, nama ridenya LEGO NINJAGO THE RIDE (idih namanya kok nggak kreatif ya), Kami duduk di sebuah kereta untuk 4-5 orang di ruangan gelap, pake kacamata 3D sampai seolah kami adalah prajurit Ninja Go dan melawan musuh. Musuhnya dari naga sampai ular harus diswing-swing-swing gitu HALAH GIMANA SIH JELASINNYA.


Intinya di meja kereta itu ada sensor di mana kalau kita kibasin tangan di atasnya, akan ngeluarin blade gitu untuk matiin si musuh. Dan tepat di depan muka kita, ADA SKORNYA kita udah matiin berapa musuh. YA IBU KOMPETITIF DONG HAHAHA. Terus ya ibu dong ya skornya paling besar *proud* lol

Pokoknya selama di Legoland itu, selain Junior Driving School (alias bom bom car) dan NinjaGo kami main ini deh:

Rescue Academy: ini main ala-ala pemadam kebakaran gitu di mana mobil pemadam kebakarannya HARUS DIPOMPA SEKELUARGA biar maju astaga menguji otot banget tapi Bebe suka banget!

contoh mobil pemadam kebakaran
yang bisa maju dengan dipompa
menuju rumah kebakaran, anaknya ngerahin selang air ke rumah, bapaknya? MOMPA AIRNYA LAH HAHA

Kids Power Tower: Jadi kita MENIMBA diri kita sendiri untuk naik ke atas tower dan turun dengan cara ngelepasin timbaannya. Literally menimba pake sarung tangan dong. Saya jijik banget sebetulnya sharing gloves sama orang tapi ya daripada lecet kan. JG keukeuh nggak mau pake gloves dan beneran lecet.

Awalnya Bebe nggak mau naik terus saya sama JG naik berdua kemudian dia jealous dan nangis hahahaha. Akhirnya dia mau naik juga berdua saya tapi sayanya udah lemes banget jadi nggak bisa sampai atas tower zzzz. Mengapa harus menimba diri sih kan lebih penting menimba ilmu huhu.

ibu lelah menimba ilmu dua kali, bebe lepekkkk
Duplo Playtown: yaelah ini playground biasa tapi anak-anak pada betah amat di sini. Kids being kids lol. Dan di sini ada anak ilang! Anak kecil cewek umur 2 tahunan nangis gitu nyari mamanya. Lha diajak ngomong bahasa Indonesia bengong, bahasa Inggris juga bengong. Kemudian JG gendong ini anak dari cari orangtuanya, NGGAK NEMU DONG. Terus ada pasangan lain yang juga panik, kemudian JG bersama pasangan ini mencari sampai luar playground sementara saya ya duduk aja nungguin Bebe lah. Nggak lucu nyari ortu anak lain terus Bebe malah ilang zzz.

Muter-muter nyari mas-mas penjaga nggak nemu juga, EH TERUS NONGOL DONG BAPAKNYA. Bapaknya ternyata dari tadi nunggu di pinggir playground gitu pengen aku goyangin dikit kepalanya deh memastikan otaknya penuh atau nggak. Ya mikir aja itu playground segede gitu, anaknya baru 2 tahun, DIBIARIN MAIN SENDIRIAN JAUH DARI PENGLIHATAN DAN TIDAK SADAR ANAKNYA TIDAK TERLIHAT? Rada terlalu percaya pada dunia ini atau bagaimana aku sungguh tak mengerti.


Horse Riding: ini juga rada kurpen, macam di Taman Safari zaman dulu, naik kuda muter di atas rel gitu tapi Bebe seneng banget jadi ya udah hahaha.



The Dragon: ini saya jebak JG HAHAHA. Jadi saya sama Vani udah antri nih, JG nggak mau ikut. Pas lagi antri saya telepon dia dengan suara panik “SAYANG PLIS KE SINI DULU SEBENTAR ADUH POKOKNYA KAMU KE SINI DULU!” Kemudian JG datang, kemudian saya tangkap dan tidak boleh pergi lagi karena ini adalah roller coaster yayyyy! 


Saya sih suka ya roller coaster tapi JG takut ketinggian makanya dia sampai jerit lebay parah gitu. Kenapa kupaksa? Karena dia suka maksa Bebe dengan “halah pasti berani kok, gitu doang, pasti berani kok nggak takut kok” KUUCAPKAN KATA-KATA YANG SAMA PADANYA HUAHAHAHAHA. Mayan lebih nakutin daripada di Dufan lho roller coasternya!

Di area Lego Technic kami nggak naik apa-apa karena ridesnya rata-rata untuk anak besar. Cuma di situ ada air mancur yang muncul dari tanah dan selesailah mereka di situ anteng banget sampai baju basah semua. 

Abis itu nonton Star Wars dan ada semacam museum gitu lengkap soal Star Wars semua yang berakhir di store Lego Star Wars hahahaha jualaannn. Tapi Legonya lebih murah dari di Jakarta loh.


Terakhir kami ke Miniland, taman miniatur itu loh. Udah nggak bagus amat karena udah pada pudar gitu warnanya. Saking B aja dan udah capek, di sini kami nggak foto sama sekali. Jadi pas masuk itu alurnya bisa ke Junior Driving School dulu atau Miniland dulu. Untung kami ke Driving School dulu sih karena kalau dari arah situ mainannya anak kecil semua. Kalau ke arah Miniland dulu itu langsung ke mainan anak besar.

Sambil jalan pulang, naik LEGOLAND Express kereta terakhir. Yes, seharian banget di sana dari buka sampai tutup! Setelah kami turun kereta, semua rides udah tutup. Jadi kami keliling park hanya untuk ngeliat penjaga rides beberes lol.

Oiya, banyak rides yang mengharuskan basah-basahan semacam arung jeram tapi kumalas karena pake sepatu kesayangan hahaha. Kalau nggak bawa baju ganti, ada alat pengering baju pake koin jadi bisa dikeringin langsung.


Simpulan


HALAH DIKATA MAKALAH KULIAH NGGAK SIH PAKE SIMPULAN SEGALA.

Simpulannya sih Legoland ini seruuuu buat anak-anak mentok sampai umur 9 tahun kali ya, 10 tahun masih bisalah karena mainannya emang banyakannya buat anak kecil. Anak kecil yang tingginya di atas 100 cm deh paling aman.

Soalnya ada beberapa rides yang strict sama 100 cm jadi Bebe nggak bisa naik karena kurang huhu. Pas diukur pake stik pengukurnya itu rambutnya udah kena tapi kepalanya belum. Sedih dia sampai nangis terus ketiduran karena pengen naik roller coaster tapi nggak boleh hahahaha.

Terus antriannya juga wajar banget rata-rata 5-10 menit antri padahal saya ke sana pas lagi di Malaysia lagi liburan sekolah! Wah shock sih pas antri masuk scan tiket itu karena orangnya banyak banget, rombongan pake seragam juga banyak. Deg-degan di dalem ngantri banget tapi ternyata nggak. Antriannya masih sangat wajar.

Langsung ngerasa beruntung ke sana pake mobil jadi bisa bawa barang sebanyak apapun. Nggak perlu juga mikirin naik bis pulang karena secapek itu. Bayangin aja dari jam 10 sampai setengah 6 sore bawa 3 anak coba.

Jangan lupa bawa baju ganti lebih dari 1 karena sepanas itu. Payung dan sunscreen juga wajib! Kalau nggak bawa stroller di sana bisa sewa stroller dan plis jangan kalap liat Lego yang semurah itu hahahahaha Berat bagasinya bos.

Pas pulang, Bebe bilang “Ibu, Ryan itu Legoland-nya beda loh! LEBIH BAGUS! Track mobil-mobilannya aja besaarrr”

HAHAHAH YAIYA BE, RYAN MAH LEGOLAND JEPANG ITUUUU. Jepang sama Malaysia yaaaa lumayan jauh sihhhh.

Demikian pengalaman ke Legoland 2018 kami semoga bisa liburan lagi dalam waktu dekat yaaaa. Semoga bisa kasih bayangan juga buat kalian yang mau ke Legoland.

See you!

-ast-

PS: Baru sadar kalau fotonya dikit banget di kamera karena di sana beneran main dan Bebe marah kalau kami berhenti untuk foto hahahahaha




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
5 comments on "Seharian di Legoland Malaysia"
  1. Waaa buatku ini fotonya udah banyak untuk ukuran orang berlibur yang bener-bener nikmatin momen. 😆
    Ah seruuuu! Jadi pengen bawa anak ke sana juga haha kapan yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget.. menurutku ini udah banyak fotonya. Cukup menggambarkan situasi disana kalo lagi bawa anak. Menyenangkan rasanya.

      Delete
  2. Akhirnyaaaa Xylo liburan main ke Legoland!

    ReplyDelete
  3. Asyiikk, seru beneran ya ternyata Legoland. Masih maju mundur beneran mau ke sana apa enggak. :))))

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)