DI BALIK LAYAR SUSAHNYA JADI IBU

on
Thursday, May 31, 2018
sesibuk itu sampai ga sempet foto bukunya doang lol

Akhirnya buku aku dan Gesi terbit jugaaa!

*TIUP TEROMPET* *SEBAR CONFETTI*

via GIPHY

Sejujurnya prosesnya lama banget karena jarak memisahkan dan kami berdua sibuk banget. SIBUK BANGET HARUS DI-BOLD.

(Baca cerita Gesi di sini, mungkin lebih detail lol: Lahirnya Buku Susahnya Jadi Ibu)

Mulai omongan awal itu di bulan September 2017 dan baru bulan depannya mulai nulis dikit-dikit tapi belum intens. Bikin kerangkanya aja lama banget karena pengen segala ditulis lol.

Kami berdua berhutang pada Google Docs dan Sheet banget sih karena jadinya bisa nulis berdua tanpa harus bolak-balik email. Dan iyes, kami nulisnya di Google Sheet bukan di Docs karena pusing mikirin ilustrasinya.

Jadi kami nulisnya kaya gini dan surprisingly gampang banget jadinya karena jadi keliatan halaman mana yang masih kosong dan halaman mana yang udah selesai.


Masalah berikutnya juga kami tidak mau melulu bercerita tentang diri sendiri jadi ada beberapa chapter yang dibuat universal. Untuk chapter-chapter itu kami sepakat untuk pake panggilan ayah-ibu instead of mami-papi atau ibu-appa.

Terus apalagi sih yang harus diceritain kalau disuruh cerita proses kreatif itu HAHAHAHA BINGUNG. Abis nggak sempet foto banget nih halaman dalem bukunya. Tar aku share di Instagram aja yaaa.

Intinya kerja bareng Gesi nulis buku ini smooth banget. Kami berdua tipe perencana gitu jadi semua dibuat to do list dan tersusun rapi kusenaaaanggg. Kebayang kalau kerja sama orang yang nggak rapi terus berantakan dan nggak jelas deadline-nya wah bye kayanya nulis gini doang bisa stres.

Terus ini juga buku kedua kami jadi kurang lebih kami jadi punya bayangan kerja bareng penerbit. Jadi nggak blank banget gitu. Dan di era WhatsApp ini betapa enaknya nulis buku bisa ngobrol di group dengan editor dan ilustratornya detik itu juga jadi revisi-revisinya cepet.

Isi bukunya kurang lebih kaya blog aku dan Gesi. Cerita ringan seputar motherhood yang nggak berpihak, no judgment, dan ada komentar dari expert untuk topik-topik tertentu yang memang butuh dikuatkan oleh expert seperti dokter anak atau ahli gizi.

Kalau kata JG sih bukunya seru banget! Sementara saya yang memandang sebelah mata dan komen:

“Iyalah yang nulis istri kamu dan topiknya anak kamu?!” HAHAHAHA

Tapi semoga kalian juga suka ya!

OIYA SOAL ILUSTRATOR!

Awalnya kami mau kerja bareng Puty. Simply karena dia ibu-ibu juga jadi pasti bisa ngerti apa yang kami mau. Tapi dalam perjalanannya kami harus berpisah ahahahaha karena ya kalian cek aja deh Instagram Puty, sungguh bertolak belakang sama aku dan Gesi kan.

Puty itu ilustrasinya simple, rata-rata two tone gitu dan cuma sesekali gambar full color. Nggak sesuai dengan gaya aku dan Gesi yang colorful banget. Jadi pas Puty kasih contoh halaman yang udah diilustrasi kami yang “sepi ya”.

Terus Puty revisi dan dibikin rame dan komen kami masih tetep “mmm, sepi ya” HAHAHAHA Emang beda selera tandanya ya. Jadi kamu pun berpisah for good. Karena kalau dipaksain takutnya Putynya nggak hepi karena maksa keluar dari style dia dan kami berdua pun tentu tidak hepi karena nggak sesuai dengan style yang kami mau.

Abis itu bingung selama sekitar 2 minggu untuk cari ilustrator pengganti. Sampai akhirnya editor kami menyebut nama Frans dan saya seneng banget karena udah lama banget follow Frans!

Long story short akhirnya kami kerja bareng Frans yang baru aja lulus kuliah (apa masih kuliah ya kok lupa lol) dan lama lama lama lama lama, revisi ini dan itu banyak banget sampai akhirnya selesai.

TERUS SIBUK LAGI.

TERUS LUPA KALAU LAGI NUNGGU BUKU TERBIT.

Minggu lalu Gesi tanya ke editor kapan bukunya terbit dan dijawab ... “Senin 28 Mei udah ada di Gramedia”


LAHHHH KAPAN PO-NYA KALAU GITU? AHAHAHAHAHAHA.

Iya awalnya kami rencana PO dengan dua merchandise khusus. Satu bikin sendiri satu lagi disponsorin Kawung Living. Karena udah lewat dan nggak keburu PO, akhirnya kami bikin special offer deh.

Ini dia special offernya. Bisa dibeli langsung di Tokopedia paling lambat tanggal 7 Juni dan selama persediaan masih ada.


UPDATE: Saya nulis ini kemarin sore sebelum special offer. Special offer dibuka jam 7 malem untuk 90 buku dan habis dalam 7 jam aja jadi yaaaa ... habis. MAKASIH BANGET SEMUA YANG UDAH BELI YAAA!

AYO DIBELI! UDAH ADA DI GRAMEDIA HARGANYA RP 75RIBU AJA! CUS! Atau bisa juga klik link ini ya!

-ast-

LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


FOLLOW @annisast ON INSTAGRAM!

7 comments on "DI BALIK LAYAR SUSAHNYA JADI IBU"
  1. Icha, congrats! Ngga sabar nunggu bukunya datang buat dibaca pas libur lebaran. Pouch-nya emang gemes-gemes, lemah deh sama yang kayak gini.

    ReplyDelete
  2. Kutunggu di rumah ya teh ahahaaa *bukunya

    ReplyDelete
  3. Congrats ya Cha, special offernya tambahin lagi atuh ��.
    Gak sabar baca & review buku Susahnya Jadi Ibu mendarat cantik di rumah.

    ReplyDelete
  4. Mb.. ngomongin bahasan awal di September 2017 trus Mei taun depannya udah ada di toko tuh itungannya lama ya? :))
    Mau banget diceritain prosesnya mb, ga banyak tau soal nulis keroyokan tuh gimana bagi kerjaannya (untung ini bukan fiksi). To-do-list dan deadline2nya dong mb trus pernah ada konflik ga sm mb Gesi dan editor. Mungkin engga ya, karna udah pernah kerja bareng main bareng.
    Sama mungkin kasih tau snippet atau 'teaser' nya mb kira-kira isinya tentang Ibu ngerawat anak dan keluarga tapi yang bagaimana dan sejauh apa. Mana tau tetep relevan buat yang bukan Ibu-ibu, jadi bisa tertarik beli.

    ReplyDelete
  5. Wagelasih, beberapa jam aja langsung ludes special offernya ya Kak Icha. Aku nggak kebagian dong. xD Rencananya mau beli di tokbuk langsung. Sedih sih gak dapet pouch gemaynya. uu

    ReplyDelete
  6. udah kehabisan kaaakkkk..sedih :(

    tar ke gramedia ajah lahhh

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)