-->

Anak yang Jago Kandang

on
Wednesday, July 18, 2018
Saya sering, sering banget banget banget (kalau kata Bebe yang lagi seneng mengulang kata 'banget' sampai 3-4 kali) denger ibu yang bilang "anakku jago kandang, di rumah berisik, di luar rumah pemalu". Akrab banget saya sih dengan keluhan semacam itu.


Ngeluh ya karena kok kalau di rumah si anak super motah (motah apaan sih bahasa Indonesianya) tapi begitu keluar rumah disuruh salim sama temen ibunya aja langsung sembunyi malu-malu. Langsung jadi anak kalem, jalan bisa pelan, padahal di rumah ke mana-mana harus banget lari.

Kok bisa begitu?

Pertama yang harus diinget sih ya, jangan melabeli anak dengan "jago kandang" atau "pemalu" di depan anaknya. Karena ya negatif aja sih. Kalau misal Xylo disuruh salim terus dia malah sembunyi malu-malu, saya biasanya pasang badan aja jawab mewakili "masih ngantuk nih tante" atau kalau kebetulan orangnya memang baru pertama ketemu, bilang aja "maaf ya tante, Xylo nggak boleh ngobrol sama strangers".

Kedua, kita harus tahu dulu JUGA kalau anak ya kaya orang dewasa. Emang SEMUA orang dewasa mau langsung juga gitu kenal akrab sama orang? Nggak juga kan. Ya anak kecil juga sama.

Duh gemes pengen nulis soal anak kecil vs orang dewasa TAPI KUSIBUK BANGET GEEENGSSSS. PADAT MERAYAP HUHU. Ini aja disempet-sempetin banget nulis setelah seharian liputan.

Jadi kalau menurut mbak Anna Surti Ariani atau lebih ikrib disapa mbak Nina (psikolog ngetop lho ini saya sering ketemu … di talkshow parenting HAHAHAHAHA), anak punya 3 tipe temperamen.

1. Easy Going: ini tipe anak YANG NGGAK DITANYA AJA NANYA KITA DULUAN. Bisa lucu bisa nyebelin, aduh kenapa aku men-judge anak lain MAAF YA HAHA. Ya soalnya saya tipe yang selalu jawab pertanyaan anak gitu kan. Kalau anak sendiri ya saya sabar banget jawab dan nggak pernah nyuruh dia diem. Tapi anak orang kadang suka males jawab tapi kok ya kasian. -______-

Intinya anak tipe ini adalah anak yang gampang akrab sama orang. Mudah bersosialisasi, nggak malu, cenderung banyak omong baik di rumah maupun di tempat asing.

2. Slow to warm up: ini tipe anak yang butuh waktu untuk kenal sama orang. Biasanya anak tipe ini observer banget nih. Dia mau perhatiin dulu kira-kira mau nggak ya main sama anak lain? Apa aku mau main sendiri aja ya? Ini anak baik nggak ya?

Anak tipe ini sebaiknya dibiasakan di berbagai lingkungan aja. Meskipun mungkin nggak akan ngubah dia jadi easy going, tapi minimal dia tahu ada berbagai lingkungan selain rumah.

3. Difficult
: alias introvert nih kalau udah gedean. Jangan dimarahin yaaaa! Posisikan diri sebagai orang dewasa introvert, capek juga kan kalau dipaksa ngobrol terus.

(Lengkapnya ada di artikel ini: Strategi Menghadapi Anak Pemalu)

Pemalu juga bukan berarti nggak percaya diri lho. Nah ini saya juga masih harus rada mikirin karena si Bebe itu sebetulnya kalau ke anak lain dia easy going. Kalau di playground atau lagi sama-sama nunggu, dia bisa dengan gampang colek anak lain terus main sama-sama.

Apalagi kalau anaknya easy going juga. Nama boleh nggak tau, tapi akrabnya kaya udah temenan 10 tahun. Main bareng dengan bahagia.

Segampang itu.

Tapi kalau ke orang dewasa dia agak susah percaya. Sama Gesi yang udah berkali-kali ketemu aja kadang nggak langsung mau jawab kalau ditanya. DAN SATU LAGI, dia nggak suka tampil di depan umum.

Nyanyi di depan kelas atau pimpin doa makan di sekolah dia suka nggak mau. Sampai sekarang tiap malem sebelum tidur, dia harus pimpin doa tidur pake kata-kata di sekolah. Kata-katanya "ayo teman-teman, mari kita berdoa" gitu doang. Terus suatu hari dia lapor "ibu, aku tadi pimpin doa loh di sekolah".

WAAHHH IBU BANGGA! Tapi ya udah sekali doang itu. Berikutnya nggak mau lagi dengan alasan "kan udah pernah".

Tapi saya juga waktu kecil nggak mau lho! Nggak tau kenapa. Saya tipe yang pede ngacungin tangan jawab pertanyaan ke depan, tapi kalau disuruh nyanyi atau tampil gitu naaayyyy. OGAH. Entah kenapa mungkin nggak punya jiwa artis waktu kecil.
'

WAKTU KECIL LOH YA. Sekarang disuruh talkshow aja seneng bener HAHAHAHA *KODE SUMPAH SIAPA TAU ADA MAU AJAK TALKSHOW*

(Baca juga tulisan saya setahun lalu: Anak Daycare Gampang Bersosialisasi? NGGAK JUGA!)

Jadi udahan judge anak sebagai anak jago kandang dong buibu! Kenali tipe anak dan biasakan dengan berbagai lingkungan.

Gitu aja sih.

SEMOGA BERGUNA YAAAA. See you!

-ast-




LIKE THIS POST? STAY UPDATED!


LATEST VIDEO

PLEASE SUBSCRIBE!
4 comments on "Anak yang Jago Kandang"
  1. Tipe yg no.1 nih anaknya Ko Ji Young banget (coba nonton Return of Superman) hehe

    ReplyDelete
  2. Tipe anak yang ke1,biasanya lebih aktif ....

    ReplyDelete
  3. Kalo anak saya tipe yang slow to warm up. Tiap di lingkungan baru pasti adaptasinya agak lama. Tapi kalo udah cair yaudah berani dan mau dia ngapain aja.
    Saya ga pernah protes ya karna berkaca ke diri sendiri juga hahaha.

    ReplyDelete

Hallo! Terima kasih sudah membaca. :) Silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Mohon maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya. :)

IG