-->

Serba-serbi Beli Mesin Cuci

on
Tuesday, January 24, 2017
Mesin cuci top loading vs front loading, mana yang lebih baik? Saya rangkum semua pertanyaan seputar mesin cuci dan review mesin cuci Samsung front loading dari saya spesial untuk kalian semua lol.


HAIIII!

Akhirnya review mesin cuci! Sebenernya mesin cuci di rumah nggak kenapa-napa sih, kami pakai mesin cuci dua tabung karena itu adalah kado nikah. Jadi pas dulu beli itu nggak browsing review atau apa. Ini tulisannya akan panjang hahahaha.

Bulan lalu pas liburan Natal dan Tahun Baru di Bandung, ibu saya beli mesin cuci baru, mereknya LG top loading (bukaan atas) serinya apalah lupa pokoknya harganya nggak sampai 3juta. Dan wow ternyata mesin cuci bisa canggih ya! Tinggal pencet tombol tut tut tut, tau-tau kering siap jemur. Nggak pake acara bilas rendem manual kaya mesin cuci dua tabung. Itu selama di Bandung saya jadinya nyuci mulu padahal biasanya bawa baju kotor ke Jakarta biar bisa laundry. Hahaha.

Kemudian sebagai pasangan no gaptek dan menghargai waktu (ehm) kami pun bertekad beli mesin cuci. Pertimbangannya biar nggak usah laundry lagi, bukan mahal sih sebenernya kalau ngitung uangnya nggak mahal karena kamu cuma berdua kan, tapi effort packing baju kotor, nganter ke laundry nya itu loh. Belum baju Bebe yang selalu JG cuci sendiri, sehari dia abis 4 stel, nyuci mulu perasaan huhu kasian suamiku capek.

Problem 1: Beli mesin cuci merek apa?

JG membuat status di Facebook minta masukan soal mesin cuci dan saya share. Nggak nyangka ternyata banyak yang respon! Terima kasih teman-teman, kini aku tau fungsi Facebook selain untuk share artikel BuzzFeed. 😍

Hasil suara dari rekan-rekan semua berdasar pengalaman masing-masing menunjukkan Samsung ada di posisi depan. Dibanding Electr*lux malah lebih banyak yang nyaranin Samsung. Padahal kalau mesin cuci top of mind-nya Electr*lux kan, tapi menurut teman-teman yang lebih dulu pakai, purna jualnya kurang oke. Slow response katanya. Duh hari gini slow response mah nggak deh. No offense ya Electr*lux, ini menurut para konsumen kalian loh.

Dan sebagai orang yang rajin komplain, purna jual fast response ini penting banget! Dan nggak nyesel deh milih Samsung nanti saya ceritain detailnya ya.

Problem 2: Mesin cucinya mending top loading atau front loading?

NAH ini juga galau. Karena harganya lumayan jauh kan. Kata temen-temen mending front loading sekalian, lebih kering dan lebih bersih. Iya sih saya coba mesin cuci ibu di Bandung yang top loading itu kok cuma goyang kanan kiri doang? Bersih emang nyuci kaya gitu?

Pertanyaan ini dijawab sama mas-mas Hartono Elektronik tempat saya beli. Kalau mesin cuci top loading, rekomendasinya LG karena tabungnya ikut muter (well, ikut goyang kanan kiri), jadi putarannya dua arah. Dan iya memang lebih bersih front loading karena cara mencucinya itu baju dibanting atas bawah atas bawah gitu.

Pertimbangan lain, mesin cuci front loading lebih hemat tempat karena atasnya bisa dipake naro barang. In our case, bisa jadi alas untuk motong bawang karena mesin cuci ditaro di dapur hahahaha.

Problem 3: Beli mesin cuci di Jakarta di mana?

Sebagai orang Bandung saya nggak tau kalau toko elektronik murah bukan di mall gitu di mana? Ini akhirnya dikasihtahu temen saya namanya Iwan, thanks loh Wan. Dia bilang beli di Hartono Elektronika aja (asli ga sponsor ini mah hahaha) harganya lebih murah dibanding tempat lain. Saya cek website-nya wowwww bagussss.

Tapi sebagai mantan wartawan dan mahasiswa jurnalistik, disiplin verifikasi itu penting! Kami pun menyempatkan diri ke Senayan City untuk cek perbandingan harga. Jadi di toko elektronik atas ituuuu saya cek satu per satu harga mereka dibanding harga Hartono, bedanya sampai 1juta! Sinting! Sama Carrefour dan Lotte juga bedanya sampai 500ribu lebih loh. Wah luar biasa Pak Hartono ini ya pembela rakyat kecil sekali luv! 💖

Akhirnya hari Sabtu beberapa minggu lalu kami ke Hartono Elektronika. Tempatnya ternyata deket rumah banget di Kebayoran Lama. Lha sayanya malah main dulu ke Senopati terus jadinya jauh hahahaha. Tempatnya enak, parkirnya lumayan luas.

Mas-masnya product knowledge-nya bagus dan sabar ditanya-tanya. Segala elektronik ada di sini dari urusan rumah kaya kulkas, ac, mesin cuci, rice cooker, sampai kamera, laptop, hp juga ada. Tokonya modern banget dan rapi meskipun sempit. Mana Bebe bobo jadi stroller mentok udalah nabrak orang sana-sini lol. Tapi recommended banget kok, apalagi murah kan. Bisa cicilan 0% loh! Demikian review Hartono Elektronika dalam dua paragraf hahaha.

Oke kami akan beli front loading Samsung, budget maksimal 4,5juta, TIPE YANG MANA?

source: Hartono Elektronika

Budget segitu untuk Samsung cuma dapet dua model, yang satu kapasitas 6,5kg yang satunya 7 kg. Harganya beda tipis, yang 6,5 kg Rp. 3.999.000 dan yang 7 kg Rp. 4.199.000. Mending 7 kg lah ya?

Pas diliat GEDE BANGET ASTAGA. Kotaknya gede banget sementara kontrakan kami secuil banget gitu mau disimpen di mana? Akhirnya dengan lapang dada saya ukur mesin cuci dua tabung (yang dipajang di situ juga) dengan jengkal tangan, saya bandingkan dengan kedua mesin cuci itu. Yang 6,5 kg pas! Lebarnya sama persis dengan mesin cuci dua tabung jadi pasti muat di tempat mesin cuci yang sekarang.

Yeay punya mesin cuci baru! Problem berikutnya adalah Hartono hanya ngirim di jam kerja dan hari kerja. Biaya kirim 100ribu (cmiiw). Tapi terus gimana dong nggak ada yang bisa nerima di rumah? Akhirnya JG beres-beres mobil dan MASUKIN MOBIL HAHAHAHA. KARIMUN FTW!


Selain mesin cuci kami bawa carseat toddler loh dan masih muat. Duh ini Karimun udah dipake buat bawa segala macem huhu sayang banget sama mobil ini. :')

FAQ seputar mesin cuci front loading:

Mesin cuci front loading watt-nya gede nggak?

Nggak sih ya, ini udah hampir sebulan dan kami nggak merasakan listrik tiba-tiba habis padahal nyuci dua hari sekali hahaha. Maksimumnya memang 2000 watt tapi itu maksimum terutama kalau pakai air panas. Kalau nggak pake sih kayanya so-so aja, nggak bikin listrik boros.

Oiya meski maksimum 2000 watt, rumah kami cuma 1300 watt dan works fine kok. Nggak ada masalah.

Mesin cuci front loading bukannya harus pake air panas? Nanti boros listrik karena harus manasin air dulu!

NGGAAAKKK. Itu kan bisa dipilih di menunya mau pake air panas atau air biasa. Kalau pun misalnya pilih mode baju bayi yang otomatis air panas, ya di-set lah biar airnya jadi normal. Semua bisa diset. Canggih banget kok nggak usah khawatir.

Mesin cuci front loading kan airnya mesti kenceng banget ya?

Ini iya. Tapi nggak perlu nyemprot banget juga sih. Kalau pake toren di lantai 2 aja cukup kok, mesin cucinya di lantai 1. Nggak perlu kenceng gimana-gimana amat.

Mesin cuci front loading boros air kan?

NGGAK. Airnya dikit banget kok. Lebih boros nyuci manual deh kayanya. Airnya kan disesuaikan dengan jumlah dan berat baju dan itu nggak banyak. Percayalah padaku.

Layanan Purnajual alias service center Samsung

Yang bikin terharu huhu. Jadi pas di Hartono itu mas-masnya udah bilang "mbak nanti sampai rumah telepon Samsung aja biar di-setting sama diajarin cara makenya". Saya dan JG yang "ok pak", padahal kami dalam hati "cuhhh gue nggak gaptek kali harus diajarin apanya, palingan liat buku manual juga gampang".

TERNYATA LUMAYAN SUSAH. DAN BUKU MANUAL NGGAK NOLONG.

T_________T

Menu-menunya sih ok ngerti semua cuma bingung kok sekali nyuci 3 jam? Udah gila kenapa lama banget takut baju rusak lah. Terus pas ngeringin itu mesin cucinya yang geter parah keras banget sampai pindah tempat. Panik lah, browsing-browsing juga nggak nemu apa-apa. Oke ini deh saya kasih keyword kali ada yang mau browsing: mesin cuci front loading Samsung bergetar saat mengeringkan. AHAHAHHAHAHHA.

Besoknya di kantor ada telepon. Ternyata dari Samsung dong, mbaknya bilang gini "Siang, dengan ibu Annisa? Kami mendapat laporan pembelian dari Hartono Elektronika untuk mesin cuci Samsung, apa sudah bisa digunakan? Kalau belum kami bisa pandu via telepon untuk setting dan penggunaannya."

NANGIS NGGAK?

Kaya lagi mens sakit perut banget nggak bisa gerak terus pengen bakso tapi LDR jadi nggak ada yang nganterin makanan terus abang GoFood datang. Pengen peluk abang GoFood ya nggak? Hiks.

Akhirnya saya curhat lah kenapa ya kok saat mengeringkan bergetar kenceng banget mesin cucinya? Ternyata itu karena baut belakangnya belum dibuka. Jadi di belakang emang ada 4 baut gitu, di buku disuruh dibuka tapi nggak dijelaskan kenapa. JG udah buka terus saya yang khawatir kenapa sih buka-buka baut? Ternyata memang harus dibuka HAHAHAHAHAHA.

Baut itu fungsinya biar komponen dalem mesin cuci nggak bergeser saat dipindah-pindahkan dari gudang -> toko -> rumah. Kalau udah nyampe rumah mah ya dibuka aja. Malemnya dibuka dan voila, nggak ada suara lagi apalagi getaran hahahaha.

Jadi gimanaaa, rekomen nggak mesin cuci Samsung?

IYES. Soal nyuci 3 jam itu ternyata modenya aja. Utik-utik ada kok mode yang 40 menit atau 70 menit gitu. All in ya dari ngerendem, nyuci, bilas, pewangi, dan keringin. Bersih kok dan wangi. Cuma ya kalau noda susu coklat mah tetep harus dikucek dulu lah sebentar.

Bisa nyuci sprei? BISAAAA. Selimut tipis bisa, bed cover nggak muat sih kalau muat harusnya bisa. Keringnya 80% lah ya, bisa nyuci tiap hari banget karena besok langsung kering uh luv! Padahal kami jemur di dalam rumah loh. Di lantai dua tapi nggak di luar, di dalem biar hahahaha.

Detergent nya kami pakai yang Rinso serbuk yang khusus front loading, nggak mahal sih kayanya biasa aja deh. Berapa kg juga kan sekotak sementara kami cuma bertiga, baju Bebe kecil-kecil. Pakenya juga nggak banyak-banyak kan.

Ada fitur child lock juga! Soalnya Bebe ini iseng banget deh pencet-pencet jadi selalu kami child lock terus Bebe bangga gitu karena pencet-pencet dan nggak dilarang hahahaha. Child lock ini juga berfungsi lebih karena tombolnya itu bukan tombol klik tapi tombol sentuh. Kesenggol pinggang dikit aja kesentuh jadi aman banget lah, selalu gunakan child lock.

Saya nggak nyangka satu mesin cuci bisa mengubah hidup keluarga kami huhuhu. Sekarang nyuci tiap hari pun nggak masalah, nggak capek. Tinggal pencet kemudian tinggalin bobo. SENANG!

Cucian nggak lagi numpuk karena baru numpuk dikit bisa langsung dicuci. Sprei, sajadah, bisa langsung dicuci dan ganti teratur karena nggak ada urusan "masih di laundry".

Udah sih gitu aja. Semoga bermanfaat yaaaa.

-ast-





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
30 comments on "Serba-serbi Beli Mesin Cuci"
  1. Untuk kelas toko elektronik gede, Hartono emang murah banget.. bisa nyicil pula, haha.

    ReplyDelete
  2. di rumah juga pake mesin cuci front loading tapi bukan samsung sih, asli mencuci tidak pernah semenyenangkan ini❤ mesin cuci front loading ftw hahaha

    ReplyDelete
  3. Menyimak dari status dishare dan beberapa orang pun menjawab, akhirnya tahu juga Samsung yang terpilih. Harga sih biasanya memang sebanding dengan hasilnya :)

    ReplyDelete
  4. Hahaha aku gak bisa hidup tanpa mesin cuci. Btw, samsung kan ada yg kering 100℅. 12 juta kalo gak salah. Dan aku ngidam bgt kepengen punya wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. Mantaaap. Aku dulu juga pake mesin cuci juga dua tabung, sama aja capek dan bilas bolak balik sih ya. Cita-cita banget bisa beli mesin cuci satu tabung. Dicatet deh ini. Samsung front leading :)
    Nanti belinya kalau udah nggak pindah-pindah. Paling nggak pindah-pundahnya masih pulau Jawa gpp lah. Entah kapaaan :D. Sekarang nyuci pake tangan. Percaya nggak Cha? Percaya aja udah :p

    ReplyDelete
  6. Wiiiih..makasih Mba sharingnya. Aku belum punya mesin cuci. Niatnya mah pengen LG yg top loading aja ky punya mertua. Cm 2,5 jutaan kan ya.. Tapi baca review ini jadi pengen nabung lagi..haha...

    ReplyDelete
  7. Oya..dan mobil karimun itu, itu sebenernya idaman suamiku. Kecil tapi lega katanya. Tapi aku masih yang "iiihhh koq karimuuuun sih", gitu.. Trus baca disini kalo dikau pake karimun dan muat mesin cuci, jd yowis aja deh suami mau pilih apa nantinya. Hahaha... Racuuun emang Mba Icha mah..

    ReplyDelete
  8. Toss dulu sebagai pengguna mesin cuci front loading samsung! 😁 Punya mertua sih, duh nyuci baju kek gak ada beban! Tapi emang ya mesin cuci matic ama biasa beda banget kapasitasnya, gabisa banyak. Untuk cucian full sekeranjang aku pasti nyuci 2 kali dan harus pencet mode full (nambah beban). :3

    Tapi Samsung ini emang bersih buanget, lebih bersih daripada kucekan tanganku wkwkwk *emang dasarnya males cuci baju XD

    ReplyDelete
  9. mbak thanks review mesin cucinya. mantep nih mo beli samsung front loading di hartono.

    ReplyDelete
  10. Eh, Serius itu Karimun bisa masuk mesin cuci?? :D
    si mamas sih suka sama karimun, eh tapi aku kurang suka bentuknya kotak gitu, eh tapi lega yaa...hahaha galau deh. :)))))

    Aku setuju banget dengan purna jual samsung, baik handphone,ataupun eletktronik rumah, service centernya banyak, dan sukucadang original gampang tersedia. *aku anak samsung banget* (bukan promosi) Aaah.. cita-cita banget beli mesin cuci front load, tapi sabar dulu, soalnya kontrakanku sempit. XD

    ReplyDelete
  11. Baca review ini kayak baca apa gitu happy banget rasanya wkwkwk. Iya bener banget mesin cuci yg front loading atasnya serbaguna yhaa :"")

    ReplyDelete
  12. Gw cm mau bilang, KEMANA AJA LO SELAMA INI,BEUGH

    ReplyDelete
  13. Tapi saran aku sih mendingan detergen cair kalau buat nyuci di mesin cuci bukaan depan. Pertama gak bikin mesin cuci cepet kotor dengarn residu detergennya itu. Pengalaman mesin cuci mertua cepet kotor pas pake detergen bubuk.

    ReplyDelete
  14. Ih, mahal. Jomblo kayak aku beli bedak aja masih ngirit. Apa nyicil aja gitu ya, Cha? Pernah nyicil kan? Minta advice dong sebagai konselor rumah tangga ��

    ReplyDelete
  15. Lengkap ceritanya huaaa... Makasih ya cha. Aku blm punya mesin cuci tapi pengin punya kalo nanti udah ngga ada mba..
    Kok bisa bautnya ngga dicopot ya, aku bayanginnya geter kaya bemo ��
    Nice share...

    ReplyDelete
  16. Kelihatan gagah banget mesin cucinya, pasti tahan lama banget ya kak :D hehe

    ReplyDelete
  17. Terus mesin cuci lama kemanain Cha??? *penting lol*
    Sebagai sesama rumah mungil aku ingin tahu

    ReplyDelete
  18. iya bener. samsung oke bangetlah dibanding elektrolux yang mehong gela!
    aku pake yang top loading mak icha, 9 kg. abis beti2 gitu harganya sama yang 7 kg. sekalian yang gede ajalah. trus gak rewel even airnya kecil di rumah. punya tetangga yang panasonic, rewel amat kl airnya kecil.

    ReplyDelete
  19. Mesin cuci front loading itu awet bgt loh mbk. Serius. Dulu ortuku beli pas aku smp. Merk Lux (skrg udah ga ada, entah ganti apa merknya) dr thn 2004. Awet loh sampe sekarang.. Dulu harganya gila banget. 5-7juta kayanya. Service juga ga sering2 amat. Dan sejak beli mesin cuci kita sama sekali ga pernah laundry. Hasilnya jg bersih.. Jd mbk anisa ga salah pilih tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku jg pake mesin cuci front load yg dari lux mbak,,harganya emang mahal tp Alhamdulillah barang nya awet,ini udh pake skitar 7taun, kalo di madiun sih lux msh ada.

      Delete
  20. Thanks for sharing nya mba, ada niatan mau ganti mesin cuci dirumah biar mama ga capek, sepertinya bisa jadi beli kaya punya mba nih, heheh

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. mesin cuci dwf807elc punya desain minimalis dan body yang gak gede2 bgt. mencuci jadi lebih mudah dan cepat karena mesin ini mempunyai fitur2 khusus yg mendukung.

    ReplyDelete
  23. Good sharing...thanks bgt...mau cari cicilan di bdg aaahhh...

    ReplyDelete
  24. Huwaaa makasiii banyaak sharingnya mba annisaa..kebetulan lagi galau pisan cari mesin cuci dan elektronik lainnya (baru mau pindahan) baca blog mba anisa sungguh mencerahkan! :)
    Keep writing yah mba!!

    ReplyDelete
  25. Informatif dan mengedukasi sekali sharingnga mbak annisa. Ini pas bangett lagi galau milih mesin cuci front loader dan merknya. Setelah baca ini jadi yakin mau pilih yg mana. Sekali lagi trims ya.. .

    ReplyDelete
  26. Hahaha ini judulnya dengan mesin cuci mengubah hidupmu. Better ur lkfe 😂😂. Btw makasih mba.. jd smakin mantap nabung buat meminang si front loader ini. Semoga stlh netep bisa kebeli deh amiinn

    ReplyDelete
  27. Hai mbaa.. mesin cuci nya boros listrik ga ya?

    ReplyDelete
  28. Jadi dapet pencerahan nih...walaupun artikel tahun lalu, tapi masih bermanfaat 🖒

    ReplyDelete
  29. Nuhun pisan sharingna, jadi aya pencerahan, kareureusan nuju milari mesin cuci. Googling mendak ieu artikel, awalna teu ngeuh, waktos ningal karimun beureum, asa apal ieu karimun beureum, dan ternyata bener. Salam buat jago gerlong teh.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG