-->

#FAMILYTALK: Anak dan Alam

on
Saturday, August 27, 2016

Lahir di Bandung dan tinggal di Jakarta sejak bayi, Bebe sedikit sekali terpapar alam. Dia tidak punya kesempatan main tanah atau manjat pohon seperti saat saya kecil dulu. Mentok di rumah ibu saya di Bandung, Bebe main di taman bermain dekat rumah yang sebelumnya adalah lapangan voli.

Baca punya Isti:

Taman itu tentu jauh dari definisi “alam”. Ya gimana, tanahnya sudah diganti paving block. Mendinglah ada taman bertanah sedikit di pojokannya untuk melihat cacing. Dan karena jarang bertemu pepohonan, Bebe takut melihat daun yang banyak. Kalau daun pohon kecil di pot sih nggak takut, tapi begitu pohonnya gede, Bebe takut. -_____-

Sebagai ibu-ibu millennials aku merasa gagal. Ibu-ibu millennials kan harusnya lebih dekat dengan alam dan membiarkan anak bereksplorasi dengan alam. Tapi gimana, selain saya juga sibuk, main dengan alamnya harus di mana coba? Di Taman Menteng atau Taman Surapati? Kalau dua itu sih sering.

(Baca: Pengalaman Naik Commuter Line sama Bebe)

Saya dan JG pun berwacana ingin kemping. Tapi kemudian rempong sendiri karena pengen kempingnya Instagram-able. Mau ke bumi perkemahan kok ya pengen tendanya dihias-hias garland warna pastel, pengen bawa kursi lipat warna-warni, pengen ada mobil VW Combi sebagai latar tenda ... KAPAN BIKINNYAAAAA. Nggak jadi-jadi deh pergi kemping karena ribet persiapannya dibanding kempingnya.

Terus pengen glamping, eh taunya tempat inceran udah penuh sampai November. Baca-baca reviewnya makanannya tempatnya doang yang bagus tapi makanannya nggak enak pula apalagi buat anak-anak. Bayar mahal cuma buat foto doang kok ya sayang. Ujung-ujungnya ngemol lagi ngemol lagi. Nggak bosan cuma tertekan karena beban Bebe nggak tau alam hahaha.

Bebe pernah sih diajak ke Floating Market Lembang, main kelinci sampai puas, sayanya jajan sampai kenyang. Meskipun saya kasian plus nggak tega karena kelinci-kelinci itu dibully sama anak-anak. Dicolok-colok mulu pake wortel, dijejelin terus ke mulutnya, ditarik kupingnya, digendong kasar. Huft. Galau abis, mending ngebelain kelinci apa ngebelain Bebe nggak tau apa itu kelinci?

Dan besok Bebe mau ke Kuntum Farm, Bogor. Baru kerasa berat banget nyari alam karena alamnya udah nggak ada. Sampai bela-belain ke Bogor deh biar mainnya nggak di mall terus. Uang yang keluar kayanya sama tapi pengalamannya beda.

(Baca: Traveling with Babies for Dummies)

Saya juga pengen ajak Bebe ke pantai tapi diduga dia akan risih dan nggak mau kena pasir sih kakinya. Bebe itu risihan banget anaknya. Nginjek karpet bulu aja jinjit. Apalagi nginjek pasir, nanti pasirnya nyelip-nyelip di jari, duh saya aja mikirinnya males. Maklum saya sendiri anaknya nggak suka pantai, soalnya panas, gerah dan lengket. HAH. Gimana masa depan Bebe kalau gini.

Apa pindah aja gitu ya ke pedesaan yang dingin dan sepi, punya ayam dan sapi, kemudian saya di rumah baking dan Bebe homeschooling. JG mencangkul tanah agar gembur dan siap ditanami. *WHAT* *brb cari rumah di Lembang* *deket* *anaknya cemen*

Kenapa gitu Bebe harus kenal alam?

Ya biar seger aja. Biar nggak liat mobil sama gedung mulu. Liat sapi kek sekali-kali.

Abis ini pasti pada nostalgia deh, waktu kecil mah liat sapi kerbau kambing gampang blablabla. Manjat pohon di halaman rumah blablabla. IYAAA ini bukannya nggak mau tapi di mana.

Ada ide jalan ke mana biar anak bisa lari-larian dan liat alam? Tapi jangan jauh-jauh dari Jakarta soalnya aku males traveling jauh-jauh apalagi sama Bebe. Capek duluan mikirinnya hahahaha.

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
4 comments on "#FAMILYTALK: Anak dan Alam"
  1. Mau ke kuntum jgn lupa bawa payung,panaaas klo dah siang trs klo hujan jg tempat berteduhnya dikit..
    Oh ya,ga blh bawa bekel jd ga usah repot2 bawa keranjang piknik yak..bawa uang aja utk jajan..😉

    ReplyDelete
  2. Ke TWA kapuk Chaa.. Hutan bakau gitu lah.. Ada kelinci (kelinci lage ��) & monyet juga

    ReplyDelete
  3. Ke PIK mangrove teh. Alam-alam gimana gitu, dan ig-able sekaliihh...

    ReplyDelete
  4. Ke ragunan aja mbak ichaa XD. udah lumayan asik lho main di sana. asal datengnya pagi, sekalian olah raga, biar nggak terlalu rame. Dan beberapa spot instagramable banget lho. :3

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG