-->

Adieu, 2018

on
Wednesday, December 26, 2018

Postingan pertama saya di 2018 berjudul "2018" WOW SUNGGUH OUT OF THE BOX BUKAN? -______-

And wow, now it's December 20 already. WOW! (JUST STOP SAYING WOW!)



Oke jadi postingan ini saya hanya akan rekap apa yang terjadi di tahun 2018. (Hampir) 12 bulan yang yaaa, jauh lebih baik dibanding tahun 2017 di mana saya punya inferiority problem yang parah. Anxiety terus-terusan dan thank God semua membaik di 2018.

Salah satunya karena gambar. Beli iPad Pro di akhir tahun 2017 bener-bener bikin percaya diri keangkat karena jadi merasa punya skill gambar. Kalau gambar di kertas kan wah, rasanya gagal terus karena sekuat apapun berusaha, kalau salah, harus hapus, terus ulang dari awal itu rasanya cuma nambahin list kegagalan dalam hidup.

Gambar digital mungkin banyak dianggap cemen, mungkin nggak se-wow orang yang jago gambar manual, tapi berhasil bikin rileks dan itu kan yang terpenting? Sampai sekarang juga akhirnya memutuskan untuk nggak ambil job gambar karena takut jadi kehilangan sisi rileksnya kalau dikasih brief. Biarlah konten aja dikasih brief yaaa, gambar sementara akan kujadikan pelarian dulu.

Baca ceritanya di sini: Akhirnya Gambar Digital!

Selain gambar, hal besar yang terjadi tahun ini adalah resign dari The Jakarta Post. Kaya kurang kalau bilang ini hal besar karena ini HUGE. Ya lima tahun bolak-balik ke gedung yang sama sampai punya stall toilet favorit dan hafal detail bocel dinding di mana, gemeter banget sih harus memberanikan diri untuk bilang resign.

Ada takutnya tapi 80% excited karena saya tau juga Mommies Daily kantornya se-friendly JP. JP friendly banget dengan bos yang super baik banget. Nggak pernah ributin cuti, nggak pernah masalahin apapun sepanjang kerjaan kita beres dan kita nggak punya masalah sama orang lain. Kalau nggak baik gitu nggak bakal tahan 5 tahun nggak sih ahahahahaha.

Terus kenapa resign? BACAAAA: Mengapa Resign

Mengikuti kepindahan kantor, rumah juga pindah. Akhirnya nyoba tinggal di apartemen. Betah nggak betah dan sekarang sih memutuskan tetep lebih suka landed house KECUALI kalau nanti kebeli apartemen beneran, bukan subsidi hahaha. Karena masalah saya sih bukan ingin menjejak tanah karena toh saya juga jarang ke luar rumah. Tapi karena berisik banget.

Berisik lah bentuknya kaya perkampungan gitu kan. Plus tengah malem bahkan dini hari harus terbiasa denger suara lift "TING!" Menandakan ada orang baru pulang. Living in a tiny apartment with thousands of neighbours is a whole new experience. Namanya "orang daerah" tinggal di Jakarta yesss? Nggak punya landed house di tengah kota HAHAHA.

Baca pengalamannya di sini: Pengalaman Tinggal di Apartemen

Tahun ini juga buku kami terbit YASSSS. Buku ini ngerjainnya sih perfeksionis ya tapi urusan marketingnya kurang ambisius sih jadi ya entahlah males aja promonya hahahaha. Nggak bikin launching fancy, mau bikin book talk juga males ihhh, ya intinya bikin buku tentang parenting: achievement unlocked. UDAH GITU DOANG LOL.

Itung-itung nambah pengalaman nerbitin buku aja karena kalau anda bukan Dewi Lestari atau Tere Liye kan nggak mungkin kaya raya dari buku ya. Oh bukan, bukan mematahkan semangat loh buat kalian yang mau nulis buku. Harap maklum aja kelas pekerja kaya saya gini kan realistis aja ya pengennya kaya HAHAHA. Berkarya lalu kaya wtf.

Cerita tentang buku bisa dibaca di sini: DI BALIK LAYAR SUSAHNYA JADI IBU
WAH BENER-BENER NIH. Liatin satu-satu archive blog baru sadar banget kalau saya lewatin banyak hal besar banget tahun 2018 ini. Kalau nggak ditulis sih bye aja bakalan lupa. Kenapa sekaget ini karena TAHUN INI SEMPET KE RUMAH PAK HABIBIE!

Salah satu highlight tahun ini banget so happy!

Nggak kebayang seumur hidup bisa ketemu Pak Habibie. Untuk ketemu aja nggak kebayang karena meski jurnalis, sini kan ogah pegang desk pemerintahan. Lha ini bukan lagi ketemu TAPI TUR KE RUMAHNYA. Bangga sekali sama diri sendiri! Biar aja malu-maluin!

Meskipun itu dalam kondisi batuk alergi parah dan pulangnya lemes banget ke kantor JG kemudian langsung ke UGD. Tak apa ke UGD yang penting udah ketemu Eyang Habibie luvs!

Kaya apa rumahnya? Masa belum baca? BACA DULU! Cerita dari Rumah Eyang Habibie & Ainun

Then life was getting so much busier.

Karena bertekad tahun ini harus bisa swipe up di IG story (duh receh maap). Ngotot banget karena saya tuh sebenernya lebih suka nulis blog, tapi gemes karena nggak bisa share di Instagram. Jadi mau nggak mau ya harus bisa swipe up kannn.

Akhirnya menjadi ambisius dan sharing di IG story seminggu bisa 2-3 kali. BISA DEH SWIPE UP! Malah sekarang udah 15k followers ya ampun makasih yaaa kalian semua yang bersabar membaca stories akuuuu!

Karena merasa bisa, jadinya tahun depan maunya 50k followers. Biar apa sih? Ya biar sekali share itu yang baca banyak! Baru sadar selain nulis, passion saya yang lain itu sharing.

Iya seneng banget sharing dalam bentuk apapun. Nulis ayo, jadi speaker ayo, kulwap ayo, apapun lah! Makanya seneng banget kalau diajak jadi pembicara atau bikin video. Dan makanya juga minggu lalu ikut kelas public speaking. Nulis udah (ngerasa) oke ya skill ngomong juga harusnya diasah dong biar bisa sharing terus!

Cerita kesibukan akhir tahun bisa dibaca di sini: I Had The Busiest Week Ever

Terus tahun ini thank God bisa liburan. Liburan nekat sih sebenernya karena masih money conscious banget. Masih ati-ati belanjain uang karena selain nabung buat sekolah, juga pengen beli HP baru HAHAHAHA.

Cerita liburannya ini lho: Seharian di Legoland Malaysia
Speaking of beli-beli, (jarang banget bahas ginian tapi siapa tau jadi motivasi ya) seneng banget tahun ini bisa beli Macbook Pro cash setelah 3 tahun terakhir nulis di resolusi pengen Macbook Pro hahahaha. Hati rada mencelos jatuh dikit sih pas gesek debit cardnya tapi saya jadi bener-bener produktif banget. Lancar segalanya karena laptopnya lancar hahaha.

Sisa-sisa belanja lainnya mari tidak perlu dibahas karena saya suka sakit kepala kalau mikirin uang ilang jadi barang. Anehnya kalau ilangnya karena makan suka nggak dipikirin. Kan ada yang orang yang "mending jadi barang lah!" Sori aja sih, saya mending gembel tapi makan enak. Makan enak bikin bahagia. Huhu.

Seneng banget juga tahun ini bisa ulang tahun me time di Bali (karena sambil liputaaannn). Ulang tahun sambil liat sunrise sendirian dan bersyukur bisa ada di sini sekarang. Bersyukur untuk segalanya, untuk hidup yang lebih nyaman, untuk keluarga yang sempurna, untuk pikiran yang sedang baik-baik saja.

So 2018, I bid you adieu.

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
5 comments on "Adieu, 2018"
  1. What a year yaa Kak Icha! Seruu banget baca perjalanan sepanjang tahun ini. Kita yang dengerin ceritanya sih ber-wowowoo ria, padahal kalo dijalanin keok juga ya hahaha. But I'm glad you did another achievement this year. Buku kalian tuh nemenin hari2ku banget lho. Pokoknya kalo anak lagi tantrum atau susah makan, tinggal buka buku parenting kalian, dalam sekejap bisa ketawa lagi liat tingkah bocah.

    Semoga tahun depan bs lebih keren lagi, ya! 😁

    ReplyDelete
  2. 2018 aku malah baru merasakan inferiority dan anxiety. Kuharap 2019 akan makin baikkkk. Terus gak tau kenapa selalu terngiang-ngiang perkataan teteh: KAMU MASIH MUDA YAAA jadi aku percaya hidup masih panjang dan (semoga) akan jadi lebih baik wuahahahahahaha

    ReplyDelete
  3. Mending gembel tapi makan enak!! Couldn't agree more dah..hahahaha
    Superrrr sekali perjalanan 2018 nya Kak. Inget banget follow IG Kak Icha masih ratusan folls lah skrg tau2 15k ajeee yee, congratssss moga taun depan tembus 50k!
    Baru ngeh kalo sharing itu part of passion too ya. Jadi "kesentil" krn selain nulis aja ya harus diimbangi kemauan berbagi. Pantesan folls ku segitu2 aeee bahahaha
    Eniweiiii happy holiday kak! May next year everything greater comes to you❤

    ReplyDelete
  4. kenapa si teteh ini kereeen sekaliiii. hhuwaaa. aku ngefans beraad :D

    moga taun depan lebih keren lagii yaaa

    ReplyDelete
  5. Masih menjadi blog terrrrrrriiidolaaaa kalau ngebahas soal parenting 😘😍

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG