-->

#SassyThursday: Menahan Diri

on
Thursday, January 26, 2017

Ini padahal cocoknya topik bulan puasa yah lol. Tapi saya nggak akan bahas menahan diri dari emosi dan amarah sih soalnya kepanjangan. Apalagi menahan diri dari maki-maki orang-orang nggak ada otak di Facebook yang mengukur kesuksesan perempuan dari jumlah anak dan status pernikahan. HAAAHHH EMOSI. Ogah ah, tulisan ini mau dari sisi menahan diri dalam mengeluarkan uang aja hahahaha.

Jadi beberapa minggu lalu saya dan Nahla membahas siliblend ... or silisponge if that term makes any sense. Ya pokoknya 'beauty blender' yang dari silicone itu loh. Padahal kami berdua punya sponge untuk aplikasi foundation yang masih baik-baik saja. Saya sendiri punya face expert brush Real Technique yang enak banget dipakai untuk foundie.

Baca punya Nahla:

Waktu itu saya bilang "udah nggak usah (beli), buat apa coba? nggak usahlah beli-beli gituan." Karena tidak penting maksudnya. Eh kemarin pagi malah saya yang nyasar di Shopee dan ngeliat-liat siliblend itu dengan harga mulai Rp 18ribu.

Saya mikirnya, alah 18ribu doang mayan lah kan sekalian bisa review di blog kan. Saya kembali chat Nahla. Kata Nahla dia udah nggak pengen karena liat review Ini Vindy yang bikin comparison sponge, brush, dan siliblend.

AHA! Jadi tersentak dan mikir ulang "KENAPA SAYA HARUS REVIEW COBA?" lol. Udah mulai banyak juga yang review, kecuali kalau saya nggak punya sponge dan brush, artinya saya memang butuh tapi ini kan saya hanya ingin punya. Sungguh tidak penting dan hanya akan jadi runtah di rumah.

Oke runtah terlalu kasar. Hanya akan jadi sarang debu di rumah, fyuh. Selamat.

Soal menahan diri ini saya belajar banyak dari Nahla. Nahla jago banget loh menahan diri untuk nggak beli barang, untuk nggak kebawa peer pressure.

Contohnya laptop, laptop Nahla udah lemot banget kasihan banget lah udah. RAM-nya cuma 2GB, tapi Nahla tetap produktif bikin video seminggu sekali, blogging, dan bikin order desain! Gila saya bisa stres kali ngerjain desain dengan laptop lemot huhu. Nahla stres tapi dia sabar. Kalau saya udah kabur pasti beli MacBook Pro. She deserves it! Kerjanya pasti lebih efektif.

Tapi yang Nahla lakukan adalah bersabar, bertanya merek laptop saya apa? (Dell) RAM-nya berapa giga? (4GB) Apakah rendering foto dan video lama? (Tidak sama sekali, padahal umurnya sudah 4 tahun). Dan sampai sekarang dia belum juga beli laptop baru padahal rendering video bisa berjam-jam, sementara saya setengah jam udah mentok paling lama.

Sungguh kesabaran adalah skill kehidupan paling utama. Well, Nahla I'm so proud of you. ❤

Salah satu yang paling berat adalah menahan diri tidak membeli skin care dan makeup dengan alasan "untuk di-review di blog". Seriously blog ini menghasilkan sebanyak apa untuk menulis review beauty?

Jadinya 50% review beauty di blog ini ditulis oleh Edwina (check out her blog here) yang menulis #SelasaCantik dua minggu sekali. Kemudian sisanya sponsored alias barangnya dikasih. Hanya satu postingan beauty yang bukan sponsored yaitu review The Face Shop CC Cushion ini. Ini pun saya dapet gratisan pas lagi promo tuker case cushion apapun, dapet CC Cushion ini hahahaha.

Dih, nggak modal. Lha iya kalau modal harus balik modal dong? Dengan cara apa? Saya kan bukan keturunan dinasti yang tidak pernah tahu jumlah uang di rekeningnya karena terlalu banyak dan selalu bertambah. Jadi balik modal harus dipikirin banget lol.

Lagi nulis beauty kan nggak perlu melulu review, bisa nulis tips juga loh. Seperti yang saya tulis soal brush makeup untuk pemula atau membersihkan muka dengan grapeseed oil.

Tapi kalau kalian melakukan itu, beli-beli barang mulu untuk dengan alasan bisa sekalian review di blog juga terserah sih, asal jangan ngutang aja biar sehat financial hahahaha canda gengs. Iya bener, kalau sharing membuat kalian hepi ngapain saya larang-larang juga lol. Cuma kalau saya sih memilih tidak, karena ... bokek lah apalagi. HAHAHAHA.

Dan saya juga bukan yang super irit dan mikir 1000 kali sebelum beli. Tapi minimal sekarang saya berpikir ulang, menunggu lebih lama. Bisa tiga hari sampai berminggu-minggu untuk memutuskan bahwa oke deh saya beli.

Dulu mah pengen apa sekarang ya beli sekarang, duit duit gue, gue kerja sendiri ya belanja sendiri lah yang penting dana-dana wajib aman. Tapi setahun belakangan udah nggak, udah pake akal sehat hahahaha. Dengan cara itu saya jadi bisa mengirit uang banyak sekali, dan yang terpenting tidak menumpuk barang!

Setelah saya cek resolusi tahun-tahun sebelumnya ternyata resolusi nggak numpuk barang ini resolusi 2015! Jadi baru setelah 2 tahun rumah saya agak lengang. Gila ya mencicil mengeluarkan barang selama 2 tahun.

Soalnya nggak bisa sekaligus, saya dan JG tipe yang menyimpan kenangan pada barang jadi berpisah itu sulit. Tahun 2015 yang keluar sebatas tempat-tempat makan yang jarang dipakai, dompet-dompet yang udah numpuk nggak jelas, sebagian tas, satu koper besar baju, apalagi ya. Pokoknya ada sekitar 4 dus berhasil dikeluarkan. Projectnya kami namai Purging the House. Keren nggak?

Padahal tahun itu yang keluar masih sedikit. Tahun 2016 kemarin kami sudah mengeluarkan 7 karung baju! Plus satu karung sepatu dan tas! Kini tas saya tinggal beberapa dan flat shoes hanya dua, YES DUA GENGS I'M SO PROUD. Slip on sisa dua, wedges 2, sepatu lari 2, sepatu sendal 2, nggak punya sendal hahahahaha. Rak sepatu dan baju kini lengang dan ada space kosong, nggak berjejalan lagi. Lega sekali rasanya.

Paling bangga adalah membawa ke Bandung satu kotak Koreaan saya. Isinya lighstick BANYAK. Official semua, semua artis yang pernah saya datangi saya beli lightsticknya huh. Terus CD dan DVD yang ada ttd artisnya (di antaranya Lee Min Ho yes, SAYA PUNYA CD TTD LEE MIN HO!). Terus press id konser dan press release, tiket konsernya, tiket pesawatnya, itinerarynya, belum tega dibuang karena itu momen-momen mengubah hidup semua. Tapi minimal sudah pindah ke Bandung. Sudah tidak di depan mata lagi. HAAAAA, DITULIS BEGINI MALAH JADI MELLOW.

T______T

OK SKIP.

Peernya adalah jangan beli-beli lagi yang nggak makna kalau tidak mau membuat lagi satu tumpukan barang baru.

(Baca: Suka Menumpuk Barang? Hidup Minimalis Yuk!)


Maka kalau kalian menyangka saya punya banyak makeup sebenarnya tidak hahaha. Foundation hanya punya satu, bedak dan segalanya hanya punya satu untuk setiap jenis kecuali lipstik yang beberapa warna. Kalau kebetulan dikasih warna sama yang saya kasih ke orang. Kadang tergoda banget beli foundation baru, untuk apa? Untuk direview? Sungguh racun duniawi, kemudian akan jadi disimpan saja, karena sesering apa sih pake foundation? Artis bukan, makeup artist bukan huhu.

Yang paling sulit dari menahan diri urusan belanjaan ini adalah dari barang-barang lucu nan gemas. Ini biasanya murah, pin 10ribuan, stiker 5ribuan gitu. Serasa jajan aja sih tapi stiker aja di laci banyak banget astaga. Pin banyak, masih beli-beli juga patch. Ah elah maunya apaaaa? Untung ini barang kecil gitu kan digelasin satu aja muat, nggak terlalu sita tempat.

Huft. Biarlah ini jadi peerku. :(

Peer lainnya adalah menahan diri dari ...

...

MAKANAN

T___________T

IYA MAKANAN SUNGGUH PENGGODA IMAN TERBERAT. Sakses nggak beli palet seharga Rp 200ribu eh pulang kantor tergoda makan di luar sama JG. Abis Rp 300ribu. Ya mending beli palet lah seenggaknya awet bertahun-tahun sampai kadaluarsa, lha makanan? Sampai rumah ee terus kelar. Huhu sedih.

Tapi makanan ini recharge energy banget sih beneran setelah seharian di kantor hahahahaha. Kalau capek banget gitu ngemall makan di sana terus kaya dapet suntikan energi baru hahahaha. Auk ah energi apa yang jelas begitu kok. Mall jadi tempat pelarian paling gampang. Ibunya pelarian, anaknya lari-larian. APA SIH NEENGGG? NGGAK APA-APA KOOKKK.

Kenapa sih jadi irit-irit amat? Yah, biar dana pendidikan Bebe cepet selesai huhuhuhu. TAHUN INI DAPEN HARUS SELESAI. Dan semoga diberi jalan untuk homeschooling jadi uangnya sisa banyak HAHAHAHAHAHA.

Bener nggak pola pikir kaya gitu sih? Apa jangan-jangan homeschooling lebh mahal dari SD swasta?

Alah jadi ngelantur. Udah ah ngantuk. Capek pun nulis ini tengkurep di kasur dengan Bebe yang berdiri di punggung saya kemudian menjatuhkan diri ke kasur. Naik lagi, jatohin diri lagi. Anteng, tidak menganggu saya dan saya pun tidak punya alasan melarang. Gila saya nggak nyangka punya anak laki-laki membuat saya ketergantungan mbak pijit.

Oke ngelantur sesi dua sudah selesai.

Kalau kamu, menahan diri dari apa yang tersulit buat kamu? Share yaaa!

-ast-





LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
15 comments on "#SassyThursday: Menahan Diri"
  1. MAKANAN juga, hwaaaa :'( nggak tahan kalo udah ngemall, ketemu Share Tea ato Chatime. Udah lah keluar duit udah gak kerasa. Aku tak sanggup menahan godaan begitu-begitu, Mbak XD

    ReplyDelete
  2. Makeup, lipstik terutama 😭 padahal lipstik yang dipake cuma itu-itu aja trus berakhir di tempat sampah karna kadaluarsa *cry*

    ReplyDelete
  3. Menahan diri yang susah itu... menahan diri buat makan! Padahal udah disuruh diet sama ortu, makan secukupnya, huhuhu. Jadi ya sekarang lagi proses sih. Trus juga nahan diri biar nggak beli stuff kpop. Kalau album oke aja, tapi stuff lainnya itu... hmm. :')

    ReplyDelete
  4. Makanan dan buku huhuhu susah banget ini mah nahan godaannya. Mending kalau makanan kan pasti dimakan, kalau buku kadang ga langsung dibaca jadinya numpuk :(

    ReplyDelete
  5. Dulu paling susah nahan diri buat jajan/makanan. Tapi aman pas tinggal di Palopo nggak ada tempat jajan yang enak. Ada sih, tapi nggak banyak yang jadinya pengen kelayapan jajan mulu xD.

    Sekarang kayaknya paling berat nahan diri buat nggak ikutan panas kalau liat apa-apa di medsos, terutama facebook :/

    ReplyDelete
  6. Asiikkk di-mention! XD
    Gue paling susah menahan hasrat online shopping, terutama makeup dan aksesoris. Belakangan jarang belanja makeup karena belum pada habis dan lebih realistis cek saldo, hehehe.

    ReplyDelete
  7. paling susah adalah menahan diriku dari beli buku traveling dan ensiklopedia national geographic huhuhu

    ReplyDelete
  8. makeup sih parah :') susah tersusah. pernah ngabisin banyak banget buat makeup, tp in my defense itu semua item yg belum aku punya sih hehehe. sekarang harus ada penahannya biar ga boros belanja makeup, yaitu semua budget belanja aku tabung hahaha, jadi kesisa cuma buat wikenan aja dan aku anaknya ga hedon juga sih kalo hangout. tapi se-impulsif itu kalo beli makeup sih, sampe tengah bulan padahal uang tiris udah place order aja di website makeup karena lg sale dan free ongkir, eh diingetin sm temen gajian msh lama, akirnya orderannya ga aku transfer hahaha *bad customer*

    ReplyDelete
  9. yang engga keduawian : menahan diri dari ngomel atau menumpahkan unek2 pas lagi berantem.
    yang keduniawian : dress ucul-ucul harga seratus sekian.
    "Ah murah"
    "Ah kapan lagi nemu dress lucu harga bagus"..
    "bisa dipake kapan2."
    "Baju tuh investasi taukk. Siapa ngerti ntar pegi-pegi yg butuh baju kek gini".
    Akhirnya "Ya Allah Tuhan YME. Andaikan kemaren nggak jadi beli dress yang itu, pasti sekarang ndak usah mikir mau beli dress yang ini.."

    ReplyDelete
  10. Menahan diri itu yang sulit mbak, saya juga sudah berkali-kali meyakinkan diri untuk tidak careless ngehabisin uang beli makeup baru tapi ujung2nya yah gak kuat dan membeli.. semacam guilty pleasure gitu wkwkwkw

    ReplyDelete
  11. Sama, makanan. Aku kalo baju sepatu makeup skincare gitu engga sih, plis deh beli lipstik wardah 40k aja semedinya bisa berminggu2. Tp kalo makanan ga pake mikir yes belinya, makan di luar/mall ituuuu betul2 yaaa. Dan aisle SNACK MODERN di supermarket -.-

    ReplyDelete
  12. menahan diri untuk ngga marah-marah mulu. etapi serius aku sempet berpikiran kamu byuti entuciaas yg mekapnya bejibun lho

    ReplyDelete
  13. kaka,, dapen bebe d bahas dong d blog

    ReplyDelete
  14. menahan diri dari...belanja make up dan baju, dan ingin cepet-cepet dapet eh pas 2-3 minggu berselang bertanya pada diri sendiri, kenapa gue beli ini ya? kenapa dulu gak nunggu aja barang yang lebih bagus. selalu aja ada penyesalan :'(
    I think I need therapist :(

    ReplyDelete
  15. Bhahaha harusnya kotak Koreaan itu isinya buat GA aja. Mayan buat genjot follower XD

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG